Putusan PN BENGKULU Nomor 64/Pid.Sus-TPK/2024/PN Bgl |
|
Nomor | 64/Pid.Sus-TPK/2024/PN Bgl |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2025 |
Tanggal Register | 16 Desember 2024 |
Lembaga Peradilan | PN BENGKULU |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Paisol |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Muhammad Fauzi, M.e.br Hakim Anggota Puspita Sari |
Panitera | Panitera Pengganti Fahruliyan Harshoni |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI: 1. Menyatakan Terdakwa Yuniarti, S.Pd. Binti Tahir Ajir tersebut di atas tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Korupsi, sebagaimana dalam Dakwaan Primair Penuntut Umum; 2. Menyatakan Terdakwa Yuniarti, S.Pd. Binti Tahir Ajir dibebaskan dari dakwaan Primair tersebut; 3. Menyatakan Terdakwa Yuniarti, S.Pd. Binti Tahir Ajir tersebut telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?Korupsi?, sebagaimana dalam Dakwaan Subsidair Penuntut Umum; 4. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Yuniarti, S.Pd. Binti Tahir Ajir dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun dan pidana denda sejumlah Rp50.000.000 (Lima Puluh Juta Rupiah), dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan; 5. Menjatuhkan pidana tambahan kepada Terdakwa Yuniarti, S.Pd. Binti Tahir Ajir, dengan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti sejumlah Rp100.034.838,00 (seratus juta tigapuluh empat ribu delapanratus tigapuluh delapan rupiah), yang yang dibayarkan dari uang yang telah dititipkan pada Rekening Titipan Kejaksaan Negeri Bengkulu Selatan; 6. Memerintahkan Penuntut Umum untuk menyetorkan uang sejumlah Rp100.034.838,00 (seratus juta tigapuluh empat ribu delapanratus tigapuluh delapan rupiah) ke Kas Negara sebagai bagian pengembalian kerugian keuangan negara dalam perkara a quo; 7. Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan; 8. Menetapkan agar Terdakwa tetap berada dalam tahanan; 9. Menyatakan barang bukti berupa : 1 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan Januari 2022 2 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan Februari 2022 3 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan Maret 2022 4 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan April 2022 5 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan Mei 2022 6 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan Juni 2022 7 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan Juli 2022 8 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan Agustus 2022 9 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan September 2022 10 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan Oktober 2022 11 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan November 2022 12 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan Desember 2022 13 1 (Satu) Map SPJ Bidang Pelayanan RSUDHD Manna Kegiatan Belanja Makan dan Minuman Pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan (Makan dan Minum) bulan September 2023 14 1 (Satu) Map Daftar Pesanan Bahan Makanan Pokok Tahun 2022 15 1 (Satu) Map Laporan Pasien Instalasi Gizi Tahun 2022 16 1 (Satu) Map Permohonan Proses Pengadaan Barang/Jasa untuk Tahun Anggaran 2022 17 1 (Satu) Map Laporan Persediaan Barang Bulanan Tahun 2022 18 1 (Satu) Map Surat Perintah Kerja (SPK) Pekerjaan Belanja MAkanan dan Minuman Fasilitas Urusan Kesehatan (Makanan Pasien) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Tahun Anggaran 2022 19 1 (Satu) Rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 31 Tahun 2021 tanggal 16 Februari 2021 tentang Perubahan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Di Lingkungan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2021 20 1 (Satu) Rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 55 Tahun 2021 tanggal 17 April 2021 tentang Perubahan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Di Lingkungan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2021 21 1 (Satu) Rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 97 Tahun 2021 tanggal 2 Juni 2021 tentang Perubahan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Di Lingkungan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2021 22 1 (Satu) Rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 1130 Tahun 2022 tanggal 15 Juni 2022 tentang Perubahan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Di Lingkungan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2022 23 1 (Satu) Rangkap Peraturan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 262 Tahun 2018 tanggal 5 November 2018 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan 24 1 (Satu) Rangkap Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 210 Tahun 2021 tanggal 20 Desember 2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan 25 1 (Satu) Rangkap Peraturan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 38 Tahun 2023 tanggal 26 April 2023 tentang Perubahan Atas Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 210 Tahun 2021 tanggal 20 Desember 2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan 26 1 (Satu) Rangkap Salinan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2018 tanggal 27 Agustus 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah 27 1 (Satu) Rangkap Salinan Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 41 Tahun 2021 tanggal 6 Desember 2021 tentang Kewenangan Pengadaan Barang Dan/ Jasa Pada Badan Layanan Umum Daerah RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan 28 1 (Satu) Rangkap Salinan Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 43 Tahun 2023 tangal 18 April 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor 41 Tahun 2021 tanggal 6 Desember 2021 tentang Kewenangan Pengadaan Barang Dan/ Atau Jasa Pada Badan Layanan Umum Daerah RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan 29 1 (Satu) Rangkap Salinan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah 30 1 (Satu) Rangkap Salinan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah 31 1 (satu) rangkap Surat dari Inspektorat Nomor: 800/93/IKA-BS/2023 Tanggal 20 Maret 2023 32 1 (satu) bundel LHP BPK RI Perwakilan Bengkulu Nomor : 700/31/TLHP/IKA-IRSUS/2023 Tanggal 12 Oktober 2023 33 2 (dua) rangkap Surat Pengelolaan Belanja Makan dan Minum pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan pada RSUD Hasanuddin Damrah Manna tanggal 08 Desember 2023 34 2 (rangkap) Surat Perhitungan Jasa Pelayanan tanggal 08 Desember 2023 35 1 (satu) bundel Daftar Bukti Pemungutan PPH Pasal 22 Masa Pajak April 2022 36 1 (satu) bundel Daftar Bukti Penerimaan Negara Penerimaan Pajak Tanggal 22 Juni 2022 37 1 (satu) bundel Daftar Bukti Pemungutan PPH Pasal 22 Masa Pajak Juni 2022 38 1 (satu) bundel Daftar Bukti Pemungutan PPH Pasal 22 Masa Pajak Agustus 2022 39 1 (satu) rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Nomor : 73 Tahun 2022 Tentang Penetapan Penunjukkan Bendahara Pengeluaran Pembantu di Lingkungan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2022 40 1 (satu) rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Nomor : 96 Tahun 2022 Tentang Penepatan Petugas Instalasi Rawat Inap RSUD Hasanuddin Damrah Manna Tahun 2022 41 1 (satu) rangkap Rekap Rencana Umum Pengadaan Tahun Anggaran 2022 42 1 (satu) Berkas Permohonan Proses Pengadaan Barang / Jasa pada Unit Kerja Nomor : 445/3381/PLYN/XII/2021 RSUD Hasanuddin Damrah Manna tanggal 22 Desember 2021 43 1 (satu) Berkas Belanja Makan dan Minuman Fasilitas Urusan Kesehatan (Makanan Pasien) Nomor : 445/3381/PLYN/XII/2021 RSUD Hasanuddin Damrah Manna tanggal 22 Desember 2021 44 Kerangka Acuan Kerja (KAK) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Tahun Anggaran 2022 Tanggal 04 Desember 2021 45 1 (satu) rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Nomor : 04 Tahun 2022 Tentang Penetapan UPPBJ Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Tanggal 03 Januari 2022 46 1 (satu) rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Nomor : 05 Tahun 2022 Tentang (BLUD) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Tanggal 03 Januari 2022 47 1 (satu) rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Nomor : 70 Tahun 2022 Tentang PPTK di Lingkungan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Tahun Anggaran 2022 48 1 (satu) rangkap Surat Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Nomor : 210 Tahun Nomor : 19 Tentang Tata Cara Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa BLUD RSUD Hasanuddin Damrah Manna Tanggal 20 Desember 2021 49 1 (satu) rangkap Surat Permohonan Proses Pengadaan Barang / Jasa SUB. Bag. Keperawatan RSUD Hasanuddin Damrah Nomor : 445/-/PWT/IV/2022 Tanggal 04 April 2022 50 1 (satu) rangkap Pengadaan Langsung >500 Juta Rupiah sampai dengan 1,5 Milyar Rupiah 51 1 (satu) rangkap Pengadaan Barang Habis Pakai Consumable 52 1 (satu) buah Buku Batik Merah Pesanan Makan dan Minum Pasien RSUD Hasanuddin Damrah Manna periode 12 Maret 2019 s/d 09 Juli 2023 53 1 (satu) bundel SK Direktur dan Penetapan Nomor Rekening dalam Map Merah 54 1 (satu) bundel Buku Kas Umum BLUD 2022 dalam Map Hijau 55 1 (satu) lembar Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Tentang Perubahan Penetapan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Belanja Makan dan Minuman pada fasilitas pelayanan urusan kesehatan atas nama Ony Marlyn, SKM. tanggal 15 Juni 2022 56 1 (satu) lembar Keputusan Direktur RSUD Hasanuddin Damrah Manna Tentang Perubahan Penetapan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) atas nama Hery Octafia, Amd.Kep. tanggal 15 Juni 2022 57 1 (satu) Buah Buku Rekap Pasien RSUDHD Manna pertanggal 08 Februari 2022 s/d 16 Juli 2022 58 1 (satu) Buah Buku Rekap Pasien RSUDHD Manna pertanggal 16 Juli 2022 s/d 20 Desember 2022 59 1 (satu) Buah Buku Rekap Pasien RSUDHD Manna pertanggal 21 Desember 2022 s/d 20 Juni 2023 60 1 (satu) Rangkap Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor : 445/97/SPM/LS/2022 tanggal 11 Agustus 2022 61 1 (satu) Rangkap Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor : 445/112/SPM/LS/2022 tanggal 19 September 2022 62 1 (satu) Rangkap Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor : 445/140/SPM/LS/2022 tanggal 4 November 2022 63 1 (Satu) bundel laporan SPJ Bulan Januari, Maret, April, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November tahun 2022 dan September 2023 tentang kegiatan dan penunjang pelayanan BLUD RSUD bidang pelayanan 64 1 (Satu) bundel daftar harga perkiraan sendiri pekerjaan belanja makanan dan minuman fasiltas urusan kesehatan (makanan pasien) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Bengkulu Selatan Tahun 2022. 65 1 (Satu) daftar harga satuan penawaran pekerjaan belanja makanan dan minuman fasiltas urusan kesehatan (makanan pasien) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Bengkulu Selatan Tahun 2022 oleh VINA FITRI YANI. 66 2 (Dua) Rangkap surat pesanan pekerjaan belanja makanan dan minuman fasilitas urusan kesehatan (makanan dan minuman buka puasa sahur serta snack berbuka tahun 2022) RSUD Hasanuddin Damrah Manna. 67 1 (Satu) Rangkap Surat Perintah Kerja (SPK) pekerjaan belanja makanan dan minuman fasiltas urusan kesehatan (makanan pasien) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Bengkulu Selatan Tahun 2022. 68 1 (Satu) Rangkap Rencana Bisnis dan Anggaran RSUD Hasanuddin Damrah Manna Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2022. 69 1 (Satu) Rangkap Rencana Bisnis dan Anggaran perubahan RSUD Hasanuddin Damrah Manna Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2022. 70 1 (Satu) Bundel Nota Pesanan Asli makanan dan minuman fasiltas urusan kesehatan (makanan pasien) RSUD Hasanuddin Damrah Manna Bengkulu Selatan Tahun 2022. 71 1 (Satu) Bundel Rekapitulasi Pengadaan Bahan Makanan Pasien Rumah Sakit Umum Hasanuddin Damrah Manna Tahun 2022. 72 1 (Satu) Lembar Justifikasi Pengadaan Langsung Pekerjaan Belanja Makanan dan Minuman pada Fasilitas Pelayanan Urusan Kesehatan Tahun 2022. 73 1 (Satu) Lembar Indikator Kinerja Pelayanan Di Rumah Sakit Hasanuddin Damrah Manna Tahun 2022. 74 1 (Satu) Rangkap Salinan Program Kerja Dan Kegiatan Anggaran Tahun 2022 Rumah Sakit Hasanuddin Damrah Manna. 75 1 (Satu) Rangkap Salinan Buku Kas Umum (BKU) Bendahara Pengeluaran Rumah Sakit Hasanuddin Damrah Manna Tahun 2022. 76 1 (Satu) Bundel Daftar Pasien Rumah Sakit Hasanuddin Damrah Manna Tahun 2022. 77 1 (Satu) Bundel Rekap Jadwal Piket Buka dan Sahur Rumah Sakit Hasanuddin Damrah Manna Tahun 2022. 78 1 (Satu) Rangkap Salinan Peratruan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 79 Tahun 2018 Tentang Badan Layanan Umum Daerah. 79 1 (Satu) Rangkap Salinan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 12 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018. 80 1 (Satu) Rangkap Salinan Keputusan Bupati Bengkulu Selatan Nomor : 1245/582 Tahun 2014 Tentang Penetapan Rumah Sakit Umum Hasanuddin Damrah Manna Sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah Yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah. 81 1 (Satu) Rangkap Salinan Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor : 28 Tahun 2021 Tentang Standar Harga Satuan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Tahun Anggaran 2022. 82 1 (Satu) Rangkap Salinan Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor : 40 Tahun 2021 Tentang Pola Tarif Layanan Rumah Sakit Hasanuddin Damrah Manna. 83 1 (Satu) Rangkap Salinan Peraturan Bupati Bengkulu Selatan Nomor : 41 Tahun 2021 Tentang Kewenangan Pengadaan Barang dan/atau Jasa Pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Hasanuddin Damrah Manna. 84 2 (Dua) bundel daftar pesanan bahan makanan pokok real/asli tahun 2022. 85 1 (Satu) bundel daftar jumlah menu sahur karyawan RSUD Hasanudin Damrah Ramadhan Tahun 2022. 86 1 (Satu) lembar Rekening koran An. LILI JUM?ATI Nomor Rekening : 0030204060611 dari 1 Mei 2022- 31 Mei 87 1 (Satu) bundel Rekening koran An. VINA FITRI YANI nomor rekening : 305201021663 dari 1 Januari 2022- 31 Desember 2023. 88 1 (Satu) bundel catatan pesanan belanja Makan Minum tahun 2022. 89 1 (Satu) bundel daftar pesanan bahan makanan pokok tahun 2022. 90 1 (Satu) bundel Surat Permintaan Pengesahan Pendapatan dan Belanja (SP3B). 91 1 (Satu) bundel laporan perkembangan harga bahan pangan pokok pasar tradisional di Kab. Bengkulu Selatan bulan Januari ? Desember tahun 2021. 92 1 (Satu) bundel laporan perkembangan harga bahan pangan pokok pasar tradisional di Kab. Bengkulu Selatan tahun 2022. Dipergunakan dalam Perkara Vina Fitri Yani Binti Samsunardi; 10. Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp5.000,00 (lima ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 29 April 2025 |
Tanggal Dibacakan | 29 April 2025 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 64/Pid.Sus-TPK/2024/PN_Bgl.zip
- Download PDF
- 64/Pid.Sus-TPK/2024/PN_Bgl.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
21
17