- . Menyatakan Terdakwa RIDLAN MAHFUD ABDULLAH Bin H. ABDULLAH ABD. HAMID, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan Primair Penuntut Umum;
- Membebaskan Terdakwa dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa RIDLAN MAHFUD ABDULLAH Bin H. ABDULLAH ABD. HAMID terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?Turut Serta Melakukan Korupsi? sebagaimana dalam dakwaan Subsidair Penuntut Umum;
- Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 8 (delapan) bulan serta denda sebesar Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan;
- Menghukum Terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp127.703.757,66 (seratus dua puluh tujuh juta tujuh ratus tiga ribu tujuh ratus lima puluh tujuh rupiah enam puluh enam sen) dengan ketentuan jika terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut dan jika terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 6 (enam) bulan;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana penjara yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap ditahan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Bulanan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Bulan ke-01 Tanggal 26 Juli s/d 04 Agustus 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Bulanan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Bulan ke-02 Tanggal 05 Agustus s/d 01 September 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Bulanan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Bulan ke-03 Tanggal 02 September s/d 29 September 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Bulanan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Bulan ke-04 Tanggal 30 September s/d 27 Oktober 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Bulanan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Bulan ke-05 Tanggal 28 Oktober s/d 24 November 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Bulanan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Bulan ke-06 Tanggal 25 November s/d 22 Desember 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-01 Tanggal 26 Juli s/d 28 Juli 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-02 Tanggal 29 Juli s/d 04 Agustus 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-03 Tanggal 05 Agustus s/d 11 Agustus 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-04 Tanggal 12 Agustus s/d 18 Agustus 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-05 Tanggal 19 Agustus s/d 25 Agustus 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-06 Tanggal 26 Agustus s/d 01 September 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-07 Tanggal 02 September s/d 08 September 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-08 Tanggal 09 September s/d 15 September 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-9 Tanggal 16 September s/d 22 September 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-10 Tanggal 23 September s/d 29 September 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-11 Tanggal 30 September s/d 06 Oktober 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-12 Tanggal 07 Oktober s/d 13 Oktober 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-13 Tanggal 14 Oktober s/d 20 Oktober 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-14 Tanggal 21 Oktober s/d 27 Oktober 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-15 Tanggal 28 Oktober s/d 03 November 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-16 Tanggal 04 November s/d 10 November 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-17 Tanggal 11 November s/d 17 November 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-18 Tanggal 18 November s/d 24 November 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-19 Tanggal 25 November s/d 01 Desember 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-20 Tanggal 02 Desember s/d 08 Desember 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-21 Tanggal 09 Desember s/d 15 Desember 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Mingguan Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Periode Minggu ke-22 Tanggal 16 Desember s/d 22 Desember 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Akhir Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Tahun Anggaran 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Surat Perjanjian Addendum 01 Kegiatan Pembangunan Gedung Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Pekerjaan Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II;
- Asli 1 (satu) bundel Adendum 01 (CCO) Tahap ? tanggal 11 Oktober 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Rencana Kerja dan Syarat-Syarat (RKS) Tahun Anggaran 2017;
- Asli 1 (satu) bundel As Built Drawing Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap I Tahun 2018 dari PT. Delta Buana;
- Fotokopi 1 (satu) bundel Rencana Anggaran Biaya Penawaran Awal Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap I Tahun 2018;
- Asli 1 (satu) bundel Rencana Anggaran Biaya CCO2 Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap I Tahun 2018;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Dokumentasi Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap I Periode Juli s/d Desember 2018;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Bulan Ke VI (Enam) Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap I Periode Desember 2018 Nomor : 006/BBPOM-BJM/LP-B/BPK/2018;
- Asli 1 (satu) bundel Laporan Penyelesaian Sisa Pekerjaan, Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap I Periode 24 Desember s/d 11 Februari 2019, Nomor : 007/BBPOM-BJM/LP-B/BPK/2018;
- Fotokopi 1 (satu) bundel Penyerahan Pertama Pekerjaan (PHO) Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap I Tahun Anggaran 2018;
- Asli 1 (satu) bundel Surat Perjanjian Nomor PL.03.109.07.19.2386 Tanggal 26 Juli 2019 tentang Pekerjaan Pengadaan Konstruksi dengan Surat Perjanjian (SP) Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II dari PT. VERBECK MEGA PERKASA;
- Fotokopi 1 (satu) bundel Rencana Anggaran Biaya Penawaran Awal Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Tahun 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Shop Drawing Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik tahap II Tahun 2019;
- Asli 1 (satu) Bundel Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Ta 2019;
- Fotokopi 1 (satu) bundel Register Data Realisasi Kontrak;
- Fotokopi 1 (satu) bundel Berita Acara Pernyataan Selesainya Pekerjaan Nomor PL.02.03.109.12.19.6378 Tanggal 31 Desember 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Penayangan Sanksi Daftar Hitam;
- Asli 1 (satu) bundel Approval Material;
- Asli 1 (satu) bundel Back Up Data;
- Fotokopi 1 (satu) bundel As Built Drawing Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap II Tahun 2019;
- Fotokopi 1 (satu) bundel RKA KL 2019 (2019);
- Fotokopi 1 (satu) bundel Bukti Penerimaan Negara Kode Billing 820200113855657 Setoran Rp 3.744.859.650,- (Klaim Jaminan Akhir Tahun);
- Fotokopi 1 (satu) bundel Laporan Pembayaran / Penyetoran PNBP Kode Billing 820210309550823 Setoran Rp 63.336.109,- (Denda Keterlambatan);
- Fotokopi 1 (satu) bundel SP2D Kekurangan Bayar, Denda, dan Pengembalian Kurang Volume dari tanggal 02-12-2020 s/d 02-12-2020;
- Fotokopi 1 (satu) bundel Uang Muka Konstruksi TA 2019 (2019) (Meliputi Laporan Daftar SP2D Satker, Surat Perintah Membayar, Surat Permohonan Pencairan, Berita Acara Pembayaran dan Kwitansi);
- Fotokopi 1 (satu) bundel Termin I Konstruksi TA 2019 (2019) (Meliputi Laporan Daftar SP2D Satker, Surat Perintah Membayar, Surat Permohonan Pencairan, Berita Acara Pembayaran dan Kwitansi);
- Fotokopi 1 (satu) bundel Termin II Konstruksi TA 2019 (2019) (Meliputi Laporan Daftar SP2D Satker, Surat Perintah Membayar, Surat Permohonan Pencairan, Berita Acara Pembayaran dan Kwitansi);
- Fotokopi 1 (satu) bundel Termin III Konstruksi TA 2019 (2019) (Meliputi Laporan Daftar SP2D Satker, Surat Perintah Membayar, Surat Permohonan Pencairan, Berita Acara Pembayaran dan Kwitansi);
- Fotokopi 1 (satu) bundel Termin IV Konstruksi TA 2019 (2019) (Meliputi Laporan Daftar SP2D Satker, Surat Perintah Membayar, Surat Permohonan Pencairan, Berita Acara Pembayaran dan Kwitansi);
- Fotokopi 1 (satu) bundel Termin V Konstruksi TA 2019 (2019) (Meliputi Laporan Daftar SP2D Satker, Surat Perintah Membayar, Surat Permohonan Pencairan, Berita Acara Pembayaran dan Kwitansi);
- Fotokopi 1 (satu) bundel Termin VI Konstruksi TA 2019 (2019) (Meliputi Laporan Daftar SP2D Satker, Surat Perintah Membayar, Surat Permohonan Pencairan, Berita Acara Pembayaran dan Kwitansi);
- Asli 1 (satu) bundel Dok Pemutusan Kontrak (2019) ? Pemutusan Kontrak, Pemberitahuan Wanprestasi, Surat Pernyataan Wanprestasi, Permohonan Bank Garansi, dan Permohonan Perpanjangan Bank Garansi;
- Fotokopi 1 (satu) bundel Jaminan Pelaksanaan 2019 (2019);
- Fotokopi 1 (satu) bundel Surat Nomor BSJ.R09.TB.BJM/0170/2020 Perihal Pembayaran Klaim Bank Garansi No. MBG666074203119N Tanggal 06 Februari 2020;
- Asli 1 (satu) bundel Surat Perintah Mulai Kerja PT Verbeck Mega Perkasa Nomor PL.02.03.109.07.19.2387 Tanggal 26 Juli 2019;
- Asli 1 (satu) bundel Surat Perjanjian-Kontrak MK 2019 PT. Asta Kencana (2019);
- Asli 1 (satu) bundel SPMK MK 2019 PT. Asta Kencana (1) (2019) ? Surat Perintah Mulai Kerja PT Asta Kencana;
- Asli 1 (satu) bundel Gambar DED ? 2017 (2019) ? Detail Engineering Design;
- Fotokopi 1 (satu) rangkap Surat Perjanjian untuk melaksanakan Paket Pekerjaan Jasa Konsultansi Perencanaan Pembangunan Gedung Kantor dan Laboratorium BB POM di Banjarmasin No. PR.04.06.99.06.17.1394 dan Nomor 098/AA/SPK-BBPOM/VI/2017;
- Fotokopi 1 (satu) bundel Rencana Anggaran Biaya untuk Pekerjaan Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik BB POM di Banjarmasin TA 2017;
- Fotokopi 1 (satu) bundel SPMK (2019) ? Surat Perintah Mulai Kerja No. PR.04.06.99.06.17.1395 Paket Pekerjaan Pengadaan Jasa Konsultansi Perencanaan Pembangunan Gedung Kantor dan Laboratorium;
- Fotokopi 1 (satu) rangkap Syarat-Syarat Khusus Kontrak (SSKK) antara BB POM di Banjarmasin dengan PT Artefak Arkindo;
- Asli 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Uang Muka Konstruksi Tahap I (2018) dari tanggal 16-08-2018 s/d 23-08-2018;
- Asli 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin I Konstruksi Tahap I (2018) dari tanggal 05-10-2018 s/d 05-10-2018;
- Asli 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin II Konstruksi Tahap I (2018) dari tanggal 29-10-2018 s/d 30-10-2018;
- Asli 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin III Konstruksi Tahap I (2018) dari tanggal 16-11-2018 s/d 26-11-2018;
- Asli 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin IV Konstruksi Tahap I (2018) dari tanggal 17-12-2018 s/d 17-12-2018;
- Asli 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin V Konstruksi Tahap I (2018) dari tanggal 26-12-2018 s/d 26-12-2018;
- Asli 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin VI Konstruksi Tahap I (2018) dari tanggal 26-12-2018 s/d 26-12-2018;
- Asli 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Sisa Pekerjaan Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap I Tahun 2018 yang Dibebankan Pada DIPA 2019 dari tanggal 15-04-2019 s/d 15-04-2019;
- Fotokopi 1 (satu) bundel surat perintah membayar tanggal 21-12-2018 No.00847/SPM-LS/432881/2018;
- Fotokopi 1 (satu) bundel daftar SP2D saker tanggal 26-12-2018 nomor SP2D 180451301036243;
- Fotokopi 1 (satu) bundel berita acara serah terima pekerjaan Nomor PR.04.07109.12.18.3961 tanggal 21-12-2018;
- Fotokopi 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin I MK Tahap II (2019) dari tanggal 14-10-2019 s/d 14-10-2019, nomor SP2D 190451301027005;
- Fotokopi 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin II MK Tahap II (2019) dari tanggal 06-11-2019 s/d 06-11-2019, nomor SP2D 190451301030200;
- Fotokopi 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin III MK Tahap II (2019) dari tanggal 20-12-2019 s/d 30-12-2019, nomor SP2D 190451301038166;
- Fotokopi 1 (satu) bundel SP2D Pembayaran Termin IV MK Tahap II (2019) dari tanggal 20-12-2019 s/d 30-12-2019, nomor SP2D 190451301038203;
- Fotokopi 1 (satu) lembar fotocopy Berita Acara Show Cause Meeting (SCM) pekerjaan konstruksi pembangunan Gedung laboratorium dan kelayakan public tahap II Nomor: PL.02.03.109.12.19.6311;
- Asli 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Pengguna Anggaran Satuan Kerja Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Di Banjarmasin Nomor: HK.04.03.109.01.19.0147 Tentang Penunjukan Panitia Penerima hasil Pekerjaan Pangadaan Jasa Konsultansi Manajemen Konstruksi dan Jasa Konstruksi Pekerjaan Pembangunan Gedung Laboratorium Tahap II Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Banjarmasin Tahun Agnggaran 2019, tanggal 02 Januari 2019;
- Asli 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Pengguna Anggaran Satuan Kerja Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Di Banjarmasin Nomor: HK.04.03.109.01.19.0373 Tentang Penunjukan Tenaga Pengelola Teknis Pekerjaan Jasa Konstruksi Perencanaan Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Banjarmasin Tahun Agnggaran 2019, tanggal 11 Februari 2019;
- Asli 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Pengguna Anggaran Satuan Kerja Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Di Banjarmasin Nomor: HK.04.03.109.01.19.1746 Tentang Penunjukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4)Daerah untuk Pekerjaan Konstruksi Pembangunan Gedung Laboratorium dan Pelayanan Publik Tahap II Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Banjarmasin Tahun Anggaran 2019, tanggal 01 Juni 2019;
- Fotocopy 1 (satu) lembar Surat Nomor PL.02.03.109.11.19.5651 tanggal 05 November 2019 Perihal Surat Peringatan I oleh PPK kepada Kontraktor PT. VERBECK MEGA PERKASA;
- Fotocopy 1 (satu) lembar Surat Nomor PL.02.03.109.12.19.56264 tanggal 12 Desember 2019 Perihal Surat Peringatan II oleh PPK kepada Kontraktor PT. VERBECK MEGA PERKASA;
- Fotocopy 1 (satu) lembar Surat Pernyataan Nomor PL.02.03109.12.19.6323 tanggal 20 Desember 2019 oleh MUHAMMAD GUNTUR selaku Kuasa Pengguna Anggaran Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Banjarmasin;
- Fotocopy 1 (satu) rangkap Perubahan Kontrak Nomor: PL.03.109.12.19.6327 Tanggal 20 Desember 2019 (Addendum 2);
- Fotocopy 1 (satu) lembar RKKS Tahun Anggaran 2020 Revisi 14 Satker 09 Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Banjarmasin;
- 1 (satu) rangkap sertifikat keahlian An. KARYANTO;
- 1 (satu) rangkap sertifikat An. YOHAN PRASTYO GUNAWAN.
Putusan PN BANJARMASIN Nomor 39/Pid.Sus-TPK/2023/PN Bjm |
|
Nomor | 39/Pid.Sus-TPK/2023/PN Bjm |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2024 |
Tanggal Register | 6 Desember 2023 |
Lembaga Peradilan | PN BANJARMASIN |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua I Gede Yuliartha |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Ahmad Gawi, Br Hakim Anggota Herlinda |
Panitera | Panitera Pengganti Amri |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N GA D I L I: Dikembalikan kepada Penuntut Umum untuk di jadikanbarang bukti dan dipergunakan dalam perkara RAHMA dan FAUZUL alias DONI; 9. Membebankan kepada Terdakwa untuk membayar biaya perkara sejumlah Rp5.000,00 (lima ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 20 Maret 2024 |
Tanggal Dibacakan | 20 Maret 2024 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 39/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Bjm.zip
- Download PDF
- 39/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Bjm.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
95
73