- Menyatakan Terdakwa I CLEMENS RETTOB dan Terdakwa II DJEMY HARYANTO tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dalam dakwaan Primair;
- Membebaskan Terdakwa I CLEMENS RETTOB dan Terdakwa II DJEMY HARYANTO oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa I CLEMENS RETTOB dan Terdakwa II DJEMY HARYANTO terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?korupsi secara bersama-sama? sebagaimana dalam dakwaan Subsidair;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa I CLEMENS RETTOB dan Terdakwa II DJEMY HARYANTO oleh karena itu dengan Pidana penjara masing-masing selama 1 (satu) Tahun dan 6 (enam) bulan, dan denda masing-masing sejumlah Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan jika denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan masing-masing selama 1 (satu) bulan;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa I CLEMENS RETTOB dan Terdakwa II DJEMY HARYANTO dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan agar Terdakwa I CLEMENS RETTOB dan Terdakwa II DJEMY HARYANTO tetap berada dalam tahanan;
Putusan PN AMBON Nomor 12/Pid.Sus-TPK/2023/PN Amb |
|
Nomor | 12/Pid.Sus-TPK/2023/PN Amb |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2023 |
Tanggal Register | 4 April 2023 |
Lembaga Peradilan | PN AMBON |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Wilsonriver |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Antonius Sampe Sammine, Br Hakim Anggota Agus Hairullah |
Panitera | Panitera Pengganti: Joseph J. Parera |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI: 7. Menetapkan barang bukti berupa: 1. 2 (dua) otner asli bukti pembayaran biaya swakelola percepatan penanganan Covid-19 dan Dampak Sosial Ekonomi untuk Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Aru, sesuai Berita Acara Nomor: 11/Keu.GTC-19/2020. a.n. DJEMY HARYANTO, SP,M.Si Bukti Kwitansi Nomor 1-80; 2. 2 (dua) lembar fotocopy slip setoran biaya Swakelola senilai Rp 1.350.000 dan senilai Rp 1.246.000 tanggal 10 November 2020; 3. 1 (satu) bundel fotocopy pembayaran tahap I biaya Pengadaan Belanja Bahan Pokok Utama Pangan, pada Toko Qalifa oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Aru sehubungan dengan percepatan penanganan Covid-19 dan Dampak Sosial Ekonomi, sesuai Surat Kontrak Nomor: 04/SP/PPK-DKP/C-19/IV/2020 tanggal 16 September 2020 a.n. MARYAM GOLAM; 4. 1 (satu) bundel fotocopy pembayaran tahap II biaya pengadaan belanja bahan pokok utama pangan, pada Toko Qalifa oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Aru sehubungan dengan percepatan penanganan Covid-19 dan Dampak Sosial Ekonomi, sesuai surat kontrak nomor: 04/SP/PPK-DKP/C-19/IV/2020 tanggal 16 September 2020 a.n. MARYAM GOLAM; 5. 1 (satu) bundel fotocopy berita acara serah terima barang bantuan bahan pangan pokok terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2020 bulan Oktober 2020; 6. 1 (satu) bundel fotocopy laporan pelaksanaan kegiatan penanganan Daerah Rawan Pangan akibat wabah pandemic Covid-19 Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Aru; 7. 1 (satu) bundel fotocopy Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 466/104.3 Tahun 2020 tentang penetapan data penerima manfaat bantuan sosial, jenis dan besaran bantuan sosial akibat pandemi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru; 8. 1 (satu) bundel fotocopy daftar keluarga penerima bantuan pangan pokok terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Aru; 9. 1 (satu) lembar fotocopy Slip Tanda Bukti Penyetoran Bank BRI dengan nomor rekening BRI 032801000226303 a.n. Sdri. SUAN THIE JOHN sebesar Rp500.000.000,00; 10. 1 (satu) lembar fotocopy Slip Tanda Bukti Penyetoran Bank BRI dengan nomor rekening BRI 032801000226303 a.n. Sdri. SUAN THIE JOHN sebesar Rp400.000.000,00; 11. 2 (dua) lembar fotocopy laporan transaksi Bank BRI kepada Yth. MARYAM GOLAM jalan Cendrawasih, Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Maluku Tenggara, Kabupaten Kei Kecil Maluku Tenggara, tanggal 08 September 2022 Nomor rekening: 105901001466504; 12. 1 (satu) lembar Fotocopy laporan tranSaksi Bank BRI kepada Yth. MARYAM GOLAM jalan Cendrawasih, Kelurahan Siwalima, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Maluku Tenggara, Kabupaten Kei Kecil Maluku Tenggara, tanggal 08 September 2022 nomor rekening: 105901001466504 sebesar Rp 250.000.000,00; 13. 1 (satu) lembar fotocopy slip tanda bukti penarikan Bank BRI an MARYAM GOLAM sebesar Rp 87.000.000 dan slip tanda bukti penyetoran Bank BRI Nomor 351601029292531 a.n. Sdri. MULIANA (Toko Mama Haji) sebesar Rp87.000.000,00; 14. 2 (dua) lembar surat muatan dan perjanjian nomor: 033/DELTA- DOBO/14JUL 2020 tanggal 24 Juli 2020; 15. 1 (satu) lembar nota belanja Toko UD PANGESTU tanggal 05-07-2020; 16. 1 (satu) lembar nota belanja Toko AMCK AGEN GROSIR tanggal 08-07-2020; 17. 1 (satu) lembar nota belanja Toko INDRA GROSIR tanggal 10-07- 2020; 18. 1 (satu) lembar nota belanja Toko TRI JAYA tanggal 10-08-2020; 19. 1 (satu) lembar nota belanja Toko BLESSING tanggal 05-08-2020; 20. 1 (satu) lembar nota belanja Toko BLESSING tanggal 20-08-2020; 21. 1 (satu) lembar nota belanja Toko BLESSING tanggal 12-08-2020; 22. 1 (satu) jepitan surat jalan KM. Delta-Mas 9 Bongkar Di Dobo; 23. 1 (satu) lembar fotocopy surat pernyataan pelantikan nomor; 821.4/145 tahun 2018 tanggal 21 februari 2018; 24. 4 (empat) lembar fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 821.22/26 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Kepala Dinas/Kepala Badan) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru; 25. 1 (satu) bundel fotocopy Peraturan Bupati Kepulauan Aru Nomor 7 Tahun 2017 Tanggal 28 Desember 2017 tentang Penjabaran Tugas dan Fungsi Dinas Ketahanan Pangan; 26. 1 (satu) bundel fotocopy Surat Kepala Dinas Ketahanan Pangan Nomor 521/106/2020 Tanggal 5 Juni 2020 perihal Permintaan Data KK Miskin Penerima Bantuan Dampak Pandemi Covid-19; 27. 1 (satu) bundel fotocopy Surat Kecamatan Aru Tengah Timur Nomor 521/98/2020 Tanggal 19 Juni 2020 perihal Penyampaian Data KK Miskin Penerima Bantuan Dampak Pandemi Covid-19; 28. 1 (satu) bundel fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 978/97.6 Tahun 2020 Tanggal 18 Agustus 2020 tentang Penetapan Kriteria Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Sosial akibat Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Aru; 29. 1 (satu) bundel fotocopy dokumen pelaksanaan anggaran satuan kerja perangkat daerah (DPS SKPD) Dinas Ketahanan Pangan Tahun Anggaran 2020; 30. 1 (satu) bundel fotocopy identifikasi kebutuhan bantuan bahan pangan akibat pandemi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2020; 31. 1 (satu) lembar surat pernyataan kesanggupan pengadaan barang atas nama LARAHIBU SAWAL tanggal 04 Juli 2020; 32. 1 (satu) bundel fotocopy Keputusan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Aru Nomor: 814.1/11 Tentang Penetapan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam Rangka Percepatan Penanganan Bencana Nom Alam Corona Virus Disease (Covid-19) pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Aru tanggal 06 April 2020; 33. 1 (satu) buah Flaskdisk berisikan file Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kabupaten Kepulauan Aru Tahun 2020 dan Hasil Cleansing Perbandingan DTKS Tahun 2020 dengan Data Penerima Bantuan Sosial pada Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Aru 34. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 443.2/41 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Aru; 35. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 443.2/43 Tahun 2020 tanggal 30 Maret 2020 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 443.2/42 Tahun 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Aru; 36. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 360/43.2 Tahun 2020 tanggal 30 Maret 2020 tentang Penetapan Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pelaksana Teknis Pengelola Kegiatan Percepatan penanganan Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Aru; 37. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru omor 360/77 Tahun 2020 tanggal 4 Juni 2020 tentang Penunjukan Kepala Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru; 38. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 360/123 Tahun 2020 tanggal 20 November 2020 tentang Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19); 39. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 360/140 Tahun 2020 tanggal 14 Desember tentang Perubahan atas Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 360/123 TAHUN 2020 tentang Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19); 40. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 443.2/41 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Aru; 41. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 360/63.1 Tahun 2020 tanggal 1 Juni 2020 tentang Penetapan perpanjangan Status Siaga Darurat Penanganan Bencana Non Alam Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Kepulauan Aru; 42. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 360/77 Tahun 2020 tanggal 4 Juni 2020 tentang Penunjukan Kepala Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru; 43. 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Kepulauan Aru Nomor 360/79 Tahun 2020 tanggal 9 Juni 2020 tentang Penunjukan Bendahara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru. 44. Uang tunai senilai Rp 292.746.000,00 (dua ratus sembilan puluh dua juta tujuh ratus empat puluh enam ribu rupiah); Dipergunakan dalam perkara atas nama Terdakwa MARYAM GOLAM; 8. Membebankan kepada Para Terdakwa membayar biaya perkara masing-masing sejumlah Rp 10.000,00 (sepuluh ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 16 Agustus 2023 |
Tanggal Dibacakan | 16 Agustus 2023 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Lampiran
- Download Zip
- 12/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Amb.zip
- Download PDF
- 12/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Amb.pdf
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada