- Menyatakan Terdakwa MIDI SENA, ST tersebut di atas, telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?Korupsi secara bersama? sebagaimana dakwaan Primair Penuntut Umum;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa MIDI SENA, ST oleh karena itu dengan pidana penjara selama 6 (enam) Tahun dan pidana denda sejumlah Rp. 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 6 (enam) Bulan
- Menjatuhkan pidana tambahan kepada Terdakwa MIDI SENA, ST untuk membayar uang pengganti sebesar Rp.2.495.000.000,00 (dua miliar empat ratus sembilan puluh lima juta rupiah), jika Terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dalam hal Terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka dipidana dengan pidana penjara selama 2(dua) Tahun;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap berada dalam tahanan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- SP2D Nomor 08406/BKAD/SP2D-LS/IX/2020 tanggal 30 September 2020 tentang pembayaran belanja uang muka 20% peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) (Bagian Barat) ke PT. MANDALA PUTERA PRIMA Rp. 1.490.106.029,00.
- SP2D Nomor 09351/BKAD/SP2D-LS/XI/2020 tanggal 05 Oktober 2020 tentang pembayaran belanja uang muka 20% peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) Bagian Timur ke PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA Rp. 1.390.931.153,00.
- SP2D Nomor 12859/BKAD/SP2D-LS/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang pembayaran belanja termin pertama 50% peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat ke PT. MANDALA PUTERA PRIMA Rp. 2.235.159.043,00.
- SP2D Nomor 12863/BKAD/SP2D-LS/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang pembayaran belanja termin pertama 89% peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat ke ARDIN NUR Rp. 2.905.706.756,00.
- SP2D Nomor 12864/BKAD/SP2D-LS/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang pembayaran belanja termin pertama 50% peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) Bagian Timur ke DADANG SAMAI Rp. 2.086.396.729,00.
- SP2D Nomor 12865/BKAD/SP2D-LS/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang pembayaran belanja termin pertama 94% pengawasan pekerjaan Fisik pada pekerjaan peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) Bagian Barat ke BUDY BUCHARI LAMANGANTJO Rp. 21.853.237,00.
- SP2D Nomor 12866/BKAD/SP2D-LS/XII/2020 tanggal 30 Desember 2020 tentang pembayaran belanja termin pertama 94% pengawasan pekerjaan Fisik pada pekerjaan peningkatan kenyamanan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) Bagian Timur ke BUDY BUCHARI LAMANGANTJO Rp. 12.873.600,00.
- Rekening Koran Kas Daerah Kabupaten Boalemo per 31 Desember 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 30 Juli 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 30 September 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 30 Oktober 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 30 November 2020.
- 2 (dua) lembar asli Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ Belanja?Administrasi) Kabupaten Boalemo Tanggal 31 Desember 2020.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:63/SPD/DLHK/IX/2020 tanggal 23 September 2020 sebesar Rp. 1.689.810.960.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:68/SPD/DLHK/XI/2020 tanggal 03 November 2020 sebesar Rp. 1.577.344.606.
- 1 (satu) eksemplar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:84/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 2.534.716.440.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:87/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 14.751.000.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:88/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 2.366.016.909.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:88/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 25.276.600.
- 1 (satu) lembar asli permohonan penerbitan surat penyediaan dana TA. 2020 Nomor:89/SPD/DLHK/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020 sebesar Rp. 3.295.131.372.
- Akun Akses Aplikasi LPSE untuk Paket PJU-TS Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
- 1 (satu) rangkap asli Dokumen berita acara reviu persiapan pengadaan belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian barat Nomor : 10/BA.REVIU/POKJA-UKPBJ/V/2020 tanggal 18 mei 2020.
- 1 (satu) rangkap asli Dokumen berita acara reviu persiapan pengadaan belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian timur Nomor : 11/BA.REVIU/POKJA-UKPBJ/V/2020 tanggal 18 mei 2020.
- 1 (satu) rangkap asli Surat Kuasa SUYONO, SE Nomor 024/MPP/SK-T/VI/2020 tanggal 29 Juni 2020 perihal pembuktian kualifiksi tender peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian timur.
- 1 (satu) rangkap asli Surat Kuasa SUYONO, SE Nomor 027/MPP/SK-T/VI/2020 tanggal 29 Juni 2020 perihal pembuktian kualifiksi tender peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian barat.
- 1 (satu) rangkap asli Daftar hadir pembuktian kualifikasi pada hari kamis tanggal 16 Juli 202.
- 1 (satu) rangkap asli Berita acara pembuktian Kualifikasi belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian timur dan barat tanggal 30 Juni 2020 dan berita acara klarifikasi personil dan peralatan.
- 1 (satu) rangkap Copyan surat Keputusan Kepala Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa tentan perubahan ke 3 atas keputusan kepala UKPBJ No. 01 tahun 2019 tentang pembentukan kelompok Kerja pemelihan barang dan jasa pemerintah Kabupaten Boalemo Nomor 03 Tahun 2020 dan Surat Keputusan No. 5 Tahun 2020 tentang perubahan ke 4.
- 1 (satu) bundel Copyan dokumen penawaran admin, teknis dan harga belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian timur PT. Mandala Putera Prima.
- 1 (satu) bundel Copyan dokumen penawaran admin, teknis dan harga belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian barat PT. Mandala Putera Prima.
- 1 (satu) bundel dokumen penawaran (copy) belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJUTS) bagian barat PT. Mandala Putera Prima.
- 1 (satu) bundel dokumen Sanggahan PT. Mandala Putera Prima belanja peningkatan dan keasrian lingkungan (PJU-TS) bagian barat Nomor 007/SS-PJUTSBBOA/MPP/VII/2020 Tanggal 08 Juli 2020.
- 1 (satu) dokumen Asli Surat Keputusan Bupati Boalemo Nomor : 013 / 183/III/2020 Tanggal 12 maret 2020 Tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bupati Boalemo Nomor : 013/40/I/2020 Tentang Penunjukan Kuasa Pengguna Anggaran.
- 1 (satu) dokumen Copyan Surat Keputusan Bupati Boalemo Nomor : 023 /KEP. BUP/BLM/4/2020 Tanggal 2 Januari 2020 Tentang Penetapan Bendahara Pengeluaran pada Organisasi Perangkat Daerah Lingkungan Pemerintah Kabupaten Boalemo.
- 1 (satu) dokumen Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo Nomor : 18 Tahun 2020 Tanggal 10 Juli 2020 tentang perubahan atas keputusan Kepala Dinas Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penunjukan-penunjukan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).
- 1 (satu) dokumen Asli Surat Keputusan Bupati Boalemo Nomor : 013 / 183/III/2020 Tanggal 12 maret 2020 Tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bupati Boalemo Nomor : 013/40/I/2020 Tentang Penunjukan Kuasa Pengguna Anggaran.
- 1 (satu) dokumen Copyan Surat Keputusan Bupati Boalemo Nomor : 023 /KEP. BUP/BLM/4/2020 Tanggal 2 Januari 2020 Tentang Penetapan Bendahara Pengeluaran pada Organisasi Perangkat Daerah Lingkungan Pemerintah Kabupaten Boalemo.
- 1 (satu) dokumen Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo Nomor : 18 Tahun 2020 Tanggal 10 Juli 2020 tentang perubahan atas keputusan Kepala Dinas Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penunjukan-penunjukan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).
- 1 (satu) dokumen Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo Nomor : 03 Tahun 2020 Tanggal 23 Januari 2020 tentang Penunjukan Pejabat Verifikasi Keuangan.
- 1 (satu) dokumen Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo Nomor : 15 Tahun 2020 Tanggal 4 Juni 2020 tentang Penunjukan Pejabat Verifikasi Keuangan.
- 1 (satu) dokumen Dokumen Pelaksana Anggaran DPA SKPD Tahun 2020.
- 1 (satu) dokumen Lembar Verifikasi DPPA Tahun Anggaran 2020.
- 1 (satu) dokumen Surat Keputusan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Boalemo Nomor : 06 Tahun 2021 Tanggal 14 Februari 2021 tentang Penetapan Panitia Pemeriksa Pekerjaan (PPHP).
- 1 (satu) Bundel Spesisifikasi Teknis Lampu PJU-TS Kementrian ESDM 2020.
- 1 (satu) Bundel Survey Harga HPS.
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK SULUTGO Cabang Tilamuta No. Rekening 01501140000554 NPWP 48.775.696.7.822.000 Tahun 2020.
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK SULUTGO Cabang Tilamuta No. Rekening 01501140000554 NPWP 48.775.696.7.822.000 Tahun 2021.
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK SULUTGO Cabang Tilamuta No. Rekening 01502060004132 Periode Tahun 2020/2021 dan bukti transfer an. Dadang Samai.
- 1 (satu) Asli Buku Surat keluar Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2020.
- 1 (satu) Asli Buku Surat Masuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2020.
- 1 (satu) Asli Buku Catatan dan BKU Pembantu Tahun 2020.
- 1 (satu) Bundel Asli Dokumen SPJ Pencairan Anggaran PJU-TS Tahun 2020.
- 1 (satu) Dokumen Asli Gambar rencana DED Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU- TS) Bagian Timur oleh PT. KINGSTON TEKNITAMA KONSULTAN.
- 1 (satu) Dokumen Asli Laporan Dokumentasi DED Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU- TS) Bagian Timur oleh PT. KINGSTON TEKNITAMA KONSULTAN.
- 1 (satu) Dokumen Asli Laporan Akhir DED Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU- TS) Bagian Timur oleh PT. KINGSTON TEKNITAMA KONSULTAN.
- 1 (satu) Dokumen asli Penyampaian Hasil tender Pengadaan Barang / Jasa nomor 37/HT/POKJS-JK/UKPBJ/IX/2020 tanggal 24 September 2020.
- 1 (satu) Dokumen asli Berita Acara Rapat Koordinasi Keterlambatan Progres Pekerjaan Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU- TS) Bagian Timur No. 660/BA/DLHK-PPRTH/26/XII/2020 tanggal 8 Desember 2020.
- Surat Perjanjian Kontrak Nomor:660/KONTRAK/PJU-TS/DLHK-PPRTH/03/X/2020 PT. PANRITA SEJATERA Peningkatan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS) Bagian Timur.
- 1 (satu) dokumen copyan Formulir Rekafitulasi perhitungan tingkat komponen dalam Negeri (TKDN) pekerjaan kenyamanan keasrian lingkungan (PJU TS) bagian timur PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA.
- 1 (satu) dokumen asli surat peringatan satu (SP-1) nomor 660/SP.1/DLHK-PPRTH/18.a/XI/2020 tanggal 02 November 2020 untuk PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA.
- 1 (satu) dokumen asli surat peringatan dua (SP-2) nomor 660/SP.2/DLHK-PPRTH/18.b/XI/2020 tanggal 16 November 2020 untuk PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA.
- 1 (satu) dokumen asli surat Permohonan Pemberian Kesempatan Penyelesaian Pekerjaan PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA nomor : 010/SK.PUSH/1/2021 tanggal 31 Januari 2021.
- 1 (satu) dokumen asli surat Penting nomor 660/DLHK-PPRTH/01/I/2021 tanggal 4 Januari 2021 tentang telah berakhir masa kontrak namun PPK menilai bahwa penyedia mampu menyelesaikan Pernyataan Kesanggupan.
- 1 (satu) dokumen asli surat Pernyataan Kesanggupan an. IRWANSYAH P DJAFAR Direktur PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA tanggal 15 Januari 2021.
- (satu) dokumen asli surat Pernyataan Bersedia membayar denda an. IRWANSYAH P DJAFAR Direktur PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA tanggal 15 Januari 2021.
- 1 (satu) dokumen asli surat Pernyataan Kesanggupan PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA nomor : 002/ PUSH/III-2021 tanggal 3 Maret 2021.
- 1 (satu) dokumen asli surat Jaminan Pelaksanan (BANK GARANSI) Bank Mandiri Nomor : BG60320031023 tanggal 22 Oktober 2020.
- 1 (satu) dokumen asli surat Penegasan nomor 660/DLHK-PPRTH/06/III/2021 tanggal 10 Maret 2021 untuk PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA.
- 1 (satu) dokumen asli surat Permohonan Berita Acara Serah Terima Pekerjaan (BASTP) nomor : 004/SK.PUSH/I/06 /2021 tanggal 29 Januari 2021 PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA.
- 1 (satu) dokumen Copyan Matriks Kegiatan Peningkatan Kenyamanan dan Keasrian Lingkungan (PJU-TS) Bagian Timur dan Dokumentasi.
- 1 (satu) dokumen Copyaan Surat Perintah Kerja nomor : 660/SPK-PENGAWASAN/02/DLHK-PPK/VIII/2020 Tanggal 2 Oktober 2020 untuk pekerjaan pengawasan fisik pada pekerjaan kenyamanan keasrian lingkungan (PJU TS) bagian timur CV. DAS CONSULTAN.
- Surat Pemutusan Kontrak No : 660/DLHK-PPRTH/9/IV/2021
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK MANDIRI Cabang Makassar Kartini No. Rekening 15200052228826 An. IRWANSYAH P DJAFAR Tahun 2021
- 1 (satu) Dokumen Rekening Koran BANK MANDIRI Cabang Jakarta Jatipadang No. Rekening 1740599799798 NPWP 032079642804000 Tahun 2021.
- 1 (satu) lembar slip asli pembayaran komponen PJU-TS sejumlah Rp. 1.093.050.000 (satu milyar sembilan puluh tiga juta lima puluh ribu rupiah).
- 1 (satu) lembar slip asli pembayaran komponen PJU-TS sejumlah Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah).
- 1 (satu) Lembar Print Out Bukti Transfer Uang sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus juta rupiah) tanggal 19 Desember 2020 ke Rekening An. MIDI SENA melalui ATM BCA.
- 1 (satu) Lembar Print Out Bukti Transfer Uang sebesar Rp. 100.000.000,- (Seratus juta rupiah) tanggal 20 Desember 2020 ke Rekening An. MIDI SENA melalui m-Transfer
- 1 (satu) Lembar Print Out Bukti Transfer Uang sebesar Rp. 300.000.000,- (Tiga ratus juta rupiah) tanggal 17 Desember 2020 ke Rekening An. MIDI SENA
- 1 (satu) Bundel Print Out Invoice pengiriman komponen PJU melalui Pesawat Udara tanggal 30 Desember 2020 dari Jakarta ke Gorontalo
- 1 (satu) Bundel Print Out Invoice dan Surat Jalan pengiriman komponen PJU melalui Darat tanggal 22 Desember 2020, 12 dan 21 Januari 2021 dari Jakarta ke Gorontalo oleh CV AFF LOGISTIK;
- 1 (satu) Bundel Laporan Keuangan untuk tahun yang terakhir tanggal 31 Desember 2019, Akta Notaris dan Laporan Auditor Independen PT. PANRITA UTAMA SEJAHTERA.
- 1 (satu) Bundel copy Laporan pekerjaan (bagian timur) CV. Das Konsultan Tahun Anggaran 2020;
- 1 (satu) Bundel copy Laporan pekerjaan mingguan dan bulanan (bagian timur)
- 1 (satu) bundel dokumentasi foto survey pengadaan komponen PJU-TS Wilayah Bagian Timur.
- Fotocopy Akta Pembukaan Cabang PT. Panrita Utama Sejahtera cabang Boalemo tertanggal 19 Agustus 2020;
- Fotocopy Akta Pencabutan Kuasa dan Penutupan Cabang PT. Panrita Utama Sejahtera cabang Boalemo tertanggal 26 Februari 2026;
- Uang sejumlah Rp. 62.740.365,- (enam puluh dua juta tujuh ratus empat puluh ribu tiga ratus enam puluh lima rupiah)
Putusan PN GORONTALO Nomor 26/Pid.Sus-TPK/2023/PN Gto |
|
Nomor | 26/Pid.Sus-TPK/2023/PN Gto |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2023 |
Tanggal Register | 25 Juli 2023 |
Lembaga Peradilan | PN GORONTALO |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Dwi Hatmodjo |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Effendy Kadengkang, Br Hakim Anggota Priyo Pujono |
Panitera | Panitera Pengganti: Suwandi Kau |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I: Masing-masing dikembalikan kepada Penuntut Umum untuk dipergunakan dalam perkara atas nama Terdakwa Ambo Upe; 7.Membebankan kepada Terdakwa untuk membayar biaya perkara masing-masing sejumlah Rp7.500,00 ( tujuh ribu lima ratus rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 7 Desember 2023 |
Tanggal Dibacakan | 7 Desember 2023 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 26/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Gto.zip
- Download PDF
- 26/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Gto.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
144
117