- Menyatakan Terdakwa Suyono, SE tersebut di atas, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam dakwaan Primair dan Subsidair Penuntut Umum;
- Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari seluruh dakwaan Penuntut Umum;
- Memulihkan hak-hak Terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat serta martabatnya;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- SP2D Nomor 08406/BKAD/SP2D-LS/IX/2020 tanggal 30 September 2020 tentang pembayaran belanja uang muka 20% peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) (Bagian Barat) ke PT. MANDALA PUTERA PRIMA Rp. 1.490.106.029,00;
- SP2D Nomor 12859/BKAD/SP2D-LS/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang pembayaran belanja termin pertama 50% peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat ke PT. MANDALA PUTERA PRIMA Rp. 2.235.159.043,00;
- SP2D Nomor 12863/BKAD/SP2D-LS/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang pembayaran belanja termin pertama 89% peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat ke ARDIN NUR Rp. 2.905.706.756,00;
- SP2D Nomor 12865/BKAD/SP2D-LS/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang pembayaran belanja termin pertama 94% pengawasan pekerjaan Fisik pada pekerjaan peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat ke BUDY BUCHARI LAMANGANTJO Rp. 21.853.237,00;
- Rekening Koran Kas Daerah Kabupaten Boalemo per 31 Desember 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 30 Juli 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 30 September 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 30 Oktober 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 30 November 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 31 Desember 2020.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:63/SPD/DLHK/IX/2020 tanggal 23 September 2020 sebesar Rp. 1.689.810.960.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:68/SPD/DLHK/XI/2020 tanggal 03 November 2020 sebesar Rp. 1.577.344.606.
- 1 (satu) eksemplar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:84/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 2.534.716.440.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:87/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 14.751.000.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:88/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 2.366.016.909.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:88/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 25.276.600.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:89/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 3.295.131.372.
- Akun Akses Aplikasi LPSE untuk Paket PJU-TS Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
- 1 (satu) rangkap asli Dokumen berita acara reviu persiapan pengadaan belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian Barat Nomor : 10/BA.REVIU/POKJA-UKPBJ/V/2020 tanggal 18 mei 2020.
- 1 (satu) rangkap asli Surat Kuasa SUYONO, SE Nomor 024/MPP/SK-T/VI/2020 tanggal 29 Juni 2020 perihal pembuktian kualifiksi tender peningkatan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) bagian timur.
- 1 (satu) rangkap asli Daftar hadir pembuktian kualifikasi pada hari kamis tanggal 16 Juli 202.
- 1 (satu) rangkap asli Berita acara pembuktian Kualifikasi belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian timur dan barat tanggal 30 Juni 2020 dan berita acara klarifikasi personil dan peralatan.
- 1 (satu) rangkap Copyan surat Keputusan Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa tentan perubahan ke 3 atas keputusan kepala UKPBJ No. 01 tahun 2019 tentang pembentukan kelompok Kerja pemelihan barang dan jasa pemerintah Kabupaten Boalemo Nomor 03 Tahun 2020 dan Surat Keputusan No. 5 Tahun 2020 tentang perubahan ke 4
- 1 (satu) bundel Copyan dokumen penawaran admin, teknis dan harga belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian barat PT. Mandala Putera Prima.
- 1 (satu) bundel dokumen penawaran (copy) belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian barat PT. Mandala Putera Prima.
- 1 (satu) bundel dokumen Sanggahan PT. Mandala Putera Prima belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) bagian barat Nomor 007/SS-PJUTSBBOA/MPP/VII/2020 Tanggal 08 Juli 2020.
- 1 (satu) dokumen Asli Surat Keputusan Bupati Boalemo Nomor : 013 / 183/III/2020 Tanggal 12 maret 2020 Tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bupati Boalemo Nomor : 013/40/I/2020 Tentang Penunjukan Kuasa Pengguna Anggaran.
- 1 (satu) dokumen Copyan Surat Keputusan Bupati Boalemo Nomor : 023 /KEP. BUP/BLM/4/2020 Tanggal 2 Januari 2020 Tentang Penetapan Bendahara Pengeluaran pada Organisasi Perangkat Daerah Lingkungan Pemerintah Kabupaten Boalemo.
- 1 (satu) dokumen Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo Nomor : 18 Tahun 2020 Tanggal 10 Juli 2020 tentang perubahan atas keputusan Kepala Dinas Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penunjukan-penunjukan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).
- 1 (satu) dokumen Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo Nomor : 03 Tahun 2020 Tanggal 23 Januari 2020 tentang Penunjukan Pejabat Verifikasi Keuangan.
- 1 (satu) dokumen Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo Nomor : 15 Tahun 2020 Tanggal 4 Juni 2020 tentang Penunjukan Pejabat Verifikasi Keuangan.
- 1 (satu) dokumen Dokumen Pelaksana Anggaran DPA SKPD Tahun 2020.
- 1 (satu) dokumen Lembar Verifikasi DPPA Tahun Anggaran 2020.
- 1 (satu) dokumen Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo Nomor : 06 Tahun 2021 Tanggal 14 Februari 2021 tentang Penetapan Panitia Pemeriksa Pekerjaan (PPHP).
- 1 (satu) Bundel Spesisifikasi Teknis Lampu PJU-TS Kementrian ESDM 2020.
- 1 (satu) Bundel Survey Harga HPS.
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK SULUTGO Cabang Tilamuta No. Rekening 01501140000554 NPWP 48.775.696.7.822.000 Tahun 2020.
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK SULUTGO Cabang Tilamuta No. Rekening 01501140000554 NPWP 48.775.696.7.822.000 Tahun 2021.
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK SULUTGO Cabang Tilamuta No. Rekening 01502060004132 Periode Tahun 2020/2021 dan bukti transfer an. Dadang Samai.
- 1 (satu) Asli Buku Surat keluar Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2020.
- 1 (satu) Asli Buku Surat Masuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2020.
- 1 (satu) Asli Buku Catatan dan BKU Pembantu Tahun 2020.
- 1 (satu) Bundel Asli Dokumen SPJ Pencairan Anggaran PJU-TS Tahun 2020.
- 1 (satu) dokumen Asli Gambar Rencana Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat. PT. KINGSTOM TEKNITAMA KONSULTAN
- 1 (satu) dokumen Laporan Pendahuluan Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS)
- 1 (satu) dokumen Laporan Dokumentasi DED Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS)
- 1 (satu) dokumen Laporan Akhir DED Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS)
- 1 (satu) dokumen Laporan Invoice Nomor : 01/KONT-DED/DLHK-PPK/IV/2020 Tanggal 03 April 2020
- 1 (satu) dokumen Rencana Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kontrak (RK3K) Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat Lokasi Kab. Boalemo
- 1 (satu) dokumen Spesifikasi Teknis dan Syarat Kerja Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan Bagian Barat Tahun Anggaran 2020
- 1 (satu) dokumen Engineering Estimate (EE) Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan Bagian Barat Tahun Anggaran 2020
- 1 (satu) dokumen Surat Perintah Kerja Nomor : 01/KONT-DED/DLHK-PPK/IV/2020 Tanggal 03 April 2020 Pekerjaan DED Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS) Bagian Timur dan Bagian Barat.
- 1 (satu) dokumen Penyampaian Hasil Tender Pengadaan Barang / Jasa Nomor : 29/HT/POKJA-JK/UKPBJ/VII/2020 Tgl. 27 Juli 2020 (Bagian Barat) dan Nomor : 28/HT/POKJA-JK/UKPBJ/VII/2020 Tgl. 27 Juli 2020 (Bagian Timur)
- Surat Perjanjian Kontrak Nomor:660/KONTRAK/PJU-TS/DLHK-PPRTH/02/VIII/2020 PT. MANDALA PUTERA PRIMA Peningkatan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat
- 1 (satu) Dokumen asli Teguran pertama Nomor : 660/TEGURAN/DLHK-PPRTH/20/XII/2020 tanggal 7 Desember 2020 untuk PT. Mandala Putera Prima
- 1 (satu) Dokumen asli Permohonan Pemberian Kesempatan Penyelesaian Pekerjaan Nomor : 385/L-MPP/XII/202 tanngal 10 Desember 2020 PT. Mandala Putera Prima
- 1 (satu) dokumen Berita Acara Rapat Koordinasi Keterlamabatan Progres Pekerjaan Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan Bagian Barat Nomor : 660/BA/DLHK-PPRTH/25/XII/2020 Tanggal 08 Desember 2020
- 1 (satu) dokumen Asli Surat Pernyataan Kesanggupan an. SUYONO, SE Direktur PT. MANDALA PUTERA PRIMA tanggal 8 Desember 2020 dan Jaminan BANK untuk Pelaksanaan
- 1 (satu) dokumen Asli Berita Acara Pemeriksaan Hasil Pekerjaan (BAPHP) Pekerjaan Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat Nomor : 660/BAPHP/PPK/DLHK-PPRTH/04/II/2021 Tanggal 10 Februari 2021
- 1 (satu) dokumen Asli Berita Acara Serah Terima (BAST) Pekerjaan Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat Nomor : 660/BAST/PPK/DLHK-PPRTH/05/II/2021 Tanggal 11 Februari 2021
- 1 (satu) dokumen Asli Berita Acara Pemeriksaan Administrasi Hasil Pekerjaan Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat Nomor : 660/BAST/PPK/DLHK-PPRTH/06/II/2021 Tanggal 11 Februari 2021
- 1 (satu) dokumen Asli Permohonan Berita Acara Serah Terima Pekerjaan (BASTP) nomor : 023/L-MPP/L/2021 Tanggal 27 Januari 2021 PT. Mandala Putera Prima.
- 1 (satu) Bundel Dokumen Asli Pelaksanaan Pekerjaan PJU-TS Bagian Barat PT. Mandala Putera Prima.
- 1 (satu) dokumen Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor : 660/SPK-PENGAWASAN/01/DLHK-PPK/VIII/2020 Tanggal 18 Agustus 2020.
- Kwitansi PT. Panca Karya Wijaya No : 401 / PKW / AR / XI / 2020
- Invoice PT. Panca Karya Wijaya Kepada PT. Mandala Putera Prima No : 338/PKW/INV/X/2020 Tanggal 06/10/2020
- Invoice PT.Signify Commercial Indonesia Tanggal 19/12/2020
- Invoice PT.Signify Commercial Indonesia Tanggal 12/01/2021
- Invoice PT.Signify Commercial Indonesia Tanggal 28/01/2021
- Invoice PT.Signify Commercial Indonesia Tanggal 06/01/2021
- Invoice PT.Signify Commercial Indonesia Tanggal 15/01/2021
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK MANDIRI Cabang Jakarta Jatipadang No. Rekening 1270006660235 NPWP 029785342063000 Tahun 2021
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK MANDIRI Cabang Jakarta Jatipadang No. Rekening 1270010514907 NPWP 029785342063000 Tahun 2020
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK MANDIRI Cabang Jakarta Jatipadang No. Rekening 1270010470498 NPWP 029785342063000 Tahun 2020
- 1 (satu) Bundel copyan dokumen-dokumen pemesanan dan pengiriman barang PT. Signify Commercial Indonesia.
- 1 (satu) Bundel copy Laporan pekerjaan (bagian timur) CV. Das Konsultan Tahun Anggaran 2020;
- 1 (satu) Bundel Rekening Koran An. ARDIN NUR;
- 1 (satu) bundel foto copy Dokumen Legalitas MPP;
- 1 (satu) bundel foto copy Dokumen Kontrak dan SPMK;
- 1 (satu) bundel asli Dokumen Surat Tiang PJU;
- 1 (satu) bundel foto copy Dokumen Surat Lampu PJU;
- 1 (satu) bundel foto copy Dokumen Invoice 20%;
- 1 (satu) lembar foto copy Dokumen Surat Teguran 1;
- 2 (dua) lembar foto copy Dokumen Surat Permohonan Perpanjangan dan Jawaban;
- 1 (satu) lembar foto copy Dokumen Surat Informasi Signify 1;
- 1 (satu) lembar foto copy Dokumen Surat Informasi Signify Perubahan Jadwal 1;
- 1 (satu) bundel foto copy Dokumen Surat Permohonan Add 1 dan Jawaban Add 1;
- 1 (satu) bundel foto copy Dokumen Invoice 50%;
- 4 (empat) lembar foto copy Dokumen Invoice 89%;
- 1 (satu) bundel foto copy Dokumen Surat Bast Antar Desa;
- 1 (satu) bundel foto copy Dokumen Surat Bast 1;
- 1 (satu) bundel foto copy Dokumen Berita Acara Maintenance Desa
- 1 (satu) eksemplar fotocopy warna SK Bupati Boalemo Nomor : 821.22/83/BKD-DIKLAT/SK/V/2020 Tanggal 14 Mei tahun 2020 sebagai Kabid Anggaran dan Perbendaharaan Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Boalemo.
- 1 (satu) eksemplar Asli Surat Keputusan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Boalemo Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penempatan Pejabat Pelaksana dilingkungan Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Boalemo Tahun 2020.
- Uang sejumlah Rp2.797.949.225,35 (dua milyar tujuh ratus sembilan puluh tujuh juta sembilan ratus empat puluh sembilan ribu dua ratus dua puluh lima rupiah tiga puluh lima sen);
- Kontrak dan SPMK
- Lampiran Syarat-syarat Umum Kontrak
- Surat Tiang PJU
- Surat Lampu PJU
- Invoice 20%
- Surat Teguran 1
- Surat Pernyataan Kesanggupan
- Surat Permohonan Perpanjangan dan Pemberian Kesempatan dari PPK
- Surat Informasi Signify
- Surat Informasi Signify perubahan jadwal 1
- Surat permohonan Add 1 dan Jawaban Add
- Lampiran Garansi Bank BNI
- Invoice 50%
- Invoice 89%
- Lampiran permohonan Bank Garansi dan Permohonan Pembukaan Blokir Dana dan Bank Garansi Mandiri
- Lampiran Surat Kuasa ARDIN NUR
- Berita Acara Serah Terima Antar Desa
- Berita Acara Serah Terima 1 (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan)
- Berita Acara Maintenance All Desa
- Tagihan Pelunasan 11%
- Surat Pernyataan Terdakwa SUYONO, SE
- Tanda Terima Dokumen Kejaksaan Tinggi Gorontalo Rp2.797.949.225,35
- Uang Tunai sejumlah Rp2.797.949.225,35 (dua milyar tujuh ratus sembilan puluh tujuh juta sembilan ratus empat puluh sembilan ribu dua ratus dua puluh lima rupiah tiga puluh lima sen);
- Tanda Terima Dokumen Kejaksaan Tinggi Gorontalo dari MPP
Putusan PN GORONTALO Nomor 27/Pid.Sus-TPK/2023/PN Gto |
|
Nomor | 27/Pid.Sus-TPK/2023/PN Gto |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2023 |
Tanggal Register | 25 Juli 2023 |
Lembaga Peradilan | PN GORONTALO |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Dwi Hatmodjo |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Effendy Kadengkang, Br Hakim Anggota Priyo Pujono |
Panitera | Panitera Pengganti: Suwandi Kau |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | BEBAS DARI DAKWAAN |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I: Masing dikembalikan kepada Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Boalemo melalui saksi RASUNA PIU, S.Sos; Masing-masing dikembalikan kepada Kantor Unit Kegiatan Pengadaaan Barang Dan Jasa Sekretariat Kabupaten Boalemo Melalui HESTY MANOPO, S.Sos; Masing-masing dikembalikan kepada kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo melalui saksi FANDI ANIS ABIDI; Masing-masing tetap terlampir dalam berkas perkara; Masing-masing dikembalikan kepada Terdakwa Suyono, SE; 5. Membebankan biaya perkara kepada negara; |
Tanggal Musyawarah | 12 Desember 2023 |
Tanggal Dibacakan | 12 Desember 2023 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 27/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Gto.zip
- Download PDF
- 27/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Gto.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
123
108