- Menyatakan bahwaTerdakwa M.Ichsan Pahlevi bin Syamsudin Achmad tersebut diatas tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana yang dilakukan secara bersama-sama sebagaimana dalam Dakwaan Primair;
- Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa M.Ichsan Pahlevi bin Syamsudin Achmad tersebut diatas, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan Subsidair;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun 4 (empat) bulan dan denda sebesar Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan;
- Menetapkan bahwa lamanya Terdakwa berada dalam tahanan dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Memerintahkan agar Terdakwa tetap berada dalam tahanan;
- Memerintahkan agar barang bukti berupa :
- 1 (Satu) Bundel foto copy yang telah dilegalisir sesuai asli DPA SKPD (Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah) Nomor 1.04.1.03.02.17.02.5.2 Tanggal 06 Februari 2013 yang ditanda tangani oleh Ir. H. M. FAHMI AR, MT dan disahkan oleh H. M. HOYIN, R, SE.,MM;
- 1 (Satu) Bundel foto copy yang telah dilegalisir sesuai asli DPA SKPD (Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah) Nomor 1.03.1.03.02.29.01.5.2 Tanggal 08 Februari 2013 yang ditanda tangani oleh Ir. H. M. FAHMI AR, MT dan disahkan oleh H. M. HOYIN, R, SE.,MM;
- 2 (Dua) Lembar foto copy yang telah dilegalisir sesuai asli Struktur Organisasi Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang Tahun 2013;
- 1 (Satu) Bundel foto copy yang telah dilegalisir sesuai asli Keputusan Walikota Palembang Nomor : 01.a Tahun 2013 tanggal 2 Januari 2013 tentang Penetapan Pengguna Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di Lingkungan Pemerintah Kota Palembang Tahun Anggaran 2013;
- 1 (Satu) Bundel foto copy yang telah dilegalisir sesuai asli Keputusan Walikota Palembang Nomor : 345.a Tahun 2013 tanggal 29 Juli 2013 tentang Perubahan Penetapan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di Lingkungan Pemerintah Kota Palembang Tahun Anggaran 2013;
- 1 (Satu) Bundel Surat Keputusan Walikota Palembang Nomor : 616 Tanggal 27 Desember 2012 tentang Penetapan Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Penerimaan Pada SKPD Dilingkungan Pemerintah Kota Palembang Serta Atasan Langsungnya Tahun 2013 yang ditanda tangani oleh H. EDDY SANTANA PUTRA selaku Walikota Palembang berikut lampiran surat keputusan tersebut;
- 1 (Satu) Bundel Surat Keputusan Pengguna Anggaran Nomor : 800 / 006 / DPU CKP / VII / 2013 tanggal 2 Februari 2013 tentang Penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen dilingkungan Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang Tahun Anggaran 2013 yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang an. Ir. H. M. FAHMI AR, MT selaku Pengguna Anggaran berikut lampiran surat keputusan tersebut;
- 1 (Satu) Bundel Surat Keputusan Pengguna Anggaran Nomor : 800/405.1/DPU CKP/VIII/TAHUN 2013 Tanggal 12 Agustus 2013 tentang Perubahan Penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen dilingkungan Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang Tahun Anggaran 2013 yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang an. Ir. HJ. HERYANA, MT selaku Pengguna Anggaran berikut lampiran surat keputusan tersebut;
- 1 (Satu) Bundel Surat Keputusan Pengguna Anggaran Nomor : 800/404.1/DPU CKP/VIII/TAHUN 2013 Tanggal 12 Agustus 2013 tentang Penunjukan Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) dilingkungan Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang Tahun Anggaran 2013 yang yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang an. Ir. HJ. HERYANA, MT selaku Pengguna Anggaran berikut lampiran surat keputusan tersebut;
- 1 (Satu) Bundel Surat Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Bidang Bangunan Gedung Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang Tahun Anggaran 2013 Nomor : 01/PPK BID.GEDUNG/II/PUCKP/2013 Tanggal 8 Februari 2013 tentang Penetapan Petugas Pengawas Dari Kegiatan APBD Kota Palembang T.A.2013 berikut lampiran surat keputusan tersebut;
- 1 (Satu) Bundel Surat Perjanjian Kerja Jasa Konsultansi Pekerjaan Pembuatan DED Gerbang Batas Kota Palembang Nomor : 06.02/PPK GEDUNG/DE/PUCKP/2013 Tanggal 07 Juni 2013 yang ditanda tangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV.CITA & CITRA) selaku Penyedia dan NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitmen);
- 1 (Satu) Bundel Laporan Hasil Pekerjaan Pembuatan DED Gerbang Batas Kota Palembang;
- 1 (Satu) Bundel Dokumen Kontrak Pekerjaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I / Surat Perjanjian Kerja Konstruksi Harga Satuan Nomor : 39/PPK/ Gedung/DPUCKP/APBD/2013 Tanggal 30 Juli 2013 yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA (Direktur CV.PUTRA JASUMA) selaku Kontraktor Pelaksana atau Penyedia Barang / Jasa dan KHAIRUL RIZAL, ST.,MT selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitmen);
- 1 (Satu) Bundel Addendum Kontrak / CCO Pekerjaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I / Surat Perjanjian Kerja Konstruksi Harga Satuan Nomor : 39.A/PPK/ Gedung/DPUCKP/APBD/2013 Tanggal 5 September 2013 yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA (Direktur CV.PUTRA JASUMA) selaku Kontraktor Pelaksana atau Penyedia Barang / Jasa dan KHAIRUL RIZAL, ST.,MT selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitmen);
- 1 (satu) Bundel laporan Harian, Mingguan, dan Bulanan tentang Pelaksanaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Palembang;
- 1 (Satu) Bundel Foto Dokumentasi Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Palembang;
- 1 (Satu) Bundel As Build Drawing Bangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Palembang;
- 1 (Satu) Lembar Berita Acara Penilaian Pekerjaan Tanggal 16 Desember 2013 yang dibuat dan ditanda tangani oleh Panitia PPHP;
- 1 (Satu) Lembar Surat Pernyataan Tanggal 16 Desember 2013 yang dibuat dan ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA;
- 1 (Satu) Bundel Surat Perjanjian Kerja (Kontrak) Jasa Konsultansi Pekerjaan Pengawasan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Nomor : 38/PPK Pengawasan Gedung/DPUCKP/APBD/2013 Tanggal 05 Agustus 2013 yang ditanda tangani oleh ASMOL HAKIM, ST (Direktur Sasana Citra Mandiri) selaku selaku Penyedia dan KHAIRUL RIZAL, ST.,MT selaku PPK (Pejabat Pembuat Komitmen);
- 1 (Satu) Bundel Dokumen Pembayaran atas Pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Palembang, yang terdiri dari:
- Pembayaran Uang Muka sebesar Rp.437.967.900,00 (Empat Ratus Tiga Puluh Tujuh Juta Sembilan Ratus Enam Puluh Tujuh Ribu Sembilan Ratus Rupiah) dengan rincian administrasi pembayaran sebagai berikut :
- SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) Nomor : 4819 Tanggal 7 Oktober 2013 yang ditanda tangani oleh ZULFAN, AK selaku Bendahara Umum Daerah;
- Kwitansi Pembayaran tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditanda tangani oleh Direktur CV.PUTRA JASUMA selaku Kontraktor Pelaksana atau Penyedia Barang / Jasa, ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran, KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan RAMALY, ST.,MT selaku KPA;
- Surat Perintah Membayar (SPM) Langsung (LS) Nomor : 575 / SPM / LS / DPU CPK / 2013 Tanggal 16 September 2013 yang ditanda tangani oleh RAMALY, ST.,MT selaku KPA;
- Surat Permintaan Pembayaran Langsung (SPP LS) Barang dan Jasa Nomor : 575 / SPM / LS / DPU CPK / 2013 Tanggal 16 September 2013 berikut Rincian dan Surat Pengantarnya yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran;
- Berita Acara Pembayaran Uang Muka tanggal 2 September 2013 yang ditanda tangani oleh RAMALY, ST.,MT selaku KPA dan AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA serta diketahui dan ditanda tangani oleh Ir. Hj. ANA HERYANA, MT selaku Kepala Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang;
- Surat Pernyataan Kebenaran atas Kepememilikan Rekening Bank yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA yang diketahui dan ditanda tangani oleh Ir. Hj. ANA HERYANA, MT selaku Kepala Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang;
- Surat Bank BJB yang ditujukan kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pekerjaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang ??? Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Palembang Nomor : 1867 / PLB KOM / 2013 Tanggal 29 Agustus 2013 perihal Penyaluran Termyn yang ditanda tangani oleh AHMAD DIPONEGORO selaku Manajer Komersial dan Konsumen serta BUYUNG MARZUKI RAHMAN selaku Manajer Operasional;
- Surat yang ditujukan kepada Pimpinan Cabang Bank BJB Cabang Palembang Nomor : 82 / PPK Gedung / DPUCKP / APBD / 2013 Tanggal 3 September 2013 perihal Penyaluran Termin yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran;
- Surat yang ditujukan kepada PPK Pekerjaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang ??? Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Palembang Nomor : 35 / CV.PJ / IX / 2013 Bulan September Tahun 2013 perihal Perincian Penggunaan Dana Uang Muka yang dibuat dan ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA;
- Bukti Kas Pengeluaran Tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang dibuat dan ditanda tangani oleh ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran;
- Surat Rekomendasi Nomor : 525 / DPU.CKP / IX / 2013 Tanggal 16 September 2013 yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan RAMALY, ST.,MT selaku KPA;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTBJ) Langsung Nomor : 525 / KEU / SEPT / 2013 yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), RAMALY, ST.,MT selaku KPA, dan ALI, SE selaku Pejabat Penata Usahaan Keu SKPD;
- Surat Perjanjian Kerja Nomor : 39 / PPK Gedung / DPUCKP / APBD / 2013 Tanggal 30 Juli 2013 yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) bersama dengan AHMAT THOHA (Direktur CV. PUTRA JASUMA) selaku Kontraktor Pelaksana atau Penyedia Barang / Jasa;
- Surat Bank Sumsel Babel tentang Bank Garansi Uang Muka Nomor : 0025.1267 / PTC / GM / 2013 Tanggal 2 September 2013 yang ditanda tangani oleh LIMPATRALISDA selaku Pimpinan Cabang Pembantu PTC PT.Bank Sumsel Babel;
- Surat Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Selaku Bendahara Umum Daerah Nomor : 207 / 1.03.02 / 5.2 / 2013 Tanggal 3 Juli 2013 tentang Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah TA.2013 yang ditanda tangani oleh H.M.HOYIN, R. SE. MM selaku Bendahara Umum Daerah dan ANDARANI, ST. MM selaku Kepala Bidang Anggaran BPKD Kota Palembang;
- Surat Kementerian Keuangan RI Direktorat Jenderal Pajak Kantor Wilayah DJP Sumsel dan Kep. Babel Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pelambang Ilir Barat tantang Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak Nomor : PEM 182 / WPJ.03 / KP.0103 / 2011 Tanggal 17 Juni 2011 yang ditanda tangani oleh EDI SYAHPUTRA selaku Pjs. Kepala Seksi Pelayanan;
- Faktur Pajak Standar Nomor : 020.902.13.00564813 Tanggal 23 September 2013 yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA.
- Pembayaran Termin I II sebesar Rp.948.930.450,00 (Sembilan Ratus Empat Puluh Delapan Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Ribu Empat Ratus Lima Puluh Rupiah) dengan rincian administrasi pembayaran sebagai berikut :
- SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) Nomor : 6988/2013 tanggal 19 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Selaku Bendahara Umum Daerah bernama ZULFAN. AK;
- Surat Perintah Membayar (SPM) Langsung (LS) Nomor : 1128/SPM/ LS/DPU CK P/2013 tanggal 12 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh RAMALY, ST.,MT selaku KPA;
- Kwitansi Pembayaran Tahun 2013 tanpa tangggal dan bulan yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV.Putra Jasuma, ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran, KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan RAMALY, ST.,MT selaku KPA;
- Surat Pengantar Nomor : 1128 / SPP / LS / DPU CK P / 2013 Tanggal 12 Desember 2013 berikut Rincian, Ringkasan SPP LS (Surat Permintaan Pembayaran Langsung) yang ditanda tangani oleh ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran dan KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
- Bukti Kas Pengeluaran Tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditanda tangani oleh ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran;
- Nota Dinas bulan Desember Tahun 2013 tanpa tanggal yang ditujukan Kepada Kuasa Pengguna Aggaran perihal Pembayaran Kegiatan yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
- Surat Permohonan Pembayaran Termin I II Nomor : 25 / XII / PM / 2013 tanggal 10 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA, SE selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA;
- Berita Acara Pembayaran Termin I dan II tanggal 9 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh RAMALY, ST.,MT selaku KPA, AHMAT THOHA, SE selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA, dan Ir.Hj.ANA HERYANA, MT selaku Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang;
- Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Ke 1 tanggal 9 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA, SE selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA dan KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
- Berita Acara Serah Terima Hasil Pemeriksaan tanggal 9 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh TENDY JUMAT, ST, M.Si, BAMBANG WICAKSONO, ST,MT, AKHMAD RIVAI, ST,M.Si, POPPY AGUSTINA L, ST, MT selaku Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan, dan KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
- Berita Acara Pemeriksaan Hasil Pekerjaan tanggal 9 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh TENDY JUMAT, ST, M.Si, BAMBANG WICAKSONO, ST,MT, AKHMAD RIVAI, ST,M.Si, POPPY AGUSTINA L, ST, MT selaku Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan, KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan AHMAT THOHA, SE selaku Direktur CV.Putra Jasuma;
- Berita Acara Kemajuan Fisik Pekerjaan Ke 1 tanggal 11 November 2013 yang ditanda tangani oleh ALBERT MIDIANTO AMAD, ST.,M.Si, L.E.ERWANA SUSANTY, ZULKIPLI selaku Pengawas Lapangan, AHMAT THOHA, SE selaku Direktur CV.Putra Jasuma, dan KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
- Berita Acara Kemajuan Fisik Pekerjaan Ke II tanggal 7 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh ALBERT MIDIANTO AMAD, ST.,M.Si, L.E.ERWANA SUSANTY, ZULKIPLI selaku Pengawas Lapangan, AHMAT THOHA, SE selaku Direktur CV.Putra Jasuma, dan KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
- Surat Rekomendasi Nomor : 1220/DPU.CKP/XII/2013 tanggal 10 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan RAMALY, ST.,MT selaku KPA;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja (SPTBJ) Langsung Nomor : 1220 / KEU / DES / 2013 yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), RAMALY, ST.,MT selaku KPA, dan ALI, SE selaku Pejabat Penata Usahaan Keu SKPD;
- Surat Pernyataan Kebenaran atas Kepememilikan Rekening Bank yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA yang diketahui dan ditanda tangani oleh Ir. Hj. ANA HERYANA, MT selaku Kepala Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang;
- Surat Pejabat Pengelola Keuangan Daerah Selaku Bendahara Umum Daerah Nomor : 309 / 1.03.02 / 5.2 / 2013 tentang Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah TA.2013 yang ditanda tangani oleh H.M.HOYIN, R. SE. MM selaku Bendahara Umum Daerah dan ANDARANI, ST. MM selaku Kepala Bidang Anggaran BPKD Kota Palembang;
- Surat Perjanjian Kerja Konstruksi Nomor : 39/PPK Gedung/DPU CK P/APBD/2013 tanggal 30 Juli 2013 yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST, MT selaku PPK dan AHMAT THOHA, SE selaku Direktur CV.Putra Jasuma.
- Faktur Pajak Standar Nomor : 020.902.13.9395930 Tanggal 13 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA.
- Pembayaran Termin III (sebesar Rp.72.994.650,00 (Tujuh Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Empat Ribu Enam Ratus Lima Puluh Rupiah) dengan rincian administrasi pembayaran sebagai berikut :
- SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) Nomor : 6989/2013 Tanggal 19 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh ZULFAN, AK selaku Bendahara Umum Daerah;
- Surat Perintah Membayar (SPM) Langsung (LS) Nomor : 1251 / SPM / LS / DPU CPK / 2013 Tanggal 13 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh RAMALY, ST.,MT selaku KPA;
- Kwitansi Pembayaran tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditanda tangani oleh Direktur CV.PUTRA JASUMA selaku Kontraktor Pelaksana atau Penyedia Barang / Jasa, ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran, KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan RAMALY, ST.,MT selaku KPA;
- Surat Permintaan Pembayaran Langsung (SPP LS) Barang dan Jasa Nomor : 1251 / SPM / LS / DPU CPK / 2013 Tanggal 16 September 2013 berikut Rincian, Ringkasan, dan Surat Pengantarnya yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran;
- Nota Dinas yang ditujukan kepada KPA bulan Desember Tahun 2013 tanpa tanggal perihal Pembayaran Kegiatan yang dibuat dan ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK);
- Bukti Kas Pengeluaran Tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang dibuat dan ditanda tangani oleh ERMIATI AGUSTINA, ST selaku Bendahara Pengeluaran;
- Berita Acara Pembayaran Termin III Tanggal 13 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh RAMALY, ST.,MT selaku KPA dan AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA, serta diketahui oleh Ir.HJ. ANAHERYANA, MT selaku Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang;
- Surat Rekomendasi Nomor : 1250 / DPU.CKP / XII / 2013 Tanggal 13 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan RAMALY, ST.,MT selaku KPA;
- Surat CV.PUTRA JASUMA yang ditujukan kepada RAMALY, ST.,MT selaku KPA Nomor : 07 / PUJA / XII / 2013 Bulan Desember Tahun 2013 tanpa tanggal perihal Permohonan Pembayaran Termin III yang dibuat dan ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV. PUTRA JASUMA;
- Surat Pernyataan Taggung Jawab Belanja (SPTBJ) Langsung Nomor : 1250 / KEU / DES / 2013 yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST., MT selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), RAMALY, ST.,MT selaku KPA, dan ALI, SE selaku Pejabat Penata Usahaan Keu SKPD;
- Surat Pernyataan kebenaran atas Kepememilikan Rekening Bank yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA yang diketahui dan ditanda tangani oleh Ir. Hj. ANA HERYANA, MT selaku Kepala Dinas PU Cipta Karya Kota Palembang;
- Surat Bank Sumsel Babel tentang Bank Garansi Pemeliharaan Nomor : 0105.1030 / PTC / GM / 2013 Tanggal 13 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh LIMPATRALISDA selaku Pimpinan Cabang Pembantu PTC PT.Bank Sumsel Babel;
- Surat Perjanjian Kerja Konstruksi Nomor : 39/PPK Gedung/DPU CK P/APBD/2013 tanggal 30 Juli 2013 yang ditanda tangani oleh KHAIRUL RIZAL, ST, MT selaku PPK dan AHMAT THOHA, SE selaku Direktur CV.Putra Jasuma.
- Faktur Pajak Standar Nomor : 020.902.13.99395931 Tanggal 13 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh AHMAT THOHA selaku Direktur CV.PUTRA JASUMA
- 1 (Satu) Bundel Dokumen Pembayaran atas Pekerjaan Pembuatan DED Gerbang Batas Kota Palembang; yang terdiri dari :
- Pembayaran Termin 80 % sebesar Rp.71.200.000,00 (Tujuh Puluh satu juta dua ratus ribu rupiah) dengan rincian administrasi pembayaran sebagai berikut:
- SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) Nomor : 4802/2013 Tanggal 4 Oktober 2013 yang ditanda tangani oleh ZULFAN, AK selaku Bendahara Umum Daerah;
- SPM (Surat Perintah Membayar) Nomor : 648/SPM/LS/DPU CK P/2013 tanggal 27 September 2013 yang ditandatangani oleh ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Kwitansi Pembayaran Tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditanda tangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana, ERMIATI AGUSTINA, ST selaku bendahara Pengeluaran, NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Surat Pengantar Nomor : 648/SPP/LS/DPU CK P/2013 tanggal 27 September 2013 dengan lampiran berupa Rincian dan Ringkasan yang ditanda tangani oleh ERMIATI AGUSTINA, ST selaku bendahara Pengeluaran dan NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK;
- Nota Dinas tanggal 29 Agustus 2013 yang ditandatangani oleh NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK;
- Bukti Kas Pengeluaran tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditandatangani oleh ERMIATI AGUSTINA, ST selaku bendahara Pengeluaran;
- Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan Perencanaan I dan II tanggal 31 Juli 2013 yang ditandatangani oleh Ir. HENDRA RAMAHARJA, M.Si, POPPY AGUSTINA L, ST, dan MT, ANDREI P NOVRIANSYAH, ST, MT selaku Tim PPHP, Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana, NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Berita Acara Pembayaran tanggal 13 Agustus 2013 yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor, ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA, dan Ir. Hj. ANA HERYANA, MT (Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang) selaku Pengguna Anggaran;
- Surat Rekomendasi Nomor : 589/DPU.CKP/IX/2013 tanggal 27 September 2013 yang ditandatangani oleh NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Berita Acara Serah Terima Pekerjaan tanggal 01 Agustus 2013 yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana, NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja Langsung Nomor : 589/KEU/SEPT/2013 tanpa tanggal yang ditandatangani oleh NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA, dan ALI, SE selaku Pejabat Penatausahaan Keu SKPD;
- Surat Pernyataan tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor dan Ir. Hj. ANA HERYANA, MT (Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang) selaku Pengguna Anggaran;
- Faktur Pajak an. CV. CITA & CITRA bulan September tahun 2013 tanpa tanggal yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor.
- Pembayaran Termin II sebesar Rp.8.900.000,00 (Delapan juta sembilan ratus ribu rupiah) dengan rincian administrasi pembayaran sebagai berikut.:
- SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) Nomor : 5533/2013 Tanggal 19 Nopember 2013 yang ditanda tangani oleh ZULFAN, AK selaku Bendahara Umum Daerah;
- SPM (Surat Perintah Membayar) Nomor : 716/SPM/LS/DPU CK P/2013 tanggal 29 Oktober 2013 yang ditandatangani oleh ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Kwitansi Pembayaran Tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditanda tangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana, ERMIATI AGUSTINA, ST selaku bendahara Pengeluaran, NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Surat Pengantar Nomor : 716/SPP/LS/DPU CK P/2013 tanggal 29 Oktober 2013 dengan lampiran berupa Rincian dan Ringkasan yang ditanda tangani oleh ERMIATI AGUSTINA, ST selaku bendahara Pengeluaran dan NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK;
- Bukti Kas Pengeluaran Tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditandatangani oleh ERMIATI AGUSTUNA, ST selaku Bendahara Pengeluaran;
- Surat Permohonan Pembayaran bulan Oktober tahun 2013 tanpa tanggal yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana;
- Nota Dinas tanggal 17 Oktober 2013 yang ditandatangani oleh NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK;
- Berita Acara Pembayaran tanggal 18 Oktober 2013 yang ditandatangani oleh SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor, ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA, dan Ir. Hj. ANA HERYANA, MT (Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang) selaku Pengguna Anggaran;
- Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan Perencanaan II tanggal 17 Oktober 2013 yang ditandatangani oleh Ir. HENDRA RAMAHARJA, M.Si, POPPY AGUSTINA L, ST, dan MT, ANDREI P NOVRIANSYAH, ST, MT selaku Tim PPHP, Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana, NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah TA.2013 Nomor : 309/1.03.02/5.2/2013 yang ditandatangani oleh ZULFAN AK selaku Bendahara Umum Daerah / Pejabat Pengelola Keuangan Daerah dan ANDARANI, ST, MM selaku Kepala Bidang Anggaran BPKD Kota Palembang;
- Surat Rekomendasi Nomor : 666/DPU.CKP/XII/2013 tanggal 29 Oktober 2013 yang ditandatangani oleh NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja Langsung Nomor : 666/KEU/SEPT/2013 tanpa tanggal yang ditandatangani oleh NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA, dan ALI, SE selaku Pejabat Penatausahaan Keu SKPD;
- Surat Pernyataan tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor dan Ir. Hj. ANA HERYANA, MT (Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang) selaku Pengguna Anggaran;
- Faktur Pajak an. CV. CITA & CITRA bulan Oktober tahun 2013 tanpa tanggal yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor
- Pembayaran Termin III sebesar Rp.8.900.000,00 (Delapan juta sembilan ratus ribu rupiah) dengan rincian administrasi pembayaran sebagai berikut :
- SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) Nomor : 6313/2013 Tanggal 11 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh ZULFAN, AK selaku Bendahara Umum Daerah;
- SPM (Surat Perintah Membayar) Nomor : 949/SPM/LS/DPU CK P/2013 tanggal 3 Desember 2013 yang ditandatangani oleh ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Kwitansi Pembayaran Tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditanda tangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana, ERMIATI AGUSTINA, ST selaku bendahara Pengeluaran, NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Bukti Kas Pengeluaran Tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditandatangani oleh ERMIATI AGUSTUNA, ST selaku Bendahara Pengeluaran;
- Surat Rekomendasi Nomor : 961/DPU.CKP/XII/2013 tanggal 03 Desember 2013 yang ditandatangani oleh NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Surat Pengantar Nomor : 949/SPP/LS/DPU CK P/2013 tanggal 29 Oktober 2013 dengan lampiran berupa Rincian dan Ringkasan yang ditanda tangani oleh ERMIATI AGUSTINA, ST selaku bendahara Pengeluaran dan NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK;
- Surat Permohonan Pembayaran bulan Desember tahun 2013 tanpa tanggal yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana;
- Nota Dinas tanggal 02 Desember 2013 yang ditandatangani oleh NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK;
- Berita Acara Pembayaran tanggal 02 Desember 2013 yang ditandatangani oleh SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor, ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA, dan Ir. Hj. ANA HERYANA, MT (Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang) selaku Pengguna Anggaran;
- Berita Acara Serah Terima Pekerjaan tanggal 29 November 2013 yang ditandatangani oleh Ir. HENDRA RAMAHARJA, M.Si, POPPY AGUSTINA L, ST, dan MT, ANDREI P NOVRIANSYAH, ST, MT selaku Tim PPHP, Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana, NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan Perencanaan III tanggal 29 November 2013 yang ditandatangani oleh Ir. HENDRA RAMAHARJA, M.Si, POPPY AGUSTINA L, ST, dan MT, ANDREI P NOVRIANSYAH, ST, MT selaku Tim PPHP, Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor Pelaksana, NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, dan ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Belanja Langsung Nomor : 961/KEU/SEPT/2013 tanpa tanggal yang ditandatangani oleh NYIMAS DEWIE HIKMAH INDAH, ST selaku PPK, ARKAP RASYID, ST., M.Si selaku KPA, dan ALI, SE selaku Pejabat Penatausahaan Keu SKPD;
- Surat Pernyataan tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor dan Ir. Hj. ANA HERYANA, MT (Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang) selaku Pengguna Anggaran;
- Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah TA.2013 Nomor : 309/1.03.02/5.2/2013 yang ditandatangani oleh ZULFAN AK selaku Bendahara Umum Daerah / Pejabat Pengelola Keuangan Daerah dan ANDARANI, ST, MM selaku Kepala Bidang Anggaran BPKD Kota Palembang;
- Faktur Pajak an. CV. CITA & CITRA bulan November tahun 2013 tanpa tanggal yang ditandatangani oleh Ir. SYAWALUDDIN (Direktur CV. CITA & CITRA) selaku Penyedia Jasa / Kontraktor.
- 1 (Satu) Bundel Dokumen Pembayaran atas Pekerjaan Pengawasan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Pembayaran 100 % sebesar Rp.59.000.000,00 (Lima Puluh Sembilan juta Rupiah) dengan rincian administrasi pembayaran sebagai berikut:
- SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) Nomor : 7227/2013 Tanggal 20 Desember 2013 yang ditanda tangani oleh ZULFAN, AK selaku Bendahara Umum Daerah;
- SPM (Surat Perintah Membayar) Nomor : 1183/SPM/LS/DPU CK P/2013 tanggal 12 Desember 2013 yang ditandatangani oleh RAMALY, ST., Mt selaku KPA;
- Kwitansi Pembayaran Tahun 2013 tanpa tanggal dan bulan yang ditanda tangani oleh ASMOL HAKIM, ST (Direktur CV. SASANA CITRA MANDIRI) selaku Konsultan
- Faktur Pajak an. SASANA CITRA MANDIRI tanpa tanggal bulan Desember 2013 yang ditanda tangani oleh ASMOL HAKIM, ST (Direktur CV. SASANA CITRA MANDIRI) selaku Konsultan Pengawas;
- Foto Copy NPWP CV SASANA CITRA MANDIRI;
- Foto Copy KTP atas nama ASMOL HAKIM;
- 1 (Satu) Bundel Standar Harga Satuan Upah Bahan Bangunan dan Gedung Tahun 2013 Pemerintah Kota Palembang.
- 1 (Satu) Bundel foto copy yang telah dilegalisir sesuai asli APBD Kota Palembang Tahun Anggaran 2013;
- 1 (Satu) Bundel foto copy yang telah dilegalisir sesuai asli Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 14 Tahun 2012 tanggal 28 Desember 2012 Tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2013 berikut lampiran III Perda Nomor Nomor 14 Tahun 2012 tentang rincian APBD Tahun Anggaran 2013 Dinas PU Cipta Karya dan Perumahan Kota Palembang tanggal 29 Januari 2013.
- 1 (Satu) Bundel Akta Kuasa Direktur Nomor : 19 tanggal 13 Agustus 2013 yang dibuat dan ditanda tangani oleh MINALDI L. SJAMSUDDIN, SH selaku Notaris dan PPAT Kota Palembang;
- 1 (Satu) Bundel Copy Dokumen CV.Putra Jasuma perihal Penawaran Pekerjaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Tahun 2013;
- 1 (satu) Bundel Copy Dokumen CV.Tiga Putra Perdana perihal Penawaran Pekerjaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Tahun 2013;
- 1 (satu) Bundel Copy Dokumen CV.Agung Komba Pratama perihal Penawaran Pekerjaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Tahun 2013;
- 1 (satu) Bundel Copy Dokumen CV.Putri Karya Mandiri perihal Penawaran Pekerjaan Pembangunan Gerbang Batas Kota Palembang Ogan Ilir Jakabaring Kec.SU.I Tahun 2013.
- Barang bukti Uang sejumlah Rp. 505.923.660,08 (lima ratus lima juta sembilan ratus dua puluh tiga ribu enam ratus enam puluh koma delapan rupiah)
- Membebankan Terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp 5.000,- (lima ribu rupiah);
Putusan PN PALEMBANG Nomor 16/Pid.Sus-TPK/2019/PN Plg |
|
Nomor | 16/Pid.Sus-TPK/2019/PN Plg |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2019 |
Tanggal Register | 29 Juli 2019 |
Lembaga Peradilan | PN PALEMBANG |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Kamaluddin |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Abu Hanifah, Br Hakim Anggota Junaida |
Panitera | Panitera Pengganti: Siti Nursyamsiah Basri |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI Dipergunakan dalam berkas perkara Asmol Hakim Bin Syarif Husin |
Tanggal Musyawarah | 2 Desember 2019 |
Tanggal Dibacakan | 2 Desember 2019 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Pertama : 16/Pid.Sus-TPK/2019/PN Plg
Statistik1250