- 1 lembar surat Invoice PT. NINGBO TARUNA ASIA tanggal 29 November 2019 an. Wahyudi;
- 1 (satu) lembar fotokopi buku tabungan Bank BNI Nomor Rekening: 7515555551 atas nama BRIAND ELFYANDI;
- 2 (dua) lembar asli rekening koran Bank Kaltimtara atas nama CV. Duta Utama nomor rekening: 5200002851;
- 1 Bendel Dokumen Asli RKS penerangan jalan umum (PJU) kegiatan pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum Kabupaten Penajam Paser Utara;
- 1 Bendel Dokumen Asli Rencana anggaran biaya (RAB) program pembinaan dan pengembangan bidang ketenaga listrikan kegiatan pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum;
- 1 Bendel copy Dokumen Surat perintah kerja (SPK) kegiatan perencanaan pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor kontrak 765/732/ DPU-PR /III/2019. Tanggal 1 Maret 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asli Harga perkiraan sendiri (HPS) program pembinaan dan pengembangan bidang ketenaga listrikan kegiatan pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum;
- 1 Bendel Copy Dokumen Risalah kontrak pengadaan dan pemasangan penerangan alan umum (PJU) 1 nomor kontrak 765/2805/DPU-PR/X/2019 tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asll Surat perjanjian kerja pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum nomor kontrak: 765/2805/ DPU-PR /X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asli Surat Perintah Kerja (SPK) kegiatan pengawasan pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU) nomor kontrak: 765/3261/ DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asli Addendum CCO ? 01 pekerjaan pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor: 906/3582/DPU-PR/XI/2019 tanggal 12 November 2019;
- 1 Bendel copy Dokumen back up data 01 pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor kontrak: 765/2805/ DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel copy Dokumen Back up data 02 pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (pju 1) nomor kontrak 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asli Gambar kerja (shop drawing) pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (pju 1) nomor kontrak : 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel Dokumen Gambar terlaksana (AS build drawing) pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (pju 1) nomor kontrak : 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asli Laporan Harian periode 21 Oktober 2019 s.d 30 Desember 2019 pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1);
- 1 Bendel copy Dokumen laporan Bulanan Oktober ? Nobvember tanggal 21 Oktober s.d 31 November 2919;
- 1 Bendel Dokumen Asli Laporan harian Desember tanggal 1 Desember 2019 s.d 29 Desember 2019;
- 1 Bendel copy Dokumen Laporan bulanan Desember periode tanggal 1 Desember s.d 29 Desember 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asli Foto dokumentasi pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor Kontrak 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asli Foto Dokumentasi pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor kontrak 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asli Final Hand Over (FHO)/ berita acara serah terima pekerjaan pertama pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor kontrak 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel copy 1 Dokumen Berita Acara pembayaran uang muka pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor kontrak 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel copy Dokumen Berita Acara Pembayaran (bap 01) pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor kontrak 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel copy Dokumen Berita Acara Pembayaran (bap 02) penhadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor kontrak 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel Dokumen Asli Kontrak Pemeliharaan Jaminan 5 (lima) tahun pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor kontrak 765/2805/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel copy Dokumen Berita Acara Pembayaram (BAP) kegiatan perencanaan pengadaan dan perencanaan jalan umum (PJU) Nomor: 765/732/DPU-PR/III/2019 tangga; 1 Maret 2019
- 1 Bendel copy Dokumen Berita Acara Pembayaran (BAP) kegiatan pengawasan pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum (PJU 1) nomor kontrak 9765/3261/DPU-PR/X/2019, tanggal 21 Oktober 2019;
- 1 Bendel copy Dokumen hasil tes uji Alumunium.
- 1 (satu) lembar NCR surat SP2D Nomor: 8595/SP2D/LS/XI/2019 tanggal 25 November 2019 untuk pembayaran Berita Acara Pembayaran (BAP) Uang muka sebesar Rp.1.774.648.500,00;
- 1 (satu) lembar asli Kartu Kendali Pembayaran BAP uang muka pekerjaan pengadaan dan pemasangan jalan umum (PJU) I, tanggal 6 November 2019;
- 1 (satu) lembar asli Penelitian kelengkapan dokumen SPP LS khusus (checklist), tanggal 6 November 2019;
- 1 (satu) lembar NCR Surat Pengantar SPP-LSS Nomor: 00835/SPP/LS/1.0103.01/X/2019, tanggal 30 Oktober 2019;
- 1 (satu) lembar NCR Ringkasan SPP-LS Nomor: 00835/SPP/LS/1.0103.01/X/2019, tanggal 30 Oktober 2019;
- 1 (satu) lembar NCR Rincian SPP-LS Nomor: 00835/SPP/LS/1.0103.01/X/2019, tanggal 30 Oktober 2019;
- 1 (satu) lembar NCR SPM nomor: 00835/SPP/LS/1.0103.01/X/2019, tanggal 30 Oktober 2019;
- 1 (satu) lembar NCR Bukti Pengeluaran LS-Langsung Barang dan Jasa (SPM-LS)/ kuitansi nomor 00835/SPP/LS/1.0103.01/X/2019, tanggal 30 Oktober 2019, ditandatangani oleh kontraktor/ penyedia Bendahara Pengeluaran. KPA, dan PPTK;
- 1 (satu) lembar asli Surat peryataan pengajuan SPP LS Barang dan Jasa nomor: 00835/SPP/LS/1.0103.01/X/2019, tanggal 30 Oktober 2019;
- 1 (satu) lembar asli Surat Pernyataan Tanggungjawab yang ditandatangani oleh PA/KPA nomor: 920/287/DPU-PR/X/2019, tanggal 30 Oktober 2019:
- 1 (satu) lembar Bukti penerimaan pajak (PPH) Rp32.266.337.00 PT. Bank Kaltim Kaltara tanggal 26 November 2019;
- 1 (satu) lembar Bukti penerimaan pajak (PPN) Rp161.331.682.00 PT. Bank Kaltim Kaltara tanggal 26 Novomber 2019
- 19 (sembilan belas) lembar asli Salinan Surat Penyediaan Dana Anggaran Belania Daerah Nomor: 00282/SPD/1.01.03.01/III/2019 tanggal 19 Agustus 2019;
- 1 (satu) lembar NCR SP2D Nomor: 11143/SP2D/L/XI1/2019 tanggal 27 Desember 2019 untuk pembayaran BAP 01 Pekerjaan pengadaan dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) I sebesar Rp.2.846.643.885,00;
- 1 (satu) lembar asli Kartu Kendali Pembayaran BAP 01 Pekerjaan Pengadaan dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) I, tanggal 27 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar asli Penelitian kelengkapan dokumen SPP LS Khusus (Checklist), tanggal 26 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar NCR Surat pengantar SPP-LS nomor: 01490SPP/LS/1.01.03.01/XIV/2019, tanggal 26 Desember 2019:
- 1 (satu) lembar NCR Ringkasan SPP-LS nomor: 01490/SPP/LS/1.01.03.01/XII/2019, tanggal 26 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar NCR Rincian SPP-LS nomor: 01490/SPP/LS/1.01.03.01/XIM/2019, tanggal 26 Desember 2019:
- 1 (satu) lembar NCR SPM nomor: 01490/SPM/LS/1.01.03.01/XII/2019, tanggal 26 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar NCR Bukti Pengeluaran LS-Langsung Barang dan Jasa (SPM-LS)/kuitansi nomor: 01490/SPM/LS/1.01.03.01/XIM/2019, tanggal 26 Desember 2019, ditandatangani oleh kontraktor/penyedia, Bendahara Pengeluaran. KPA dan PPTK;
- 1 (satu) lembar asli Surat pernyataan pengajuan SPP LS Barang dan Jasa nomor: 01490/SPP/LS/1.01.03.01/XIV/2019, tanggal 26 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar asli Surat Pernyataan Tanggungjawab yang ditandatangani oleh PA/KPA nomor: 920/593/DPU-PR/XI/2019, tanggal 26 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Keterangan Referensi Bank Nomor: 006/REFR/BPD/SyBPN/XII/2019, tanggal 26 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar Bukti penerimaan pajak (PPH) Rp51.757.162.00 PT. Bank Kaltim Kaltara tanggal 27 Desember 2019:
- 1 (satu) lembar Bukti Penerimaan pajak (PPN) Rp258.785.808.00 PT. Bank Kaltim Kaltara tanggal 27 Desember 2019;
- 2 (dua) lembar asli Salinan Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah Nomor: 00502/SPD/1.01.03.01/V/201 9 tanggal 26 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar NCR SP2D Nomor: 11348/SP2D/LS/XI/2019 tanggal 30 Desember 2019 untuk pembayaran BAP 01 Pekerjaan pengadaan dan Pemasangan PeneranganJalan Umum (PJU) I sebesar Rp.1.294.202.615;
- 1 (satu) lembar asli Kartu Kendali Pembayaran BAP 02 Pekerjaan Pengadaan dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) I, tanggal 30 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar asli Penelitian kelengkapan dokumen SPP-LS Khusus (Checklist), tanggal 30 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar NCR Surat pengantar SPP-LS Nomor: 01534/SPP/LS/1.01.03.01/VIV/2019, tanggal 30 Desember 2019.
- 1 (satu) lembar NCR Ringkasan SPP-LS Nomor: 01534/SPP/LS/1.01.03.01/XII/2019, tanggal 30 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar fotocopy Rincian SPP.LS Nomor: 01534/SPP/LS/1.01.03.01/XIV/2019, tanggal 30 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar fotocopy SPM Nomor: 01534/SPM/LS/1.01.03.01/XIM/2019, tanggal 30 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar fotocopy Bukti Pengeluaran LS-Langsung Barang dan Jasa (SPM-LS)/kuitansi nomor: 01534/SPM/LS/1.01.03.01/XI1/2019, tanggal 30 Desember 2019, ditandatangani oleh kontraktor/penyedia, Bendahara Pengeluaran. KPA dan PPTK;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat pernyataan pengajuan SPP LS Barang dan Jasa nomor: 01534/SPP/LS/1.01.03.01/XI/2019, tanggal 30 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pernyataan Tanggungjawab yang ditandatangani oleh PA/KPA nomor: 920/642/DPU-PR/XII/2019, tanggal 30 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Keterangan Referensi Bank Nomor: 006/REFR/BPD/SyBPN/XII/2019, tanggal 26 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar Bukti penerimaan pajak (PPH) Rp. 23.530.957.00 PT. Bank Kaltim Kaltara tanggal 31 Desember 2019;
- 1 (satu) lembar Bukti penerimaan pajak (PPN) Rp. 117.654.784.00 PT. Bank Kaltim Kaltara tanggal 31 Desember 2019;
- 3 (tiga) lembar asli. Salinan Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah Nomor: 00485/SPD/1.01.03.01/IV/2019 tanggal 10 Desember 2019.
- 4 (empat) lembar fotokopi sudah dilegalisir, Petikan keputusan Keputusan Bupati Penajam Paser Utara Nomer: 821/308/SK-BUP/XII/2016 tentang Pengangkatan Pegawai Neger Sipil dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas, tanggal 29 Desember 2016;
- 6 (enam) lembar fotokopi sudah dilegalisir Keputusan Bupati Penajam Paser Utara Nomor 910/4/2019, tanggal 28 Januari 2019. tentang Penunjukan Kuasa Pengguna Anggaran pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Penajam Paser Utara TA. 2019;
- 4 (empat) lembar fotokopi sudah dilegalisir Keputusan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Penajam Paser Utara selaku Pejabat Pengguna Anggaran Nomor: 188.4/007/DPU-PR/I/2019, tanggal 1 Februari 2019, tentang Penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Penajam Pasor Utara TA. 2019;
Putusan PN SAMARINDA Nomor 37/Pid.Sus-TPK/2022/PN Smr |
|
Nomor | 37/Pid.Sus-TPK/2022/PN Smr |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2022 |
Tanggal Register | 21 Juni 2022 |
Lembaga Peradilan | PN SAMARINDA |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Nugrahini Meinastiti |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Nyoto Hindaryanto, M.psi., Br Hakim Anggota Suprapto |
Panitera | Panitera Pengganti: Septi Novia Arini |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI: 1. Menyatakan Terdakwa SUPARDI MS, ST., MT., Bin (Alm) MARNO SUGIONO tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan Primair; 2. Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut; 3. Menyatakan Terdakwa SUPARDI MS, ST., MT., Bin (Alm) MARNO SUGIONO terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?korupsi secara bersama-sama? sebagaimana dalam dakwaan Subsidair; 4. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 3 (tiga) tahun dan denda sejumlah Rp50,000,000,00 (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan; 5. Menjatuhkan pidana tambahan kepada Terdakwa untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp.70.000.000,00 (tujuh puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila Terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan ini memperoleh kekuatan hukum tetap maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dan dalam hal Terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut, maka dipidana dengan pidana penjara selama 2 (dua) bulan; 6. Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan; 7. Menetapkan Terdakwa tetap ditahan; 8. Menetapkan barang bukti berupa: dikembalikan kepada Jaksa Penuntut Umum untuk dijadikan barang bukti dalam perkara atas nama Tersangka BRIAND ELFYANDI; 1. Dokumen Final Hand Over (FHO) Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Pengadaan Dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Tahun Anggaran 2020 (T-1); 2. Dokumen Provisional Hand Over (PHO) Berita Acara Serah Terima Pertama Pekerjaan Pengadaan Dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Tahun Anggaran 2019 (T-2); 3. Laporan Hasil Uji dari Sucofindo Nomor 22786/FNBPAO Tanggal 24 Juni 2021 (T-3); 4. Dokumentasi Pemeriksaan Lapangan Pendampingan Tim Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Pekerjaan PJU-I (T-4); 5. Kontrak Pemeliharaan Jaminan Perjanjian 5 Tahun Pekerjaan Pengadaan Dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Antara Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara Dengan Kontraktor Pelaksana Cv. Duta Utama (T-5); 6. Data Pendukung Perubahan Spesifikasi Pju Dalam Addendum CCO 01 Pekerjaan Pengadaan Dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum (T-6); 7. Dokumen Addendum CCO-01 Nomor : 906/3582/DPU-PR/XI/2019 Tanggal 12 November 2019 Pekerjaan Pengadaan Dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU) I (T-7); 8. Dokumen Rencana Kerja Dan Syarat Penerangan Jalan Umum (PJU) Kegiatan Pengadaan Dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2019 (T-8); 9. Dokumen Tiket Expedisi PJU I Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun Anggaran 2019 (T-9); 10. Dokumen Risalah Kontrak Nomor 765/32/DPU-PR/III/2019 Program Pembinaan Dan Pengembangan Bidang Ketenagalistrikan Paket Kegiatan Perencanaan Pengadaan Dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2019 (T-10); 11. Dokumen Risalah Kontrak Nomor 765/3261/DPU-PR/X/2019 Program Pembinaan Dan Pengembangan Bidang Ketenagalistrikan Paket Kegiatan Pengawasan Pengadaan Dan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun 2019 (T-11); 12. Keputusan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara Selaku Pejabat Pengguna Anggaran Nomor : 188.4/286/DPU-PR/II/2019 Tentang Pengangkatan Pejabat Pengadaan Barang/Jasa Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara Tahun Anggaran 2019 (T-12); tetap terlampir dalam berkas perkara; 9. Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp5.000,00 (lima ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 11 Oktober 2022 |
Tanggal Dibacakan | 11 Oktober 2022 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Lampiran
- Download Zip
- 37/Pid.Sus-TPK/2022/PN_Smr.zip
- Download PDF
- 37/Pid.Sus-TPK/2022/PN_Smr.pdf
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada