- Menyatakan Terdakwa DIHIR BAJO, S.H, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan Primair Penuntut Umum;
- Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa DIHIR BAJO, S.H. telah Terbukti Secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan ?TINDAK PIDANA KORUPSI SECARA BERSAMA-SAMA?, sebagaimana dalam Dakwaan Subsidair Penuntut Umum;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa DIHIR BAJO, S.H dengan pidana penjara selama 5 (lima) tahun dan denda sejumlah Rp200.000.000,00 (dua ratus juta juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, diganti dengan pidana kurungan selama 6 (enam) bulan;
- Menjatuhkan pidana tambahan kepada Terdakwa DIHIR BAJO, S.H, membayar uang pengganti sebesar Rp1.782.800.000,00 (satu miliar tujuh ratus delapan puluh dua juta delapan ratus ribu rupiah) dengan ketentuan jika terdakwa tidak membayar uang pengganti tersebut paling lama dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dan jika terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut, maka terdakwa dipidana dengan pidana penjara selama 4 (empat) tahun;
- Menetapkan masa penankapan dan penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan agar terdakwa tetap berada dalam tahanan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- Menetapkan barang bukti berupa:
- 1 (satu) Bundel Asli Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) Sekretariat Daerah Biiro Kesra T.a 2020;
- 1 (satu) Bundel Asli Dokumen Pelaksanaan Peerubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPPA - SKPD) Sekretariat Daerah Biiro Kesra T.a 2020;
- 1 (satu) Bundel Foto Copy Laporan Realisasi Data Refocusing Covid 19 Bidang Perbendaharaan BPKAD Prov. Maluku Utara Tahun 2020;
- 1 (satu) Bundel Asali Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor 0010.2.1/SPK/BIRO KESRA-MU/2020 tanggal 23 April 2020;
- 1 (satu) Bundel Asali Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor 0011.2.1/SPK/BIRO KESRA-MU/2020 tanggal 06 Mei 2020;
- 1 (satu) Bundel Asali Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor 0012.8.1/SPK/BIRO KESRA-MU/2020 tanggal 17 Juni 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli SPPD Nomor 01698/SP2D-LS-DAU/BPKPAD/II/2020 Tanggal 15 Mei 2020 dengan Jumlah yang dibayar Rp. 3.099.000.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli SPPD Nomor 02276/SP2D-TU-DAU/BPKPAD/II/2020 Tanggal 23 Juni 2020 dengan Jumlah yang dibayar Rp. 38.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli SPPD Nomor 01697/SP2D-TU-DAU/BPKPAD/II/2020 Tanggal 15 Mei 2020 dengan Jumlah yang dibayar Rp. 116.349.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli SPPD Nomor 01406/SP2D-TU-DAU/BPKPAD/II/2020 Tanggal 30 April 2020 dengan Jumlah yang dibayar Rp. 114.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli SPPD Nomor 01407/SP2D-LS-DAU /BPKPAD /II /2020 Tanggal 30 April 2020 dengan Jumlah yang dibayar Rp. 2.500.000.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli SPPD Nomor 02277 /SP2D-LS-DAU /BPKPAD /II /2020 Tanggal 23 Juni 2020 dengan Jumlah yang dibayar Rp. 2.440.000.000.00;
- 1 (satu) Rangkap Fotokopi Bukti Setor dan Penerimaan No 0952 /STS /KASDA /XII /2020 Tanggal 23 Desember 2020 Sebesar Rp.60.000.000;
- 1 (satu) Bundel Asli Berita Acara Kegiatan Covid 19 Tahun 2020 Kab. Halmahera Timur sebanyak 1.000 Paket Sembako;
- 1 (satu) Bundel Asli Berita Acara Kegiatan Covid 19 Tahun 2020 Kab. Halmahera Selatan sebanyak 2.000 Paket Sembako;
- 1 (satu) Bundel Asli Berita Acara Kegiatan Covid 19 Tahun 2020 Kab. Halmahera Barat sebanyak 2.050 Paket Sembako.
- 1 (satu) Bundel Asli Berita Acara Kegiatan Covid 19 Tahun 2020 Kab. Taliabu sebanyak 1.000 Paket Sembako;
- 1 (satu) Bundel Asli Berita Acara Kegiatan Covid 19 Tahun 2020 Kab. Morotai sebanyak 1.000 Paket Sembako;
- 1 (satu) Bundel Asli Berita Acara Kegiatan Covid 19 Tahun 2020 Kab. Sula sebanyak 1.000 Paket Sembako;
- 1 (satu) Bundel Asli Berita Acara Kegiatan Covid 19 Tahun 2020 Kab. Halmahera Utara sebanyak 2.000 Paket Sembako;
- (satu) Bundel Asli Berita Acara Kegiatan Covid 19 Tahun 2020 Kota Ternate sebanyak 3.978 Paket Sembako;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Air Untuk Kebutuhan Penyalurn Baantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.02 Tanggal 26 Juni 2020 Terbilang Rp.5.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Publikasi Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara Biro Kesra Terkait Dampak Covid 19 Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.03.17 Tanggal 24 Juni 2020 Terbilang Rp.1.500.000.
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Pembayaran Peliputan Bantuan Covid 19 Biro Kesra Prov. Maluku Utara Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.03.17 Tanggal 4 Mei 2020 Terbilang Rp.1.600.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Jasa Publikasi Untuk Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.03.17 Tanggal 18 Mei 2020 Terbilang Rp.2.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Publikasi Untuk Kebutuhan Penyalurn Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.03.17 Tanggal 24 Juni 2020 Terbilang Rp. 1.500.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Belanja Sewa Kapal Untuk Kebutuhan Kegiatan Penyaluran Paket Bantuan Untuk Pesantren. Panti Asuhan. Dan Masyarkat Terdampak Covid 19 di Biro Kesra Setda Provinsi Maluku Utara Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.02 Tanggal 27 April 2020 Terbilang Rp.10.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Belanja Sewa Truk Untuk Kebutuhan Kegiatan Penyaluran Paket Bantuan Untuk Pesantren. Panti Asuhan. Dan Masyarkat Terdampak Covid 19 di Biro Kesra Setda Provinsi Maluku Utara Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 27 April 2020 Terbilang Rp.16.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Darat Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Kemal P Kambey. SE. Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 24 Juni 2020 Terbilang Rp. 4.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Darat Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Safri Achmad Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 24 Juni 2020 Terbilang Rp. 4.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Darat Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Jadidah Malan Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 18 Mei 2020 Terbilang Rp. 2.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Air Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Nursafa barhan Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.02 Tanggal 18 Mei 2020 Terbilang Rp. 5.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Untuk Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Suara Malut.com Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.03.17 Tanggal 18 Mei 2020 Terbilang Rp. 5.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Darat Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima M. Fauzan Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 18 Mei 2020 Terbilang Rp. 4.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Air Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Yulianti Mahmud Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.02 Tanggal 18 Mei 2020 Terbilang Rp. 5.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Darat Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Halima Muhammad Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 18 Mei 2020 Terbilang Rp. 5.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Darat Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Kamal P Kambey Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 30 Juni 2020 Terbilang Rp. 2.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Darat Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Ariani Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 30 Juni 2020 Terbilang Rp. 3.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Darat Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Ivan Kamarullah Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 1 Juli 2020 Terbilang Rp. 2.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Air Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Speedboot Baladewa Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.02 Tanggal 20 Mei 2020 Terbilang Rp. 2.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Sewa Sarana Mobilitas Darat Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Adyan Iskandar Alam Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.08.01 Tanggal 24 Juni 2020 Terbilang Rp. 2.500.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Bukti Penerimaan Pajak Kode Billing 024766711223075 Tanggal 29-12-2020 dengan Jumlah Rp.64.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Publiksi Untuk kebutuhan Kegiatan Penyaluran Paket Bantuan untuk Pesantren. Panti Asuhan. Masyarakat Terdampak Covid 19 di Biro Kesra Setda Prov. Maluku Utara Penerima Adyan Iskandar Alam Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.03.17 Tanggal 5 Mei 2020 Terbilang Rp. 1.800.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Belanja Pakai Habis. Alat Tulis Kantor Untuk Kebutuhan Penyaluran Paket Bantuan untuk Pesantren. Panti Asuhan. Masyarakat Terdampak Covid 19 di Biro Kesra Setda Prov. Maluku Utara Penerima Fahri Abdul Aziz Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.01.01 Tanggal 4 Mei 2020 Terbilang Rp. 350.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Belanja Pakai Habis Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Fahri Abdul Aziz Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.01.01 Tanggal 18 Mei 2020 Terbilang Rp. 2.000.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Belanja Pakai Habis. Alat Tulis Kantor Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Fahri Abdul Aziz Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.01.01 Tanggal 3 Mei 2020 Terbilang Rp. 350.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Belanja Cetak Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Fahri Abdul Aziz Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.06.01 Tanggal3 Mei 2020 Terbilang Rp. 1.600.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Kwitansi Biaya Cetak Untuk Kebutuhan Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Biro Kesra Terkait Dampak Covid-19 Penerima Reza Mata Anggaran 4.01.03.03.52.07.5.2.2.06.01 Tanggal 3 Mei 2020 Terbilang Rp. 1.400.000;
- 1 (satu) Lembar asli Bukti Tanda Setoran Bank Maluku Malut No 0239/STS/KASDA/VI/2020 Sebesar Rp. 800.000.- Tanggal 9 Juni 2020;
- 1 (satu) Lembar Bukti Tanda Setoran Bank Maluku Malut Sebesar Rp.1.100.000.- Tanggal 8 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar asli Bukti Bukti Nota Pembayaran d??HOEK HOTEL Atas Nama Nurhasna No Nota 000510 Total Rp. 800.000;
- 1 (satu) Rangkap asli Rekening Koran Bank Maluku Malut D15060B002 Tanggal 18-05-2020;
- 1 (satu) Bundel Asli Surat Perintah Tugas Pemerintah Provinsi Maluku Utara Sekretariat Daerah Biro Kesejahteraan Rakyat Nomor 090/018/SPPD/B.KESRA/V/MU/2020 Tanggal 8 Mei 2020;
- 1 (satu) Bundel Asli Kwitansi Biaya Perjalanan Dinas Dalam Daerah Rangka Konsultasi dan Koordinasi Serta Pengembalian Data Untuk Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Terkait Dampak Covid 19 di Kab. Halmahera Utara Mata Anggaran 4.01.4.01.03.05.11.5.2.2.15.1 Tanggal 18 Mei 2020;
- 1 (satu) Bundel Asli Kwitansi Biaya Perjalanan Dinas Dalam Daerah Rangka Konsultasi dan Koordinasi Serta Pengembalian Data Untuk Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Terkait Dampak Covid 19 di Kab. Kota Tidore Kepulauan Mata Anggaran 4.01.4.01.03.05.11.5.2.2.15.1 Tanggal 18 Mei 2020;
- 1 (satu) Bundel Asli Surat Perintah Tugas Pemerintah Provinsi Maluku Utara Sekretariat Daerah Biro Kesejahteraan Rakyat Nomor 090/017/SPPD/B.KESRA/V/MU/2020 Tanggal 5 Mei 2020;
- 1 (satu) Bundel Asli Kwitansi Biaya Perjalanan Dinas Dalam Daerah Rangka Konsultasi dan Koordinasi Serta Pengembalian Data Untuk Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Terkait Dampak Covid 19 di Kab. Halmahera Timur Mata Anggaran 4.01.4.01.03.05.11.5.2.2.15.1 Tanggal 29 Mei 2020;
- 1 (satu) Bundel Asli Kwitansi Biaya Perjalanan Dinas Dalam Daerah Rangka Konsultasi dan Koordinasi Serta Pengembalian Data Untuk Penyaluran Bantuan Sembako Gubernur Maluku Utara. Terkait Dampak Covid 19 di Kab. Halmahera Barat Mata Anggaran 4.01.4.01.03.05.11.5.2.2.15.01 Tanggal 01 Mei 2020;
- 1 (satu) bundel fotokopi nota pembelian dari CV. Semarak;
- (satu) bundel fotokopi nota pembelian dari CV. Cahaya Inti Perkasa;
- 1 (satu) Rangkap Peraturan Gubernur Maluku Utara Nomor 32 Tahun 2020 Tentang Penjabaran Perubahan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020;
- 1 (satu) Rangkap Asli Sales Invoice Nomor 202005104 Tanggal 4 Mei 2020 dengan Total Invoice Rp. 19.572.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Sales Invoice Nomor 202005170 Tanggal 5 Mei 2020 dengan Total Invoice Rp. 19.304.500;
- 1 (satu) Rangkap Asli Nota Toko Hj. Jija No 481 Tanggal 4 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 31.600.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Nota Toko Hj. Jija No 485 Tanggal 5 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 31.600.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Faktur Tunai No Faktur SITNT200505905 Tanggal 5 Mei 2020 dengan Total Rp. 50.208.467;
- 1 (satu) Rangkap Asli Nota Toko Ibu Jija Takoma Tanggal 5 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 44.250.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Nota Toko Ibu Jija Takoma Tanggal 6 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 50.600.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Nota Toko Bunda Dijja Tanggal 7 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 7.590.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Nota Tanggal 11 Mei 2020 dengan Jumlah Rp.189.290.000;
- 1 (satu) Rangkap Asli Nota Tanggal 10 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 15.390.000;
- 1 (satu) rangkap fotokopi rekening koran Bank Maluku Malut dengan nomor rekening 0603409394 atas nama DIHIR BAJO periode Januari 2020 s/d Desember 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi rekening koran Bank Mandiri dengan nomor rekening 1860001277744 atas nama DIHIR BAJO periode Mei 2020 s/d Desember 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi Surat Perintah Nomor 821.2.22/SP/20/2018 tanggal 10 September 2018 tentang Pengangkatan DIHIR BAJO. SH sebagai Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Maluku Utara;
- (satu) rangkap fotokopi Keputusan Gubernur Maluku Utara Nomor 24/KPTS/MU/2020 tanggal 13 Januari 2020 tentang Penunjukan Kepala-Kepala Biro di Lingkungan Perangkat Daerah. Sekretariat Daerah Provinsi Maluku Utara. Kepala UPTD Tresna Werdha Himo-Himo dan Kepala UPTD Panti Sosial Asuhan Anak Budi Sentosa dan Rumah Sejahtera sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Tahun Anggaran 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi Keputusan Gubernur Maluku Utara Nomor 821.2.22/KEP/JPTP/33/2020 tanggal 13 Maret 2020 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara;
- 1 (satu) rangkap fotokopi Surat Tanda Setoran (STS) Nomor 0203/STS/Kasda/V/2020 tanggal 20 Mei 2020 ke Kas Daerah Pemerintah Provinsi Maluku Utara sebesar Rp. 350.000.000;
- 1 (satu) rangkap fotokopi Surat Tanda Setoran (STS) Nomor 0277/STS/Kasda/VII/2020 tanggal 01 Juni 2020 ke Kas Daerah Pemerintah Provinsi Maluku Utara sebesar Rp. 50.000.000;
- 1 (satu) rangkap fotokopi rekening koran Bank Mandiri dengan nomor rekening 1500000260966 atas nama FRANS TENDEAN periode Maret 2020 s/d Juni 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi rekening koran Bank Mandiri dengan nomor rekening 1500004361216 atas nama FRANS TENDEAN periode Maret 2020 s/d Juni 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi rekening koran Bank Mandiri dengan nomor rekening 1500000260966 atas nama FRANS TENDEAN periode Juli 2020 s/d Desember 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi rekening koran Bank Mandiri dengan nomor rekening 1500000709988 atas nama CV SUMBER CIPTA periode Juli 2020 s/d Desember 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi rekening koran Bank Maluku Malut dengan nomor rekening 0601020204 atas nama CV SUMBER CIPTA periode April 2020 s/d Juli 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi Surat Tanda Setoran (STS) Nomor 0952/STS/Kasda/XII/2020 tanggal 23 Desember 2020 ke Kas Daerah Pemerintah Provinsi Maluku Utara sebesar Rp. 60.000.000;
- 1 (satu) rangkap fotokopi Kwitansi CV. Sumber Cipta kepada Hadidja Bin Usman sebesar Rp. 720.000.000.- tanggal 18 Mei 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi Kwitansi CV. Sumber Cipta kepada Hj. Erawati Husaleka sebesar Rp. 165.000.000.- tanggal 9 Juni 2020;
- (satu) rangkap fotokopi Kwitansi CV. Sumber Cipta kepada Hj. Erawati Husaleka sebesar Rp. 2.000.000.- tanggal 9 Juni 2020;
- 1 (satu) rangkap fotokopi Kwitansi CV. Sumber Cipta kepada Hj. Erawati Husaleka sebesar Rp. 5.000.000.- tanggal 10 Juni 2020;
- 1 (satu) bundel asli rekening koran atas nama CV. Sumber Cipta Nomor Rekening 0601020204 periode April/ sd Juli 2020;
- 1 (satu) lembar bukti setor tunai dari Ir. Frans Tendean sejumlah Rp. 60.000.000.- ( enam puluh juta rupiah) dengan nomor tanda setoran 0952/STS/KASDA/XII/2020 Tanggal 23 Desember 2020;
- (satu) rangkap fotokopi catatan penggunaan anggaran Covid-19 Biro Kesra Provinsi Maluku Utara T.A. 2020;
- 1 (satu) lembar asli Rekening Koran Bank Maluku Malu tatas nama RKUD Provinsi Maluku Utara dengan Nomor Rekening 0601002224 Per-20 Mei 2020;
- 1 (satu) lembar asli Rekening Koran Bank Maluku Malu tatas nama RKUD Provinsi Maluku Utara dengan Nomor Rekening 0601002224 Per-01 Juli 2020;
- 1 (satu) bundel copy surat Indomarco Nomor 193/MDO/V/20 Tanggal 12 Mei 2020 hal Penawaran Harga (Tahap I);
- 1(satu) bundel copy surat CV. Sumber Cipta Nomor 008/SC/PO.COVID/19/V/2020 Tanggal 08 Mei 2020 hal permohonan Pembelian Barang serta Purchase Order (Tahap II);
- 1 (satu) bundel copy Surat Indomarco Nomor 196/IAP//MDO/V/2020 Tanggal 13 Mei 2020 hal Permohonan pembelian Barang serta Purchase Order (Tahap II Dokumen);
- 1 (satu) bundel copy Surat CV. Sumber Cipta Nomor 009 /SC /PO.COVID /19 /IX /2020 tannggal 8 September 2020 hal permohonan Pembelian Barang (Tahap III);
- 1 (satu) Bundel Scan SP2D Nomor 02211/SP2D-LS-DAU /BPKAD /II /2020 Tanggal 23 Juni 2020 Jumlah Yang dibayar Rp. 2.440.000.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Membayar langsung (LS) No.SPM 009/SPM-LS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 22 Juni 2020 Jumlah SPP yang diminta Rp. 2.440.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Lansung (LS) Nomor 009/SPP-LS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 22 Juni 2020 Jumlah Pembayaran yang diminta Rp. 2.440.000.00;
- 1 (satu) Lembar asli Surat perintah Pembayar (SPP) Langsung (LS) Nomor 009/SPP-LS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 22 Juni 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Langsung (LS) Rincian (Rencana) Penggunaan Tahun Anggaran 2020 Nomor 009/SPPLS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 22 Juni 2020 Jumlah Pembayaran yang diminta Rp. 2.440.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Pernyataan Verifikasi Tanggal 22 Juni 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja Nomor 009/SPTB-LS/VI/2020 Tanggal 22 Juni 2020;
- 1 (satu) Bundel Dokumen Pembayaran Senilai Rp. 2.440.000.000.00
- 1 (satu) Bundel Scan SP2D Nomor 02276/SP2D-TU-DAU /BPKAD /II /2020 Tanggal 23 Juni 2020 Jumlah Yang dibayar Rp. 38.850.000.00
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Membayar (SPM) Tambah Uang Persediaan (TU) No SPM 008/SPM-TU/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 22 Juni 2020 dengan Jumlah Rp.38.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Tambah Uang Persediaan (TU) Nomor 008/SPP-TU/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 22 Juni 2020 dengan Jumlah Rp.38.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Membayar (SPP) Tambah Uang Persediaan (TU) Nomor 008/SPP-TU/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 22 Juni 2020 Tanggal 22 Juni 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Tambah Uang Persediaan (TU) Rincian (Rencana) Penggunaan Tahun Anggaran 2020 Nomor 008/SPP-TU/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 22 Juni 2020 dengan Jumlah Rp.38.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Keterangan Pengajuan SPP-TU Tanggal 22 Juni 2020 dengan Jumlah Rp.38.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Pernyataan Tanggungjawab Belanja Nomor 008/SPTB-TU/DAU/52.07/B.KESRA/VI/2020 Tanggal 22 Juni 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Rincian Rencana Penggunaan TU Nomor Rekening 0601017444 (Bank Maluku Malut) Tanggal 22 Juni 2020
- 1 (satu) Bundel Scan SP2D Nomor 01406/SP2D-TU-DAU /BPKAD /II /2020 Tanggal 30 April 2020 Jumlah Yang di Bayar Rp. 114.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Membayar (SPM) Tambah Uang Persediaan (TU) No SPM 005/SPM-TU/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 28 April 2020 dengan Jumlah Rp. 114.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayaran (SPP) Tambah Uang Persediaan (TU) Nomor 005 /SPP-TU /DAU /52.07 /B.KESRA /2020 Tanggal 28 April 2020 dengan Jumlah Rp. 114.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayaran (SPP) Tambah Uang Persediaan (TU) Nomor 005/SPP-TU /DAU /52.07 /B.KESRA /2020 Tanggal 28 April 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayaran (SPP) Tambah Uang Persediaan (TU) Rincian (Rencana) Penggunaan Tahun Anggaran 2020 Nomor 005 /SPP-TU /DAU /52.07 /B.KESRA /2020 Tanggal 28 April 2020 dengan Jumlah Rp. 114.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Keterangan Pengajuan SPP-TU Tanggal 28 April 2020 dengan Jumlah Rp. 114.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Pernyataan Tanggungjawab Belanja Nomor 005/SPTB-TU/DAU/52.07/B.KESRA/IV/2020 Tanggal 28 April 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Rincian Rencana Penggunaan TU Nomor Rekening 0601017444 (Bank Maluku Malut) Tanggal 28 April 2020 dengan Nilai SPM Rp. 114.850.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Laporan Penggunaan TUP Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Tertanggal 14 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Laporan Penggunaan TUP Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Tertanggal 27 April 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Pejabat Pengelola Kuangan Daerah Selaku Bendahara Umum Daerah Nomor 0005 /SPD-BL-DAU /BIRO KESRA /2020 Tahun 2020 Tentang Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 PPKD Selaku BUD Tanggal 28 April 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Rencana Penggunaa Dana SPD Nomor 0005/SPDBL-DAU/BIRO KESRA/2020 Tanggal 28 April 2020 Tahun Anggaran 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Lampiran SPD Nomor 0005/SPD-BL-DAU/BIROKESRA/2020 Belanja Langsung Tahun Anggaran 2020 Tanggal 28 April 2020;
- 1 (satu) Bundel Scan SP2D Nomor 01697/SP2D-TU-DAU /BPKAD /II /2020 Tanggal 15 Mei 2020 Jumlah Yang di Bayar Rp. 116.349.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Membayar (SPM) Tambah Uang Persediaan (TU) No SPM 006/SPM-TU/DAU/52.07/B. KESRA/2020 Tanggal 15 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 116.349.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Tambah Uang Persediaan (TU) Nomor 006/SPP-TU/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 15 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 116.349.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Tambah Uang Persediaan (TU) Nomor 006/SPP-TU/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 15 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Tambah Uang Persediaan (TU) Rincian (Rencana) Penggunaan Tahun Anggaran 2020 Nomor 006/SPP-TU/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 15 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 116.349.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Keterangan Pengajuan SPP-TU Tanggal 15 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 116.349.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Pernyataan Tanggungjawab Belanja Nomor 006/SPM-TU/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 15 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Rincian Rencana Penggunaan TU Nomor Rekening 0601017444 (Bank Maluku Malut) Tanggal 15 Mei 2020 dengan Nilai SPM Rp. 116.349.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Pejabat Pengelola Kuangan Daerah Selaku Bendahara Umum Daerah Nomor 0006/SPD-BL-DAU/BIRO KESRA/2020 Tahun 2020 Tentang Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020 PPKD Selaku BUD Tanggal 14 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Lampiran SPD Nomor 0006/SPD-BL-DAU/BIRO KESRA/2020 Belanja Langsung Tahun Anggaran 2020 Tanggal 14 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Rencana Penggunaa Dana SPD Nomor 0006/SPDBL-DAU/BIRO KESRA/2020 Tanggal 14 Mei 2020 Tahun Anggaaran 2020
- 1 (satu) Bundel Scan SP2D Nomor 01698/SP2D-LS-DAU /BPKAD /II /2020 Tanggal 15 Mei 2020 Jumlah Yang di Bayar Rp. 3.099.000.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Membayar (SPM) Langsung (LS) No SPM 006/SPM-LS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 14 Mei 2020 Jumlah Yang di Bayar Rp. 3.099.000.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Langsung (LS) Nomor 006/SPP-LS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 14 Mei 2020 dengan Jumlah Rp. 3.099.000.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Langsung (LS) Nomor 006 /SPP-LS /DAU /52.07 /B.KESRA /2020 Tanggal 14 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Langsung (LS) Rincian (Rencana) Penggunaan Tahun Anggaran 2020 Nomor 006/SPPLS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 14 Mei 2020 dengan Jumlah Rp.3.099.000.000.00;
- 1 (satu) Rangkap Asli Berita Acara Pembayaran (BAP) Nomor 0011.8.1/BAP/BIRO KESRA-MU/2020 Tanggal 13 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Nomor 0011.6.1/BA-STP/BIRO KESRA-MU/2020 Tanggal 13 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Berita Acara Pemeriksaan Barang Nomor 0011.7.1/BA-PB/BIRO KESRA-MU/2020 Tanggal 13 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Nomor 0011.5.1/SPTJM/BIRO KESRA-MU/2020 Tanggal 13 Mei 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Pernyartaan Tanggung Jawab Belanja Nomor 007/SPTB-LS/DAU/52.07/B.KESRA/V/2020 Tanggal 15 Mei 2020;
- 1 (satu) Rangkap Dokumentasi Penyerahan Bantuan;
- k.1 (satu) Bundel Asli Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor 0011.2.1/SPK/BIRO KESRA-MU/2020 Tanggal 06 Mei 2020;
- 1 (satu) Bundel Scan SP2D Nomor 01407/SP2D-LS-DAU /BPKAD /II /2020 Tanggal 30 April 2020 Jumlah Yang di Bayar Rp. 2.500.000.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Membayar (SPM) Langsung (LS) No SPM 005/SPM-LS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 30 April 2020 Jumlah Yang di Bayar Rp. 2.500.000.000.00;
- (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar (SPP) Langsung (LS) Nomor 005/SPP-LS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 30 April 2020 Jumlah Yang di Bayar Rp. 2.500.000.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar Langsung Barang Dan Jasa (SPP-LS Barang Dan Jasa) Nomor 005 /SPPLS /DAU /52.07 /B.KESRA /2020 Tanggal 30 April 2020 Jumlah Yang di Bayar Rp. 2.500.000.000.00;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar Langsung Barang Dan Jasa (SPP-LS Barang Dan Jasa) Ringkasan Kegiatan Nomor 005/SPPLS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 30 April 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Pembayar Langsung Barang Dan Jasa (SPP-LS Barang Dan Jasa) Rencana Penggunaan Nomor 005/SPPLS/DAU/52.07/B.KESRA/2020 Tanggal 30 April 2020 Jumlah Rp.2.500.000.000.00;
- 1 (satu) Rangkap Asli Berita Acara Pembayaran (BAP) Nomor 0010.8.1/BAP/BIRO KESRA-MU/2020 Tanggal 29 April 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Nomor 0010.6.1/BA-STP/BIRO KESRA-MU/2020 Tanggal 29 April 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Berita Acara Pemeriksaan Barang Nomor 0010.7.1/BA-PB/BIRO KESRA-MU/2020 Tanggal 29 April 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Nomor 0010.5.1/SPTJM/BIRO KESRA-MU/2020 Tanggal 29 April 2020;
- 1 (satu) Lembar Asli Surat Perintah Kerja (SPK) Nomor 0010.2.1/SPK/BIRO;
104.Pengembalian uang pemberian dari Ir. Frans Tendean (Direktur CV. Sumber cipta) sejumlah Rp. 150.000.000.- (seratus lima puluh juta rupiah) yang dititipkan pada Rekening RPL 062 KEJATI MALUT pada Bank Mandiri Cabang Ternate Nomor Rekening : 1860000700381.
105.Pengembalian uang pemberian dari Ir. Frans Tendean (Direktur CV. Sumber cipta) sejumlah Rp. 210.000.000.- (dua ratus sepuluh juta rupiah) yang dititipkan pada Rekening RPL 062 KEJATI MALUT pada Bank Mandiri Cabang Ternate Nomor Rekening : 1860000700381.
106.Pengembalian uang dari Saksi ADYAN ISKANDAR ALAM (PNS ( Kepala Seksi Pengawasan pada DPUPR Prov Malut. - Mantan Bendahara Pengeluaran pada Biro Kesra Pemprov. Maluku Utara 2020) Sejumlah Rp.30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) yang ditetapkan pada Rekening RPL 062 KEJATI MALUT pada Bank Mandiri Cabang Ternate Nomor Rekening : 1860000700381.
107.Pengembalian uang dari Saksi SAFRI ACHMAD (PNS/STAF Biro Kesra Prov. Maluku Utara ) Sejumlah Rp. 5.000.000.- (lima juta rupiah) yang ditetapkan pada Rekening RPL 062 KEJATI MALUT pada Bank Mandiri Cabang Ternate Nomor Rekening : 1860000700381.
108.Pengembalian uang dari Saksi. Kemal Pasrah Kambey (PNS (STAF Biro Kesra Prov. Maluku Utara) Sejumlah Rp. 5.000.000.- (lima juta rupiah) yang ditetapkan pada Rekening RPL 062 KEJATI MALUT pada Bank Mandiri Cabang Ternate Nomor Rekening : 1860000700381.
109.Pengembalian uang dari Saksi Malik Djafar (PNS STAF Biro Kesra Prov. Maluku Utara) Sejumlah Rp. 5.000.000.- (lima juta rupiah) yang ditetapkan pada Rekening RPL 062 KEJATI MALUT pada Bank Mandiri Cabang Ternate Nomor Rekening : 1860000700381.
Putusan PN TERNATE Nomor 22/Pid.Sus-TPK/2024/PN Tte |
|
Nomor | 22/Pid.Sus-TPK/2024/PN Tte |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2024 |
Tanggal Register | 12 September 2024 |
Lembaga Peradilan | PN TERNATE |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Kadar Noh |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Khadijah Amalzain Rumalean, Br Hakim Anggota Samhadi |
Panitera | Panitera Pengganti Aslam |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I: Dikembalikan kepada Penuntut Umum untuk dijadika perkara atas nama Ir. FRANS TENDEAN; 10. Membebankan Terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp5.000,- (lima ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 12 Desember 2024 |
Tanggal Dibacakan | 12 Desember 2024 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 22/Pid.Sus-TPK/2024/PN_Tte.zip
- Download PDF
- 22/Pid.Sus-TPK/2024/PN_Tte.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
22
18