Putusan PN DENPASAR Nomor 2/Pid.Sus-TPK/2024/PN Dps |
|
Nomor | 2/Pid.Sus-TPK/2024/PN Dps |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2024 |
Tanggal Register | 17 Januari 2024 |
Lembaga Peradilan | PN DENPASAR |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketuaputu Gde Novyartha |
Hakim Anggota | Hakim Anggotaheriyanti, Br Hakim Anggotaiman Santoso |
Panitera | Panitera Pengganti: Ni Nyoman Suriani |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I : 1. Menyatakan Terdakwa NI SAYU KOMANG SUDIARIANI ALIAS NI SAYU KOMANG SUDIARYANI, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut sebagaimana dalam Dakwaan Kesatu Primair; 2. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 4 (empat) tahun dan denda sejumlah Rp200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 4 (empat) bulan; 3. Menghukum Terdakwa untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp348.433.594,00 (tiga ratus empat puluh delapan juta empat ratus tiga puluh tiga ribu lima ratus sembilan puluh empat rupiah) paling lama dalam waktu satu bulan sesudah putusan ini berkekuatan hukum tetap, jika tidak membayar maka harta bendanya disita dan dilelang oleh Jaksa untuk menutupi uang pengganti tersebut dan apabila Terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi maka dipidana dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun; 4. Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan; 5. Menetapkan Terdakwa tetap ditahan; 6. Menetapkan barang bukti berupa: 1. Slip penarikan Bank BPD Capem Pupuan Tanggal 22 Juni 2017 sebesar Rp45.000.000,00 ditanda tangani oleh I Made Arif Hartawan dan Ni Sayu Komang Sudiaryani; 2. Slip penarikan Bank BPD Capem Pupuan Tanggal 25 September 2017 sebesar Rp37.494.000,00 yang ditanda tangani oleh I Made Arif Hartawan dan Ni Sayu Komang Sudiaryani; 3. Slip penarikan Bank BPD Capem Pupuan Tanggal 27 Oktober 2017 sebesar Rp11.742.700,00 yang ditanda tangani oleh I Made Arif Hartawan dan Ni Sayu Komang Sudiaryani; 4. Slip penarikan Bank BPD Cabang Pembantu Pupuan Tanggal tanggal 14 Desember 2017 penarikan dananya sebesar Rp334.700.000,00 yang ditanda tangani oleh I Made Arif Hartawan dan Ni Sayu Komang Sudiaryani; 5. Slip penarikan Bank BPD Cabang Pembantu Pupuan Tanggal 11 Oktober 2018 sebesar Rp72.764.500,00 yang ditanda tangani oleh I Made Arif Hartawan dan Ni Sayu Komang Sudiaryani; 6. Slip penarikan Bank BPD Cabang Pembantu Pupuan Tanggal 3 Oktober 2019 sebesar Rp243.617.000,00 yang ditanda tangani oleh I Made Arif Hartawan dan Ni Sayu Komang Sudiaryani; 7. Slip penarikan Bank BPD Cabang Pembantu Pupuan Tanggal 13 Nopember 2019 sebesar Rp44.132.000 yang ditanda tangani oleh I Made Arif Hartawan dan Ni Sayu Komang Sudiaryani; 8. Cek Bank BPD Cabang Pembantu Pupuan Nomor : Q 386696, Tanggal 14 Juli 2020 sebesar Rp93.700.000,00 yang ditanda tangani oleh I Made Arif Hartawan dan Ni Sayu Komang Sudiaryani; 9. Cek Bank BPD Cabang Pembantu Pupuan Nomor : Q 386698, Tanggal 28 Juli 2020 sebesar Rp92.600.000,00 yang ditanda tangani oleh I Made Arif Hartawan dan Ni Sayu Komang Sudiaryani; 10. 8 (delapan) lembar Rekening Koran Tabungan PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Seririt (015), Periode 01-01-2017 s/d 31-12-2020, dengan nomor rekening 01502.42.01306-5 atas nama Kebon Desa Padangan Kec Pupuan Tabanan; 11. 3 (tiga) lembar Rekening Koran Tabungan PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Kantor Capem Pupuan (047), Periode 01-01-2020 s/d 31-12-2020, dengan nomor rekening 047 01.05.00054-3 atas nama Kebon Desa Padangan Kec Pupuan Tabanan; 12. 1 (satu) bendel Adminitrasi pembukaan rekening Tabungan Simpanan Bali Dwipa (SIBAPA), dengan Nomor Rekening 015.02.42.01306-5, atas nama Kas Desa Kebon Padangan, Alamat Desa Kebon Padangan, Kec. Pupuan, Kab. Tabanan, tanggal 16 Pebruari 2017; 13. 1 (satu) bendel Administrasi pembukaan rekening giro Nomor Rekening 047.01.05.00054-3, atas nama Kas Desa Kebon Padangan, Alamat Desa Kebon Padangan, Kec. Pupuan, Kab. Tabanan, tanggal 6 Januari 2020; 14. 1 (satu) bendel Buku Kas Umum-Tunai Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun Anggaran 2017, Tertanggal 31 Desember 2017; 15. 1 (satu) bendel Buku Kas Umum-Tunai Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun Anggaran 2018, Tertanggal 31 Desember 2018; 16. 1 (satu) bendel Buku Kas Umum-Tunai Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun Anggaran 2019, Tertanggal 31 Desember 2019; 17. 1 (satu) bendel Buku Kas Umum-Tunai Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun Anggaran 2020, Tertanggal 31 Desember 2020; 18. 1 (satu) bendel Buku Bank Desa Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun Anggaran 2017, Tertanggal 31 Desember 2017; 19. 1 (satu) bendel Buku Bank Desa Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun Anggaran 2018, Tertanggal 31 Desember 2018; 20. 1 (satu) bendel Buku Bank Desa Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun Anggaran 2019, Tertanggal 31 Desember 2019; 21. 1 (satu) bendel Buku Bank Desa Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun Anggaran 2020, Tertanggal 31 Desember 2020; 22. 1 (satu) bendel Buku Kas Pembantu Pajak Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun 2017, Tertanggal 31 Desember 2017; 23. 1 (satu) bendel Buku Kas Pembantu Pajak Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun 2018, Tertanggal 31 Desember 2018; 24. 1 (satu) bendel Buku Kas Pembantu Pajak Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun 2019, Tertanggal 31 Desember 2019; 25. 1 (satu) bendel Buku Kas Pembantu Pajak Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun 2020, Tertanggal 31 Desember 2020; 26. 1 (satu) bendel Register Surat Permintaan Pembayaran Tahun 2017, Tertanggal 31 Desember 2017; 27. 1 (satu) bendel Buku Kas Pembantu Pajak Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun 2018, Tertanggal 31 Desember 2018; 28. 1 (satu) bendel Buku Kas Pembantu Pajak Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun 2019, Tertanggal 31 Desember 2019; 29. 1 (satu) bendel Buku Kas Pembantu Pajak Pemerintah Desa Kebon Padangan Tahun 2020, Tertanggal 31 Desember 2020; 30. 1 (satu) bendel Map Plastik Warna Kuning Laporan Pertanggungjawaban Subak Batur Dayang Sari Galiukir Tahun 2019, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Kegiatan Upacara Piodalan di Pura Batur Dayang Sari Galiukir, Sumber Dana BKK Propinsi Bali; 31. 1 (satu) bendel Map Plastik Warna Merah Laporan Pertanggungjawaban Subak Manik Buana Baletimbang Tahun 2019, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan, Kegiatan Pembangunan Balai Kulkul di Pura Subak Manik Buana, Sumber Dana BKK Propinsi Bali; 32. 1 (satu) bendel laporan pertanggungjawaban BKK Subak Kendal 2020; 33. 1 (satu) bendel Laporan Pertanggungjawaban BKK Subak Batur Dayang Sari Tahun 2020; 34. 1 (satu) bendel Map Plastik Warna Kuning yang berisikan Surat Pernyataan Rencana Jual Beli Lahan tertanggal 20 Juni 2017 dan Surat Pernyataan Pembatalan Pembelian Lahan tertanggal 9 Juni 2021; 35. 1 (satu) bendel Surat Perbekel Desa Kebon Padangan Nomor: 140/176/XII/2022.Pem tanggal 28 Desember 2022 Tanggal 28 Desember 2022 Perihal Mohon Print Out Rincian Pajak Desa Kebon Padangan yang sudah dibayarkanTahun Pajak 2018, 2019 dan 2020; 36. 1 (satu) Bandel Surat Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tabanan dengan Nomor: S-1068/KPP.17.08/2022, tanggal 28 Desember 2022 Perihal Jawaban rincian Pajak Desa Kebon Padangan yang sudah dibayarkan tahun Pajak 2018, 2019 dan 2020, beserta lampiran 1 (satu) Bandel rincian pajak yang sudah terbayar dari Tahun 2018,2019 dan Tahun 2020 atas nama Desa kebon Padangan sesuai data yang ada di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tabanan; 37. 1 (satu) bendel Surat Perbekel Desa Kebon Padangan Nomor : 140 / 60/ V / 2023 Tanggal 16 Mei 2023 Perihal Mohon Print Out Rincian Pajak Desa Kebon Padangan yang sudah dibayarlanTahun Pajak 2017; 38. 1 (satu) bendel Surat Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tabanan dengan Nomor: S-307/KPP.17.08/2023, tanggal 5 Juni 2023 Perihal Rincian pembayaran Pajak 2017 beserta lampiran 1 (satu) Bandel rincian pajak yang sudah terbayar dari Tahun 2017, 2018, 2019 dan Tahun 2020 atas nama Desa kebon Padangan sesuai data yang ada di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tabanan; 39. 1 (satu) bendel Surat Pernyataan dari Ni Sayu Komang Sudiariani Alias Ni Sayu Komang Sudiaryani terhadap penggunaan penyimpangan Dana BKK Provinsi Bali dan Dana Pajak yang belum disetorkan ke Kantor Pajak Pratama Tabanan; 40. 1 (satu) bendel Peraturan Desa Kebon Padangan Kecamatan Pupuan Nomor 03 Tahun 2017 tentang Perubahan atas peraturan Desa Kebon Padangan nomor 8 Tahun 2016 Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2017, Tanggal 29 September 2017; 41. 1 (satu) bendel Peraturan Desa Kebon Padangan Kecamatan Pupuan Nomor 02 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Desa Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018, Tanggal 28 September 2018; 42. 1 (satu) bendel Perdes Kebon Padangan Kecamatan Pupuan Nomor 05 Tahun 2019 tentang Perubahan Penjabaran Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2019, Tanggal 30 September 2019; 43. 1 (satu) bendel Perdes Kebon Padangan Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan Keempat Atas Peraturan Desa Nomor 7 Tahun 2019 tentang APBDes Tahun Anggaran 2020, Tanggal 7 Oktober 2020; 44. 1 (satu) bendel Perdes Kebon Padangan Kecamatan Pupuan Nomor 08 Tahun 2017 tentang Laporan Pertangungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran 2017, Tanggal 29 Desember 2017; 45. 1 (satu) bendel Perdes Kebon Padangan Kecamatan Pupuan Nomor 01 Tahun 2019 tentang Laporan Pertangungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes Tahun Anggaran 2018, Tanggal 10 Januari 2019; 46. 1 (satu) bendel Laporan Realisasi Pelaksanaan APBDES Semester Akhir Tahun 2019, tanggal 31 Desember 2019; 47. 1 (satu) bendel Peraturan Desa Kebon Padangan Nomor 05 Tahun 2021 tentang Laporan Pertangungjawaban Realisasi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2020, Tanggal 28 Januari 2021; 48. 1 (satu) lembar Kwitansi, telah terima dari I Gede Purnawan, uang sejumlah Rp45.000.000,00 (empat puluh lima juta rupiah) untuk Pembayaran Pinjaman tanggal 15 Juli 2019 yang menerima I Made Arif Hartawan; 49. 1 (satu) lembar Kwitansi, dengan tulisan Telah Terima dari I Made Arif Hartawan, Uang sejumlah Rp45.000.000,00 (empat puluh lima juta rupiah),- Untuk Pembayaran Pengembalian Pinjaman Uang, Tertanggal 5 Oktober 2019, yang menerima I Gede Purnawan; 50. 1 (satu) lembar Kwitansi, dengan tulisan Telah Terima dari Bapak Gede Purnawan, uang sejumlah Rp45.000.000,00 (empat puluh lima juta rupiah) untuk Pembayaran Pengembalian Uang yang dibayarkan a/n oleh I Made Arif Hartawan yang dipinjam Tanggal 15 Juli 2019 dan Pelunasannya pada Tanggal 5 Oktober 2019 untuk Keperluan Pribadi I Made Arif Hartawan (Mekel), Tertanggal 10 Januari 2020, yang I Made Arif Hartawan; 51. 7 (Tujuh) Buah buku Catatan Pribadi milik Terdakwa Ni Sayu Komang Sudiariani Alias Ni Sayu Komang Sudiaryani; 52. 2 (dua) lembar Surat Keputusan Bupati Tabanan, Nomor : 180/425/02/HK&HAM/2015, Tanggal 30 November 2015, tentang Pemberhentian dan Pengesahan Pengangkatan Perbekel Kebon Padangan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan, an. I Made Arif Hartawan masa jabatan selama 6 (enam) Tahun; 53. 2 (dua) Lembar Surat Keputusan Perbekel Desa Kebon Padangan Nomor : 03 Tahun 2017, Tanggal 18 Januari 2017, tentang Pengangkatan Bendahara Desa Kebonpadangan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan an. Ni Sayu Komang Sudiaryani; 54. 3 (tiga) Lembar Skep Perbekel Desa Kebon Padangan Nomor: 02 Tahun 2018, Tanggal 2 Januari 2018, Tentang Penunjukan Bendaharawan Desa, Desa Kebonpadangan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan Tahun Anggaran 2018 an. Ni Sayu Komang Sudiaryani; 55. 2 (dua) Lembar Surat Keputusan Perbekel Desa Kebon Padangan Nomor: 01 Tahun 2019, Tanggal 2 Januari 2019, Tentang Mutasi / Pengangkatan Kepala Urusan Keuangan, Desa Kebon Padangan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, an. Ni Sayu Komang Sudiaryani; dan 56. 3 (tiga) Lembar Surat Keputusan Perbekel Desa Kebon Padangan Nomor: 14 Tahun 2021, Tanggal 22 Pebruari 2021, Tentang Demosi Staf Desa Kebon Padangan, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan an. Ni Sayu Komang Sudiaryani, dari Jabatan Kaur Keuangan menjadi Staf Perangkat Desa. Barang bukti tersebut diatas digunakan untuk perkara Terdakwa I Made Arif Hartawan. 7. Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp5.000,00 (lima ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 8 Mei 2024 |
Tanggal Dibacakan | 8 Mei 2024 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
67
0