- Menyatakan Terdakwa I RUL BARJAH Alias AA dan Terdakwa II INDRA JONATAN SELLY Alias INDRA tersebut diatas, telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?Korupsi secara bersama-sama? sebagaimana dalam dakwaan primair;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa I RUL BARJAH Alias AA dan Terdakwa II INDRA JONATAN SELLY Alias INDRA oleh karena itu dengan pidana penjara masing-masing selama 4 (empat) tahun, dan 6 ( enam ) bulan dan denda masing-masing sejumlah Rp.300.000.000.- (tiga ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 ( enam ) bulan;
- Menghukum Terdakwa II INDRA JONATAN SELLY Alias INDRA untuk membayar uang pengganti kerugian keuangan negara sebesar Rp.901.080.991,22 (Sembilan ratus satu juta delapan puluh ribu Sembilan ratus Sembilan puluh satu rupiah dua puluh dua sen), yang dikurangkan dengan uang pengembalian senilai Rp.443.250.000,00 (empat ratus empat puluh tiga juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) yang dititipkan pada RPL PN Ambon sehingga sisa uang pengganti yang harus dikembalikan oleh Terdakwa II INDRA JONATAN SELLY Alias INDRA adalah sebesar Rp.457.830.991,22 (empat ratus lima puluh tujuh juta delapan ratus tiga puluh ribu sembilan ratus sembilan puluh satu rupiah dua puluh dua sen), dengan ketentuan apabila Terdakwa tidak membayar uang pengganti paling lambat 1 (satu) bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta benda Terdakwa dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dalam hal Terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 2 (dua) tahun;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa I RUL BARJAH Alias AA dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa I RUL BARJAH Alias AA dan Terdakwa II INDRA JONATAN SELLY Alias INDRA tetap berada di dalam Tahanan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- 1 (satu) rangkap fotocopy dokumen Surat Perjanjian untuk melaksanakan paket pekerjaan pembangunan Puskesmas Desa Karaway, Kecamatan Aru Tengah Timur Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru Nomor : 447/01/SP-KARAWAY-KONS/PPK-DINKES/2018, tanggal 06 Juli 2018;
- 1 (satu) rangkap Fotocopy dokumen berupa Gambar Setelah CCO kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Puskesmas pada Pekerjaan Pembangunan Puskesmas Karawai Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) rangkap asli dokumen Contract Change Order (CCO), Pekerjaan Pembangunan Puskesmas Karaway Kecamatan Aru Tengah Timur Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) rangkap dokumen asli Permohonan Perpanjangan Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Nomor : 03/PMH/PT.PGJ/XI/2018 tanggal 22 Nopember 2017.
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Persetujuan Perpanjangan Waktu Kontrak Nomor : 023/932/2018 tanggal 26 Nopember 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy surat Permohonan Pemutusan Kontrak nomor : 01/PMH/PT.PGJ.IV/2019 tanggal 22 April 2019.
- 1 (satu) lembar fotocopy surat Pernyataan Sanggup Menyelesaikan Pekerjaan tanggal 12 Juli 2018;
- 1 (satu) lembar Fotokopi Surat Pemutusan Kontrak, tanggal 01 Mei 2019;
- 1 (satu) lembar asli permohonan kiriman uang via RTGS KU. NO: 1871/DB/CU/VIII/18 Senin tanggal 13 Agustus 2018 dengan transfer uang sebesar Rp.300.000.000,- ke Ko Feby Gozal Via Rekening BRI 1059.01.000278.56.8;
- 1 (satu) lembar asli permohonan kiriman uang via RTGS KU. NO: 2961/DB-CU/XI/2018 Senin tanggal 15 November 2018 dengan transfer uang sebesar Rp.600.000.000,- ke Ko Feby Gozal Via Rekening BRI 1059.01.000278.56.8;
- 1 (satu) rangkap asli dokumentasi barang-barang yang dijual ke saudara Fajar;
- 1 (satu) lembar rincian barang-barang yang dijual ke saudara Fajar;
- 1 (satu) buah buku catatan pengambilan uang dan pencairan.
- 1 (satu) rangkap asli rekening Koran PRATAMA GODEAN JAYA PT.
- 1 (satu) rangkap fotocopy surat Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru Nomor 04 Tahun 2018 tentang Penunjukan PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) Konstruksi (Fisik) Dilingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru Tahun Anggaran 2018.
- 1 (satu) rangkap fotocopy dokumen Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor : 00135/SPP/LS BRG&JS/1.02.01.01/2018 Tahun 2018 tanggal 22 Oktober 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pernyataan Pengajuan SPP Nomor : 00135/SPP/LS BRG&JS/1.02.01.01/2018 Tahun 2018 tanggal 22 Oktober 2018;
- 1 (satu) lembar Surat Perintah Membayar Langsung (LS) Nomor : 00135/SPM.LS BRG&JS/1.02.01.01/2018 Tahun 2018 tanggal 23 Oktober 2018;
- 1 (satu) rangkap fotocopy dokumen Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor : 00075/SPP/LS-BRG&JSS/01.02.01.01/2018 Tahun 2018 tanggal 31 Juli 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pernyataan Pengajuan SPP Nomor: 00075/SPP/LS-BRG&JSS/01.02.01.01/2018 Tahun 2018 tanggal 31 Juli 2018;
- 1 (satu) lembar Surat Perintah Membayar Langsung (LS) Nomor SPM: 00075/SPM.LS-BRG&JSS/01.02.01.01/2018 Tahun 2018 tanggal 23 Oktober 2018
- 1 (satu) rangkap fotocopy dokumen Berita Acara Pembayaran Uang Muka 20 % pekerjaan Pembangunan Puskesmas Karaway Nomor: 900/837/2018 tanggal 24 Juli Tahun 2018 Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) rangkap fotocopy dokumen Berita Acara Pembayaran Termin 50 % pekerjaan Pembangunan Puskesmas Karaway Nomor: 900/1429/2018 tanggal 18 Oktober 2018 Tahun Anggaran 2018 ;
- 1 (satu) rangkap Fotokopi Surat Perintah Pencairan Dana , Nomor : 02386/SP2D/LS-BRG&JS/1.02.01.01/2018 tanggal 2 Agustus 2018 tentang pembayaran Uang Muka 20% atas Pekerjaan Pembangunan Puskesmas Karaway, Sesuai Kontrak No. 447/01/SP-KARAWAY-KONS/PPK-DINKES/2018, Tgl 6 Juli 2018;
- 1 (satu) rangkap Fotokopi Surat Perintah Pencairan Dana , Nomor : 03793/SP2D/LS-BRG&JS/1.02.01.01/20 tanggal 25 Oktober 2018 tentang pembayaran Termin I 50% atas Pekerjaan Pembangunan Puskesmas Karaway, Sesuai Kontrak No. 447/01/SP-KARAWAY-KONS/PPK-DINKES/2018, Tgl 6 Juli 2018;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Daftar Penguji Nomor : 01771/DP/LS-BRG&JS1.02.01.01/2018, Tanggal 02 Agustus 2018;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Daftar Penguji Nomor : 02498/DP/LS-BRG&JS1.02.01.01/2018, Tanggal 25 Oktober 2018.
- 1 (satu) rangkap asli dokumen Rekening Koran Bank Rakyat Indonesia (BRI) atas nama SITI RAHMA YANTI, dengan nomor rekening 1059901000380569;
- 1 (satu) buah buku tulis milik MERRY ANGGREK yang berisi rincian hutang INDRA JONATAN SELLY.
- 1 (satu) rangkap asli dokumen Surat Perintah Kerja Nomor 447/01/SPK-KARAWAY-WAS/PPK-DINKES/2018 tanggal : 27 Agustus 2018 antara Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Aru dan CV. Tiara Arsindo untuk pekerjaan pengawasan pembangunan puskesmas Karaway, lokasi desa karaway kecamatan Aru Tengah Timur, sumber dana DAK senilai Rp.99.950.000,00 Tahun Anggaran 2018.
- 1 (satu) rangkap asli dokumen Rekening Koran Bank Rakyat Indonesia (BRI) periode 01 Januari tahun 2018 sampai dengan 31 Desember 2018 atas nama FEBY GOZAL, dengan nomor rekening 105901000278568.
Putusan PN AMBON Nomor 31/Pid.Sus-TPK/2022/PN Amb |
|
Nomor | 31/Pid.Sus-TPK/2022/PN Amb |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2023 |
Tanggal Register | 5 September 2022 |
Lembaga Peradilan | PN AMBON |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Wilsonriver |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Agustina Lamabelawa, Br Hakim Anggota Antonius Sampe Sammine |
Panitera | Panitera Pengganti: Halijah |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI : Tetap terlampir dalam berkas perkara. 32. Uang Tunai senilai Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah); 33. 12 (dua belas) lembar ACP merk Seven panjang 5 (lima) meter, lebar 1,23 (satu koma dua puluh tiga) meter; 34. 17 (tujuh belas) buah aluminium merk alco Panjang 6 (enam) meter; 35. Uang Tunai senilai Rp.100.000.000,00 (seratus juta rupiah); 36. Uang Tunai senilai Rp.293.250.000,00 (dua ratus Sembilan puluh tiga juta dua ratus lima puluh ribu rupiah); Dirampas untuk Negara. 7. Membebankan kepada masing-masing Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp 10.000 ( sepuluh ribu rupiah ). |
Tanggal Musyawarah | 12 Januari 2023 |
Tanggal Dibacakan | 12 Januari 2023 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 31/Pid.Sus-TPK/2022/PN_Amb.zip
- Download PDF
- 31/Pid.Sus-TPK/2022/PN_Amb.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
136
63