- Menyatakan Terdakwa URAY NURDIN tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan primair Jaksa Penuntut Umum ;
- MembebaskanTerdakwa dari dakwaan primair Jaksa Penuntut Umum tersebut;
- Menyatakan Terdakwa URAY NURDIN telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalahmelakukan tindak pidana ?KORUPSI SECARA BERSAMA-SAMA? sebagaimana dakwaan Subsidair Jaksa Penuntut Umum ;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan dan denda sejumlah Rp. 50.000.000,00.- (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan;
- Menjatuhkan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti kepada Terdakwa URAY NURDIN sejumlah sebesar Rp339.481.251,-(tiga ratus tiga puluh sembilan juta empat ratus delapan puluh satu ribu dua ratus lima puluh satu rupiah) dengan ketentuan apabila Terdakwa tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan Pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut dan dalam hal Terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti maka dipidana dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun ;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Memerintahkan Terdakwa tetap ditahan ;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- 1(satu) bundel Fotocopy SPK Nomor : 001-A.1/SPK/PDT. PDTU/KPDTT/IV/2018 tanggal 5 April 2018.
- 1 (satu) bundel Daftar Rincian Transaksi CV. PANTAK PADAJI.
- 1 (satu) bundel Foto Dokumentasi Pekerjaan proyek Embung dan Bangunan Air lainnya.
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 001/A.1.8/SPK/PDT/KDPDTT/III/2018 tanggal 23 April 2018 Pekerjaan Pembangunan Rabat Beton Dusun Soha Rt.08 Bangun Sari nilai KontrakRp. 199.261.000.
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 001/A.1.10/SPK/PDT/KDPDTT/III/2018 tanggal 23 April 2018 Pekerjaan Pembangunan Rabat Beton Bangun Sari Rt.01 Kecamatan Teriak nilai kontrak Rp. 199.480.000,-.
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 001/O.1.2/SPK/PDT/KDPDTT/III/2018 tanggal 23 April 2018 Pekerjaan Pembangunan Rabat Beton Desa CiptaKarya Rt.08/Keranji nilai Rp. 199.442.000
- 74 (tujuh puluh empat) eksemplar perjanjian Kredit Pengadaan Barang dan Jasa dan Surat Perintah Kerja (SPK)
- 74 (tujuh puluh empat) bundel Fotokopi yang telah dilegalisir Permohonan Kredit Modal Kerja Konstruksi
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 012-A.2/SPK/PDT.PDTU/KPDTT/IV/2018 tanggal 05 April 2018 Pekerjaan Pembangunan Embung dan bangunan air lainnya Pekerjaan Pembangunan Dam Air Nilai Kontrak Rp. 199.880.000
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 006-A.1/SPK/PDT.PDTU/KPDTT/IV/2018 tanggal 05 April 2018 Pekerjaan Pembangunan Embung dan bangunan air lainnya Nilai Kontrak Rp. 199.750.000
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 005-B.1/SPK/PDT/KDPDTT/III/2018 tanggal 05 April 2018 Pekerjaan Pembangunan Gudang / Rumah Mesin RMU nilai kontrak Rp. 199.700.000
- 1 (satu) lembar asli surat nomor : BKY/KC-KRD/1078 tanggal 3 Oktober 2018 Perihal Surat Tagihan
- 1 (satu) lembar asli surat nomor : BKY/KC-KRD/1079 tanggal 3 Oktober 2018 Perihal Surat Tagihan
- 1 (satu) lembar asli surat nomor : BKY/KC-KRD/1080 tanggal 3 Oktober 2018 Perihal Surat Tagihan
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. DIRGA CAPITALINDO Nomor 001/D.1.2/SPK/PDT /KPDTT/IV/2018 tanggal 23 April 2018 Kegiatan Pembangunan Rabat Beton Kegiatan Pekerjaan pembangunan rabat beton lokasi Rt. 9 Lara Gunung Kabupaten Bengkayang sebesar Rp. 199.326.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta tiga ratus dua puluh enam ribu rupiah)
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor 001/D.1.3/SPK/PDT /KPDTT/III/2018 tanggal 23 April 2018 Kegiatan Pembangunan Rabat Beton lokasi Pekerjaan pembangunan rabat beton Rt. 4 Tiga Desa Kabupaten Bengkayang sebesar Rp. 199.322.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta tiga ratus dua puluh dua ribu rupiah)
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor 001/D.1.1/SPK/PDT /KPDTT/IV/2018 tanggal 23 April 2018 Kegiatan Pembangunan Rabat Beton Kegiatan Pekerjaan pembangunan rabat beton lokasi Rt. 4 Tiga Desa Kabupaten Bengkayang sebesar Rp. 199.322.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta tiga ratus dua puluh dua ribu rupiah)
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. PUTRA TEMU PERKASA Nomor 001/23/SPK/PDT/KPDTT/IV/2018 tanggal 3 April 2018 Kegiatan Pembangunan Embung dan Bangunan Air Lainnya Lokasi Rt. 020 Rw. 011 Jalan Pertanian BP2 Kelurahan Bumi Emas Kecamanatn Bengkayang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.849.000,- (Seratus Sembilan puluh Sembilan juta Delapan Ratus Empat Puluh Sembilan ribu rupiah)
- 1 (satu) bundel Surat Perjanjian Kerja (SPK) CV. PUTRA TEMU PERKASA Nomor 001/22/SPK/PDT/KPDTT/IV/2018 tanggal 3 April 2018 Pembangunan Embung dan Bangunan Air Lainnya lokasi Dusun Belangko 2 Desa Bhakti Mulya Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.871.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta delapan ratus tujuh puluh satu ribu rupiah)
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. PUTRA TEMU PERKASA Nomor 001/31/SPK/PDT/KPDTT/IV/2018 tanggal 3 April 2018 Kegiatan Pembangunan Embung dan Banunan Air Lainnya lokasi Dusun Belangko 2 Desa Bhakti Mulya Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.855.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta delapan ratus lima puluh lima ribu rupiah)
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. MARABAT AMPOR Nomor 001/28/SPK/PDT/KPDTT/IV/2018 tanggal 3 April 2018 Kegiatan Pembangunan Embung dan bangunan lainnya lokasi Dusun Jaku Bawah Desa Bhakti Mulya Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.873.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta delapan ratus tujuh puluh tiga ribu rupiah)
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. MARABAT AMPOR Nomor 001/30/SPK/PDT/KPDTT/ 2018 tanggal 3 April 2018 Kegiatan Pembangunan Embung dan bangunan lainnya lokasi Dusun Jaku Malunu 2 Desa Bhakti Mulya Kecamatan Bengkayang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.281.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta dua ratus delapan puluh satu ribu rupiah)
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 001/D-1.6/SPK/PDT/KDPDTT/III/2018 Tanggal 23 April 2018 Pekerjaan Pembangunan Rabat Beton Setia Budi
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 001/37/SPK/PDT/KDPDTT/2018 Tanggal 28 Maret 2018 Pekerjaan Pembangunan Embung
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 001/37/SPK/PDT/KDPDTT/2018 Tanggal 28 Maret 2018 Pekerjaan Pembangunan Embung
- 1 (satu) bundelfoto copy Surat Perjanjian Kerja SPK Nomor : 001/A 1.1/SPK/KDPDTT/III/2018 Tanggal 23 April 2018; Pekerjaan Rabat Beton Tanjung
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja SPK Nomor : 001/N 1.1/SPK/KDPDTT/III/2018 Tanggal 23 April 2018; Pekerjaan Rabat Beton Desa Cempaka Putih.
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 001/33/SPK/PDT/KDPDTT/2018 tanggal 28 Maret 2018 Pekerjaan Pembangunan Embung Dusun Mabak Desa Tiga Berkat Kecamatan Lumar nilai Kontrak Rp. 199.688.000,-
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 001/34/SPK/PDT/KDPDTT/2018 tanggal 28 April 2018 Pekerjaan Pembangunan Embung Dusun Lumar Desa Tiga Berkat Kecamatan Lumar nilai kontrak Rp. 199.682.000,-
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Perjanjian Kerja (SPK) Nomor : 001/36/SPK/PDT/KDPDTT/2018 tanggal 28 Maret 2018 Pekerjaan Pembangunan Embung Dusun Sebol Desa Tiga Berkat Kecamatan Lumar nilai Rp. 199.857.000,-
- 1 (satu) lembar asli Nota Dinas Nomor : 3530/HK.11/XI/2019 tanggal 18 Nopember 2019 Perihal Informasi Kepegawaian an. Ir. GUNARSO
- 1 (satu) bundel fotokopi Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor : 1 Tahun 2018 tanggal 8 Januari 2018 tentang Pengangkatan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Jabatan Penandatangan Surat Perintah Membayar (PP-SPM) pada Satuan Kerja Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
- 1 (satu) bundel fotokopi Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Nomor : 76 Tahun 2018 tanggal 25 Juni 2018 tentang Perubahan Lampiran atas Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Nomor 1 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Jabatan Penandatangan Surat Perintah Membayar (PP-SPM) pada Satuan Kerja Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
- 1 (satu) bundel Surat Pengesahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Petikan Tahun Anggaran 2018 Nomor : SP DIPA-067.06.1.350454/2018 tanggal 05 Desember 2017 an. Menteri Keuangan Direktur Jenderal Anggaran yang ditandatangani oleh ASKOLANI
- 1 (satu) bundel fotokopi Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor : 117 Tahun 2017 tentang Pengangkatan Pejabat Kuasa Pengguna Anggaran dan Bendahara Pengeluaran pada Satuan Kerja di Lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia
- 3 (tiga) lembar fotokopi nota intern CIF 85003749 Nama Debitur CV. BENUA JAYA
- 2 (dua) lembar foto mesin pemipil jagung dan mesin rice milling unit (RMU)
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. BENUA JAYA Nomor 015/B.3/SPK/PDT.PDTU/KDPDTT/IV/2018 tanggal 16 April 2018 Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bumdes Bersama Pekerjaan Pengadaan Mesin Pemipil Jagung Lokasi Pekerjaan Dusun Saparan Desa Kumba Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.700.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta tujuh ratus ribu rupiah) sumber dana APBN Tahun Anggaran 2018
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. BENUA JAYA Nomor 008/B.2/SPK/PDT.PDTU/KDPDTT/IV/2018 tanggal 16 April 2018 Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bumdes Bersama Pekerjaan Pengadaan Mesin Pemipil Jagung Lokasi Pekerjaan Dusun Kindau Desa Sekida Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.423.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta empat ratus dua puluh tiga ribu rupiah) sumber dana APBN Tahun Anggaran 2018
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. BENUA JAYA Nomor 011/B.2/SPK/PDT.PDTU/KDPDTT/IV/2018 tanggal 16 April 2018 Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bumdes Bersama Pekerjaan Pengadaan Mesin Pemipil Jagung Lokasi Pekerjaan Dusun Pareh Desa Semunying Jaya Babang Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.423.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta empat ratus dua puluh tiga ribu rupiah) sumber dana APBN Tahun Anggaran 2018
- 3 (tiga) lembar fotokopi nota intern CIF 85006981 Nama Debitur CV. MALINDO KALBAR PERMAI
- 2 (dua) lembar foto mesin pemipil jagung dan mesin rice milling unit (RMU)
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. MALINDO KALBAR PERMAI Nomor 016/B.3/SPK/PDT.PDTU/KDPDTT/IV/2018 tanggal 16 April 2018 Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bumdes Bersama Pekerjaan Pengadaan Mesin Pemipil Jagung Lokasi Pekerjaan Dusun Sentimok Desa Sinar Baru Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.800.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta delapan ratus ribu rupiah) sumber dana APBN Tahun Anggaran 2018
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. MALINDO KALBAR PERMAI Nomor 012/B.2/SPK/PDT.PDTU/KDPDTT/IV/2018 tanggal 16 April 2018 Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bumdes Bersama Pekerjaan Pengadaan Mesin Pemipil Jagung Lokasi Pekerjaan Dusun Jagoi Desa Jagoi Babang Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.400.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta empat ratus ribu rupiah) sumber dana APBN Tahun Anggaran 2018
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Kerja (SPK) CV. MALINDO KALBAR PERMAI Nomor 009/B.2/SPK/PDT.PDTU/KDPDTT/IV/2018 tanggal 16 April 2018 Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bumdes Bersama Pekerjaan Pengadaan Mesin Pemipil Jagung Lokasi Pekerjaan Dusun Sarapan Desa Kumba Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang nilai pekerjaan sebesar Rp. 199.400.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta empat ratus ribu rupiah) sumber dana APBN Tahun Anggaran 2018
- 1 (satu) bundel fotocopy Rekap Rekening Pencairan 74 Fasilitas Kredit KPBJ Bengkayang yang di tanda tangani oleh ADI ZULKIFLI selaku Direktur Kepatuhan PT. Bank Pembangunan Daerah Kalbar
- 1 (satu) bundel fotocopy Job Description/ Uraian Tugas/Pekerjaan Pegawai Nama Jabatan Pimimpin Cabang
- 1 (satu) bundel fotocopy Job Description/ Uraian Tugas/Pekerjaan Pegawai Nama Jabatan Wakil Pimimpin Cabang
- 1 (satu) bundel fotocopy Job Description/ Uraian Tugas/Pekerjaan Pegawai Nama Jabatan Kepala Seksi Kredit
- 1 (satu) bundel fotocopy Job Description/ Uraian Tugas/Pekerjaan Pegawai Nama Jabatan Pelaksana Seksi Kredit
- 4 (empat) lembar fotocopy Kutipan Surat Keputusan Direksi PT. Bank Kalbar Nomor: SK/108/DIR Tahun 2014 tanggal 16 Mei 2014 tentang Pengangkatan Pegawai EX. ODP Angkatan V Menjadi Calon Pegawai Tetap PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat
- 3 (tiga) lembar fotocopy Kutipan Surat Keputusan Direksi Nomor: SK/41/DIR Tahun 2016 tanggal 19 Februari 2016 tentang Mutasi dan Promosi Pegawai Tetap
- 3 (tiga) lembar fotocopy Kutipan Surat Keputusan Direksi Nomor: SK/68/DIR Tahun 2018 tanggal 08 Maret 2018 tentang Mutasi dan Promosi Pegawai Tetap
- 1 (satu) bundel fotocopy Executive Summary Laporan sementara hasil Audit Investigasi terhadap dugaan pemberian kredit KPBJ terhadap proyek yang mempergunakan dokumen fiktif Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia melalui Dinas Sosial Kabupaten Bengkayang
- 1 (satu) bundel fotocopy Salinan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan
- 1 (satu) bundel fotocopy BPP Perkreditan Kebijakan dan Prosedur Perkreditan SK DIR BI No.31/147/KEP/DIR tanggal 12-11-1998
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :338/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Taman Ria Batu Nek Jage senilai Rp.119.500.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :445/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Taman Ria Batu Nek Jage senilai Rp. 119.800.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :444/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Citra Bengkawan senilai Rp. 119.900.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :341/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Citra Bengkawan senilai Rp. 119.800.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :446/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Citra Bengkawan senilai Rp. 119.800.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :447/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Muare Mure senilai Rp. 119.800.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :448/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Muare Mure senilai Rp. 119.900.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :339/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Rizki Brilian Mayak Mandiri senilai Rp. 119.900.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :340/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Rizki Brilian Mayak Mandiri senilai Rp. 119.800.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :449/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Rizku Brilian Mayak Mandiri senilai Rp. 119.800.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :450/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Putra Temu Perkasa senilai Rp. 119.900.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :451/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Putra Temu Perkasa senilai Rp.119.900.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :452/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Putra Temu Perkasa senilai Rp. 119.900.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :442/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Pelangi Kasih senilai Rp. 119.900.000,-
- 1 (satu) lembar asli Surat dari PT. Asuransi Bangun Askrida Nomor :443/CAB-PTK/XII/2018 tanggal 28 Desember 2018 Perihal Pemindahbukuan/pembayaran klaim Kredit Konstrusi Atas Nama CV. Pelangi Kasih senilai Rp. 119.900.000,-
- Fotocopy Laporan Pertanggungjawaban Direksi dan Dewan Komisaris PT. BPD Kalbar Tahun 2018 (Dilegalisir).
- Foto copy 4 (empat) lembar SK Kepala ULP Barang/Jasa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia. (sudah saya tandatangani)
- Foto copy 14 (empat belas) lembar Daftar Jadwal Kegiatan PDT 2018 (sudah saya tandatangani)
- Foto copy selembar kertas berisi tulisan tangan tentang nomor DIPA (sudah saya tandatangani)
- 1 (satu) lembar kertas berisi tulisan tangan Pak Herry Murdiyanto tentang nomor DIPA (sudah saya (Sri) tandatangani)
- Foto copy 5 lima) lembar DIPA (sudah saya (Sri) tandatangani)
- 1 (satu) lembar foto copy Surat Tugas Nomor : DAI/KP-PKH/144 tanggal 07 September 2018
- 1 (satu) bundel foto copy Fungsi Utama Jabatan Kepala Bidang Audit Investigasi Tahun 2018
- 2 (dua) lembar Daftar Rincian transaksi CV. FATIMAH periode tanggal 01/06/2018 s/d 28/09/2018, Nomor Rekening 8504003431
- 1 (satu) bundel foto copy yang sudah disahkan sesuai dengan aslinya Laporan Sementara Hasil Audit Investigasi Terhadap Dugaan Pemberian Kredit KPBJ Terhadap Proyek Yang Mempergunakan Dokumen Kontrak Fiktif kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Melalui Dinas Sosial Kabupaten Bengkayang
- 1 (satu) lembar foto copy sesuai aslinya Nota Dinas Nomor KRD/ND-KMK/872/2018 tanggal 05 September 2018 Perihal Penyampaian Copy Memo Dinas Divisi Kredit
- 1 (satu) lembar asli form aplikasi setoran tunai ke Bank Kalbar Cabang Bengkayang tanggal 02 Desember 2018 sebesar Rp. 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah)
- 2 (dua) lembar fotokopi Daftar Rincian Transaksi 01/01/2018 s/d 31/12/2018 dan 01/01/2019 s/d 02/12/2019 (sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) (pengembalian ke Bank Kalbar Cabang Bengkayang tanggal 20 Nopember 2019)
- 1 (satu) lembar asli form aplikasi setoran tunai ke Bank Kalbar Cabang Bengkayang tanggal 02 Desember 2018 sebesar Rp. 7.500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah)
- 2 (dua) lembar fotokopi Daftar Rincian Transaksi 01/01/2018 s/d 31/12/2018 dan 01/01/2019 s/d 02/12/2019 (sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) (pengembalian ke Bank Kalbar Cabang Bengkayang tanggal 20 Nopember 2019)
- 3 (tiga) Lembar fotocopy nota intern CIF 85009366 Nama Debitur CV. BENUA RIUK
- 2 (dua) lembar foto mesin pemipil jagung dan mesin rice milling unit (RMU)
- 1 (satu) bundel Surat Perjanjian Kerja (SPK) CV. BENUA RIUK Nomor : 017-B.3/SPK/PDT.PDTU/KDPDTT/IV/2018 tanggal 16 April 2018 Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bumbes Bersama Pekerjaan Pengadaan Mesin Pemipil Jagung Lokasi Pekerjaan Dusun Peleng Desa Sinar Baru Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Nilai Kontrak Rp. 199.750.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) Sumber Dana APBN Tahun Anggaran 2018
- 1 (satu) bundel Surat Perjanjian Kerja (SPK) CV. BENUA RIUK Nomor : 013-B.2/SPK/PDT.PDTU/KDPDTT/IV/2018 tanggal 16 April 2018 Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bumbes Bersama Pekerjaan Pengadaan Mesin Rice Milling Unit (RMU) Lokasi Pekerjaan Dusun Jagoi Desa Jagoi Babang Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Nilai Kontrak Rp. 199.500.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta lima ratus ribu rupiah) Sumber Dana APBN Tahun Anggaran 2018
- 1 (satu) bundel Surat Perjanjian Kerja (SPK) CV. BENUA RIUK Nomor : 010-B.2/SPK/PDT.PDTU/KDPDTT/IV/2018 tanggal 16 April 2018 Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Bumbes Bersama Pekerjaan Pengadaan Mesin Pemipil Jagung Lokasi Pekerjaan Dusun Sentimo Desa Sinar Baru Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Nilai Kontrak Rp. 199.500.000,- (seratus Sembilan puluh Sembilan juta lima ratus ribu rupiah) Sumber Dana APBN Tahun Anggaran 2018
- 1 (satu) bundel Bukti Setoran Bank Kalbar pelunasan Kredit No. Rekening 8535003336
- 3 (tiga) lembar fotokopi Kutipan Surat Keputusan Direksi Bank Kalbar Nomor : SK/42/DIR TAHUN 2017 tanggal 20 Februari 2017 tentang Mutasi dan Promosi Pegawai Tetap
- 3 (tiga) lembar fotokopi Kutipan Surat Keputusan Direksi Bank Kalbar Nomor : SK/163/DIR TAHUN 2019 tanggal 02 Juli 2019 tentang Mutasi dan Promosi Pegawai Tetap
- 4 (empat) lembar fotokopi Surat Keputusan Direksi Bank kalbar Nomor : SK/240/DIR TAHUN 2015 tanggal 10 September 2015 tentang Format Surat Pemberitahuan Pemberian Fasilitas Kredit Pengadaan Barang/Jasa (KPBJ)
- 4 (empat) lembar fotokopi Nota Dinas Dari Divisi Kredit kepada Divisi Audit Intern Nomor : KRD-KMK/869/2018 tanggal 5 September 2018
- 1 (satu) bundel fotokopi Surat Kepala Divisi Kredit Nomor : KRD/KP-LRS/15/2018 tanggal 05 Januari 2018 dan Surat Keputusan Nomor : SK/03A/DIR TAHUN 2018 tanggal 05 Januari 2018 tentang Ketentuan Batas Wewenang Pemberian Persetujuan Seluruh Jenis Kredit dan Garansi Bank PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat., Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Tahun Anggaran 2018
- 3 (tiga) lembar fotokopi Job Description / Uraian Tugas Pekerjaan Pegawai Divisi Kredit
- 1 (satu) bundel Standar Operating Procedure (SOP) Kredit Pengadaan Barang/Jasa (KPBJ) tanggal 03 Februari 2017
- 1 (satu) bundel fotokopi foto-foto dukumentasi pekerjaan
- 1 (satu) bundel foto copy Peraturan Bupati Bengkayang Nomor 37 tahun 2016 tanggal 7 Desember 2016 tentang Struktur Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Bengkayang
- 1 (satu) lembar foto copy Surat Pernyataan Pelantikan atas nama HERRY MURDIYANTO, SE oleh Bupati Bengkayang diangkat sebagai Kepala Bidang Pembangunan Daerah Tertinggal pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkayang Nomor 821.23/1126/BKDPPSDM-C tanggal 9 Januari 2017
- 1 (satu) lembar foto copy Surat Perintah Pelaksana Tugas atas nama DODORIKUS, S.A.P oleh Bupati Bengkayang Nomor : 821/2658/BKDPSDM-C tanggal 28 Nopember 2017
- 1 (satu) bundel foto copy Peraturan Daerah Propinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Barat Nomor 1 Tahun 1999 tanggal 12 Pebruari 1999 tentang Perubahan Bentuk Hukum BPD Kalimantan Barat Dari Perusahaan Daerah Menjadi Perseroan Terbatas
- 1 (satu) bundel foto copy Peraturan Daerah Propinsi Daerah Tingkat I Kalimantan Barat Nomor 1 Tahun 1963 tanggal 19 Djuni 1963 tentang Pendirian Bank Pembangunan Daerah Tingkat I Kalimantan Barat
- 1 (satu) lembar foto copy Realisasi Pembayaran Klaim Kredit KPBJ s/d Desember 2019
- 1 (satu) bundel foto copy Tata Tertib Kerja Direksi PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Kuasa Nomor : 136 tanggal 31 Oktober 2016
- 1 (satu) bundel foto copy Akta Notaris Nomor : 47 tanggal 22 April 2019, Akta : Berita Acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun Buku 2018 Perseroan Terbatas ?PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat?
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Nomor : KRD/KP-LRA/15/2018 tanggal 05 Januari 2018 Perihal Ketentuan Batas Wewenang Pemberian Persetujuan Seluruh Jenis Kredit Dan Garansi Bank
- 2 (dua) lembar foto copy Surat Nomor : SR-177/D.03/2016 tanggal 8 September 2016 Perihal Keputusan Uji Kemampuan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) atas Peralihan Jabatan dari Direktur Umum menjadi Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat
- 1 (satu) bundel foto copy Surat Keputusan Nomor : SK/80/DIR TAHUN 2015 tanggal 27 Maret 2015 tentang Standard Operating Procedure (SOP) Perkreditan Tentang Kredit Pengadaan Barang/Jasa (KPBJ)
- 1 (satu) lembar fotokopi Sekda Kabupaten Bengkayang tanggal 13 September 2017
- 1 (satu) lembar fotokopi Disposisi Kepala BAPPEDA tanggal 18 September 2017
- 1 (satu) lembar fotokopi Paraf Kadis Sosial tanggal 31 Agustus 2017
- 1 (satu) bundel asli proposal Bidang Pembangunan Daerah Tertinggal Kabupaten Bengkayang, Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Bengkayang Propinsi Kalimantan Barat 2017
- 6 (enam) lembar fotokopi Surat Keputusan Bupati Bengkayang Nomor : 127/BAPPEDA/Tahun 2014 tanggal 7 April 2014 tentang Penetapan Klasifikasi Desa dan Kelurahan Kabupaten Bengkayang
- 1 (satu) bundel asli file surat masuk dan surat keluar II Tahun 2017 dari Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkayang
- 1 (satu) bundel Laporan Hasil Pembicaraan Dengan Nasabah/Pihak Ketiga (Call Memo)
- 1 (satu) bundel Daftar Rincian Transaksi
- 1 (satu) bundel Daftar Pekerjaan Konstruksi Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia Tahun 2018
- 1 (satu) bundel Pedoman Perubahan Metode Penyaluran KPBJ Nomor : KRD /KP-LRA/057/2019
- 1 (satu) bundel Surat Keputusan Nomor : SK/213/DIR Tahun 2015 tentang Pengangkatan Calon Pegawai Tetap PT. Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Barat An. Aditya
- 1 (satu) bundel Surat Tagihan ke 74 (tujuh puluh empat) debitur. (klaim)
- 1 (satu) bundel Surat Tagihan ke 74 ( tujuh puluh empat) debitur (non Klaim)
- 1 (satu) buah flash disc berisi rekaman CCTV di Kantor Bank Kalbar Cabang Bengkayang
- 1 (satu) Surat Direksi Nomor : Sk/33/DIR Tahun 2017 tentang Standar Operating Procedure (SOP) Kredit Pengadaan Barang/Jasa (KPBJ) tanggal 3 Febuari 2017
- 74 (tujuh puluh empat) Eksemplar Fotokopi yang telah dilegalisir Memorandum Pengusulan Kredit (MPK) Kredit Pengadaan Barang / Jasa (KPBJ)
- Uang sejumlah Rp. 103.000.000,- (seratus tiga juta rupiah).
- Uang sejumlah Rp. 113.000.000,- (seratus tiga belas juta rupiah)
- Uang sejumlah Rp. 113.255.200,- (seratus tiga belas juta dua ratus lima puluh lima ribu dua ratus rupiah) untuk pekerjaan an. CV. BENUA JAYA
- Uang Sejumlah Rp. 113.349.850,- (seratus tiga belas juta tiga ratus empat puluh sembilan ribu delapan ratus lima puluh rupiah) untuk pekerjaan an. CV. BENUA RIUK
- Uang sejumlah Rp. 113.256.000,- (seratus tiga belas juta dua ratus lima puluh enam ribu rupiah) untuk pekerjaan an. CV. MALINDO KALBAR PERMAI)
- Uang sejumlah Rp. 226.320.000,- (dua ratus dua puluh enam juta tiga ratus dua puluh ribu rupiah)
- Uang sejumlah Rp. 85.000.000,- (delapan puluh lima juta rupiah) untuk pekerjaan Kegiatan Pembangunan Embung dan Bangunan Air Lainnya berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor : 007-A.1/SPK/PDT.PDTU/KPDTT/IV/2018 Tanggal 5 April 2018 (CV. RIZKI BRILIAN MAYAK MANDIRI)
- Uang Sejumlah Rp. 28.444.566,67,- (dua puluh delapan juta empat ratus empat puluh empat ribu lima ratus enam puluh enam rupiah enam puluh tujuh sen) untuk pekerjaan Kegiatan Pembangunan Embung dan Bangunan Air Lainnya berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor : 007-A.1/SPK/PDT.PDTU/KPDTT/IV/2018 Tanggal 5 April 2018 (CV. RIZKI BRILIAN MAYAK MANDIRI)
- Uang Sejumlah Rp. 108.256.000,- (Seratus delapan juta dua ratus lima puluh enam ribu rupiah) untuk pekerjaan PembangunanRabat Beton Desa Cipta Karya RT. 06 berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor : 001/O1.1/SPK/PDT/KDPDTT/III/2018 Tanggal 23 April 2018 (CV. TERIAK INDAH), KPBJ Nomor : 085/2018 tanggal 04 Juli 2018
- Uang sejumlah Rp. 113. 444. 566,- (seratus tiga belas juta empat ratus empat puluh empat ribu lima ratus enam puluh enam rupiah ) untuk pekerjaan Kegiatan Pembangunan Embung dan Bangunan Air Lainnya berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor : 014-A.2/SPK/PDT.PDTU/KPDTT/IV/2018 Tanggal 5 April 2018 (CV. SAHABAT SEJATI)
- Uang sejumlah Rp. 95.756.000,- (sembilan puluh lima juta tujuh ratus lima puluh enam ribu rupiah) untuk pekerjaan Kegiatan Pembuatan Rabat Beton Tebuah Marong berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor : 001/J 1.1/SPK/PDT/KDPDTT/III/2018 Tanggal 23 April 2018 (CV. MAHRIFAH)
- Uang sejumlah Rp. 95.756.000,- (sembilan puluh lima juta tujuh ratus lima puluh enam ribu rupiah) untuk pekerjaan Kegiatan Pembuatan Rabat Beton Suka Bangun berdasarkan Surat Perintah Kerja Nomor : 001/O 1.3/SPK/PDT/KDPDTT/III/2018 Tanggal 23 April 2018 (CV. MAHRIFAH)
- Uang Sejumlah Rp. 113.160.500,- (seratus tiga belas juta seratus enam puluh ribu lima ratus rupiah) atas nama CV. DIRGA CAPITALINDO
- Uang Sejumlah Rp. 226.321.000,- (Dua ratus dua puluh enam tiga juta tiga ratus dua puluh satu ribu rupiah) atas nama CV. DIRGA CAPITALINDO
- Uang Sejumlah Rp. 113.160.500,- (Seratus tiga belas juta seratus enam puluh lima ratus rupiah) atas nama CV. TAMAN RIA BATU NEK JAGE
- Uang Sejumlah Rp. 113.444.600,- (Seratus tiga belas juta empat ratus empat puluh empat ribu enam ratus rupiah) atas nama CV. TAMAN RIA BATU NEK JAGE)
- Uang Sejumlah Rp. 340.428.500,- (Tiga ratus empat puluh juta empat ratus dua puluh delapan ribu lima ratus rupiah) atas nama CV. DWI SAHABAT SEJATI
- Uang Sejumlah Rp. 113.444.600,- (Seratus tiga belas juta empat ratus empat puluh empat ribu enam ratus rupiah) atas nama CV. CHRISTIANDY
- Uang Sejumlah Rp. 113.539.300,- (Seratus tiga belas juta lima ratus tiga puluh Sembilan ribu tiga ratus rupiah) atas nama CV. MUARA MURE
- Uang Sejumlah Rp. 113.444.600,- (Seratus tiga belas juta empat ratus empat puluh empat ribu enam ratus rupiah) atas nama CV. RIZKI BRILIAN MAYAK MANDIRI
- Uang Sejumlah Rp. 113.539.300,- (Seratus tiga belas juta lima ratus tiga puluh Sembilan ribu tiga ratus rupiah) atas nama CV. PUTRA TEMU PERKASA
- Uang Sejumlah Rp. 113.539.300,- (Seratus tiga belas juta lima ratus tiga puluh Sembilan ribu tiga ratus rupiah) atas nama CV. CITRA BENGKAWAN
- Uang Sejumlah Rp. 113.160.500,- (Seratus tiga belas juta seratus enam puluh lima ratus rupiah) atas nama CV. MARABAT AMPOR
- Uang Sejumlah Rp. 226.699.800,- (Dua Ratus Dua Puluh Enam Juta Enam Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Delapan Ratus Rupiah), atas nama perusahaan CV. BENUA JAYA
- Uang Sejumlah Rp. 226.700.600,- (Dua Ratus Dua Puluh Enam Juta Tujuh Ratus Ribu Enam Ratus Rupiah) atas nama perusahaan CV. MALINDO KALBAR PERMAI
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.225.150 dari SUPRIADI (Pelaksana CV. Teriak Indah)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.256.000 dari IMAM SUNARDI (DIrektur CV. Teriak Indah)
- Uang tunai sejumlah Rp. 226.794.850 dari DOMINIKUS MINGGU (Pelaksana CV. Benua Riuk)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.444.600 dari JOHARDI (Direktur CV. Sahabat Sejati)
- Uang tunai sejumlah Rp. 226.889.600 dari JOHARDI (Direktur CV. Citra Bengkawan)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.444.600 dari DEWI RATNA (Direktur CV. Sahabat Sejati)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.539.300 dari NUR AZMAN (WELLY) (Direktur CV. Temu Perkasa)
- Uang tunai sejumlah Rp. 100. 000.000 dari ROYNOL KUMENG (Direktur CV. RIZKI BRILIAN MAYAK MANDIRI)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.539.300 dari DEDDY (Direktur CV. MARABAT AMPOR)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.539.300 dari WELLY (Direktur CV. PUTRA TEMU PERKASA)
- Uang tunai sejumlah Rp. 226.983.900 dari SIPIN (Direktur CV. CHRISTIANDY)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.444.600 dari PRANSISKUS PRAN (Direktur CV. MUARA MURE)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.539.300 dari ROYNOL KUMENG (Direktur CV. RIZKI BRILIAN MAYAK MANDIRI)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.160.500 dari SANTOSO (Direktur CV. PAROKING PASUNI)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.225.150 dari SUPRIADI (Pelaksana CV. Teriak Indah)
- Uang tunai sejumlah Rp. 113.256.000 dari IMAM SUNARDI (DIrektur CV. Teriak Indah)
- Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp. 5.000 (Lima ribu rupiah).
Putusan PN PONTIANAK Nomor 91/Pid.Sus-TPK/2021/PN Ptk |
|
Nomor | 91/Pid.Sus-TPK/2021/PN Ptk |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2022 |
Tanggal Register | 13 Desember 2021 |
Lembaga Peradilan | PN PONTIANAK |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Moch Ichwanudin |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Efendy Hutapea, Br Hakim Anggota Atun Budi Astuti |
Panitera | Panitera Pengganti: Syahrir Riza |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI Terlampir dalam berkas perkara. Dengan total uang tunai sejumlah Rp 5.490.703.432,67 (lima miliar empat ratus sembilan puluh juta tujuh ratus tiga ribu empat ratus tiga puluh dua rupiah enam puluh tujuh sen) dikembalikan ke KasNegara Cq Bank Kalbar, sebagai uang pengganti atas kerugian keuangan negara; |
Tanggal Musyawarah | 25 April 2022 |
Tanggal Dibacakan | 25 April 2022 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 91/Pid.Sus-TPK/2021/PN_Ptk.zip
- Download PDF
- 91/Pid.Sus-TPK/2021/PN_Ptk.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
113
56