Jenis Fatwa DSN
    Nomor 118/DSN-MUI/II/2018
    Tahun 2018
    Tentang Pedoman Penjaminan Simpanan Nasabah Bank Syariah
    Klasifikasi Fatwa DSN Produk Ekonomi Syariah
    Materi Muatan Pokok

    Dalam fatwa ini yang dimaksud dengan:

    1. Lembaga Penjamin Simpanan, yang selanjutnya disebut LPS,adalah badan hukum yang dibentuk berdasarkan undang-undangyang berfirngsi rurtuk menjamin simpanan nasabah bank dan turutaktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengankewenangannya.

    2. Penjaminan Simpanan Nasabah Bank, yang selanjutnya disebutPenjaminan, adalah penjaminan yang dilaksanakan oleh LPS atassimpanan nasabah bank.

    3. Penjaminan Simpanan Nasabah Bank Syariah, yang selanjutnyadisebut Penjaminan Simpanan Syariah, adalah penjaminan yangdilaksanakan oleh LPS atas simpanan nasabah bank syariah.

    4. Bank Syariah adalah Bank yang menjalankan kegiatan usahanyaberdasarkan Prinsip Syariah sebagaimana diatur dalam peraturanperundang-undangan.

    5. Prinsip Syariah adalah prinsip hukum Islam dalam kegiatanPenjaminan Simpanan Syariah berdasarkan fatwa yangdikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis UlamaIndonesia.

    6. Simpanan adalah dana yang dipercayakan oleh Nasabah kepadaBank Syariah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlakubaik dalam bentuk giro, tabungan, deposito, sertifikat depositoatau bentuk laiwrya yang dipersamakan dengan itu.

    7. Prinsip Kafalah adalah prinsip penjaminan yang diberikan olehLPS (kafil) kepada nasabah penyimpan (makful lahu) untukmemenuhi kewajiban Bank Syariah (maffil 'anhu/ashil) kepadanasabah penyimpan.

    8. Wadiah adalah Simpanan nasabah dalam bentuk titipan yangboleh digunakan bank syariah dan harus dikembalikan setiap saatbila nasabah yang bersangkutan menghendaki.

    9. Mudharabah adalah akad kerja sama suatu usaha antara pemilikmodal (shahibul maal) yang menyediakan seluruh modal denganpengelola ('amil/mudharib) dan keuntungan usaha dibagi di antaramereka sesuai nisbah yang disepakati dalam akad.

    10. Mudharabqh Madhmunah adalah simpanan berdasarkan akadmudharabah yang diterapkan di perbankan syariah (mudharabahmashrafiyyah) yang dijamin oleh LPS.

    11. Qardh adalah dana talangan yang diberikan untuk menutupkekurangan dana penjaminan syariah yang akan diganti denganpremi penjaminan simpanan syariah yang diterima di masa yangakan datang.

    12. Kontribusi adalah sejumlah uang yang diterima oleh LPS sebagaidana kepesertaan (rasm al-isytirak) bank syariah dalam programpenjaminan simpanan.

    13. Premi adalah sejumlah uang yang diterima oleh LPS berdasarkanundang-undang sebagai rasm al-idariyah atas progrulmpenjaminan simpanan.


328
843