- Menyatakan Terdakwa Dr. Drs. MAHYUDIANSYAH, M.AP., tersebut di atas, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan ???TINDAK PIDANA KORUPSI SECARA BERSAMA-SAMA??? sebagaimana didakwakan dalam dakwaan Primair;
- Membebaskan Terdakwa Dr. Drs. MAHYUDIANSYAH, M.AP., dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa Dr. Drs. MAHYUDIANSYAH, M.AP., tersebut terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan ???TINDAK PIDANA KORUPSI??? sebagaimana didakwakan dalam dakwaan Subsidair;
- Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan denda sebesar Rp50.000.000,00 (lima puluh juta Rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan;
- Memerintahkan Terdakwa untuk ditahan dalam Rumah Tahanan Negara;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- 1 (satu) bundle fotocopy surat perjanjian Kontrak Nomor: 602/02.KPA/Kontrak???PR/DISDAG/2017 tanggal 25 September 2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy laporan bulanan Akhir Konsultan Pengawas CV. SAIJAAN ENGINEERING periode 25 November 2017 s/d 23 Desember 2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy laporan bulanan bulan 1 (satu) periode 11 Oktober 2017 s/d 25 Oktober 2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy laporan bulanan bulan 2 (dua) periode 25 Oktober 2017 s/d 25 November 2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy ADDENDUM KONTRAK Nomor: 01/ADD/ KONTRAK-PR/DISDAG/2017 tanggal 24 November 2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy surat pernyataan Nomor: 017.a/PT.MIA-KTB/XII/2017 An. IVAN ARIES SAPUTRA;
- 1 (satu) bundle fotocopy laporan pengujian kuat tekan beton Mutu ???K-200 & K-300??? Penyedia Bahan PT. MUTIARA INDAH ABADI Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) bundle fotocopy permohonan Pelaksanaan Lelang Nomor: 510/527/DISDAG/2017 tanggal 08 Agustus 2017;
- 2 (dua) lembar asli laporan Progres Fisik Pelaksanaan Pekerjaan Nomor: 01/SE-PPK-KTB/X/2017 tanggal 23 Oktober 2017;
- 1 (satu) lembar asli laporan progres fisik mingguan Pelaksanaan pekerjaan Nomor: 05/SE-PPK-KTB /XI/2017 tanggal 23 November 2017;
- 1 (satu) lembar asli laporan progres fisik Pelaksanaan Pekerjaan Nomor: 03/SE-PPK-KTB/XII/2017 tanggal 21 Desember 2017;
- 1 (satu) bundle asli Surat Perjanjian Kontrak Nomor: 602/02/SP/PGWS/ PR.SUKORAME/DISDAG/2017 tanggal 11 Oktober 2017;
- Asli Dokumen Kontrak Pengawasan Laporan Bulanan 1;
- Asli Dokumen Kontrak Pengawasan Laporan Bulanan 2;
- Asli Dokumen Kontrak Pengawasan Laporan Bulanan 3;
- Asli Dokumen Kontrak Pengawasan Laporan Akhir;
- 1 (satu) bundle fotocopy Formula Campuran Rancangan (DESIGN MIX FORMULA BETON ???K-300???);
- 1 (satu) fotocopy DIPA petikan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Tahun 2017;
- Asli Surat Peringatan I;
- Fotocopy Surat Peringatan II;
- Fotocopy Surat Peringatan III;
- 1 (satu) lembar fotocopy surat Pemutusan Kontrak Pekerjaan Nomor: 700/868/DISDAG/XII/2017 tanggal 23 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy surat Usulan Perubahan Daftar Hitam (Black list) Nomor: 700/873/DISDAG/2017 tanggal 27 Desember 2017;
- Asli surat dari Bupati Kotabaru tentang Pemutusan Kontrak Pembangunan Pasar Rakyat Sukorame Nomor: 700/085/DISDAG/2018 tanggal 03 Januari 2018;
- 2 (dua) lembar asli surat Permintaan Klarifikasi dan Kronologis Pembangunan Pasar Dana Tugas Nomor: 511.3/421/DISDAG/V/2018 tanggal 24 Mei 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy surat Persetujuan Pergantian Site Manager Nomor: 510/641/Disdag/2017 tanggal 29 September 2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy Surat IMB Nomor: 503/1050/IMB-DPMP2TSP/2018 tanggal 22 Juni 2018;
- 1 (satu) bundle berita Acara Pembayaran Sertifikat Bulanan (MC-03) Nomor: 856/DISDAG/2017 tanggal 21 Desember 2017;
- 1 (satu) Bundle fotocopy Foto Visual;
- 1 bundle asli dokumen pembayaran uang muka (20%) dengan Perjanjian Kontrak Nomor: 602/02.KPA/KONTRAK-PR/DISDAG/2017 tanggal 25 September 2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy sertifikat bulanan (MC) ??? 01;
- 1 (satu) bundle fotocopy sertifikat bulanan (MC) ??? 02;
- 1 (satu) bundle fotocopy SK Panitia Pengadaan Barang dan Jasa;
- 1 (satu) bundle asli SK Pembentukan Panitia Penerima Hasil (PPPH);
- 3 (tiga) lembar fotocopy Dokumen dan Rekonsiliasi Data BMN Semester II Dan Tahunan 2017 Nomor: S-1836/WKN.12/KNL.03/2017 tanggal 13 Desember 2017;
- 1 (satu) bundle asli rekening Koran BNI TAPLUS;
- 1 (satu) lembar asli surat Pernyataan Mutlak Nomor: 900/877/SEKRE/ DISDAG/2017 tanggal 21 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar asli surat penunjukan petugas pengantar SPM/Pengambilan SP2D Satuan Kerja Tahun Anggaran 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy permohonan Pergantian Personil Nomor: 020/PT.MIA-KTB/2017 tanggal 27 September 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy daftar SP2D Satker Dinas perdagangan Kab. Kotabaru;
- 2 (dua) lembar fotocopy kartu pengawasan kontrak tahunan dengan CAN Tahunan: A/081.170001130/0/1 dari satker Dinas Perdagangan Kab. Kotabaru (4017877);
- Fotocopy surat persetujuan pembayaran tagihan (SPPT) Nomor: SPPT/081/17033688108 tanggal 23-10-2017 beserta lampirannya (SPM No.00103/DISDAG/2017 tanggal 23-10-2017, ringkasan kontrak, karwas Kontrak, SSP, fotocopy jaminan pembayaran uang muka No.12.92.01.2268.10.17 tanggal 25 September 2017 dari PT. Asuransi Umum Videi, fotocopy surat pernyataan keabsahan dan kebenaran JUM, fotocopy surat kuasa dari PPK Dinas Perdagangan Kab. Kotabaru kepada Kepala KPPN No. 510/683/DISDAG/2017);
- Fotocopy surat persetujuan pembayaran tagihan (SPPT) Nomor: SPPT/081/1703846325 tanggal 02-11-2017 beserta lampirannya (SPM No. 00105/DISDAG/2017 tanggal 01-11-2017, ringkasan Kontrak, karwas Kontrak, SSP);
- Fotocopy surat persetujuan pembayaran tagihan (SPPT) Nomor: SPPT/081/ 1704677993 tanggal 11-12-2017 beserta lampirannya (SPM No. 00108/DISDAG/2017 tanggal 08-12-2017, ringkasan kontrak, karwas kontrak, SSP);
- Fotocopy tanda terima ADK 401788-20171221-171254.zip tanggal 21-12-2017 beserta lampirannya (SPM No. 00113/DISDAG/2017 tanggal 21-12- 2017, ringkasan Kontrak, Karwas Kontrak, SSP);
- Asli 1 (satu) lembar Jaminan Pelaksanaan VIDEI dengan Nomor SB NO. 1915576 Tanggal 22 September 2017;
- Asli 1 (satu) bundle Surat Pernyataan PT. MUTIARA INDAH ABADI Nomor: 001/PT.MIA/2018 Tanggal 21 Agustus 2018;
- Asli 1 (satu) lembar VIDEI Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Jaminan Pelaksanaan Tanggal 22 September 2017;
- 2 (dua) lembar fotocopy bukti Pembuatan Tagihan Penerimaan Non Anggaran Pengembalian Sisa UP Tahun Anggaran 2017;
- Asli 1 (satu) bundle Faktur Pajak Standar PT. MUTIARA INDAH ABADI Tanggal 22 Desember 2017;
- Asli 1 (satu) bundle Ringkasan Kontrak tanggal 22 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar asli Surat Setoran Pajak (SSP) PT. MUTIARA INDAH ABADI dengan jumlah pembayaran sebesar Rp. 17.833.452,- (tujuh belas juta delapan ratus tiga puluh tiga ribu empat ratus lima puluh dua Rupiah) tanggal 21 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar asli Surat Setoran Pajak (SSP) PT. MUTIARA INDAH ABADI dengan jumlah pembayaran sebesar Rp. 5.350.036,- (lima juta tiga ratus lima puluh ribu tiga puluh enam Rupiah) tanggal 21 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar surat perintah membayar Nomor: 00113/DISDAG/2017 Tanggal 21 Desember 2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy Nomor: 01056/HT.01.01.TH.2005 tanggal 13 Januari 2005 tentang Pengesahan Akta Pendirian Perseroan Terbatas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia;
- 1 (satu) bundle fotocopy Akta Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT. MUTIARA INDAH ABADI Tanggal 04 Mei 2015;
- 1 (satu) lembar fotocopy surat keputusan Direksi Nomor: SK.01.041. 12.14 Tanggal 01 Desember 2014;
- 1 (satu) bundle fotocopy Surat Kuasa No.SK.01.026.03.15 Tanggal 2 Maret 2015;
- 1 (satu) bundle fotocopy Surat Kuasa No. 010.01.12 02 Januari 2012;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Keputusan Direksi Nomor: SK.01.059. 12.13 Tanggal 11 Desember 2013;
- 1 (satu) asli surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Atas Jaminan Pelaksanaan Pekerjaan 0/Revitalisasi Pasar Rakyat Sukorame Desa Tegalrejo selaku Kuasa Pengguna Anggaran Dinas Perdagangan Kab. Kotabaru atas Nilai Jaminan sebesar Rp. 261.557.300,- (dua ratus enam puluh satu juta lima ratus lima puluh tujuh ribu tiga ratus Rupiah) tertanggal 01 Juli 2020;
- Asli 3 (tiga) lembar bukti pembuatan tagihan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP);
- Asli 1 (satu) lembar Surat Kuasa Pemblokiran/Penyetoran Nomor: 020/PT.MIA /2018 Tanggal 21 Agustus 2018;
- 1 (satu) bundle fotocopy Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor: 15/M-DAG/PER/2/2017 tanggal 28 Februari 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy Undangan Penelaahan/Reviu Tugas Pembantuan Kementrian Perdagangan TA. 2017 Nomor:714/PDN.3.1/
- 1 (satu) bundle fotocopy permohonan Pergantian Personil No. 020/PT.MIA-KTB/2017 tanggal 27 September 2017;
- 1 (satu) lembar Undangan, Daftar hadir, dan Notulen rapat persiapan Kontrak Pekerjaan Pembangunan Pasar Sukorame Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir TA. 2017 Nomor: 510/63.1.1/Dis.DAG/
- 1 (satu) lembar fotocopy Laporan Pembangunan Pasar Sukorame Nomor: 645/636/DIS-DAG/2017 tanggal 26 September 2017;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Undangan, Daftar hadir dan Notulen Nomor: 510/802/Dis-Dag/2017 tanggal 4 Desember 2017;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Penyataan Mutlak Nomor: 900/877/ Sekre/disdag/2017 tanggal 21 Desember 2017;
- 1 (satu) bundle laporan Penyelidikan Tanah dari Politeknik Banjarmasin Nomor: 080/pl.18/hm/li/2017 tanggal 27 Maret 2017;
- 1 (satu) rangkap berita acara pemeriksaan fisik No. BAPF/INTDAG/ 11/2017 tanggal 23 November 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy usulan nama nama Calon Pejabat Pengelola Keuangan Nomor: 800/180/DISDAG/2017 tanggal 8 Maret 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy permohonan audit Pasar Rakyat Sukorame nomor 700/125/disdag/2018 tanggal 8 Januari 2018;
- 1 (satu) bundel asli laporan Hammer Test Pasar Serongga Kab. Kotabaru Nomor: A5/005.10/b/004/2018 tanggal 9 oktober 2018;
- 1 (satu) lembar Surat Tanda Pamat Pendidikan dan Latihan Nomor: 329/PUSDIKLAT/VI/1994 tanggal 18 Juni 1994;
- 1 (satu) bundel fotocopy Proposal Pembangunan Revitalisasi Sarana Distribusi Perdagangan Pasar Rakyat Sukorame Desa Tegalrejo Kec. Kelumpang Hilir Kab. Kotabaru TA. 2017 Nomor: 600/74/disdag/2017 tanggal 20 Januari 2017;
- 1 (satu) bundel fotocopy daftar isi;
- 1 (satu) fotocopy daftar isi Harga Satuan Pokok Kegiatan (HSPK);
- 1 (satu) bundel fotocopy Rencana Anggaran Biaya (RAB) protype Pasar Rakyat Tipe C;
- 1 (satu) bundel salinan fotocopy salinan Peraturan Menteri Keuangan RI tentang Tatacara Pembayaran Atas Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Sebelum Barang atau Jasa Diterima Nomor: 145/PMK.05/2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy bukti Penerimaan Negara Bukti Pajak;
- 1 (satu) bundle fotocopy Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Dinas Perdagangan Kab. Kotabaru Nomor: 24 Tahun 2017;
- 1 (satu) bundle fotocopy Keputusan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor: 709/M-DAG/KEP/5/2017;
- 1 (satu) bundel fotocopy berkas perkara AN. H. DEDI SUNARDI, MBA dengan Nomor Register Perkara PIDSUS ??? 04/Q.3.12/Fd.1/10/2019 tanggal 03 Oktober 2019;
- 1 (satu) bundel fotocopy berkas perkara AN. SUKIRNO PRASETYO dengan Nomor Register Perkara PIDSUS ??? 05/Q.3.12/Fd.1/10/2019 tanggal 03 Oktober 2019;
- Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp. 5.000,00 (lima ribu Rupiah);
Putusan PN BANJARMASIN Nomor 26/Pid.Sus-TPK/2020/PN Bjm |
|
Nomor | 26/Pid.Sus-TPK/2020/PN Bjm |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2021 |
Tanggal Register | 2 Desember 2020 |
Lembaga Peradilan | PN BANJARMASIN |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Sutisna Sawati |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Fauzi, Br Hakim Anggota Ahmad Gawi |
Panitera | Panitera Pengganti: Syafruddin |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I UND/03/2017 Tanggal 9 Maret 2017; 2017 tanggal 20 September 2017; Dikembalikan kepada Dinas Perdagangan Kabupaten Kotabaru; Dikembalikan kepada Kejaksaan Negeri Kotabaru; |
Tanggal Musyawarah | 15 Maret 2021 |
Tanggal Dibacakan | 15 Maret 2021 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
193
75