- Menyatakan Terdakwa MUHAMMAD SOFYAN, S.E. tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dalam dakwaan primair;
- Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa MUHAMMAD SOFYAN, S.E. telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan ?tindak pidana korupsi secara bersama-sama? sebagaimana dalam dakwaan Subsidair;
- Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa oleh karena salahnya itu dengan pidana penjara selama 2 (dua) tahun dan Pidana denda sebesar Rp.50.000.000,- ( lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan;
- Menghukum Terdakwa untuk membayar uang pengganti kerugian negara sejumlah Rp.148.018.750,- (seratus empat puluh delapan juta delapan belas ribu tujuh ratus lima puluh rupiah), dengan ketentuan jika terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama 1 (satu) bulan setelah putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan/ atau dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut serta apabila terpidana tidak mempunyai harta benda yang cukup untuk membayar uang pengganti tersebut maka diganti dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun ;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh terdakwa akan dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Memerintahkan terdakwa tetap ditahan;
- Menetapkan agar barang bukti, yang diajukan Jaksa Penuntut Umum berupa:
- 2 (dua) lembar Berita Acara Serah Terima Jabatan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bengkulu Nomor : 800/01/DPPKA/2015 tanggal 13 Januari 2015 An. H. BUDI HARYANTO kepada M. SOFYAN, SE.
- 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 3136/SP2D/LS/RT/2014 tanggal 09 Desember 2014 An. MARTINA, SE.
- 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 2193/SP2D/LS/RT/2014 tanggal 23 September 2014 An. MARTINA, SE.
- 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 2575/SP2D/LS/RT/2014 tanggal 24 Oktober 2014 An. MARTINA, SE.
- 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 2988/SP2D/LS/GJ/2014 tanggal 27 Nopember 2014 An. MARTINA, SE
- 1 (satu) bundel Print Out Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja Tahun 2014.
- 1 (satu) bundel Print Out Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja Tahun 2015.
- 2 (dua) lembar Rincian Dokumen SPJ Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja pada DPPKA Kota Bengkulu Tahun 2015 dan berita acara penyerahan dokumen.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Januari 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Februari 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Maret 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Januari s/d Maret 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan April 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Mei 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Juni 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Juli 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan April s/d Juli 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Agustus 2015 beserta lampiran
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan September 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Oktober 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan November 2015 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Daftar Hadir Sore Pegawai Negeri Sipil DPPKA Kota Bengkulu tanggal 30 November 2015.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Desember 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan November 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran bulan Oktober 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Surat Setoran Pajak (SSP) bulan Desember 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Surat Setoran Pajak (SSP) bulan Oktober 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Surat Setoran Pajak (SSP) bulan September 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja bulan September 2014 Bidang Pendapatan I (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja bulan September 2014 Bidang Sekretariat DPPKA Kota Bengkulu (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja bulan September 2014 Bidang Pendapatan II (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja bulan September 2014 Bidang Pegawai Tidak Tetap / Honorer (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja bulan September 2014 Bidang Akuntansi dan Perbendaharaan (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja bulan September 2014 Bidang Anggaran (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja bulan September 2014 Bidang Aset (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Agustus 2014 Bidang Aset (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Agustus 2014 Bidang Sekretariat (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Agustus 2014 Bidang Akuntansi dan Perbendaharaan (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Agustus 2014 Bidang Pendapatan I (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Agustus 2014 Bidang Anggaran (beserta lampiran
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Agustus 2014 Bidang Pendapatan II (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Agustus 2014 Honorer (beserta lampiran).
- 1 (satu) lembar lampiran potongan pajak PPH Pasal 21 bulan Agustus.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Juli 2014 Bidang Pendapatan II (beserta lampiran
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Juli 2014 Bidang Sekretariat (beserta lampiran).
- 1 (satu) lembar lampiran potongan pajak PPH Pasal 21 bulan Juli.
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Juni 2014 Bidang Akuntansi dan Perbendaharaan (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Juni 2014 Bidang Sekretariat (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Juni 2014 Honorer (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Mei 2014 Bidang Pendapatan I (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Mei 2014 Honorer (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan April 2014 Bidang Sekretariat (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Maret 2014 Bidang Anggaran (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Maret 2014 Honorer (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Februari 2014 Bidang Anggaran (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Februari 2014 Honorer (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Kwitansi Pembayaran Beban Kerja bulan Januari 2014 Bidang Sekretariat (beserta lampiran).
- 1 (satu) bundel Surat Setoran Pajak (SSP) bulan Juli 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Surat Setoran Pajak (SSP) bulan Juli 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Surat Setoran Pajak (SSP) bulan Mei 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) bundel Surat Setoran Pajak (SSP) bulan April 2014 beserta lampiran.
- 1 (satu) lembar Nota Dinas Nomor : 900 / 74 / D.III / DPPKA / 2016 tanggal 03 Maret 2016.
- 1 (satu) lembar Nota Dinas Nomor : 900 / 33 / D.III / DPPKA / 2016 tanggal 22 Maret 2016.
- 1 (satu) lembar Nota Dinas Nomor : 900 / 159.a / D.III / DPPKA / 2016 tanggal 09 Juni 2016.
- 1 (satu) lembar Nota Dinas Nomor : 900 / 169 / DPPKA / 2016 tanggal 15 Juni 2016.
- 1 (satu) lembar Nota Dinas Nomor : 900 / 70 / D.III / DPPKA / 2016 tanggal 01 Juli 2016.
- 1 (satu) lembar Nota Dinas Nomor : 900 / 236 / D.III / DPPKA / 2016 tanggal 29 Agustus 2016.
- 1 (satu) lembar Nota Dinas Nomor : 900 / 258 / D.III / DPPKA / 2016 tanggal September 2016.
- 1 (satu) bundel Arsip SPJ Pihak Ketiga Seksi Pembukuan Pelaporan PPTK An. Ikhsanul Arif
- 1 (satu) unit Laptop Merk TOSHIBA type L740 beserta Cahrger (dalam keadaan rusak)
- 1 (satu) Buah Buku Agenda Surat Keluar Tahun 2015.
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2015 Nomor : 03 ? 37.
- 1 (satu) bundel Himpunan Nota Dinas Peraturan Walikota Bengkulu Tahun 2014.
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2016 Nomor : 01 ? 26.
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2016 Nomor : 39 ? 53.
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2016 Nomor : 54 ? 58.
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2016 Nomor : 27 ? 38.
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2014 (Perwal Nomor 01 ? 30 / 2014)
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2014 (Perwal Nomor 31 ? 46 / 2014)
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2014 (Perwal Nomor 47 ? 49 / 2014)
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2014 (Perwal Nomor 50 ? 56 / 2014)
- 1 (satu) bundel Himpunan Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2015 Nomor : 38 ? 52.
- 1 (satu) bundel Nota Dinas Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2015 Nomor : 01 ? 20.
- 1 (satu) bundel Nota Dinas Peraturan Walikota Bengkulu tahun 2015 Nomor : 21 ? 52.
- 1 (satu) buah buku surat masuk Sekda Kota Bengkulu Tahun 2015 / 2016.
- 1 (satu) buah buku agenda surat masuk Sekda Kota Bengkulu Tahun 2015 - 2017.
- 1 (satu) buah buku surat masuk Sekda Kota Bengkulu Tahun 2012 - 2016.
- 1 (satu) bundel Rekapitulasi Surat Masuk Tahun 2016 No. 1 s/d 240.
- 1 (satu) buah Flasdisk Toshiba 8 Gb yang berisi Soft Copy Rekapitulasi Surat Masuk Tahun 2016 No. 1 s/d 240
- 1 (satu) buah buku daerah perwal 2005 -2015
- 1 (satu) buah Kwitansi Asli Rp. 500.000.000 dari Julian Firdaus,SE kepada Iksanul Arif, SE
- 1 (satu) bundel PERWAL 36 tahun 2015 Asli
- 1 (satu) Bundel PERWAL 36A Tahun 2015 Asli
- 1 (satu) Lembar Surat Penyataan Asli Kepala Bagian Hukum An. ZOHRI KURNADI.SH.MH
- 1 (Satu) Lembar Nota Dinas Kepala DPPKA An. SOPYAN, SE asli
- 1 (Satu) lembar fotocopi KTP, atas nama Ikhsanul Arif, No 17771020510770016
- 1 (Satu) lembar kartu keluarga, atas nama Ikhsanul Arif selaku kepala Keluarga, NO 17710315727
- 1 (Satu) lembar Ijazah SMP Negri 10 Bengkulu, atas nama Ikhsanul Arif, NO 22 1823819
- 1 (Satu) lembar Ijazah SMA Sint Carolus Bengkulu, Atas nama Ikhsanul Arif, No 22 048633
- 1 (Satu) lembar Ijazah Sekolah Tinggi Bahasa Asing Yapari-Aba Bandung, Atas nama Ikhsanul Arif, No 003678
- 1 (Satu) lembar Ijazah Magister Manajemen Universitas Bengkulu, Atas nama Ikhsanul Arif, No 49/UNIB/PS/2003/ 07049
- 1 (satu) lembar Asli Nota Dinas Nomor : 26 / AK-PB/DPPKA/2015 tanggal 4 Maret 2015 perihal Pengajuan SPP/SPM LS atas belanja barang dan jasa pihak ketiga TA.2015.
- 1 (satu) lembar Asli Nota Dinas Nomor : 900 / 48 / DPPKA/2015 tanggal 18 Mei 2015 perihal Pembayaran Tunggakan Kewajiban Pinjaman.
- 1 (satu) lembar Asli Nota Dinas Nomor : 900 / 43 / DPPKA/2015 tanggal 06 Mei 2015 perihal Dana Bagi Hasil Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor Kepada Kabupaten Bengkulu Tengah Tahun 2014.
- 1 (satu) lembar Asli Nota Dinas Nomor : 54 / AK-PB / DPPKA/2014 tanggal 8 Desember 2014 perihal Mohon Booking Nomor Surat Keputusan Walikota Bengkulu tentang Tim Penyusunan Raperda pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah.
- 1 (satu) lembar Asli Nota Dinas Nomor : 59 / AK-PB / DPPKA/2014 tanggal 1 Desember 2014 perihal Mohon Persetujuan Melaksanakan Lembur Diluar Jam Kerja dalam Rangka Koreksi Penerimaan dan Posting Jurnal Kegiatan Implementasi Simda.
- 1 (satu) lembar Asli Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja tanggal 03 Februari 2015 An. Hesti Daniarti, SE.MM.
- 1 (satu) lembar Asli Surat Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja tanggal 03 Agustus 2015 An. Ega Yudanita, A.Md.
- 1 (satu) lembar Asli Surat Permohonan Izin tanggal 27 Januari 2016 An. HIZBULLAH SULTHAN, SE.
Putusan PN BENGKULU Nomor 102/Pid.Sus-TPK/2018/PN Bgl |
|
Nomor | 102/Pid.Sus-TPK/2018/PN Bgl |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2019 |
Tanggal Register | 12 Nopember 2018 |
Lembaga Peradilan | PN BENGKULU |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua: Jonner Manik. |
Hakim Anggota |
Hakim Anggota 1: Gabriel Siallagan, Mh hakim Anggota 2: Rahmat. |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I Poin 1 sampai dengan poin 109 dipergunakan pada perkara atas nama terdakwa ELMIYATI, S.E. 9. Menetapkan supaya terdakwa dibebani untuk membayar biaya perkara sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | — |
Tanggal Dibacakan | 20 Maret 2019 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 102/Pid.Sus-TPK/2018/PN_Bgl.zip
- Download PDF
- 102/Pid.Sus-TPK/2018/PN_Bgl.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
130
65