- Menyatakan Terdakwa FADLI ALAMRIE, S.E., tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana ?Korupsi? bersama-sama sebagaimana dakwaan Primair;
- Membebaskan Terdakwa FADLI ALAMRIE, S.E., dari dakwaan Primair Penuntut Umum;
- Menyatakan Terdakwa FADLI ALAMRI, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana ?Korupsi? bersama-sama sebagaimana dakwaan Subsidair;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa FADLI ALAMRIE, S.E., oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun 5 (lima) bulan dan denda sejumlah Rp50.000.000.00 (lima juta rupiah) dengan ketentuan jika denda tidak dibayar harus diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan;
- Menghukum Terdakwa untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp59.939.790,00 (lima puluh sembilan juta sembilan ratus tiga puluh sembilan ribu tujuh ratus sembilan puluh ribu rupiah);dengan ketentuan apabila jika terpidana tidak membayar uang pengganti sebagai mana yang dimaksud paling lama dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut dan apa bila harta Terdakwa tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama 6 (enam) bulan;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap ditahan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp5.000,00 (lila ribu rupiah);
Putusan PN MANADO Nomor 30/Pid.Sus-TPK/2023/PN Mnd |
|
Nomor | 30/Pid.Sus-TPK/2023/PN Mnd |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2024 |
Tanggal Register | 4 Desember 2023 |
Lembaga Peradilan | PN MANADO |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Yance Patiran |
Hakim Anggota | Br Hakim Anggota Munsen Bona Pakpahan, Hakim Anggota Iriyanto Tiranda |
Panitera | Panitera Pengganti Petrus Diogenes Bawodi, Shbrpanitera Pengganti Ni Ketut Susan |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I; 1. 1 (satu) Bundel Register SP2D Tahun 2020 2. 1 (satu) Bundel Register SP2D Tahun 2021 3. 1 (satu) Bundel Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2020 4. 1 (satu) Bundel Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2021; Dikembalikan kepada Penuntut Umum untuk dipergunakan dalam perkara lain; 1. 1 (satu) Bundel Petikan Keputusan Bupati Bolaang Mongondow Utara Nomor 821.24/BKPP/BMU/SK/13/IV/2019 tanggal 26 April 2019. Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Jabatan an Siska Nurcahyani Babay, S.PT.,M.Si. 2. 1 (satu) Bundel SK Sekretaris DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor 175/01/Sekrt-DPRD/BMU/I/2020. Tentang Penetapan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Sekretariat DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun Anggaran 202 3. 1 (satu) Bundel SK Sekretaris DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor 15 Tahun 2020. Tentang Penetapan Tim Verifikasi Sekretariat DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun Anggaran 2020. 4. 1 (satu) Bundel SK Sekretaris DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor 21 Tahun 2020. Tentang Perubahan Atas Keputusan Sekretaris DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Penetapan Tim Pemeriksa dan Penerima Barang di Lingkungan Sekretariat DPRD Kabupaten Bolaang Mongoondow Utara. 5. 1 (satu) Bundel SK Sekretaris DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor Nomor 11 Tahun 2021 tanggal 04 Januari 2021. Tentang Penetapan Tim Pemeriksa Barang/Jasa di Lingkungan Sekretariat DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun Anggaran 2021. 6. 1 (satu) Bundel SK Sekretaris DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor 13 Tahun 2021. Tentang Pengangkatan TenagaKebersihan pada Sekretariat DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2021; 7. 1 (satu) Bundel SK Sekretaris DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor 09 Tahun 2021 tanggal 04 Januari 2021. Tentang Penetapan Pejabat Penatausaha Keuangan (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Petugas Verifikasi Lingkup Sekretariat DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun Anggaran 2021. 8. 1 (satu) Bundel SK Bupati Bolaang Mongondow Utara Nomor 36 Tahun 2021 tanggal 2 Februari 2021. Tentang Penetapan Pengurus Barang Pengguna Perangkat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun 2021. 9. 1 (satu) Bundel SK Sekretaris DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor 172 Tahun 2021 tanggal 12 Oktober 2021. Tentang Perubahan Keputusan Sekretariat DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor 09 Tahun 2021 Tentang Penetapan Pejabat Penatausaha Keuangan (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Petugas Verifikasi Lingkup Sekretariat DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Tahun Anggaran 2021. 10. 1 (satu) Bundel Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Tahun 2020; 11. 1 (satu) Bundel Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Tahun 2021. 12. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Kerja CV. JEYIN NUR ABADI Pengadaan Mebeleur Nomor: 175/134/SPK/SKRT-DPRD/BMU/IV/2020 tanggal 02 April 2020. 13. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. JEYIN NUR ABADI Pengadaan Mebeleur pada Kegiatan Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Nomor: 02743/SP2D/V/2020 tanggal 12 Mei 2020. 14. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Kerja CV. TOEKANG KELOE Pengadaan Mebeleur Nomor: 175/633/SPK/SEKRT-DPRD/BMU/IX/2021 tanggal 27 September 2021 15. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. TOEKANG KELOE Pengadaan Mebeleur Tahun 2021 Nomor: 08345 /SP2D/2021 tanggal 11 Oktober 2021 16. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Kerja CV. SUMBER PRATAMA ABADI Nomor: 175/506/SPK/SEKRT-DPRD/BMU/VII/2021 tanggal 12 Juli 2021. 17. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. SUMBER PRATAMA ABADI Pengadaan Peralatan Studio Gambar Nomor: 06137/SP2D/2021 tanggal 30 Juli 2021. 18. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Kerja Pekerjaan Pengadaan Komputer, Laptop, dan Printer Nomor: 175/67/SPK/SKRT-DPRD/BMU/I/2020 tanggal 20 Januari 2020. 19. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. ADITYA KUNCUNG JAYA Pembayaran Pengadaan Komputer, Laptop, dan Printer pada Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor Nomor: 00316/SP2D/II/2020 tanggal 18 Februari 2020. 20. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. SUMBER PRATAMA ABADI Pembayaran Belanja Pengadaan Alat Pemadam Kebakaran Nomor: 07722/SP2D/2021 tanggal 24 September 2021 ; 21. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Kerja CV. FADIL KARYA PRATAMA Penyediaan Wallpaper Ruang Sidang Paripurna DPRD Nomor: 175/500/SPK/SEKRTDPRD/BMU/VII/2021 tanggal 07 Juli 2021. 22. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. FADIL KARYA PRATAMA Pembayaran Belanja Penyediaan Wallpaper Ruang Sidang Paripurna DPRD Nomor: 06228/SP2D/2021 tanggal 4 Agustus 2021. 23. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Kerja CV. FACHIRA MANDIRI Pengadaan Karpet Lantai Ruang Sidang Paripurna DPRD Nomor: 467/SPK/SEKRT-DPRD/BMU/VI/2021 tanggal 23 Juni 2021. 24. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. FACHIRA MANDIRI Pembayaran Belanja Pengadaan Karpet Lantai Ruangan Sidang Paripurna DPRD Nomor: 05219/SP2D/2021 tanggal 7 Juli 2021. 25. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. TRIAD JAYA MANDIRI Pembayaran Pekerjaan Pengadaan Kubah Tempat Ibadah Nomor: 05931/SP2D/VIII/2020 tanggal 28 agustus 2020. 26. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana DZAINUDIN TOMAYAHU Pembayaran Pekerjaan Perencanaan Rehab Plafound Nomor: 00584/SP2D/II/2020 tanggal 27 Februari 2020 27. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. RIZKI PUTRI SYAHPUTRA Pembayaran Retensi 5% Pekerjaan Rehabilitasi Pladfound Gedung Kantor DPRD Nomor: 04087/SP2D/VI/2020 tanggal 29 Juni 2020. 28. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. RIZKI PUTRI SYAHPUTRA Pembayaran Uang Muka 30% Pekerjaan Rehabilitasi Pladfound Gedung Kantor DPRD Nomor: 01677/SP2D/IV/2020 tanggal 2 April 2020. 29. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. RIZKI PUTRI SYAHPUTRA Pembayaran 95% Pekerjaan Rehabilitasi Pladfound Gedung Kantor DPRD Nomor: 02311/SP2D/IV/2020 tanggal 30 April 2020. 30. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SAMSUDIN NOGE KAABA Pembayaran Pengawasan Atas Pekerjaan Rehab Plafound Gedung Kantor Nomor: 05657/SP2D/VIII/2020 tanggal 13 Agustus 2020. 31. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Kerja CV. GLOBAL UTAMA KONSTRUKSI Pekerjaan Plafound Ruang Kerja Ketua DPRD Nomor: 175/631/SPK/Sekrt-DPRD/BMU/IX/2021 tanggal 22 September 2021. 32. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. GLOBAL UTAMA KONSTRUKSI Pembayaran Belanja Modal Atas Retensi 5% Pekerjaan Rehabilitasi Plafound Ruang Kerja Ketua DPRD Tahun 2021 Nomor: 12533/SP2D/2021 tanggal 27 Desember 2021. 33. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. GLOBAL UTAMA KONSTRUKSI Pembayaran Belanja Modal Atas 95% Pekerjaan Plafound Ruang Kerja Ketua DPRD Tahun 2021 Nomor: 11983/SP2D/2021 tanggal 21 Desember 2021. 34. 1 (satu) Bundel Laporan Fisik Pekerjaan Rehabilitasi Plaflound Ruangan Kerja Ketua DPRD CV. GLOBAL UTAMA KONSTRUKSI TA. 2021. 35. 1 (satu) Bundel Surat Perjanjian Kerja CV. VIRGINIA Nomor: 175/619/SKRTDPRD/SPK/I/2020 tanggal 7 Januari 2019. 36. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan Januari Tahun 2020 Nomor: 01038/SP2D/III/2020 tanggal 13 Maret 2020. 37. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan Februari Tahun 2020 Nomor: 01171/SP2D/III/2020 tanggal 17 Maret 2020. 38. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan Maret Tahun 2020 Nomor: 02298/SP2D/IV/2020 tanggal 29 April 2020 39. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan April Tahun 2020 Nomor: 02798/SP2D/V/2020 tanggal 14 Mei 2020. 40. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan Mei Tahun 2020 Nomor: 03965/SP2D/VI/2020 tanggal 22 Juni 2020. 41. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan Juni Tahun 2020 Nomor: 04683/SP2D/VII/2020 tanggal 15 Juli 2020. 42. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan Juli Tahun 2020 Nomor: 05695/SP2D/VIII/2020 tanggal 14 Agustus 2020. 43. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan Agustus Tahun 2020 Nomor: 08205/SP2D/XI/2020 tanggal 19 Nopember 2020. 44. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan September Tahun 2020 Nomor: 08204/SP2D/XI/2020 tanggal 19 Nopember 2020. 45. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan Oktober Tahun 2020 Nomor: 08206/SP2D/XI/2020 tanggal 19 Nopember 2020. 46. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan November Tahun 2020 Nomor: 09733/SP2D/XII/2020 tanggal 15 Desember 2020. 47. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana CV. VIRGINIA Pembayaran Belanja Jasa Kebersihan Kantor DPRD Bulan Desember Tahun 2020 Nomor: 10665/SP2D/XII/2020 tanggal 23 Desember 2020. 48. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan Januari Tahun 2021 Nomor: 01352/SP2D/2021 tanggal 5 April 2021. 49. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan Februari Tahun 2021 Nomor: 01341/SP2D/2021 tanggal 5 April 2021. 50. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan Maret Tahun 2021 Nomor: 01750/SP2D/2021 tanggal 14 April 2021. 51. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan April Tahun 2021 Nomor: 02989/SP2D/2021 tanggal 6 Mei 2021. 52. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan Mei Tahun 2021 Nomor: 03926/SP2D/2021 tanggal 7 Juni 2021. 53. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan Juni Tahun 2021 Nomor: 05399/SP2D/2021 tanggal 9 Juli 2021. 54. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan Juli Tahun 2021 Nomor: 06478 /SP2D/2021 tanggal 10 Agustus 2021; 55. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan Agustus Tahun 2021 Nomor: 07276/SP2D/2021 tanggal 8 September 2021; 56. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan September Tahun 2021 Nomor: 08360/SP2D/2021 tanggal 12 Oktober 2021. 57. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan Oktober Tahun 2021 Nomor: 09323/SP2D/2021 tanggal 10 November 2021. 58. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan November Tahun 2021 Nomor: 11277/SP2D/2021 tanggal 14 Desember 2021. 59. 1 (satu) Bundel Surat Perintah Pencairan Dana SETWAN DPRD Pembayaran Jasa Cleaning Service pada Kantor Sekretariat DPRD Bulan Desember Tahun 2021 Nomor: 11987/SP2D/2021 tanggal 21 Desember 2021. 60. 1 (satu) Bundel SK Sekretaris DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Nomor 02 Tahun 2020 tanggal 06 Januari 2020. Tentang Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Sekretariat DPRD Kabupaten Bolaang Dikembalikan kepada Penuntut Umum untuk dipergunakan dalam perkara lain; 1. Jefri Heski Manuahe sebesar Rp109.200.000,00 (seratus sembilan juta dua ratus ribu rupiah); 2. Jefri Heski Manuahe sebesar Rp12.350.000,00 (dua belas juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah) 3. Stella Pontoh sebesar Rp77.700.000,00 (tujuh puluh tujuh juta tujuh ratus ribu rupiah) 4. Stella Pontoh sebesar Rp60.800.000,00 (enam puluh juta delapan ratus ribu rupiah) 5. Ferdi Mondoringin sebesar Rp15.000.000,00 (lima belas juta rupiah) 6. Amir Alamri sebesar Rp14.600.000,00 (empat belas juta enam ratus ribu rupiah); 7. Fahri Patilima sebesar Rp10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah); 8. Rahmat Arsyad sebesar RP. 5.900.000,- (Lima Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah); 9. Nurmila Buhang sebesar Rp5.000.000,00 (lima juta rupiah); 10. Irwan Pontoh sebesar Rp1.600.000,00 (satu juta enam ratus ribu rupiah); 11. Moh Riski sebesar Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah); 12. Jefri Heski Manuahe Rp 25.650.000,00 (dua puluh lima juta enam ratus lima puluh ribu rupiah); Dikembalikan kepada penuntut umum untuk dipergunakan dalam perkara lain |
Tanggal Musyawarah | 24 April 2024 |
Tanggal Dibacakan | 24 April 2024 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Lampiran
- Download Zip
- 30/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Mnd.zip
- Download PDF
- 30/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Mnd.pdf
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada