- Menyatakan terdakwa MANHU Bin YURIS (Alm) tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi, sebagaimana dalam dakwaan Primair;
- Membebaskan terdakwa dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah turut serta melakukan tindak pidana Korupsi sebagaimana dakwaan Subsidair;
- Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun serta pidana denda sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan;
- Menghukum pula terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp. 5.250.000,- (lima juta dua ratus lima puluh ribu rupiah). Namun karena sebelum tuntutan pidana ini dibacakan, terdakwa MANHU Bin YURIS (Alm) ada menitipkan uang pengganti sebesar Rp. 5.250.000,- (lima juta dua ratus lima puluh ribu rupiah), maka terhadap uang titipan tersebut dirampas untuk Negara guna membayar uang pengganti yang dibebankan kepada terdakwa MANHU Bin YURIS (Alm)
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan terdakwa tetap ditahan;
- Menetapkan barang bukti berupa :
- 5 (lima) lembar copy legalisir Minuta Akta Pemberian Kuasa Atas Nama Direksi PT. IHYAMULIK BENGKANG TURAN Nomor 04 tanggal 13-07-2016.
- 1 (satu) Buku Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) Ditjen Pengawasan Transmigrasi TA. 2016.
- 1 (satu) Buku Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) APBN-P Ditjen Pengawasan Transmigrasi TA. 2016.
- 1 (satu) Buku Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) Revisi penhematan Ditjen Pengawasan Transmigrasi TA. 2016.
- 1 (satu) Exsemplar DIPA Petikan Tahun 2016 Kementerian Keuangan RI tanggal 07 desember 2015 yang berisi surat pengesahan daftar Isian pelaksanaan Anggaran Petikan Tahun anggaran 2016 Nomor: SP DIPA-067.08.4.350218/2016.
- 1 (satu) Exsemplar copy dari asli Legalisir DIPA Petikan Tahun 2016 Kementerian Keuangan RI Revisi ke- 01 tanggal 14 Maret 2016 yang berisi surat pengesahan daftar Isian pelaksanaan Anggaran Petikan Tahun anggaran 2016 Nomor : SP DIPA-067. 08.4.350218/2016.
- 1 (satu) Exsemplar salinan Keputusan menteri Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi Nomor 2 Tahun 2016 tanggal 5 januari 2016 tentang pengangkatan Pejabat KPA dan Bendahara pengeluaran pada Prov. Dan/atau Kabupaten penerima tugas pembuatan satuan kerja pengembangan kawasan transmigrasi kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi.
- 1 (satu) lembar surat Kepala dinas Sosnakertrans Nomor : 595/689/sosnakertrans/ VIII/2016 tanggal 08 Agustus 2016 perihal Usul revisi pejabat KPA satker Dinsosnakertrans Kab. Barut Tahun 2016.
- 1 (satu) Exsemplar copy dari asli legalisir Keputusan Bupati Barut Nomor : 188.45/ 453/2016 tanggal 28 Juli 2016 tentang pengangkatan dan pemindahan Pejabat struktural Eselon II,III dan IV dilingkungan Pemerintah kab. barut.
- 1 (satu) Exsemplar copy dari asli yang di cap Basah Keputusan Kepala Dinas Sosnakertrans Kab. Barut selaku KPA satker Dinsosnakertrans Kab. Barut TA 2016 Nomor: 595/106.b/P2KT/01/2016 tanggal 28 januari 2016 tentang pembentukan personil Pelaksanaan kegiatan DIPA Tugas pembantuan Program pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi (PMKT) TA. 2016 Satker Dinsosnakertrans Kab. Barut.
- 1 (satu) Exsemplar copy dari asli yang di cap Basah Keputusan Kepala Dinas Sosnakertrans Kab. Barut Nomor: 595/106/01/P2KT/2016 tanggal 28 Januari 2016 tentang pengangkatan PPK Program pembangunan dan pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi (P2KT) Satker Dinsosnakertrans Kab. Barut TA. 2016.
- 1 (satu) Exsemplar Keputusan Kepala Dinas Sosnakertrans Kab. Barut Nomor: 595/217/03/P2KT/2016 tanggal 4 Maret 2016 tentang pengangkatan pengawas lapangan Pekerjaan Kontruksi dan supervisi di UPT Sei rahayu I Program pembangunan dan pengembangan masyarakat dan kawasan transmigrasi (P2KT) Satker Dinsosnakertrans Kab. Barut TA. 2016.
- 1 (satu) Exsemplar copy dari asli yang di cap Basah Keputusan Kepala Dinas Sosnakertrans Kab. Barut Nomor: 595/786/Sosnakertrans/09/2016 tanggal 5 September 2016 tentang penunjukan panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari lokasi Sei Rahayu I dan supervisi serta Rehab Gotong-Gorong di sei rahayu I Program pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi (P2KT) pada satker Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Barut.
- 1 (satu) Exsemplar Keputusan Kepala Dinas Sosnakertrans Kab. Barut Nomor : 595/787/Sosnakertrans/09/2016 tanggal 5 September 2016 tentang Ralat penunjukan panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) untuk pekerjaan Kontruksi / pengadaan barang dengan nilai dibawah Rp. 200.000.000,- dan pekerjaan supervisi / Konsltansi dengan nilai dibawah Rp. 50.000.000,- Program pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi (P2KT) pada satker Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Barut TA 2016.
- 1 (satu) Buku Rencana Anggaran Biaya (RAB) Program: pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi, kegiatan: pembangunan dan pengembangan Sarpras di Kawasan transmigrasi, Pekerjaan: peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I, Lokasi: sei rahayu I kec. Teweh tengah.
- 1 (satu) Buku Gambar rencana Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I, Lokasi: sei rahayu I Muara Teweh.
- 1 (satu) Buku copy dari asli yang di cap Basah Harga perkiraan sendiri (HPS) Program: pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi, kegiatan: pembangunan dan pengembangan Sarpras di Kawasan transmigrasi, Pekerjaan: peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I, Lokasi: sei rahayu I kec. Teweh tengah.1 (satu) Buku copy dari
- asli yang di cap Basah Kerangka Acuan kerja (KAK) Pekerjaan Kontruksi Program: pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi, kegiatan: pembangunan dan pengembangan Sarpras di Kawasan transmigrasi, Pekerjaan: peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I.
- 1 (satu) Buku Dokumen Surat Perjanjian (Kontrak) Nomor:595/635/SP-P2KT/07/2016 Tanggal 19 Juli 2016 Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga: 3.236.886.000,-.
- 1 (satu) Buku Dokumen Addendum Kontrak Nomor:595/736/ADD-P2KT/08/2016 Tanggal 19 Agustus 2016 Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga: 2.556.680.000,-.
- 1 (satu) Buku Dokumen Addendum Kontrak II (kedua) Nomor:595/2150/ADD II-P2KT/12/2016 Tanggal 14 Desember 2016 Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga : 2.556.680.000,-.
- 1 (satu) Buku Back Up data Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga: 2.556.680.000,-.
- 1 (satu) Buku Berita Acara Pembayaran Termin II (kedua) Nomor : 595/2199/ BA/P2KT/12/2016 Tanggal 21 Desember 2016 Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga : 2.556.680.000,-.
- 1 (satu) Buku Berita Acara Pembayaran Termin III (ketiga) Nomor : 595/2201/ BA/P2KT/12/2016 Tanggal 22 Desember 2016 Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga: 2.556.680.000,-.1 (satu) Buku copy dari asli
- yang di cap Basah Berita Acara serah terima (BAST) pertama pekerjaan Nomor : 215/PT.IBT.MTW/ XII/2016 Tanggal 30 Desember 2016 Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga : 2.556.680.000,-.1 (satu) Buku
- Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Program : Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kegiatan : Pembangunan dan Pengembangan Sarpras di Kawasan transmigrasi, Pekerjaan : Supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I, Lokasi : Sei Rahayu I kec. Teweh tengah.
- 1 (satu) Buku Kerangka Acuan kerja (KAK) Jasa Konsultasi Program : pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kegiatan : pembangunan dan pengembangan Sarpras di Kawasan transmigrasi, Pekerjaan : Supervisi Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I.
- 1 (satu) Buku Dokumen Surat Perjanjian (Kontrak) Nomor : 595/636/SP-P2KT/07/2016 Tanggal 19 Juli 2016 Pekerjaan supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga: 224.668.000,- Pelaksana CV. PALANGKA WIDYAJASA KONSULTAN pusat palangka raya.
- 1 (satu) Buku copy dari asli Legalisir Dokumen Lampiran Surat Perjanjian (Kontrak) Nomor : 595/636/SP-P2KT/07/2016 Tanggal 19 Juli 2016 Pekerjaan supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga : 224.668.000,- Pelaksana CV. PALANGKA WIDYAJASA KONSULTAN Pusat Palangka Raya.
- 1 (satu) Buku Dokumen Addendum Kontrak Nomor : 595/737/ADD-P2KT/08/2016 Tanggal 19 Agustus 2016 Pekerjaan Supervisi Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I, harga: 153.400.000,- Pelaksana CV. PALANGKA WIDYAJASA KONSULTAN Pusat Palangka Raya.
- 1 (satu) Buku Dokumen Addendum Kontrak II (kedua) Nomor : 595/2151/ADD II-P2KT/12/2016 Tanggal 14 Desember 2016 Pekerjaan supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga : 153.400.000,- Pelaksana CV. PALANGKA WIDYAJASA KONSULTAN Pusat Palangka Raya.
- 1 (satu) Buku Laporan Bulan ke-1 Periode Tanggal 19 Juli 2016-16 Agustus 2016 Pekerjaan Supervisi Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I.
- 1 (satu) Buku Laporan Bulan ke-2 Periode Tanggal 17 Agustus 2016-20 September 2016 Pekerjaan Supervisi Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I.
- 1 (satu) Buku copy dari asli legalisir Laporan Bulan ke-3 Periode Tanggal 21 september 2016-18 Oktober 2016 Pekerjaan supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I.
- 1 (satu) Buku Laporan Bulan ke-4 Periode Tanggal 18 Oktober 2016-22 Nopember 2016 Pekerjaan Supervisi Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I.
- 1 (satu) Buku Laporan Bulan ke-5 Periode Tanggal 22 Nopember 2016-15 Desember 2016 Pekerjaan supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I.
- 1 (satu) Buku Laporan Bulan ke-5 Periode Tanggal 16 Desember 2016-28 September 2016 Pekerjaan supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I.
- 1 (satu) Buku Laporan Akhir Pekerjaan Supervisi Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I.
- 1 (satu) Exsemplar Berita Acara Pembayaran Termin II (kedua) Nomor : 595/2200/ BA/P2KT/12/2016 Tanggal 21 Desember 2016 Pekerjaan supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga: 153.400.000,- Pelaksana CV. PALANGKA WIDYAJASA KONSULTAN Pusat Palangka Raya.
- 1 (satu) Exsemplar Berita Acara Pembayaran Termin III (ketiga) Nomor : 595/2202/ BA/P2KT/12/2016 Tanggal 22 Desember 2016 Pekerjaan supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga: 153.400.000,- Pelaksana CV. PALANGKA WIDYAJASA KONSULTAN Pusat Palangka Raya.
- 1 (satu) Exsemplar Berita Acara serah terima (Bast) pertama pekerjaan Nomor : 219/ CV.PWK/ XII/2016 Tanggal 30 Desember 2016 Pekerjaan supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I harga: 153.400.000,- Pelaksana CV. PALANGKA WIDYAJASA KONSULTAN Pusat Palangka Raya.
- 1 (satu) Buku INVOICE pekerjaan kegiatan Supervisi Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016.
- 1 (satu) Buku Dokumentasi Kegiatan Galian dan Gusuran Tanah Kegiatan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016.
- 1 (satu) Buku Dokumentasi Kegiatan Pembentukan Badan Jalan (Land Clearing) Kegiatan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016.
- 1 (satu) Buku Dokumentasi Kegiatan Pembuatan Jembatan / Gorong-Gorong Darurat kegiatan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016.
- 1 (satu) Buku Dokumentasi Pemeriksaan, Pengukuran Lapangan dan Penilaian Hasil Pekerjaan Kegiatan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016.
- 1 (satu) Buku Dokumentasi setelah pelaksanaan pemeliharaan pekerjaan kegiatan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016.
- 1 (satu) Buku Dokumentasi Stock Agregat Kelas B dan situasi Banjir pekerjaan kegiatan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016.
- 1 (satu) Buku Dokumentasi awal Pekerjaan Kegiatan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016 keadaan tanggal 26-27 Januari 2016.
- 1 (satu) Buku Dokumentasi awal Pekerjaan Kegiatan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016 keadaan tanggal 20 Mei 2016.
- 1 (satu) Buku Dokumentasi pengukuran awal (0,00%) Pekerjaan Kegiatan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I TA. 2016.
- 1 (satu) lembar Surat CV. PALANGKA WIDYAJASA KONSULTAN Nomor : 94/ CV.PWK/VII/2016 tanggal 19 Juli 2016 yang ditujukan kepada pejabat pembuat Komitmen program P2KT T.A. 2016 Perihal Usulan Personil yang ditugaskan untuk melaksanakan pekerjaan.
- 1 (satu) lembar Surat pejabat pembuat Komitmen program P2KT T.A. 2016 Nomor : 595/623/P2KT/07/2016 tanggal 19 Juli 2016 yang ditujukan kepada Direktur CV. PALANGKA WIDYAJASA KONSULTAN Pusat Palangka Raya Perihal Rekomendasi / Persetujuan Penugasan Personil untuk Pekerjaan Supervisi.
- 1 (satu) Exsemplar Dokumen Pencairan uang muka 20 % sebesar Rp. 450.905.382,- Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I tanggal 2 September 2016.
- 1 (satu) Exsemplar Dokumen Pencairan Tahap II 25 % sebesar Rp.112.726.345,- Pekerjaan peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I tanggal 22 Desember 2016.
- 1 (satu) Exsemplar Dokumen Pencairan Tahap III dan retensi 5% sebesar Rp.1.690.895.182,- Pekerjaan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I tanggal 22 Desember 2016.
- 1 (satu) Exsemplar Dokumen Pencairan uang muka 20 % sebesar Rp.27.333.091,- Pekerjaan Supervisi Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I tanggal 29 Agustus 2016.
- 1 (satu) Exsemplar Dokumen Pencairan Tahap II 25 % sebesar Rp. 6.833.272,- Pekerjaan Supervisi peningkatan jalan penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I tanggal 22 Desember 2016.
- 1 (satu) Exsemplar Dokumen Pencairan Tahap III dan retensi 5% Pekerjaan Supervisi Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu tanggal 22 Desember 2016.
- 1 (satu) Exsemplar Dokumen Pencairan Pembayaran Honorarium Pengadaan Barang dan Jasa sebesar Rp.9.690.000,- Pekerjaan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I tanggal 09 Desember 2016.
- 1 (satu) Exsemplar Dokumen Pencairan Pembayaran Honorarium Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) sebesar Rp. 3.465.000,- Pekerjaan Peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I tanggal 09 Desember 2016.
- 1 (satu) Exsemplar Dokumen Pencairan Pembayaran Honorarium KPA, PPK, PPSPM dan bendahara Pengeluaran dan Staf Pengelola Pekerjaan peningkatan Jalan Penghubung dari Lokasi Sei Rahayu I Bulan Juni s.d Desember 2016.
- Uang Tunai sebesar Rp. 5.250.000,- (lima juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) dirampas untuk Negara dan disetorkan ke Kas Negara untuk diperhitungkan sebagai pembayaran uang pengganti atas nama Terdakwa MANHU, ST Bin YURIS (Alm).
Putusan PN PALANGKARAYA Nomor 21/Pid.Sus-TPK/2019/PN Plk |
|
Nomor | 21/Pid.Sus-TPK/2019/PN Plk |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2019 |
Tanggal Register | 29 Juli 2019 |
Lembaga Peradilan | PN PALANGKARAYA |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Mahfudin |
Hakim Anggota |
hakim Anggota 2: Rajali, Hakim Anggota 1: Dedi Ruswandi |
Panitera | Panitera Pengganti: Bambang Sukino, panitera Pengganti 2: Hj. Masriah |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I : Dipergunakan dalam perkara an. SAYUDI, SE. Bin SARNI 9. Menetapkan terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah). |
Tanggal Musyawarah | 17 Desember 2019 |
Tanggal Dibacakan | 17 Desember 2019 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
137
37