Putusan PT YOGYAKARTA Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK |
|
Nomor | 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK |
Tingkat Proses | Banding |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2023 |
Tanggal Register | 21 Desember 2022 |
Lembaga Peradilan | PT YOGYAKARTA |
Jenis Lembaga Peradilan | PT |
Hakim Ketua | Eddy Risdianto |
Hakim Anggota | Didiek Budi Utomo, Brsugeng Warnanto |
Panitera | Sutikno |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | M E N G A D I L I : MENERIMA PERMINTAAN BANDING DARI PENUNTUT UMUM; MEMPERBAIKI ATAU MENGUBAH PUTUSAN PENGADILAN TINDAK PIDANA KORUPSI PADA PENGADILAN NEGERI YOGYAKARTA TANGGAL 29 NOVEMBER 2022 NOMOR 2/PID.SUS-TPK/2022/PN YYK YANG DIMINTAKAN BANDING TERSEBUT, SEPANJANG MENGENAI BARANG BUKTI NOMOR URUT 145 DALAM PERKARA AQUO ATAU BARANG BUKTI UANG SEJUMLAH RP 240.000.000,- (DUA RATUS EMPAT PULUH HALAMAN 39 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK JUTA RUPIAH) HARUS DISERAHKAN/DIKEMBALIKAN KEPADA JAKSA PENUNTUT UMUM UNTUK DIJADIKAN BUKTI DALAM PERKARA LAIN ATAS NAMA ARIS SURYANTO, S.SIT, M.KES, SEHINGGA AMAR SELENGKAPNYA BERBUNYI SEBAGAI BERIKUT: 1. MENYATAKAN TERDAKWA DRG. HJ. ISTI INDIYANI, M.M. BINTI SUDIYONO (ALM) TIDAK TERBUKTI SECARA SAH DAN MEYAKINKAN BERSALAH MELAKUKAN TINDAK PIDANA SEBAGAIMANA DALAM DAKWAAN PRIMAIR; 2. MEMBEBASKAN TERDAKWA DRG. HJ. ISTI INDIYANI, M.M. BINTI SUDIYONO (ALM) DARI DAKWAAN PRIMAIR TERSEBUT; 3. MENYATAKAN TERDAKWA DRG. HJ. ISTI INDIYANI, M.M. BINTI SUDIYONO (ALM) TERBUKTI SECARA SAH DAN MEYAKINKAN BERSALAH MELAKUKAN TINDAK PIDANA BERSAMA-SAMA MELAKUKAN KORUPSI SEBAGAIMANA DALAM DAKWAAN SUBSIDAIR; 4. MENJATUHKAN PIDANA KEPADA TERDAKWA OLEH KARENA ITU DENGAN PIDANA PENJARA SELAMA 1 (SATU) TAHUN DAN 6 (ENAM) BULAN DAN DENDA SEJUMLAH RP.50.000.000,00 (LIMA PULUH JUTA RUPIAH) DENGAN KETENTUAN APABILA DENDA TERSEBUT TIDAK DIBAYAR DIGANTI DENGAN PIDANA PENJARA SELAMA 2 (DUA) BULAN; 5. MENETAPKAN MASA PENAHANAN YANG TELAH DIJALANI TERDAKWA DRG. HJ. ISTI INDIYANI, M.M. BINTI SUDIYONO (ALM) DIKURANGKAN SELURUHNYA DARI PIDANA YANG DIJATUHKAN; 6. MENETAPKAN TERDAKWA TETAP DITAHAN; 7. MENETAPKAN UANG YANG DISITA DARI TERDAKWA SEJUMLAH RP240.000.000,00 (DUA RATUS EMPAT PULUH JUTA RUPIAH) SESUAI DENGAN SURAT TANDA PENERIMAAN NOMOR : STP/41.A/V/2020/DITRESKRIMSUS TANGGAL 19 MEI 2020 DIKEMBALIKAN KEPADA JAKSA PENUNTUT UMUM UNTUK DIJADIKAN BUKTI DALAM PERKARA LAIN ATAS NAMA ARIS SURYANTO, S.SIT, M.KES; 8. MENETAPKAN BARANG BUKTI BERUPA: 1) 1 (SATU) BUAH BUKU CATATAN PENERIMAAN JASA SARANA DAN JASA LABORAT. 2) 1 (SATU) LEMBAR KWITANSI SEJUMLAH RP. 200.000.000,- TERTANGGAL 25 MEI 2015. 3) 1 (SATU) LEMBAR KWITANSI SEJUMLAH RP. 20.000.000,- TERTANGGAL 6 AGUSTUS 2016. HALAMAN 40 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 4) 1 (SATU) LEMBAR KWITANSI SEJUMLAH RP. 10.000.000,- TERTANGGAL KOSONG. 5) SATU BUKU PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 11 TAHUN 2013. 6) SATU BENDEL LEMBAR DISPOSISI LAMARAN PEKERJAAN RSUD WONOSARI TAHUN 2013. 7) SATU BENDEL LEMBAR DISPOSISI LAMARAN PEKERJAAN RSUD WONOSARI TAHUN 2014. 8) SATU BENDEL SURAT KEPUTUSAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 49/KPTS/TIM/2015. 9) SATU BENDEL LEMBAR DISPOSISI LAMARAN PEKERJAAN RSUD WONOSARI TAHUN 2015. 10) SATU BENDEL SURAT KEPUTUSAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 172/KPTS/TIM/2016. 11) SATU BENDEL LEMBAR DISPOSISI LAMARAN PEKERJAAN RSUD WONOSARI TAHUN 2016. 12) SATU BENDEL BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG BELANJA MAKANAN DAN MINUMAN PASIEN RSUD WONOSARI TANGGAL 21 NOVEMBER 2013. 13) SATU BENDEL BERITA ACARA SERAH TERIMA BARANG PEMELIHARAAN ALAT KANTOR RSUD WONOSARI TANGGAL 8 JULI 2014. 14) SATU LEMBAR SURAT PERSETUJUAN BIAYA KALIBRASI TA. 2015. 15) SATU LEMBAR SURAT KETERANGAN UNTUK MENDAPATKAN PEMBAYARAN TUNJANGAN KELUARGA TANGGAL 31 DESEMBER 2016. 16) SATU LEMBAR SURAT PERMOHONAN KERANDA JENAZAH TANGGAL 25 MEI 2016. 17) SATU BENDEL SPK TANGGAL 21 AGUSTUS 2017. 18) SATU LEMBAR SURAT PERGESERAN ANGGARAN TANGGAL 12 APRIL 2017. 19) 1 (SATU) LEMBAR SURAT KEPUTUSAN BUPATI GUNUNG KIDUL NOMOR 29/UP/KEP.D/D4 TANGGAL 6 APRIL 2009 TENTANG PENGANGKATAN DRG. ISTI INDIYANI, MM SEBAGAI DIREKTUR RSUD WONOSARI GUNUNGKIDUL. 20) 1 (SATU) LEMBAR SURAT KEPUTUSAN BUPATI GUNUNG KIDUL NOMOR 01/UP/KEP.D/D4 TANGGAL 9 JANUARI 2013 TENTANG PENGANGKATAN ARIS SURYANTO, S.SIT., M.KES SEBAGAI KEPALA BIDANG PELAYANAN PENUNJANG MEDIK DAN NON MEDIK RSUD WONOSARI GUNUNGKIDUL. HALAMAN 41 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 21) 1 (SATU) LEMBAR BERITA ACARA SERAH TERIMA NOMOR : 900/2001.B/2017 TANGGAL 20 JANUARI 2017 TENTANG SERAH TERIMA UANG PENGELOLAAN BIAYA UMUM; 22) 1 (SATU) BENDEL PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 10 TAHUN 2013 TANGGAL 22 APRIL 2013 TENTANG PETUNJUK TEKNIS PENGELOLAAN KEUANGAN BLUD PADA RSUD WONOSARI. 23) 1 (SATU) BENDEL PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 53 TAHUN 2015 TANGGAL 7 DESEMBER 2015 TENTANG PEDOMAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BLUD PADA RSUD WONOSARI. 24) 1 (SATU) LEMBAR STRUKTUR ORGANISASI RSUD WONOSARI TAHUN 2015. 25) 1 (SATU) BENDEL PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 78 TAHUN 2011 TANGGAL 30 DESEMBER 2011 TENTANG URAIAN TUGAS RSUD WONOSARI. 26) 1 (SATU) LEMBAR SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR : 188.4/369.C/2009 TANGGAL 1 MEI 2009 TENTANG PENATAAN PEGAWAI PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. 27) 1 (SATU) BENDEL PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 21 TAHUN 2008 TANGGAL 10 NOVEMBER 2008 TENTANG JASA PELAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI. 28) 1 (SATU) BENDEL PERATURAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 29 TAHUN 2008 TANGGAL 11 DESEMBER 2008 TENTANG PETUNJUK PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR 6 TAHUN 2007 TENTANG RETRIBUSI PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI. 29) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR : 188.4/098.A/2009 TANGGAL FEBRUARI 2009 TENTANG PEDOMAN PEMBAGIAN JASA SARANA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI. 30) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR : 188.4/098.B/2009 TANGGAL MARET 2009 TENTANG PEDOMAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI. HALAMAN 42 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 31) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR : 188.4/98.C/2009 TANGGAL MARET 2009 TENTANG PEDOMAN PEMBAGIAN JASA KOMPENSASI PELAYANAN JAMKESMAS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI. 32) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR : 188.4/98.D/2009 TANGGAL MARET 2009 TENTANG PEDOMAN PEMBAGIAN JASA KOMPENSASI PELAYANAN ASKES RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI. 33) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR : 188.4/440.B/2010 TANGGAL 3 MARET 2009 TENTANG PEDOMAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN PASIEN UMUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. 34) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR : 188.4/587.B/2010 TANGGAL 24 MARET 2009 TENTANG PEDOMAN PEMBAGIAN KOMPENSASI JASA PELAYANAN ASKES, JAMKESMAS DAN JAMKESOS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. 35) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR : 188.4/1.C/2011 TANGGAL 3 JANUARI 2011 TENTANG PEDOMAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. 36) 1 (SATU) LEMBAR KWITANSI PENGEMBALIAN JASA DOKTER LABORAT SEJUMLAH RP. 266.976.228,- (DUA RATUS ENAM PULUH ENAM JUTA SEMBILAN RATUS TUJUH PULUH ENAM RIBU DUA RATUS DUA PULUH DELAPAN RUPIAH) TERTANGGAL 25 AGUSTUS 2015. 37) 1 (SATU) LEMBAR DAFTAR PENGEMBALIAN JASA LABORAT. 38) 1 (SATU) BUAH BKU BU (BIAYA UMUM) MAP WARNA BIRU TAHUN 2015. 39) 1 (SATU) BUAH BKU BU (BIAYA UMUM) MAP WARNA HIJAU TAHUN 2016. 40) 1 (SATU) BUAH BKU BU (BIAYA UMUM) MAP WARNA HIJAU TAHUN 2017. HALAMAN 43 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 41) 1 (SATU) BUAH BKU BU (BIAYA UMUM) MAP WARNA HIJAU TAHUN 2018. 42) 1 (SATU) BUAH BKU BU (BIAYA UMUM) MAP WARNA KUNING TAHUN 2016. 43) 1 (SATU) LEMBAR SURAT TANDA SETOR PENGEMBALIAN JASA SARANA TAHUN 2009 TAHAP 1 SEJUMLAH RP. 90.062.480,- (SEMBILAN PULUH JUTA ENAM PULUH DUA RIBU EMPAT RATUS DELAPAN PULUH RUPIAH) TERTANGGAL 22 JUNI 2015. 44) 1 (SATU) LEMBAR SURAT TANDA SETOR PENGEMBALIAN JASA SARANA TAHUN 2009 TAHAP 2 SEJUMLAH RP. 68.287.510,- (ENAM PULUH DELAPAN JUTA DUA RATUS DELAPAN PULUH TUJUH RIBU LIMA RATUS SEPULUH RUPIAH) TERTANGGAL 31 JULI 2015. 45) 1 (SATU) LEMBAR FORMULIR SETORAN BANK BPD DIY SEJUMLAH RP. 488.034.628,- (EMPAT RATUS DELAPAN PULUH DELAPAN JUTA TIGA PULUH EMPAT RIBU ENAM RATUS DUA PULUH DELAPAN RUPIAH) TERTANGGAL 8 AGUSTUS 2018. 46) 2 (DUA) LEMBAR SURAT BENDAHARA RSUD WONOSARI (INDARYATI, SE) TANGGAL 10 MARET 2018 TENTANG PENGEMBALIAN JASA DOKTER LABORAT. 47) 1 (SATU) LEMBAR BUKTI PENGELUARAN KAS BIAYA UMUM RSUD WONOSARI NO. 8 SEJUMLAH RP. 470.000.000,- (EMPAT RATUS TUJUH PULUH JUTA RUPIAH) TERTANGGAL 4 AGUSTUS 2018. 48) 1 (SATU) BENDEL PERATURAN DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR 6 TAHUN 2009 TENTANG PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN ANGGARAN 2009. 49) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PELAKSANAAN ANGGARAN (DPA-SKPD) TAHUN ANGGARAN 2010 NOMOR 34/DPA/2010 TANGGAL 5 FEBRUARI 2010, SKPD RSUD WONOSARI. 50) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PELAKSANAAN PERUBAHAN ANGGARAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (DPPA-SKPD) TAHUN ANGGARAN 2011 NOMOR 132/DPPA/2011 TANGGAL 8 NOVEMBER 2011, SKPD RSUD. 51) 1 (SATU) BENDEL KEPUTUSAN PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN DAERAH NOMOR 57/DPA/2012 TENTANG PERUBAHAN KEDUA ATAS KEPUTUSAN PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR 29/DPA/2012 TENTANG PENGESAHAN HALAMAN 44 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK DOKUMEN PELAKSANAAN ANGGARAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (DPA-SKPD) TAHUN ANGGARAN 2012 PADA RSUD. 52) 1 (SATU) BENDEL KEPUTUSAN PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN DAERAH NOMOR 87/DPPA/2013 TENTANG DOKUMEN PELAKSANAAN PERUBAHAN ANGGARAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (DPPASKPD) TAHUN ANGGARAN 2013 PADA RSUD. 53) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PELAKSANAAN PERUBAHAN ANGGARAN (DPPA0-2014 RSUD WONOSARI GUNUNGKIDUL NOMOR 100/DPPA/2014. 54) 1 (SATU) BENDEL KEPUTUSAN PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN DAERAH NOMOR 68/DPPA/2015 TENTANG DOKUMEN PELAKSANAAN PERUBAHAN ANGGARAN SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (DPPASKPD) TAHUN ANGGARAN 2015 PADA RSUD. 55) 1 (SATU) BENDEL BUKTI PENGELUARAN KAS BIAYA UMUM RSUD WONOSARI UNTUK REHAB RUANG LOUNDRY DAN CSSD SEJUMLAH RP. 69.000.000,- (ENAM PULUH SEMBILAN JUTA RUPIAH) TERTANGGAL FEBRUARI 2016. 56) 1 (SATU) BENDEL BUKTI PENGELUARAN KAS BIAYA UMUM RSUD WONOSARI UNTUK REHAB RUANG TUNGGU LABORATORIUM, GEDUNG SATPAM DAN BANGSAL DAHLIA SEJUMLAH RP. 85.000.000,- (DELAPAN PULUH LIMA JUTA RUPIAH) TERTANGGAL APRIL 2016. 57) 1 (SATU) BENDEL BUKTI PENGELUARAN KAS BIAYA UMUM RSUD WONOSARI UNTUK PENGECATAN GEDUNG DAN PAGAR SEJUMLAH RP. 50.000.000,- (LIMA PULUH JUTA RUPIAH) TERTANGGAL MEI 2016. 58) 1 (SATU) BENDEL BUKTI PENGELUARAN KAS BIAYA UMUM RSUD WONOSARI UNTUK SEWA SENG PEMBATAS AREAL PEMBANGUNAN GEDUNG IGD DAN RADIOLOGI SEJUMLAH RP. 26.000.000,- (DUA PULUH ENAM JUTA RUPIAH) TERTANGGAL JUNI 2016. 59) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN MARET 2009. 60) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN JAMKESOS BULAN JANUARI-MARET 2009. 61) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN JAMKESOS BULAN APRIL-JUNI 2009. 62) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN BULAN AGUSTUS 2009. HALAMAN 45 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 63) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN BULAN SEPTEMBER 2009. 64) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN JAMKESMAS BULAN AGUSTUS 2010. 65) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN JAMKESMAS BULAN SEPTEMBER 2010. 66) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN ASKES BULAN OKTOBER-DESEMBER 2010. 67) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN JAMKESMAS BULAN OKTOBER 2010. 68) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN APRIL 2011. 69) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN MEI 2011. 70) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN FEBRUARI 2013. 71) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN MARET 2013. 72) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN APRIL 2013. 73) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN MEI 2013. 74) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN JUNI 2013. 75) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN SEPTEMBER 2013. 76) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN NOVEMBER 2013. 77) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN DESEMBER 2013. 78) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN JAMKESTA BULAN MARET-MEI 2013. 79) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN JAMKESTA BULAN AGUSTUS-SEPTEMBER 2013. 80) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RSUD WONOSARI NOMOR 006/KPTS/2015 TANGGAL 5 JANUARI 2015 TENTANG PENUNJUKAN PPK RSUD WONOSAR TA. 2015. HALAMAN 46 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 81) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RSUD WONOSARI NOMOR 003/KPTS/2016 TANGGAL 6 JANUARI 2015 TENTANG PENUNJUKAN PPK RSUD WONOSAR TA. 2016. 82) 1 (SATU) BENDEL SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RSUD WONOSARI NOMOR 002/KPTS/2017 TANGGAL 17 JANUARI 2015 TENTANG PENUNJUKAN PPK RSUD WONOSAR TA. 2017. 83) 1 (SATU) LEMBAR SURAT DIREKTUR RSUD WONOSARI NOMOR : 700/946.A/2018 TANGGAL 12 MARET 2018 TENTANG TINDAK LANJUT HASIL AUDIT SPI. 84) 1 (SATU) LEMBAR SURAT DIREKTUR RSUD WONOSARI NOMOR : 700/932.A/2018 TANGGAL 12 MARET 2018 TENTANG AUDIT DANA BU DAN PENGEMBALIAN JASA LAB. 85) 2 (DUA) LEMBAR SURAT SATUAN PEMERIKSAAN INTERNAL RSUD WONOSARI NOMOR : 700/997.A/SPI/2018 TANGGAL 16 MARET 2018 TENTANG HASIL AUDIT LANJUTAN TERHADAP BU DAN PENGEMBALIAN JASA DOKTER LABORAT. 86) 2 (DUA) LEMBAR SURAT SATUAN PEMERIKSAAN INTERNAL RSUD WONOSARI NOMOR : 700/2055.A/SPI/2018 TANGGAL 27 JULI 2018 TENTANG HASIL KONSULTASI DENGAN INSPEKTORAT DAERAH KAB. GUNUNGKIDUL. 87) 1 (SATU) LEMBAR SURAT DIREKTUR RSUD WONOSARI NOMOR : 700/2175.A/ 2018 TANGGAL 4 AGUSTUS 2018 TENTANG TINDAK LANJUT HASIL KONSULTASI. 88) 2 (DUA) LEMBAR SURAT KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 201/MENKES/SK/II/1993 TANGGAL 26 FEBRUARI 1993 TENTANG PERSETUJUAN PENINGKATAN KELAS RSUD WONOSARI. 89) 1 (SATU) LEMBAR SURAT IZIN OPERASIONAL RUMAH SAKIT NOMOR 503/1983/37/RS/VI/ 2015 TANGGAL 22 JUNI 2015. 90) 1 (SATU) BENDEL PERATURAN DAERAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR 23 TAHUN 2011 TANGGAL 30 DESEMBER 2011 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH NOMOR 3 TAHUN 2011 TENTANG PEMBENTUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, KEDUDUKAN DAN TUGAS RSUD WONOSARI 91) 2 (DUA) LEMBAR SURAT KEPUTUSAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 433/KPTS/2013 TANGGAL 31 DESEMBER 2013 TENTANG PENERAPAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BLUD SECARA PENUH PADA RSUD WONOSARI HALAMAN 47 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 92) 1 (SATU) BENDEL PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 411/MENKES/PER/III/2010, TANGGAL 25 MARET 2010 TENTANG LABORATORIUM KLINIK. 93) 2 (DUA) LEMBAR SURAT KEPUTUSAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 115/KPTS/2010, TANGGAL 20 JULI 2010 TENTANG PENETAPAN PENERAPAN POLA PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH (PPK-BLUD) PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. 94) 2 (DUA) LEMBAR SURAT KETUA SATUAN PEMERIKSA INTERNAL NOMOR 700/365/2018, TANGGAL 9 MARET 2018 TENTANG PENGEMBALIAN JASA PELAYANAN DOKTER LABORAT. 95) 1 (SATU) BENDEL CATATAN ASET ATAS PEKERJAAN/KEGIATAN TAHUN 2016. 96) 1 (SATU) LEMBAR SURAT KEPUTUSAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR : 92/UP/KEP.D/D4, TANGGAL 3 JANUARI 2017 TENTANG ALIH TUGAS DAN TEMPAT BEKERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL ATAS NAMA DR. RADEN HANTYANTO NORISWANTO, SP.PD. 97) 1 (SATU) LEMBAR SURAT IZIN PRAKTIK (SIP) DOKTER SPESIALIS NOMOR : 445/2551/2012, TANGGAL 11 MEI 2012 ATAS NAMA DR. RADEN HANTYANTO NORISWANTO, SP.PD. 98) 1 (SATU) LEMBAR IJAZAH DOKTER SPESIALIS YANG DIKELUARKAN OLEH UNIVERSITAS GADJAH MADA TANGGAL 25 JANUARI 2001 ATAS NAMA RADEN HANTYANTO NORISWANTO. 99) UANG TUNAI SEJUMLAH RP. 230.000.000,- (DUA RATUS TIGA PULUH JUTA RUPIAH) BERUPA UANG PECAHAN RP. 100.000,- (SERATUS RIBU RUPIAH) SEBANYAK 2.300 (DUA RIBU TIGARATUS) LEMBAR. 100) 1 (SATU) LEMBAR SURAT KEPUTUSAN BUPATI GUNUNGKIDUL NOMOR 10/UP/KEP.D/PTB/D.4, TANGGAL 13 DESEMBER 2013 TENTANG PENGAKTIFAN DARI TUGAS BELAJAR PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN GUNUNGKIDUL. 101) 2 (DUA) LEMBAR SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL NOMOR : 140/KPTS/2016, TANGGAL 18 JULI 2016 TENTANG PENGANGKATAN KEPALA INSTALASI LABORATORIUM RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WONOSARI. HALAMAN 48 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 102) 1 (SATU) LEMBAR SURAT PERNYATAAN MELAKSANAKAN TUGAS NOMOR : 824/04/2014 TANGGAL 3 JANUARI 2014. 103) 1 (SATU) LEMBAR SURAT TUGAS NOMOR : 090/268/2014, TANGGAL 30 JANUARI 2014 104) 1 (SATU) LEMBAR LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BENDAHARA PENERIMAAN SKPD RSUD WONOSARI BULAN AGUSTUS 2018; 105) 1 (SATU) BENDEL BUKU KAS UMUM SKPD RSUD WONOSARI TANGGAL 31 AGUSTUS 2018. 106) 2 (DUA) LEMBAR LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BENDAHARA PENERIMAAN SKPD RSUD WONOSARI BULAN DESEMBER 2018. 107) 1 (SATU) LEMBAR BUKU KAS UMUM SKPD RSUD WONOSARI TANGGAL 31 DESEMBER 2018. 108) 1 (SATU) BENDEL REKENING KORAN DENGAN NO. REK : 002.111.000679 ATAS NAMA RSUD WONOSARI PERIODE 01/01/2018 S/D 01/05/2018; 109) 1 (SATU) BENDEL REKENING KORAN DENGAN NO. REK : 002.111.000679 ATAS NAMA RSUD WONOSARI PERIODE 01/05/2018 S/D 01/09/2018; 110) 1 (SATU) BENDEL REKENING KORAN DENGAN NO. REK : 002.111.000679 ATAS NAMA RSUD WONOSARI PERIODE 01/09/2018 S/D 31/12/2018. 111) 1 (SATU) BENDEL REKENING KORAN DENGAN NO. REK : 002.111.000679 ATAS NAMA RSUD WONOSARI PERIODE 01/01/2019 S/D 04/02/2019. 112) 1 (SATU) BUKU KEPUTUSAN PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN DAERAH NOMOR 68/DPA/2018 TENTANG PERGESERAN DOKUMEN PELAKSANAAN ANGGARAN PERANGKAT DAERAH (DPA-PD) TAHUN ANGGARAN 2018 TANGGAL 2 NOVEMBER 2018 PADA RSUD WONOSARI. 113) 1 (SATU) BUKU KEPUTUSAN PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN DAERAH NOMOR 115/DPPA/2019 TENTANG PERGESERAN DOKUMEN PELAKSANAAN PERUBAHAN ANGGARAN PERANGKAT DAERAH (DPPAPD) TAHUN ANGGARAN 2019 TANGGAL 2 NOVEMBER 2018 PADA RSUD WONOSARI 114) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN FEBRUARI 2010. HALAMAN 49 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 115) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN MARET 2010. 116) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN APRIL 2010. 117) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN MEI 2010. 118) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN JUNI 2010. 119) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN JULI 2010. 120) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN AGUSTUS 2010. 121) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN SEPTEMBER 2010. 122) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN OKTOBER 2010. 123) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN NOVEMBER 2010. 124) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN DESEMBER 2010. 125) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN MARET 2011. 126) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN APRIL 2011. 127) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN MEI 2011. 128) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN JUNI 2011. 129) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN JULI 2011. 130) 1 (SATU) BENDEL DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN AGUSTUS 2011. 131) 2 (DUA) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN FEBRUARI 2012; 132) 2 (DUA) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN MARET 2012; HALAMAN 50 DARI 51 PUTUSAN NOMOR 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 133) 2 (DUA) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN APRIL 2012. 134) 2 (DUA) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN MEI 2012; 135) 3 (TIGA) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN JUNI 2012. 136) 3 (TIGA) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN JULI 2012. 137) 4 (EMPAT) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN AGUSTUS 2012. 138) 4 (EMPAT) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN SEPTEMBER 2012. 139) 3 (TIGA) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN OKTOBER 2012. 140) 5 (LIMA) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN NOVEMBER 2012. 141) 6 (ENAM) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN MEDIK BULAN DESEMBER 2012. 142) 1 (SATU) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN UMUM BULAN DESEMBER 2012. 143) 1 (SATU) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN JAMKESMAS BULAN APRIL 2012. 144) 1 (SATU) LEMBAR DOKUMEN PEMBAYARAN PENERIMAAN PEMBAGIAN JASA PELAYANAN JAMKESTA BULAN JULI 2012, DIKEMBALIKAN KEPADA PENUNTUT UMUM KEJAKSAAN NEGERI GUNUNG KIDUL UNTUK DIPERGUNAKAN PADA PERKARA LAIN ATAS NAMA ARIS SURYANTO, S.SIT., M.KES: 145) UANG TUNAI SEJUMLAH RP240.000.000,00 (DUA RATUS EMPAT PULUH JUTA RUPIAH) BERUPA UANG PECAHAN RP100.000,00 (SERATUS RIBU RUPIAH) SEBANYAK 2.300 (DUA RIBU TIGARATUS) LEMBAR DAN PECAHAN RP50.000,00 (LIMAPULUH RIBU RUPIAH) SEBANYAK 200 (DUA RATUS) LEMBAR, DISERAHKAN JAKSA PENUNTUT UMUM UNTUK DIPERGUNAKAN DALAM PERKARA LAIN ATAS NAMA ARIS SURYANTO, S.SIT., M.KES; 9. MEMBEBANKAN KEPADA TERDAKWA MEMBAYAR BIAYA PERKARA DALAM KEDUA TINGKAT PENGADILAN, DAN DALAM TINGKAT BANDING DITETAPKAN SEJUMLAH RP5.000,00 (LIMA RIBU RUPIAH) |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I : ? Menerima permintaan banding dari Penuntut Umum; ? Memperbaiki atau mengubah Putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Yogyakarta tanggal 29 November 2022 Nomor 2/Pid.Sus-TPK/2022/PN Yyk yang dimintakan banding tersebut, sepanjang mengenai barang bukti nomor urut 145 dalam perkara aquo atau barang bukti uang sejumlah Rp 240.000.000,- (dua ratus empat puluh Halaman 39 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK juta rupiah) harus diserahkan/dikembalikan kepada Jaksa Penuntut Umum untuk dijadikan bukti dalam perkara lain atas nama ARIS SURYANTO, S.Sit, M.Kes, sehingga amar selengkapnya berbunyi sebagai berikut: 1. Menyatakan Terdakwa drg. Hj. ISTI INDIYANI, M.M. Binti SUDIYONO (Alm) tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan primair; 2. Membebaskan Terdakwa drg. Hj. ISTI INDIYANI, M.M. Binti SUDIYONO (Alm) dari dakwaan primair tersebut; 3. Menyatakan Terdakwa drg. Hj. ISTI INDIYANI, M.M. Binti SUDIYONO (Alm) terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?bersama-sama melakukan korupsi? sebagaimana dalam Dakwaan Subsidair; 4. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 6 (enam) bulan dan denda sejumlah Rp.50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama 2 (dua) bulan; 5. Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa drg. Hj. ISTI INDIYANI, M.M. Binti SUDIYONO (Alm) dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan; 6. Menetapkan Terdakwa tetap ditahan; 7. Menetapkan uang yang disita dari Terdakwa sejumlah Rp240.000.000,00 (dua ratus empat puluh juta rupiah) sesuai dengan Surat Tanda Penerimaan Nomor : STP/41.a/V/2020/Ditreskrimsus tanggal 19 Mei 2020 dikembalikan kepada Jaksa Penuntut Umum untuk dijadikan bukti dalam perkara lain atas nama ARIS SURYANTO, S.Sit, M.Kes; 8. Menetapkan barang bukti berupa: 1) 1 (satu) buah Buku Catatan Penerimaan Jasa Sarana dan Jasa Laborat. 2) 1 (satu) lembar kwitansi sejumlah Rp. 200.000.000,- tertanggal 25 Mei 2015. 3) 1 (satu) lembar kwitansi sejumlah Rp. 20.000.000,- tertanggal 6 Agustus 2016. Halaman 40 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 4) 1 (satu) lembar kwitansi sejumlah Rp. 10.000.000,- tertanggal kosong. 5) Satu buku Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 11 Tahun 2013. 6) Satu bendel Lembar Disposisi lamaran pekerjaan RSUD Wonosari tahun 2013. 7) Satu bendel Lembar Disposisi lamaran pekerjaan RSUD Wonosari tahun 2014. 8) Satu bendel Surat Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 49/KPTS/TIM/2015. 9) Satu bendel Lembar Disposisi lamaran pekerjaan RSUD Wonosari tahun 2015. 10) Satu bendel Surat Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 172/KPTS/TIM/2016. 11) Satu bendel Lembar Disposisi lamaran pekerjaan RSUD Wonosari tahun 2016. 12) Satu bendel Berita Acara Serah Terima Barang belanja makanan dan minuman pasien RSUD Wonosari tanggal 21 November 2013. 13) Satu bendel Berita Acara Serah Terima Barang Pemeliharaan alat kantor RSUD Wonosari tanggal 8 Juli 2014. 14) Satu lembar surat persetujuan biaya kalibrasi TA. 2015. 15) Satu lembar surat keterangan untuk mendapatkan pembayaran tunjangan keluarga tanggal 31 Desember 2016. 16) Satu lembar surat permohonan keranda jenazah tanggal 25 Mei 2016. 17) Satu bendel SPK tanggal 21 Agustus 2017. 18) Satu lembar surat pergeseran anggaran tanggal 12 April 2017. 19) 1 (satu) lembar Surat Keputusan Bupati Gunung kidul Nomor 29/UP/Kep.D/D4 tanggal 6 April 2009 tentang Pengangkatan drg. ISTI INDIYANI, MM sebagai Direktur RSUD Wonosari Gunungkidul. 20) 1 (satu) lembar Surat Keputusan Bupati Gunung kidul Nomor 01/UP/Kep.D/D4 tanggal 9 Januari 2013 tentang Pengangkatan ARIS SURYANTO, S.SiT., M.Kes sebagai Kepala Bidang Pelayanan Penunjang Medik dan Non Medik RSUD Wonosari Gunungkidul. Halaman 41 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 21) 1 (satu) lembar Berita Acara Serah Terima Nomor : 900/2001.B/2017 tanggal 20 Januari 2017 tentang Serah Terima Uang Pengelolaan Biaya Umum; 22) 1 (satu) bendel Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 10 Tahun 2013 tanggal 22 April 2013 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Keuangan BLUD pada RSUD Wonosari. 23) 1 (satu) bendel Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 53 Tahun 2015 tanggal 7 Desember 2015 tentang Pedoman Pola Pengelolaan Keuangan BLUD pada RSUD Wonosari. 24) 1 (satu) lembar Struktur Organisasi RSUD Wonosari Tahun 2015. 25) 1 (satu) bendel Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 78 Tahun 2011 tanggal 30 Desember 2011 tentang Uraian Tugas RSUD Wonosari. 26) 1 (satu) lembar Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul Nomor : 188.4/369.c/2009 tanggal 1 Mei 2009 tentang Penataan Pegawai Pada Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul. 27) 1 (satu) bendel Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 21 Tahun 2008 tanggal 10 November 2008 tentang Jasa Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. 28) 1 (satu) bendel Peraturan Bupati Gunungkidul Nomor 29 Tahun 2008 tanggal 11 Desember 2008 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 6 Tahun 2007 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. 29) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul Nomor : 188.4/098.a/2009 tanggal Februari 2009 tentang Pedoman Pembagian Jasa Sarana Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. 30) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul Nomor : 188.4/098.b/2009 tanggal Maret 2009 tentang Pedoman Pembagian Jasa Pelayanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. Halaman 42 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 31) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul Nomor : 188.4/98.c/2009 tanggal Maret 2009 tentang Pedoman Pembagian Jasa Kompensasi Pelayanan Jamkesmas Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. 32) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul Nomor : 188.4/98.d/2009 tanggal Maret 2009 tentang Pedoman Pembagian Jasa Kompensasi Pelayanan Askes Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. 33) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul Nomor : 188.4/440.b/2010 tanggal 3 Maret 2009 tentang Pedoman Pembagian Jasa Pelayanan Pasien Umum Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul. 34) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul Nomor : 188.4/587.b/2010 tanggal 24 Maret 2009 tentang Pedoman Pembagian Kompensasi Jasa Pelayanan Askes, Jamkesmas dan Jamkesos Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul. 35) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul Nomor : 188.4/1.c/2011 tanggal 3 Januari 2011 tentang Pedoman Pembagian Jasa Pelayanan Umum Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul. 36) 1 (satu) lembar kwitansi pengembalian jasa dokter laborat sejumlah Rp. 266.976.228,- (dua ratus enam puluh enam juta sembilan ratus tujuh puluh enam ribu dua ratus dua puluh delapan rupiah) tertanggal 25 Agustus 2015. 37) 1 (satu) lembar daftar pengembalian Jasa Laborat. 38) 1 (satu) buah BKU BU (Biaya Umum) map warna biru Tahun 2015. 39) 1 (satu) buah BKU BU (Biaya Umum) map warna hijau Tahun 2016. 40) 1 (satu) buah BKU BU (Biaya Umum) map warna hijau Tahun 2017. Halaman 43 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 41) 1 (satu) buah BKU BU (Biaya Umum) map warna hijau Tahun 2018. 42) 1 (satu) buah BKU BU (Biaya Umum) map warna kuning Tahun 2016. 43) 1 (satu) lembar Surat Tanda Setor Pengembalian Jasa Sarana Tahun 2009 Tahap 1 sejumlah Rp. 90.062.480,- (sembilan puluh juta enam puluh dua ribu empat ratus delapan puluh rupiah) tertanggal 22 Juni 2015. 44) 1 (satu) lembar Surat Tanda Setor Pengembalian Jasa Sarana Tahun 2009 Tahap 2 sejumlah Rp. 68.287.510,- (enam puluh delapan juta dua ratus delapan puluh tujuh ribu lima ratus sepuluh rupiah) tertanggal 31 Juli 2015. 45) 1 (satu) lembar Formulir Setoran Bank BPD DIY sejumlah Rp. 488.034.628,- (empat ratus delapan puluh delapan juta tiga puluh empat ribu enam ratus dua puluh delapan rupiah) tertanggal 8 Agustus 2018. 46) 2 (dua) lembar Surat Bendahara RSUD Wonosari (INDARYATI, SE) tanggal 10 Maret 2018 tentang Pengembalian Jasa Dokter Laborat. 47) 1 (satu) lembar Bukti Pengeluaran Kas Biaya Umum RSUD Wonosari No. 8 sejumlah Rp. 470.000.000,- (empat ratus tujuh puluh juta rupiah) tertanggal 4 Agustus 2018. 48) 1 (satu) bendel Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 6 Tahun 2009 tentang Perubahan Anggaran pendapatan Dan Belanja Daerah Kabupaten Gunungkidul Tahun Anggaran 2009. 49) 1 (satu) bendel Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA-SKPD) Tahun Anggaran 2010 Nomor 34/DPA/2010 tanggal 5 Februari 2010, SKPD RSUD Wonosari. 50) 1 (satu) bendel Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPPA-SKPD) Tahun Anggaran 2011 Nomor 132/DPPA/2011 tanggal 8 November 2011, SKPD RSUD. 51) 1 (satu) bendel Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Nomor 57/DPA/2012 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 29/DPA/2012 tentang Pengesahan Halaman 44 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA-SKPD) Tahun Anggaran 2012 Pada RSUD. 52) 1 (satu) bendel Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Nomor 87/DPPA/2013 tentang Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPPASKPD) Tahun Anggaran 2013 Pada RSUD. 53) 1 (satu) bendel Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran (DPPA0-2014 RSUD Wonosari Gunungkidul Nomor 100/DPPA/2014. 54) 1 (satu) bendel Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Nomor 68/DPPA/2015 tentang Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPPASKPD) Tahun Anggaran 2015 Pada RSUD. 55) 1 (satu) bendel Bukti pengeluaran Kas Biaya Umum RSUD Wonosari untuk Rehab ruang loundry dan CSSD sejumlah Rp. 69.000.000,- (enam puluh sembilan juta rupiah) tertanggal Februari 2016. 56) 1 (satu) bendel Bukti pengeluaran Kas Biaya Umum RSUD Wonosari untuk Rehab ruang tunggu laboratorium, gedung satpam dan bangsal dahlia sejumlah Rp. 85.000.000,- (delapan puluh lima juta rupiah) tertanggal April 2016. 57) 1 (satu) bendel Bukti pengeluaran Kas Biaya Umum RSUD Wonosari untuk Pengecatan gedung dan pagar sejumlah Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) tertanggal Mei 2016. 58) 1 (satu) bendel Bukti pengeluaran Kas Biaya Umum RSUD Wonosari untuk Sewa seng pembatas areal pembangunan gedung IGD dan Radiologi sejumlah Rp. 26.000.000,- (dua puluh enam juta rupiah) tertanggal Juni 2016. 59) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Maret 2009. 60) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Jamkesos Bulan Januari-Maret 2009. 61) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Jamkesos Bulan April-Juni 2009. 62) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Bulan Agustus 2009. Halaman 45 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 63) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Bulan September 2009. 64) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Jamkesmas Bulan Agustus 2010. 65) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Jamkesmas Bulan September 2010. 66) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Askes Bulan Oktober-Desember 2010. 67) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Jamkesmas Bulan Oktober 2010. 68) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan April 2011. 69) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Mei 2011. 70) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Februari 2013. 71) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Maret 2013. 72) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan April 2013. 73) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Mei 2013. 74) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Juni 2013. 75) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan September 2013. 76) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan November 2013. 77) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Desember 2013. 78) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Jamkesta Bulan Maret-Mei 2013. 79) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Jamkesta Bulan Agustus-September 2013. 80) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur RSUD Wonosari Nomor 006/KPTS/2015 tanggal 5 Januari 2015 tentang Penunjukan PPK RSUD Wonosar TA. 2015. Halaman 46 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 81) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur RSUD Wonosari Nomor 003/KPTS/2016 tanggal 6 Januari 2015 tentang Penunjukan PPK RSUD Wonosar TA. 2016. 82) 1 (satu) bendel Surat Keputusan Direktur RSUD Wonosari Nomor 002/KPTS/2017 tanggal 17 Januari 2015 tentang Penunjukan PPK RSUD Wonosar TA. 2017. 83) 1 (satu) lembar Surat Direktur RSUD Wonosari Nomor : 700/946.A/2018 tanggal 12 Maret 2018 tentang Tindak Lanjut Hasil Audit SPI. 84) 1 (satu) lembar Surat Direktur RSUD Wonosari Nomor : 700/932.A/2018 tanggal 12 Maret 2018 tentang Audit Dana BU dan Pengembalian Jasa Lab. 85) 2 (dua) lembar Surat Satuan Pemeriksaan Internal RSUD Wonosari Nomor : 700/997.A/SPI/2018 tanggal 16 Maret 2018 tentang Hasil Audit Lanjutan terhadap BU dan Pengembalian Jasa Dokter Laborat. 86) 2 (dua) lembar Surat Satuan Pemeriksaan Internal RSUD Wonosari Nomor : 700/2055.A/SPI/2018 tanggal 27 Juli 2018 tentang Hasil Konsultasi dengan Inspektorat Daerah Kab. Gunungkidul. 87) 1 (satu) lembar Surat Direktur RSUD Wonosari Nomor : 700/2175.A/ 2018 tanggal 4 Agustus 2018 tentang Tindak Lanjut Hasil Konsultasi. 88) 2 (dua) lembar Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 201/MENKES/SK/II/1993 tanggal 26 Februari 1993 tentang Persetujuan Peningkatan Kelas RSUD Wonosari. 89) 1 (satu) lembar Surat Izin Operasional Rumah Sakit Nomor 503/1983/37/RS/VI/ 2015 tanggal 22 Juni 2015. 90) 1 (satu) bendel Peraturan Daerah Kabupaten Gunungkidul Nomor 23 Tahun 2011 tanggal 30 Desember 2011 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2011 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi, Kedudukan dan Tugas RSUD Wonosari 91) 2 (dua) lembar Surat Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 433/KPTS/2013 tanggal 31 Desember 2013 tentang Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan BLUD secara Penuh pada RSUD Wonosari Halaman 47 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 92) 1 (satu) bendel Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 411/MENKES/PER/III/2010, tanggal 25 Maret 2010 tentang Laboratorium Klinik. 93) 2 (dua) lembar Surat Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 115/KPTS/2010, tanggal 20 Juli 2010 tentang Penetapan Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari Kabupaten Gunungkidul. 94) 2 (dua) lembar Surat Ketua Satuan Pemeriksa Internal Nomor 700/365/2018, tanggal 9 Maret 2018 tentang Pengembalian Jasa Pelayanan Dokter Laborat. 95) 1 (satu) bendel Catatan Aset atas Pekerjaan/Kegiatan Tahun 2016. 96) 1 (satu) lembar Surat Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor : 92/UP/Kep.D/D4, tanggal 3 Januari 2017 tentang Alih Tugas dan Tempat Bekerja Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul atas nama dr. RADEN HANTYANTO NORISWANTO, Sp.PD. 97) 1 (satu) lembar Surat Izin Praktik (SIP) Dokter Spesialis Nomor : 445/2551/2012, tanggal 11 Mei 2012 atas nama dr. RADEN HANTYANTO NORISWANTO, Sp.PD. 98) 1 (satu) lembar Ijazah Dokter Spesialis yang dikeluarkan oleh Universitas Gadjah Mada tanggal 25 Januari 2001 atas nama RADEN HANTYANTO NORISWANTO. 99) Uang tunai sejumlah Rp. 230.000.000,- (dua ratus tiga puluh juta rupiah) berupa uang pecahan Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) sebanyak 2.300 (dua ribu tigaratus) lembar. 100) 1 (satu) lembar Surat Keputusan Bupati Gunungkidul Nomor 10/Up/Kep.D/PTB/D.4, tanggal 13 Desember 2013 tentang Pengaktifan Dari Tugas Belajar Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul. 101) 2 (dua) lembar Surat Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Kabupaten Gunungkidul Nomor : 140/KPTS/2016, tanggal 18 Juli 2016 tentang Pengangkatan Kepala Instalasi Laboratorium Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari. Halaman 48 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 102) 1 (satu) lembar Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas Nomor : 824/04/2014 tanggal 3 Januari 2014. 103) 1 (satu) lembar Surat Tugas Nomor : 090/268/2014, tanggal 30 Januari 2014 104) 1 (satu) lembar Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Penerimaan SKPD RSUD Wonosari Bulan Agustus 2018; 105) 1 (satu) bendel Buku Kas Umum SKPD RSUD Wonosari tanggal 31 Agustus 2018. 106) 2 (dua) lembar Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Penerimaan SKPD RSUD Wonosari Bulan Desember 2018. 107) 1 (satu) lembar Buku Kas Umum SKPD RSUD Wonosari tanggal 31 Desember 2018. 108) 1 (satu) bendel Rekening Koran dengan No. Rek : 002.111.000679 atas nama RSUD Wonosari Periode 01/01/2018 s/d 01/05/2018; 109) 1 (satu) bendel Rekening Koran dengan No. Rek : 002.111.000679 atas nama RSUD Wonosari Periode 01/05/2018 s/d 01/09/2018; 110) 1 (satu) bendel Rekening Koran dengan No. Rek : 002.111.000679 atas nama RSUD Wonosari Periode 01/09/2018 s/d 31/12/2018. 111) 1 (satu) bendel Rekening Koran dengan No. Rek : 002.111.000679 atas nama RSUD Wonosari Periode 01/01/2019 s/d 04/02/2019. 112) 1 (satu) buku Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Nomor 68/DPA/2018 tentang Pergeseran Dokumen Pelaksanaan Anggaran Perangkat Daerah (DPA-PD) Tahun Anggaran 2018 tanggal 2 November 2018 pada RSUD Wonosari. 113) 1 (satu) buku Keputusan Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Nomor 115/DPPA/2019 tentang Pergeseran Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Perangkat Daerah (DPPAPD) Tahun Anggaran 2019 tanggal 2 November 2018 pada RSUD Wonosari 114) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Februari 2010. Halaman 49 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 115) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Maret 2010. 116) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan April 2010. 117) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Mei 2010. 118) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Juni 2010. 119) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Juli 2010. 120) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Agustus 2010. 121) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan September 2010. 122) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Oktober 2010. 123) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan November 2010. 124) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Desember 2010. 125) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Maret 2011. 126) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan April 2011. 127) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Mei 2011. 128) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Juni 2011. 129) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Juli 2011. 130) 1 (satu) bendel Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Agustus 2011. 131) 2 (dua) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Februari 2012; 132) 2 (dua) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Maret 2012; Halaman 50 dari 51 Putusan Nomor 9/PID.SUS-TPK/2022/PT YYK 133) 2 (dua) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan April 2012. 134) 2 (dua) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Mei 2012; 135) 3 (tiga) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Juni 2012. 136) 3 (tiga) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Juli 2012. 137) 4 (empat) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Agustus 2012. 138) 4 (empat) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan September 2012. 139) 3 (tiga) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Oktober 2012. 140) 5 (lima) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan November 2012. 141) 6 (enam) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Medik Bulan Desember 2012. 142) 1 (satu) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Umum Bulan Desember 2012. 143) 1 (satu) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Jamkesmas Bulan April 2012. 144) 1 (satu) lembar Dokumen Pembayaran Penerimaan Pembagian Jasa Pelayanan Jamkesta Bulan Juli 2012, dikembalikan kepada Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Gunung Kidul untuk dipergunakan pada perkara lain atas nama ARIS SURYANTO, S.SiT., M.Kes: 145) Uang tunai sejumlah Rp240.000.000,00 (dua ratus empat puluh juta rupiah) berupa uang pecahan Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) sebanyak 2.300 (dua ribu tigaratus) lembar dan pecahan Rp50.000,00 (limapuluh ribu rupiah) sebanyak 200 (dua ratus) lembar, Diserahkan Jaksa Penuntut Umum untuk dipergunakan dalam perkara lain atas nama ARIS SURYANTO, S.Sit., M.Kes; 9. Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara dalam kedua tingkat pengadilan, dan dalam tingkat banding ditetapkan sejumlah Rp5.000,00 (lima ribu rupiah) |
Tanggal Musyawarah | 18 Januari 2023 |
Tanggal Dibacakan | 18 Januari 2023 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Lampiran
- Download Zip
- 9/PID.SUS-TPK/2022/PT_YYK.zip
- Download PDF
- 9/PID.SUS-TPK/2022/PT_YYK.pdf
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada