- Menyatakan terdakwa NORHADI HERMANTO Amd.Kep Alias HERMAN Bin ADI SUPANTO terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana KORUPSI SECARA BERLANJUT sebagaimana dakwaan Alternatif kesatu Primair;
- Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa NORHADI HERMANTO Amd.Kep Alias HERMAN Bin ADI SUPANTO dengan pidana penjara selama 5 (lima) tahun dan pidana denda sejumlah Rp.300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan;
- Menghukum pula terdakwa NORHADI HERMANTO Amd.Kep Alias HERMAN Bin ADI SUPANTO untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp. 964.043.616 (sembilan ratus enam puluh empat juta empat puluh tiga ribu enam ratus enam belas rupiah) sebagai pengganti kerugian Negara dengan ketentuan jika terpidana tidak membayar uang pengganti tersebut selama 1 (satu) bulan sesudah Putusan Pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum tetap, harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut. Dan jika terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 1 (satu) tahun;
- Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Memerintahkan terdakwa tetap berada dalam tahanan;
- Menyatakan barang bukti berupa :
- Foto Copy Surat Keputusan Bupati Murung Raya Nomor : 188.45/87/2017 Tentang Kuasa Pengguna Anggaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu Pada Puskesmas Lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya Tahun Anggaran 2017;
- Foto Copy Surat Keputusan Bupati Murung Raya Nomor : 188.45/37/2018 Penunjukan Bendahara Penerimaan Dan Bendahara Pengeluaran Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Murung Raya TA. 2018;
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Dinas Nomor : 900/ 04 / Peg/2017 Tentang Pengangkatan Pembantu Bendahara Penerimaan, Pengurus Barang Pembantu dan Pembantu Bendahara Pengeluaran Lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya Tahun Anggaran 2017;
- Foto Copy Dokumen Pelaksana Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Tahun Anggaran Tahun 2017 BOK Puskesmas Mangkahui;
- Foto Copy Dokumen Pelaksana Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Unit Pelaksana Daerah Puskesmas Mangkahui Tahun Anggaran 2017.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Mangkahui Nomor : A/II/SK/02/ 2017/ 108 Tentang Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Pengelola Keuangan dan Barang Di Puskesmas Mangkahui
- Foto Copy Kwitansi Dari Bendahara Pengeluaran Pembantu Puskesmas Mangkahui Pada Tahun 2017.
- Foto Copy Surat Perintah Pencairan Dana Kepada Norhadi Hermanto, Amd. Kep. Pada Tanggal 20 Nopember 2017.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Muara Laung Nomor : 440.4/99/TU Tentang Penetapan Nama-nama Pelaksana Pemberi Pelayanan Kesehatan Peserta Kartu Mura Sehat (KMS) Pada Puskesmas Muara Laung Tahun 2017.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Muara Laung Nomor : 440.4/21-TU Tentang Penetapan Nama-nama Pelaksana Pemberi Pelayanan Kesehatan Peserta Kartu Mura Sehat (KMS) Pada Puskesmas Muara Lauang Tahun 2016.
- Foto Copy Hasil Verifikasi Pengajuan Tagihan Jasa Pelayanan Kesehatan Dasar Yang Dijamin Pemerintah Kabupaten Murung Raya Tahun 2017.
- Foto Copy Daftar Tagihan Klaim Rawat Inap Peserta Kartu Mura Sehat Di puskesmas Rawat Inap Muara Laung Bulan Februari dan Maret 2017
- Foto Copy Kwitansi Dari Bendahara Pengeluaran Pembantu Puskesmas Muara Laung Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Tindakan Medis Rawat Jalan KMS Puskesmas Muara Laung , An.dr. DOLLY ERMAYA B.M dkk Bulan Januari s/d Maret 2017.
- Foto Copy Daftar Tanda Terima Jasa Pemberian Pelayanan Kesehatan Peserta KMS Puskesmas Muara Laung Bulan Januari s/d Maret 2017.
- Foto Copy Daftar Tagihan Rawat Jalan KMS Dasar Didalam Diluar Gedung Bulan Januari s/d Maret 2017
- Foto Copy Kwitansi Dari Bendahara Pengeluaran Pembantu Puskesmas Muara Laung Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Persalinan KMS Bulan Januari s/d Maret 2017
- Foto Copy Daftar Tanda Terima Jasa Pemberian Pelayanan Persalinan Pada Peserta KMD Puskesmas Muara Laung Bulan Januari s/d Maret 2017
- Foto Copy Daftar Rincian Belum Dibayar Oleh Bendahara Dinas Kesehatan Kepada Puskesmas Batu Bua Tahun 2017.
- Foto Copy Daftar Tanda Terima Pembayaran Kegiatan Puskesmas Tahun 2017 .
- Foto Copy Laporan Realisasi Keuangan Dana BOK Puskesmas Batu Bua.
- Foto Copy Dokumen Pelaksana Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Unit Pelaksana Daerah Puskesmas Batu Bua Tahun Anggaran 2017.
- Foto Copy Dokumen Pelaksana Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Tahun Anggaran 2017 BOK Puskesmas Batu Bua.
- Foto Copy Surat Keputusan Bupati Murung Raya Nomor: 821.1/419/BKD/XII/2016 Tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil Dalam Jabatan Administrator Dan Jabatan Pengawas Dilingkup Pemerintah Kabupaten Murung Raya.
- Foto Copy Surat Keputusan Bupati Murung Raya Nomor : 821.1/62/BKD/ III/ 2016. An. Filmanto, A.Md. Kep.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya Nomor: 800/07/KESMAS/2017 Tentang Penetapan Pengelola Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Puskesmas Kabupaten Murung Raya Tahun 2017.
- Foto Copy Kwitansi Dari Bendahara Pengeluaran Pembantu Puskesmas Puruk Cahu Untuk Membayar Jasa Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Peserta KMS Wilayah Kerja puskesmas Puruk Cahu Untuk Bulan April sampai Dengan September 2017.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Puruk Cahu Nomor: 813/IV-a/Peg/Pusk/2017 Tentang Perubahan Penunjukan Petugas Pemberi Pelayanan Kesehatan Peserta KMS di Puskesmas Puruk Cahu dan Pustu Tahun Anggaran 2017.
- Foto Copy Daftar Tagihan Klaim Rawat Jalan KMS Dalam Dan Luar Gedung Puskesmas Puruk Cahu Bulan Mei sampai September 2017.
- Foto Copy Surat Perintrah Pencairan Dana Kepada Norhadi Hermanto, Amd.Kep. Untuk Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan PKM Tb. Bantian Januari 2016 s/d Maret 2017 dan KMS Persalinan Ub. Januari s/d Juni 2016.
- Surat Perintah Membayar Langsung (LS) Kepada Norhadi Hermanto, Amd. Kep untuk Keperluan Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan PKM Tb. Bantian Ub. Januari 2016 s/d Maret 2017 dan KMS PersalinanUb. Jan s/d Juni 2016.
- Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Nomor : 00550/1.02.1.1/SPP/LS-BJ/DAU/2017 Kepada Norhadi Hermanto, Amd. Kep untuk Keperluan Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan PKM Tb. Bantian Ub. Januari 2016 s/d Maret 2017 dan KMS PersalinanUb. Januari s/d Juni 2016.
- Kwitansi dari Bendahara Pengeluaran Pembantu Puskesmas Tumbang Bantian Untuk Pembayaran Klaim Jasa Petugas Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan Pada Pustu dan Puskesmas Tumbang Bantian Ub. Juli s/d September 2016.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Tumbang Bantian Nomor: 81/TU/PKM-BTN/ 2017 Tentang Penunjukan Petugas Pemberi Pelayanan Kesehatan Pada Progaram Jaminan Kesehatan Masyarakat KMS Di Pustu Dan Puskesmas Tahun Anggaran 2016.
- Daftar Tagihan Klaim Rawat Jalan KMS Puskesmas Tumbang Bantian, Pustu Tambelum Lama. Pustu Batu Mirau, Pustu Tumbang Saan, Pustu Tumbang Kolon, Pustu Tumbang Apat, Bulan Juli, Agustus dan September 2016.
- Foto Copy Dokumen Pelaksana Angaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Tahun Anggaran 2017 BOK Puskesmas Tumbang Bantian.
- Foto Copy Dokumen Pelaksana Angaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Unit Pelaksana Daerah Puskesmas BantianTahun Anggaran 2017.Foto Copy Tanda Terima Uang Rutin Triwulan II tahun 2017 Puskesmas Tumbang Bantian.
- Foto Copy Bukti Tanda Pembayaran Ub. Juli, Agustus, Nopember dan Desember Tahun 2017 Puskesmas Tumabang Bantian.
- Foto Copy Laporan Realisasi Keuangan dan Fisik APBD dan BOK Puskesmas Tumbang Bantian Bulan Desember Tahun Anggaran 2017.
- Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) Nomor : 00605/1.02.1.1/SPP/LS-BJ/DAU/ 2017 Kepada Norhadi Hermanto, Amd. Kep untuk Keperluan Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan PKM Muara Joloi Ub. April s/d Sept 2017.
- SPJ KMS Rawat Jalan Puskesmas Muara Joloi Ub. April s/d Juni 2017.
- SPJ KMS Rawat Jalan Puskesmas Muara Joloi Ub. Juli s/d September 2017.
- SPJ Jasa Medik Persalinan KMS PKM Muara Joloi Ub. April s/d September 2017.
- Foto Copy Surat Perintrah Pencairan Dana Kepada Norhadi Hermanto, Amd. Kep. Untuk Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalandan KMS Persalinan PKM Konut Ub. Oktober 2016 s/d September 2017.
- Surat Perintah Membayar Langsung (LS) Kepada Norhadi Hermanto, Amd. Kep untuk Keperluan Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan dan KMS Persalinan PKM Konut Ub. Oktober 2016 s/d September 2017.
- Surat Perintah Pembayaran (SPP) Nomor : 00617/1.02.1.1/SPP/LS-BJ/DAU/2017 Kepada Norhadi Hermanto, Amd. Kep untuk Keperluan Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan dan KMS Persalinan PKM Konut Ub. Oktober 2016 s/d September 2017.
- SPJ KMS Persalinan Puskesmas Konut Ub. Oktober 2016 dan Mei, Agustus, Sept 2017.
- SPJ KMS Rawat Jalan Puskesmas Konut Ub. Oktober 2016 dan April s/d September 2017.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Konut Kecamatan Tanah Siang Nomor : 800/106.b/PKM-KNT/2016. Tentang Perubahan Penunjukan Pengelola Program Kartu Murung Raya Sehat dan Jampersal Puskesmas Konut Tahun 2016.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Konut Kecamatan Tanah siang Nomor : 800/134/IV/PKM-KNT/2017 Tentang Perubahan Penunjukan Petugas Pengelola Program KMS Pskesmas Konut Tahun 2017.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Konut Kecamatan Tanah siang Nomor : 800/166.b/V/PKM-KNT/2017 Tentang Perubahan Penunjukan Petugas Pengelola Program KMS Puskesmas Konut Tahun 2017.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Konut Kecamatan Tanah siang Nomor : 800/323.b/VIII/PKM-KNT/2017 Tentang Perubahan Penunjukan Petugas Pengelola Program KMS Pskesmas Konut Tahun 2017.
- SPJ Puskesmas Konut Tahun 2017.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Puskesmas Muara Tuhup Tentang Penunjukan Pemegang Bendahara Rutin Pada Lingkup Kerja Puskesmas Muara Tuhup Tahun 2017. An. Usman Amd. Kep.
- SPJ Puskesmas Muara Tuhup Tahun 2017.
- SPJ Operasional Puskesmas Tumbang Bantian Triwulan III dan Triwulan IV Tahun 2017.
- Foto Copy Surat Keputusan Bupati Murung Raya Nomor : 188.45/72/2018 Tentang Kuasa Pengguna Anggaran Pada Puskesmas Lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya TA. 2018.
- Foto Copy Surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Nomor : 900/30.2/DINKES/2018 Tentang Pengangkatan Pembantu Bendahara Penerimaan, Pembantu Pengurus Barang Pengguna Dan Pembantu Bendahara Pengeluaran Lingkup Dinas Kesehatan Murung Raya TA. 2018.
- Laporan Realisasi Keuangan Dan Fisik APBD & BOK Puskesmas Tumbang Bantian TA. 2017 Ub. Desember.
- Foto Copy Daftar Tanda Terima Pembayaran Kegiatan Puskesmas Tahun 2017.
- Foto Copy Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Peragkat Daerah TA. 2017 dan TA.2018
- Foto Copy Anggaran SPJ dan Honor yang Belum Diterima PKM Saripoi Tahun 2017.
- Foto Copy Kwitansi dari Bendahara Pengeluaran Pembantu Puskesmas Datah Koto Tahun 2017. Yaitu untuk Membayar Pembelian ATK BOK Triwu IV Pada Toko ?Alva Media? Puruk Cahu sesuai dengan rincian terlampir.
- SPJ KMS Rawat Jalan Puskesmas Puruk Cahu Seberang Bulan Januari s/d September Tahun 2017.
- SPJ KMS Persalinan Puskesmas Puruk Cahu Seberang Bulan April s/d September Tahun 2017.
- Fotocopy Daftar Uang Kegiatan Puskesmas Tumbang Lahung Yang Belum Dibayarkan Tahun 2017
- Fotocopy Kwitansi dari Bendahara Pengeluaran Pembantu Puskesmas Tumbang Lahung Tahun 2017. Yaitu Untuk Pembayaran Honor Panitia Pelaksana Kegiatan Lokakarya Mini Tingkat Puskesmas Tumbang Lahung An. Arlin dkk
- Fotocopy Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah Nomor 00201/SPD/1.02.01.01/2017 Tahun Anggaran 2017
- Fotocopy Surat Bupati Murung Raya No:700/62/IRBAN.II/INSP/2018. Perihal Petunjuk Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Khusus Terhadap Bendahara Pengeluaran Dinas Kesehatan Kab. Murung Raya TA.2017 dan Surat Bupati Murung Raya Nomor : 700/62.a/IRBAN.II/INSP/2018 Perihal Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Khusus Inspektorat Kabupaten Murung Raya.
- Fotocopy Laporan Hasil Pemeriksaan Khusus Terhadap Bendahara Pengeluaran Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya Tahun Anggaran 2017.
- Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah Nomor 00201/SPD/ 1.02.01.01/2017 Tahun Anggaran 2017
- Surat Pengantar Nomor : 900/882/Keu/2017 Tanggal 23 November 2017 Tentang Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan PKM Muara Joloi Datah Katou dan Puruk Cahu.
- Surat Perintah Membayar Langsung No. SPM : 00607/1.02.11/SPM/L5-BJ/DAV/2017.
- Surat Permintaan Pembayaran Kepada Norhadi Hermanto (SPP) Nomor : 00607/1.02.1.1/SPP/LS-BJ/DAU/2017
- Surat Pernyataan Pertanggung Jawaban Mutlak Tanggal 23 November 2017.
- Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan dan KMS Persalinan PKM Puruk Cahu Ub. April s/d September 2017.
- Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah Nomor : 00201/SPD/ 1.02.01.01/2017 Tahun 2017
- Kelengkapan Dokumen SPM untuk Penerbitan SP2D LS Barang Jasa Pembayaran Honorarim.
- Kwitansi Dari Bendahara Pengeluaran Pembantu Puskesmas Puruk Cahu Yaitu Untuk Membayar Jasa Pelayanan Persalinan Peserta KMS Wilayah Kerja Puskesmas Puruk Cahu untuk April s/d September 2017 an. ARNITA sesuai daftar tanda terima bukti terlampir.
- Keputusan Kepala Puskesmas Puruk Cahu Nomor: 1839/IV-a/Peg/Puske/2017 tentang Penunjukan Petugas Pemberi Pelayanan Kesehatan Peserta KMS di Puskesmas dan Pustu TA.2017 dan Lampiran
- Hasil Verifikasi Pengajuan Tagihan Jasa Pelayanan Kesehatan Dasar Yang Dijamin Pemerintah Kabupaten Murung Raya Tahun 2017 dan Lampirannya.
- Daftar Tanda Terima Jasa Pemberian Pelayanan Kesehatan Pada Peserta KMS Puskesmas Muara Laung
- Daftar Tanda Terima Jasa Pemberian Pelayanan KMS Rawat Inap Puskesmas Muara Laung
- Surat Perintah Membayar Langsung (LS) untuk keperluan Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan dan Rawat Inap PKM Muara Laung Ub. Okt 2016 s/d Mar 2017 dan KMS Persalinan Ub. Jan s/d Mar 2017
- Kelengkapan Pengajuan Permintaan Pembayaran Honorarium Kelengkapan SPP/SPM LS Belanja Barang/Jasa
- Surat Perintah Pencairan Dana kepada Norhadi Hermanto, Amd. Kep untuk Pembayaran Jasa Medik Pelayanan Kesehatan KMS Rawat Jalan dan Rawat Inap PKM Muara Laung Ub. Okt 2016 s/d Maret 2017 dan KMS Persalinan Ub. Jan s/d Maret 2017.
Putusan PN PALANGKARAYA Nomor 32/Pid.Sus-TPK/2018/PN Plk |
|
Nomor | 32/Pid.Sus-TPK/2018/PN Plk |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2018 |
Tanggal Register | 21 September 2018 |
Lembaga Peradilan | PN PALANGKARAYA |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua: Agus Windana |
Hakim Anggota |
hakim Anggota 2: Dedi Ruswandi, Hakim Anggota 1: Rajali |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I Dikembalikan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya melalui saksi dr. Suria Siri. 7.Membebankan kepada terdakwa untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah). |
Tanggal Musyawarah | — |
Tanggal Dibacakan | 22 Nopember 2018 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
122
86