- Menyatakan Terdakwa EMY ERWANDA, SE dengan identitas tersebut di atas, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana pada dakwaan Primair;
- Membebaskan Terdakwa oleh karenanya dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa EMY ERWANDA, SE dengan identitas tersebut di atas, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana ?KORUPSI SECARA BERSAMA-SAMA?;
- Menjatuhkan pidana oleh karenanya terhadap Terdakwa tersebut dengan Pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan denda sebesar Rp. 50.000.000,00 (Lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila Terdakwa tidak membayar denda tersebut maka diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan ;
- Memerintahkan Penuntut Umum untuk menyetorkan uang titipan dari Terdakwa sebesar Rp. 25.000.000,- ( Dua puluh lima juta rupiah) ke Kas Negara cq. Pemerintah Kota Singkawang setelah putusan berkekuatan hukum tetap;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap dalam tahanan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- Membebani Terdakwa untuk membayar biaya perkara sebesar Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah);
Putusan PN PONTIANAK Nomor 23/Pid.Sus-TPK/2018/PN Ptk |
|
Nomor | 23/Pid.Sus-TPK/2018/PN Ptk |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2018 |
Tanggal Register | 30 Juli 2018 |
Lembaga Peradilan | PN PONTIANAK |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Maryono |
Hakim Anggota |
hakim Anggota 2: Soeherman, Hakim Anggota 1: Edward Samosir |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I 1) Asli bukti transfer pembayaran dari Pak ANDI SYARIF atas pembelian alat-alat Metrologi yang tertera pada Buku Tabungan Bank Mandiri atas nama H. ENANG SUHENDI dengan Nomor Rekening : 1300004442490 cabang Bandung Asia Afrika Utara periode 7 Maret 2014 sampai dengan 7 April 2014 yang terjadi transaksi pembayaran/pelunasan dari Pak ANDI SYARIF pada tanggal 4 April 2014 sebesar Rp.208.464.000 (dua ratus delapan juta empat ratus enam puluh empat ribu rupiah) ; 2) Asli bukti print-out tabungan atas nama H. ENANG SUHENDI dengan Nomor Rekening : 1300004442490 cabang Bandung Asia Afrika Utara cabang Bandung Asia Afrika Utara periode 1 September 2013 sampai dengan 31 Januari 2014 sebagai bukti atas pembayaran pembeliat alat-alat Metrologi yang terjadi pada tanggal 4 Nopember 2013 sebesar Rp.100.000.000 (seratus juta rupiah), pada tanggal 10 Desember 2013 sebesar Rp.300.000.000 (tiga ratus juta rupiah), pada tanggal 18 Desember 2013 sebesar Rp.200.000.000 (dua ratus juta rupiah) ; 3) Fotocopy bukti surat perincian sisa tagihan kepada Bapak ANDI SYARIF yang di email pada tanggal 20 Maret 2014 kepada Bapak ANDI SYARIF ; 4) Fotocopy bukti daftar harga pricelist PT. ANDIKA KARYA UTAMA MANDIRI kepada Bapak ANDI SYARIF pada tanggal 1 April 2013 ; 5) Fotocopy daftar perincian barang yang dipesan Bapak ANDI SYARIF kepada PT. ANDIKA KARYA UTAMA MANDIRI ; 6) Fotocopy daftar harga jadi kepada Bapak ANDI SYARIF sejumlah Rp.823.164.300 (delapan ratus dua puluh tiga juta seratus enam puluh empat juta tiga ratus rupiah) pada tanggal 23 Oktober 2013 yang diemail kepada Pak ANDI SYARIF pada tanggal 30 Oktober 2013 ; 7) Fotocopy surat dukungan dan surat pernyataan dari PT. ANDIKA KARYA UTAMA MANDIRI kepada CV. KARIN, kepada CV. Surya Jasa Mandiri, CV. Jasa Mandiri Utama berikut brosur-brosur yang dikirim kepada Pak ANDI SYARIF melalui email pt.dharmamuhibah@gmail.com pada hari Rabu tanggal 16 Oktober 2013 atas permintaan Bapak ANDI SYARIF ; 8) Fotocopy surat jalan/surat pengiriman barang Nomor : 031/Ankatama/SJ/XII/2013 tanggal 11 Desember 2013, Nomor : 032/Ankatama/SJ/XII/ tanggal 20 Desember 2013, Surat Jalan Nomor : 033/Ankatama/SJ/XII/ tanggal 11 Desember 2013, Surat Nomor : 034/Ankatama/SJ/XII/ tanggal 12 Desember 2013 kepada Bapak ANDI SYARIF melalui email pt.dharmamuhibah@gmail.com perihal surat jalan pengiriman barang-barang kepada Bapak ANDI SYARIF pada tanggal 11 Desember 2013 ; 9) Fotocopy data legalitas Perusahaan PT. ANDIKA KARYA UTAMA MANDIRI yang terdiri dari SIUP, TDP, HO, KTP An. H. ENANG SUHENDI, NPWP, Surat Keterangan Terdaftar Pajak, Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, Surat Keterangan Domisili Perusahaan, Akte Pendirian Perusahaan, Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tentang Perseetujuan Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas tanggal 30 April 2013 ; 10) Fotocopy bukti penawran harga atau pricelist selain kepada Pak ANDI SYARIF yaitu penawaran harga kepada PT. ARTA INDO GLOBAL Kota Balikpapan pada tanggal 11 Juli 2013 dan Kantor Disperindag Kota Padang pada tanggal 1 April 2013 ; 11) Asli Surat Pernyataan Pengajuan SPM-LS-Barang dan Jasa Nomor : 079/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013 dengan pengajuan sebesar Rp.1.477.160.000 (Satu Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Tujuh Juta Seratus Enam Puluh Ribu Rupiah) ; 12) Asli Surat Perintah Membayar Nomor : 079/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013 dengan pengajuan sebesar Rp.1.477.160.000 (Satu Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Tujuh Juta Seratus Enam Puluh Ribu Rupiah) ; 13) Asli Surat Pernyataan Pengajuan SPP-LSLBarang dan Jasa Nomor : 079/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013 dengan pengajuan sebesar Rp.1.477.160.000 (Satu Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Tujuh Juta Seratus Enam Puluh Ribu Rupiah) ; 14) Asli Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa ?Surat Pengantar? Nomor : 079/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013; 15) Asli Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa ?Ringkasan? Nomor : 079/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013 ; 16) Asli Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa ?Rincian Rencana Penggunaan? tanggal 16 Desember 2013 dengan jumlah sebesar Rp.1.477.160.000 (Satu Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Tujuh Juta Seratus Enam Puluh Ribu Rupiah) ; 17) Asli Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : 05456/SP2D/LS/1.15.01/2013 tanggal 24 Desember 2013 sebesar Rp.1.477.160.000 (Satu Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Tujuh Juta Seratus Enam Puluh Ribu Rupiah) ; 18) Asli Tanda Penerimaan sumebr Dana DAK Kota Singkawang Nomor 751 tanggal 24 Desember 2013 sebesar Rp.1.477.160.000 (Satu Milyar Empat Ratus Tujuh Puluh Tujuh Juta Seratus Enam Puluh Ribu Rupiah) ; 19) Asli 2 (dua) lembar Berita Acara pembayaran Nomor : 027/6/BAP/DAG/2013 tanggal 13 Desember 2013 ; 20) Asli 2 (dua) lembar Berita Acara Penerima Hasil Pekerjaan Nomor : 027/6/BAPHP/DAG/2013 tanggal 13 Desember 2013 ; 21) Asli 2 (dua) lembar Berita Acara Serah Terima Akhir Pekerjaan Nomor : 027/6/BASTAP/DAG/2013 tanggal 13 Desember 2013 ; 22) Asli 2 (dua) lembar Berita Acara Penyerahan Nomor : 027/6/BAP/DAG/2013 tanggal 13 Desember 2013 ; 23) Asli 2 (dua) lembar Berita Acara Penyelesaian pekeerjaan tanggal 13 Desember 2013 ; 24) Asli Surat Pernyataan Pengajuan SPM-LS-Barang dan Jasa Nomor : 080/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013 dengan pengajuan sebesar Rp.153.840.000 (Seratus Lima Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah) ; 25) Asli Surat Perintah Membayar Nomor : 080/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013 dengan pengajuan sebesar Rp.153.840.000 (Seratus Lima Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah) ; 26) Asli Surat Pernyataan Pengajuan SPP-LS-Barang dan Jasa Nomor : 080/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013 dengan pengajuan sebesar Rp.153.840.000 (Seratus Lima Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah) ; 27) Asli Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa ?Surat Pengantar? Nomor : 080/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013; 28) Asli Surat Asli Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa ?Ringkasan? Nomor : 080/SPM/LS/1.15.01/2013 tanggal 16 Desember 2013; 29) Asli Surat Asli Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa ?Rincian Rencana Penggunaan? tanggal 16 Desember 2013 dengan pengajuan sebesar Rp.153.840.000 (Seratus Lima Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah) ; 30) Asli Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor :05457/SP2D/LS/1.15.01/2013 tanggal 24 Desember 2013 sebesar Rp.153.840.000 (Seratus Lima Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah) ; 31) Asli Tanda Penerimaan sumber dana DAU Kota Singkawang Nomor 752 tanggal 24 Desember 2013 sebesar Rp.153.840.000 (Seratus Lima Puluh Tiga Juta Delapan Ratus Empat Puluh Ribu Rupiah) ; 32) Fotocopy HPS Pengadaan Alat Laboratorium Metrologi tanggal 2 Oktober 2013 sebesar Rp.1.677.934.000 (Satu Milyar Enam Ratus Tujuh Puluh Tujuh Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Empat Ribu Rupiah) ; 33) Fotocopy Surat Penawaran Produk Nomor : 021/CV.SW-PP/IV/2013 dari CV. Sekar Wangi tanggal 10 April 2013 ; 34) Fotocopy Daftar Harga Peralatan Standar Laboratorium Kemetrologian Tahun 2013 dari CV. Sekar Wangi tanggal 10 April 2013 ; 35) Fotocopy Daftar Harga Peralatan Standar Laboratorium Kemetrologian Tahun 2013 dari CV. Sejahtera tanggal 15 April 2013; 36) Fotocopy Surat Setoran Pajak (SSP) tanggal 24 Desember 2013 dengan jumlah pembayaran sebesar Rp.134.287.300 (Seratus Tiga Puluh Empat Juta Dua Ratus Delapan Puluh Tujuh Ribu Tiga Ratus Rupiah) ; 37) Fotocopy Surat Setoran Pajak (SSP) tanggal 24 Desember 2013 dengan jumlah pembayaran sebesar Rp.20.143.100 (Dua Puluh Juta Seratus Empat Puluh Tiga Ribu Seratus Rupiah) ; 38) Fotocopy Surat Setoran Pajak (SSP) tanggal 24 Desember 2013 dengan jumlah pembayaran sebesar Rp.13.985.500 (Tiga Belas Juta Sembilan Ratus Delapan Puluh Lima Libu Lima Ratus Rupiah) ; 39) Fotocopy Surat Setoran Pajak (SSP) tanggal 24 Desember 2013 dengan jumlah pembayaran sebesar Rp.2.097.850 (Dua Juta Sembilan Puluh Tujuh Ribu Delapan Ratus Lima Puluh Rupiah) ; 40) Asli Surat Keputusan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Singkawang Nomor 6 Tahun 2013 tentang Penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Singkawang Tahun 2013 tanggal 4 Maret 2013 ; 41) Asli Surat Keputusan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Singkawang Nomor 10 Tahun 2013 tentang Pengangkatan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Tahun Anggaran 2013 tanggal 1 Mei 2013 ; 42) Asli Surat Keputusan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Singkawang Nomor 12 Tahun 2013 tentang Penunjukan Panitia Penerima Hasil Pekerjaan pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kota Singkawang tahun 2013 tanngal 4 Mei 2013 ; 43) Fotocopy Salinan Keputusan Sekretaris Daerah Kota Singkawang Nomor 5 Tahun 2013 Tentang Penunjukan Penyimpanan Barang dan Pengurus Barang pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang untuk Tahun Anggaran 2013 tanggal 28 Desember 2013 ; 44) Asli Keputusan Walikota Singkawang Nomor 212 Tahun 2012 tentang Penunjukan dan Penetapan Bendahara Pengeluaran pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang untuk Tahun Anggaran 2013 tanggal 28 Desember 2012 ; 45) Asli Sertifikat Kalibrasi Nomor : 0673/SPK.5.7/03/2014, pemilik Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Singkawang Tanggal 10 Maret 2014, Bandung ; 46) Asli Sertifikat Kalibrasi Nomor : 0674/SPK.5.7/03/2014, pemilik Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Singkawang Tanggal 10 Maret 2014, Bandung ; 47) Asli Sertifikat Kalibrasi Nomor : 0675/SPK.5.7/03/2014, pemilik Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Singkawang Tanggal 10 Maret 2014, Bandung ; 48) Asli Sertifikat Kalibrasi Nomor : 0685/SPK.5.7/03/2014, pemilik Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Singkawang Tanggal 10 Maret 2014, Bandung ; 49) Asli Sertifikat Kalibrasi Nomor : 0686/SPK.5.7/03/2014, pemilik Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Singkawang Tanggal 10 Maret 2014, Bandung ; 50) Asli Sertifikat Kalibrasi Nomor : 0700/SPK.5.7/03/2014, pemilik Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Singkawang Tanggal 11 Maret 2014, Bandung ; 51) Asli Sertifikat Kalibrasi Nomor : 0756/SPK.5.7/03/2014, pemilik Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Singkawang Tanggal 17 Maret 2014, Bandung ; 52) Fotocopy Kartu Perpanjangan/Daftar Ulang Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil Nomor : 052/IUP-HERR/II/2016/BPPT masa berlaku 9 Maret 2016 tanggal 11 Februari 2016, Bandung ; 53) Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan ?CV. Sekar Wangi? Nomor : 101134605715 tanggal 28 Januari 2014 ; 54) Fotocopy Kartu NPWP Nomor : 01.455.772.2-422.000 atas nama CV. Sekar Wangi ; 55) Fotocopy Surat Keterangan Terdaftar Nomor : PEM-02255/WPJ.09/KP.0503/2012 tanggal 10 Agustus 2012, Bandung ; 56) Fotocopy Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak No : PEM-02256/WPJ.09/KP.0503/2012 tanggal 10 Agustus 2012, Bandung 57) Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan Nomor : 09/DP/VI/MW/98 tanggal 10 Juni 1998, Bandung ; 58) Fotocopy Surat Ijin Walikota Bandung Nomor : 536/SL-763/KPMD/2004 tentang ijin gangguan tanggal 27 Februari 2004, Bandung ; 59) Fotocopy Kartu Perpanjangan/Daftar Ulang IG Nomor : 0038/IG-HERR/II/2016/BPPT tanggal 3 Februari 2016, Bandung ; 60) Fotocopy Akta Tangal 15 September 1987 No.32 Turunan Perseroan Komanditer CV. Sekar Wangi di Bandung ; 61) Fotocopy Akta Masuk dan Keluar Sebagai Persero serta Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Komanditer CV. Sekar Wangi tanggal 12 Juli 2013 Nomor 4 ; 62) Fotocopy Suat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil atas nama perusahaan CV. Sejahtera Nomor : 510/1-02868/2009/3710-BPPT tanggal 28 Juni 2011, Bandung ; 63) Fotocopy Her Registrasi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil/Menengah/Besar Nomor : 510/1-3710-BPPT masa berlaku 24 Juni 2011 s/d 17 Juni 2014 tanggal 28 Juni 2011, Bandung ; 64) Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan CV. Sejahtera Nomor : 101135203613 tanggal 2 Maret 2011, Bandung ; 65) Fotocopy Kartu NPWP Nomor 02.567.905.1-429.000 atas nama CV. Sejahtera ; 66) Fotocopy Surat Keterangan Terdaftar Nomor : PEM-01671/WPJ.09/KP/0303/2013 tanggal 12 Juni 2013, Bandung ; 67) Fotocopy Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak No : PEM-01670/WPJ.09/KP.0303/2012 tanggal 12 Juni 2013, Bandung 68) Fotocopy Surat Ijin Walikota Bandung Nomor : 536/SL-2528/KPMD/2005 tentang ijin gangguan tanggal 25 Mei 2005, Bandung ; 69) Fotocopy Kartu Her Registrasi IG/ITU Nomor : 503/IG-HERR4309/BPPT/2011 tanggal 28 Juni 2011, Bandung ; 70) Fotocopy Surat Keterangan Domisili Perusahaan Nomor : 10/Kel.Skmy/IV/2013 tanggal 30 April 2013, Bandung ; 71) Fotocopy Akta Perseroan Komanditer (CV. Sejahtera) tanggal 5 Oktober 1990 No.4 ; 72) Fotocopy Akta Pengeluaran sebagai Persero dan Perubahan Anggaran Dasar tanggal 8 September 1997 No. 69 ; 73) Fotocopy KTP Nomor 3205122812540001 atas nama Moch. Surya Saputra ; 74) Surat Pernyataan mengenai pengiriman dari Bandung A/n PT.Andhika Karya Utama Mandiri Kepada Andi di Singkawang (082250368074) tanggal 5 Mei 2017, Singakawang ; 75) 1 (satu) lembar fotocopy track shipment ? cargo Garuda Indonesia dengan Document no.126-23591923 ; 76) 1 (satu) lembar bukti pengiriman CV. Laudrat Jaya Bandung dari pengirim PT. Ankatama kepada Expedisi Argo Bersama untuk diteruskan ke Bapak Andi 082250368074 ; 77) 1 (satu) lembar bukti pengiriman Jasa Expedisi & Angkutan Umum CV. Argo Bersama pengirim Laudrat Jaya kepada Dharma Muhibah Bapak ANDI tanggal 7 April 2014, Jakarta 78) 1 (satu) lembar rekening tahapan 0139-KCP Cimahi atas nama Zenal Fajar nomor rekening 01391751698 periode 03-2014 s/d 04/2014 ; 79) Isi email dari ptankatama@yahoo.co.id ke Andi Syarif T.U.W (pt.dharmamuhibah@gmail.com) tanggal 28/10/2013 ?Surat Pemesanan Barang Metrologi? ; 80) Fotocopy surat dukungan nomor : 0312/SD-KLV/IX/2013 dari PT. KLV Instrument Internasional ; 81) Fotocopy daftar harga peralatan dari PT. Dama Adiyis sejumlah Rp.1.680.000.000, tanggal 18 September 2013, Jakarta ; 82) Fotocopy daftar peralatan standar uji/kerja tera dan tera ulang , unit berjalan pengawasan dan tera/tera ulang ; 83) Fotocopy Surat Keputusan Nomor 16 Tahun 2013 tentang Penunjukan Panitia Pengadaan Barang/Jasa pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Singkawang Tahun 2013 ; 84) Fotocopy rekening koran CV. Jasa Mandiri Pratama, Jalan Pramuka No.24 Norek. 2004002156 tanggal 19 April 2017, Singkawang ; 85) Fotocopy Keputusan Walikota Singakawang Nomor 211 tahun 2012 tentang Penunjukan Pejabat Koordinator Pengelolaan Keuangan Daerah, Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Selaku Bendahara Umum Daerah (BUD), Kuasa Bendahara Umum Daerah dan Pengguna Anggaran/Pengguna Anggaran Barang di Lingkungan Pemerintah Kota Singkawang ; 86) Fotocopy Surat Penyedia Dana Anggaran Belanja Daerah Nomor : 0112/LS/1.5.01/2013 Tahun Anggaran 2013 tanggal 22 November 2013, Singkawang ; Tetap dilampirkan dalam berkas perkara. |
Tanggal Musyawarah | — |
Tanggal Dibacakan | 5 Desember 2018 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada