- Menyatakan Terdakwa CLOUDYA M. SOUMERU alias ONA tersebut diatas, telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?Korupsi secara bersama-sama? sebagaimana dalam dakwaan primair;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa CLOUDYA M. SOUMERU alias ONA oleh karena itu dengan pidana penjara selama 3 (tiga) tahun, dan denda sejumlah Rp.200.000.000.- (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan;
- Menghukum Terdakwa CLOUDYA M. SOUMERU alias ONA untuk membayar uang pengganti kerugian keuangan negara sebesar sebesar Rp.52.500.000,00 (lima puluh dua juta lima ratus ribu rupiah) dari total kerugian keuangan negara sebesar Rp.602.635.000,00 (enam ratus dua juta enam ratus tiga puluh lima ribu rupiah), dengan ketentuan apabila Terdakwa tidak membayar uang pengganti paling lambat 1 (satu) bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta benda Terdakwa dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dalam hal Terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 1 (satu) tahun;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa CLOUDYA M. SOUMERU alias ONA dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa CLOUDYA M. SOUMERU alias ONA tetap berada di dalam Tahanan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- 1 ( satu ) berkas Fotocopy Dokumen Pengadaan Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor :11/SPK/PPK/470-Disdukcapil/IX/2018 tanggal 15 September 2018.
- 1 ( satu ) berkas Fotocopy Berita Acara Pembayaran Termin Nomor: 06/BAPT/470-disdukcapil/2018.
- 2 ( dua ) lembar Fotocopy Berita Acara Pembayaran Termin Nomor: 05/BAPT/470-disdukcapil /2018.
- 2 ( dua ) lembar Fotocopy Berita Acara Serah Terima Barang Nomor : 15.a/BA-STB/PPK/470-Disdukcapil/IX/2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Berita Acara Serah Terima Barang Nomor : 17/BA-STB/PPK/470-Disdukcapil/IX/2018 tanggal 01 November 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Permintaan Pemeriksa Barang, tanggal 16 November 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Permohonan Pembanyaran Nomor: 470/11.a/2018 tanggal 22 Oktober 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Berita Acara Pembayaran nomor :470/11/KPTS/2018 tanggal 26 September 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Kwitansi / Bukti Pembayaran tanggal 22 Oktober 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Perintah Membayar Langsung (LS) 50% dengan Nomor SPM : 28 / SPM-LS / DISDUKCAPIL / XI / 2018 tanggal 23 Oktober 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Perintah Membayar Langsung (LS) 50% dengan Nomor SPM : 35 / SPM-LS / DISDUKCAPIL / XI / 2018 tanggal 22 November 2018.
- 3 ( tiga ) lembar Fotocopy Surat Keputusan Menteri Dalam Negri Republik Indonesia Nomor: 470-2309 Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pertama selaku Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seram Bagian Barat.
- 4 ( empat ) lembar Fotocopy Keputusan Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seram Bagian Barat Nomor : 470 /60/PPK/2018 tentang Penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen pada Kegiatan-Kegiatan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2018.
- 2 ( dua ) lembar Fotocopy Dokumen Rencana Kerja Anggaran Perubahan Satuan Kerja Perangkat Daerah.
- 7 ( tujuh ) lembar Fotocopy 7 (Tujuh) Surat Berita Acara Pinjam Pakai Nomor: 470/14/2019 tanggal 26 Februari 2019.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Permohonan Pembayaran Nomor: 470 /12/2018, tanggal 21 November 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Perintah Bupati Seram Bagian Barat Nomor: 821.2 / 878 Tahun 2018, tanggal 15 Mei 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Perintah Pencairan Dana Nomor: 2444 / BEL/DISDUKCAPIL/XI/2018, tanggal 28 November 2018.
- 6 ( enam ) lembar Fotocopy Surat Keputusan Bupati Seram Bagian Barat Nomor : 990 -25.a Tahun 2018 tentang Penunjukan / Penetapan Pejabat Penatausahaan Keuangan, Bendahara Pengeluaraan Bendahara Bantuan (PPKD) Bendahara Penerimaan dan Bendahara Barang Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2018.
- 2 ( dua ) lembar Fotocopy Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seram Bagian Barat Nomor : 470/ 61 / KPTS / 2018 tentang Penunjukan Selaku Pejabat Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seram Bagian Barat Tahun 2018.
- 4 ( empat ) lembar Fotocopy Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang Dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 28/SPP-LS/DISDUKCAPIL/X/2018 Tahun 2018, tanggal 23 Oktober 2018.
- 4 ( empat ) lembar Fotocopy Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang Dan Jasa (SPP- LS Barang dan Jasa) Nomor: 35/SPP-LS/DISDUKCAPIL/XI/2018 Tahun 2018, tanggal 22 November 2018.
- 4 ( empat ) lembar Fotocopy Surat Keputusan Bupati Seram Bagian Barat Nomor: 950-269 Tahun 2018, tanggal 19 Juli 2018 tentang Pembentukan Panitia Pemeriksaan Barang / Jasa di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat.
- 3 ( tiga ) lembar Fotocopy Surat Berita Acara Pemeriksaan Barang/Jasa Nomor: 167/PAN-PBK/XI/2018 tanggal 17 November 2018.
- 2 ( dua ) lembar Fotocopy Surat Berita Acara Pemeriksaan Barang/Jasa Nomor 71 /PAN-PBK/X/2018 tanggal 11 Oktober 2018.
- 5 ( lima ) lembar Fotocopy Pernyataan Kepala Dinas, tentang Penjaminan Tanggung Jawab atas Kekurangan Barang, tanggal 17 November 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Keputusan Bupati Seram Bagian Barat Nomor: 990-3.a Tahun 2018 tentang Penunjukan Kuasa Bendahara Umum Daerah Kabupaten Seram Bagian Barat.
- 4 ( empat ) lembar Fotocopy Surat Perintah Pencairan Dana Nomor: 1947/ BEL/ DISDUKCAPIL/X/2018 tanggal 30 Oktober 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Perjanjian Pelunasan tanggal 20 Maret tahun 2019.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Print Out Buku Tabungan Bank BNI Atas Nama YOSAFAT SETYO RAHARJO Periode 01/10/2018 s/d 28/02/2019.
- 2 ( dua ) lembar Fotocopy Surat Bukti Pembelian dengan Nomor Faktur: 2018/PNP/X/007
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Bukti Pembelian dengan Nomor Faktur: 2018/PNP/X/006
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Kwitansi Pembelian dari Tokoh SAMUDRA dengan Nomor Kwitansi: 006/SAMUDRA/II/2019 tanggal 06 Maret 2019
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Surat Bukti Pembelian Dari Toko RUPARUPA dengan Nomor Pesanan: ODI24298095120 tanggal 14 Oktober 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Kesepakatan Perjanjian Pelunasan Sisa Hutang 3 Set Mobile Enrollment tanggal 15 Oktober 2018.
- 2 ( dua ) lembar Fotocopy Kesepakatan Perjanjian Pelunasan Sisa Hutang 4 Set Mobile Enrollment tanggal 12 November 2018.
- 2 ( dua ) lembar Fotocopy Bukti Kwitansi Asli Pembayaran Proyek Pengadaan dan Pekerjaan Pagar di Pasir Panjang senilai Rp20.000.000,00 tanggal 24 Agustus 2018. (Imran Lukman).
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Kwitansi Pembayaran pinjam untuk pengurusan Proyek Pengadaan di Capil SBB Senilai Rp50.000.000,00 tanpa tanggal. (Imran Lukman).
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Kwitansi Pembayaran pinjaman untuk keperluan keluarga senilai Rp15.000.000,00 tanggal 09 Desember 2018 (Nur S. Risahonduan ? Istri IMRAN).
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Kwitansi Pembayaran pinjam untuk Keperluan di masohi untuk mama dari saudara oktovianus Erwin wenno senilai Rp3.500.000,00 tanpa tanggal.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Kwitansi Pembayaran sisa hutang di piru dan pengurusan dari pencairan proyek alat perekaman senilai Rp70.000.000,00 tanggal 05 Agustus 2018 (Imran Lukman).
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Kwitansi Pembayaran keperluan fee senilai Rp60.000.000,00 tanggal 04 Desember 2018 (yang menerima ABI).
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Kwitansi Pembayaran pelunasan hutang sdr. Adam Patisausiwa senilai Rp5.000.000,00 tanggal 04 Desember 2018. (Imran Lukman)
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Kwitansi Pembayaran pengurusan pembelian alat perekaman KTP senilai Rp35.000.000,00 tanggal 07 November 2018. (Imran Lukman)
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Setoran Asli ke Demianus Ahiyate dengan nomor rekening 140201286 senilai Rp5.000.000,00 tanggal 17 Oktober 2018. (Bank Maluku).
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti Kwitansi Pembayaran biaya pinjaman A.n Marten Tukane dan Brian untuk Proyek Saluran senilai Rp7.500.000,00 tanggal 31 Oktober 2018. (Imran Lukman).
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bill Hotel Onemay nomor : 04583, Tanggal 06 Desember 2018 dan 1 (satu) Foto Copy Lembar Bill Hotel Onemay nomor : 00742, Tanggal 04 Desember 2018.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Cek Nomor BMM 125413 Masohi tanggal 31 Oktober 2018, atas nama CV Digo Gemilang, sesuai dengan aslinya yang telah dilegaliris oleh Bank Maluku-Malut Cabang Masohi dengan jumlah uang sebesar Rp669.800.000,00.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti setoran tanggal 31 Oktober 2018, Sebagai Bukti Setoran ke Nomor Rekening 1003001047 atas nama MARGARETHA LEUWOL, sesuai dengan aslinya yang telah dilegaliris oleh Bank Maluku-Malut Cabang Masohi sebesar Rp85.000.000,00.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti transfer ke bank mandiri dengan nomor rekening 131-00-124-2031-3 atas nama CV Harpa Medusa Tanggal 31 Oktober 2018, uang sebesar Rp112.250.000,00 nama pengirim IMRAN LUKMAN sesuai dengan aslinya yang telah dilegaliris oleh Bank Maluku-Malut Cabang Masohi.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Foto Copy Permohonan Pengeriman Uang ke Bank Mandiri dengan nomor rekening 186-00000-8082-6 senilai Rp272.480.000,00 atas nama MOH. I. LUKMAN. Tanggal 31 Oktober 2018 sesuai dengan aslinya yang telah dilegaliris oleh Bank Maluku-Malut Cabang Masohi.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Halaman Belakang Cek Nomor BMM 125413 Masohi tanggal 31 Oktober 2018 sesuai dengan aslinya yang telah dilegaliris oleh Bank MalukuMalukut Cabang Masohi dan Fotocopy KTP dengan NIK 8171045003730003 atas nama CLOUDY M SOUMERU.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti setoran tanggal 03 Desember 2018, Sebagai Bukti Setoran ke Nomor Rekening 1003001047 atas nama MARGARETHA LEUWOL, senilai Rp115.000.000,00 sesuai dengan aslinya yang telah dilegaliris oleh Bank Maluku-Malut Cabang Masohi.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Cek Nomor BMM 125414 Masohi tanggal 03 Desember 2018, atas nama CV Digo Gemilang, sesuai dengan aslinya yang telah dilegaliris oleh Bank Maluku-Malut Cabang Masohi dengan nilai uang sebesar Rp636.000.000,00.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti transfer ke Bank Mandiri dengan nomor Rekening 186-00000-8082-6 atas nama MOHAMAD IMRAN LUKMAN uang senilai Rp376.200.000,00. Tanggal 03 Desember 2018 sesuai dengan aslinya yang telah dilegaliris oleh Bank Maluku-Malut Cabang Masohi.
- 1 ( satu ) lembar Fotocopy Bukti transfer ke Bank BNI dengan nomor Rekening 0526973684 atas nama YOSAFAT SETYO RAHARJO Tanggal 03 Desember 2018 sesuai dengan aslinya yang telah dilegaliris oleh Bank Maluku-Malut Cabang Masohi Rp. 84.800.000,00.
Putusan PN AMBON Nomor 3/Pid.Sus-TPK/2023/PN Amb |
|
Nomor | 3/Pid.Sus-TPK/2023/PN Amb |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2023 |
Tanggal Register | 22 Februari 2023 |
Lembaga Peradilan | PN AMBON |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Lutfi Alzagladi |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Agustina Lamabelawa, Br Hakim Anggota Antonius Sampe Sammine |
Panitera | Panitera Pengganti: Suriati Difinubun |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI : Tetap terlampir dalam berkas perkara. 7. Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp.10.000.,- (sepuluh ribu rupiah). |
Tanggal Musyawarah | 7 Juli 2023 |
Tanggal Dibacakan | 7 Juli 2023 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
155
0