- Menyatakan TerdakwaAchmad Santosobin Gino Roweditelah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidanadengan sengaja tidak menyampaikan surat pemberitahuan masa PPN sehingga menimbulkan kerugian negaradan tindak pidanadengan sengaja tidak menyetorkan pajak (PPN) yang telah dipotong atau dipungutsehinggamengakibatkan kerugian pada pendapatan Negarasebagaimana didakwakan dalam dakwaan kesatu dan dakwaan kedua;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 2 (dua) tahun dan denda sejumlah Rp172.020.228,00 (seratus tujuh puluh dua juta dua puluh ribu dua ratus dua puluh delapan rupiah) dengan ketentuan apabila tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 6 (enam) bulan;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap dalam tahanan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- 1 (satu) set salinan akta notaris DIANA KURNIASARI, SH., MKn. Nomor 191 tanggal 20 Mei 2015;
- 1 (satu) set Copy IMB nomor 503/454/BPMPT.
- 1 (satu) set Copy Surat Keterangan Domisili No. 140/220/AL/Pem.
- 1 (satu) lembar Copy Sertifikat Keterampilan Kerja a.n. Hernes.
- 1 (satu) set Copy Buku kas folio dan lampirannya.
- 1 (satu) set Copy Surat perjanjian Pembangunan Gudang Pupuk - Sintang Raya.
- 1 (satu) set Copy Perjanjian Borongan dengan PT Sintang Raya : 021/SR-BSF/DIR/LL-LCIX/2016.
- 1 (satu) set Copy Surat Kesepakatan Bersama dengan Muh. Syarif.
- 1 (satu) set Copy Surat perjanjian.
- 1 (satu) set Printout Faktur Pajak dan lampiran.
- 1 (satu) set printout berkas pendaftaran Wajib Pajak Badan dan kelengkapannya.
- 1 (satu) set printout Surat Keterangan Terdaftar dan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak atas nama CV BAJA FARMA SARANA NPWP. 74.396.477.7-704.000.
- 1 (satu) set printout SKPKB PPN nomor 00001/207/17/704/17 tanggal 8 Juni 2017.
- 1 (satu) set printout Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK).
- 1 (satu) set printout SPT PPN Masa Maret sampai dengan Desember 2017 dan Masa Januari, Maret, April, Juni sampai dengan Oktober 2018.
- 1 (satu) lembar Printout realisasi BAPP CV BFS di PT SINTANG RAYA.
- 1 (satu) set fotocopy Company Profile untuk kontrak Land Clearing (LC) atas nama CV BAJA FARMA SARANA berserta lampirannya Tanda Daftar Perusahaan, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil, Rekomendasi dan Izin Undang-Undang Gangguan (UUG), Surat Keterangan Terdaftar (SKT) dan Akta Notaris Pendirian Perseroan.
- 1 (satu) set fotocopy Company Profile untuk kontrak Bangunan Gudang atas nama CV BAJA FARMA SARANA berserta lampirannya Rekomendasi dan Izin Undang-Undang Gangguan (UUG), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil, Tanda Daftar Perusahaan, Sertifikat Badan Usaha Jasa Pelaksana Konstruksi, Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, Surat Keterangan Terdaftar dan Akta Notaris Pendirian Perseroan.
- 1 (satu) set fotocopy Surat Kesepakatan Bersama antara ACHMAD SANTOSO dengan MOHAMAD SYARIF berserta lampiran Surat Kuasa Untuk Membayar, Surat Pernyataan dan Surat Persetujuan Membayar
- 1 (satu) set Printout Surat Kesepakatan Bersama antara M SYARIF dan Kepala Desa Pelita Jasa berserta lampiran Berita Acara Penyelesaian Bibit Mati dan Berita Acara Serah Terima Uang Fee Desa Pelita Jaya.
- 1 (satu) set fotocopy Permohonan Pembayaran.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran BAPP atas pekerjaan LC sebesar Rp183.286.368,- beserta lampiran Invoice No. 002/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No. 010.009-17.04634035, Invoice No. 001/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No. 010.009-17-03151794 dan Bilyet Giro No. CT 583000.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran BAPP atas pekerjaan LC dan Rental sebesar Rp.448.057.807,- beserta lampiran Invoice No. 004/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No. 010.009-17.06668878, Invoice No. 003/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No. 010.009-17.06668877 dan Bilyet Giro No. CT 582995.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran BAPP atas pekerjaan LC dan Rental sebesar Rp.261.679.896,- beserta lampiran Invoice No. 005/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No. 010.017-17.39414709, Invoice No. 006/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No. 010.017-17.39414710, dan Bilyet Giro No. CT 589599.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pinjaman Dana Atas Pekerjaan Borongan LC dan Rental sebesar Rp.300.000.000,- beserta lampiran Invoice No.000/BFS-SR/A/1/2017, Surat Permohonan Pinjaman Tagihan, Nota Konsep dan Bilyet Giro No. CS 878300.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran BAPP atas pekerjaan Rental sebesar Rp.30.024.000,- beserta lampiran Invoice No. 007/BFS-SR/A/1/2017 dan Faktur Pajak No. 010.018-17.78254887.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran BAPP atas pekerjaan LC dan Rental sebesar Rp172.116.628,- beserta lampiran Invoice No.009/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No.010.018-17.78254889, Invoice No.008/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No.010.018-17.78254888, Nota Konsep Permohonan Pembayaran Sebesar Rp.79.994.995,-, Invoice No.012/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No.010.018-17.78254892, Invoice No.010/BFS-SR/A/1/2017 , Faktur Pajak No.010.018-17.78254890 dan Bilyet Giro No. CU 437856.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran BAPP atas pekerjaan rental sebesar Rp. 173.340.000,- beserta lampiran Invoice No.011/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No. 010.018-17.78254893, Invoice No.013/BFS-SR/A/1/2017, Faktur Pajak No.010.018-17.78254891.
- 1 (satu) set Printout Rekap Sisa Tagihan ke CV BAJA FARMA SARANA beserta lampiran Bilyet Giro No. CU 440822 dan Bilyet Giro No. CU 440821.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran Pembangunan Perumahan dan Gudang Pupuk sebesar Rp.455.159.762,- beserta lampiran Invoice No.031/BFS-SR/DIR/CC-GP/XI/2017, Faktur Pajak No.010.002-18.46546030, Bilyet Giro No. DI 682469 dan Permohonan Pembayaran.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran Pembangunan G-10 dan Gudang Pupuk sebesar Rp.664.993.307,- beserta lampiran Invoice No.031/SR-BFS/DIR/CC-GP/XI/2017 tanggal 17 Mei 2018, Faktur Pajak No.011.002-18.46546031, Bilyet Giro No. CW 720259, dan Permohonan Pembayaran
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran Pembangunan G-10 dan Gudang Pupuk sebesar Rp.76.451.383,- beserta lampiran Invoice No.10.9/BFS/08/2018, Faktur Pajak No. 010.002-18.46546034, Bilyet Giro No. CX 542548 dan Permohonan Pembayaran.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran Pembangunan G-10 dan Gudang Pupuk sebesar Rp.209.383.372,- beserta lampiran Invoice No. 11.14/BFS/11/2018, Faktur Pajak No. 010.006-18.28882862, Surat Kesepakatan Pembayaran Pinjaman CV BFS, Bilyet Giro No. DE 949489 dan Permohonan Pembayaran.
- 1 (satu) set fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran Pembangunan G-10 dan Gudang Pupuk sebesar 1.018.744.792,- beserta lampiran Invoice No. 12.14/BFS/12/2018, Faktur Pajak No.010.006-18.28882864, Bilyet Giro No.CW 720959, Permohonan Pembayaran, dan Surat dari ahli waris atas nama NORIMAN ABD AZIS.
- 1 (satu) set Fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran Pembangunan G-10 dan Gudang Pupuk sebesar Rp.0,- beserta lampiran Invoice tanpa nomor dan permohonan pembayaran.
- 1 (satu) set Fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran Finishing Pembangunan Gudang Pupuk beserta lampiran Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan tanggal 29-04-2019, Foto Dokumentasi, Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan tanggal 25-07-2019, Berita Acara Pemotongan Hasil Pekerjaan tanggal 24-07-2019 dan Permohonan Pembayaran.
- 1 (satu) set Fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran Pembangunan G-10 dan Gudang Pupuk sebesar Rp.0,- beserta lampiran Permohonan Pembayaran dan perhitungan realisasi pembayaran.
- 1 (satu) set Fotocopy Nota Konsep Permohonan Pembayaran Finishing Pembangunan Gudang Pupuk beserta lampiran Permohonan Pembayaran, Invoice No. 10.9/BFS/09/2019, Bilyet Giro No.DN 714004, dan Berita Acara Pemotongan Hasil Pekerjaan.
- 1 (satu) set Fotocopy Surat Permohonan Pinjaman Dana untuk pengobatan kecelakaan kerja dari CV BAJA FARMA SARANA tanggal 31 Juli 2018 beserta lampiran Surat Transfer Pinjaman Dana untuk pengobatan Kecelakaan, Bukti Transfer Bank Panin, Surat Pernyataan Pinjaman Uang, dan Surat Kuasa untuk Membayar.
- 1 (satu) lembar Printout Daftar Rekapitulasi Pembayaran Tagihan CV BAJA FARMA SARANA tahun 2017.
- 1 (satu) lembar Printout Daftar Rekapitulasi Pembayaran Tagihan CV BAJA FARMA SARANA tahun 2018.
- 1 (satu) set Fotocopy Surat Perjanjian Pembangunan Gudang Pupuk antara PT SINTANG RAYA dengan CV BAJA FARMA SARANA No. 031/SR-BSF/DIR/CC-GP/XI/2017.
- 1 (satu) set Fotocopy Adendum 1 Surat Perjanjian Pembangunan Gudang Pupuk antara PT SINTANG RAYA dengan CV BAJA FARMA SARANA No. 031/SR-BSF/DIR/CC-GP/XI/2017 .
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. CT 583000 sebesar Rp183.286.368,- beserta lampiran Informasi mutasi rekening, Invoice No.002/BFS-SR/A/1/2017, dan Invoice No.001/BFS-SR/A/1/2017.
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. CT 582995 sebesar Rp144.106.307,- beserta lampiran Informasi mutasi rekening, Bilyet Giro BCA No. CS 878300, Invoice No.004/BFS-SR/A/1/2017, Invoice No.003/BFS-SR/A/1/2017 dan Surat Kesepakatan Bersama.
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. CT 589599 sebesar Rp259.574.896,- beserta lampiran Informasi mutasi rekening, Invoice No.005/BFS-SR/A/1/2017, dan Invoice No.006/BFS-SR/A/1/2017.
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. CU 437856 sebesar Rp227.657.954,- beserta lampiran Informasi mutasi rekening, Kwitansi tanggal 23 Mei 2017, Berita Acara Serah Terima Uang Fee Desa Pelita Jaya, Invoice No.009/BFS-SR/A/1/2017, Invoice No.008/BFS-SR/A/1/2017, Invoice No.010/BFS-SR/A/1/2017, dan Invoice No.012/BFS-SR/A/1/2017.
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. CU 440821 sebesar Rp94.266.296,- dan Bilyet Giro BCA No. CU 440822 sebesar Rp.130.000.000 beserta lampiran Informasi mutasi rekening, Rekap Sisa Tagihan ke CV BAJA FARMA SARANA, Invoice No.011/BFS-SR/A/1/2017, Invoice No.013/BFS-SR/A/1/2017 dan Invoice No.007/BFS-SR/A/1/2017.
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. DI 682469 sebesar Rp324.313.964,- beserta lampiran Informasi mutasi rekening, dan Invoice No.031/BFS-SR/DIR/CC-GP/XI/2017.
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. CW 720259 sebesar Rp250.117.044,- beserta lampiran Informasi mutasi rekening, dan Invoice No.031/SR-BFS/DIR/CC-GP/XI/2017 tanggal 17 Mei 2018.
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. CX 542548 sebesar Rp76.451.383,- beserta lampiran Informasi mutasi rekening, dan Invoice No.10.9/BFS/08/2018.
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. DE 949489 sebesar Rp209.383.372,- beserta lampiran Informasi mutasi rekening, dan Invoice No.11.14/BFS/11/2018.
- 1 (satu) set Fotocopy Bukti Pembayaran dengan Bilyet Giro BCA No. CW 720959 sebesar Rp56.960.183,- beserta lampiran Informasi mutasi rekening, dan Invoice No.12.14/BFS/12/2018.
- 1 (satu) set Printout Rekening Koran BNI nomor 0538190771 atas nama CV Baja Farma Sarana periode Januari sampai dengan Desember 2018.
Putusan PN MEMPAWAH Nomor 63/Pid.Sus/2025/PN Mpw |
|
Nomor | 63/Pid.Sus/2025/PN Mpw |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Perpajakan |
Kata Kunci | Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum Dan Tata Cara Perpajak |
Tahun | 2025 |
Tanggal Register | 19 Februari 2025 |
Lembaga Peradilan | PN MEMPAWAH |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Roby Hermawan Citra |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Abdurrahman Masdiana, M.han.br Hakim Anggota Inggit Mukti Setyaningrum |
Panitera | Panitera Pengganti Gerryimpado Pratama |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI: Dikembalikan kepada ACHMAD SANTOSO selaku direktur CV. Baja Farma Sarana. dikembalikan kepada saksi Hasthariningsih Wilujeng selaku Kepala SeksiPelayanan KPP Pratama Kuburaya; dikembalikan kepada saksi Rinto selaku Asisten Manager Pajak PT SINTANG RAYA. dikembalikan kepada Terdakwa selaku direktur CV. Baja Farma Sarana. 6. Membebankan biaya perkara kepada Terdakwa sejumlah Rp5.000,00 (lima ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 8 Mei 2025 |
Tanggal Dibacakan | 8 Mei 2025 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 63/Pid.Sus/2025/PN_Mpw.zip
- Download PDF
- 63/Pid.Sus/2025/PN_Mpw.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
14
6