- Menyatakan terdakwa NOVENLY SARENDENG,A.Md, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan Kesatu primair;
- Membebaskan terdakwa dari dakwaan Kesatu primair tersebut;
- Menyatakan terdakwa NOVENLY SARENDENG,A.Md. terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana Korupsi secara bersama-sama;
- Menghukum Terdakwa NOVENLY SARENDENG,A.Md, oleh karena itu dengan pidana penjara selama1 (satu) tahun ;
- Menghukum pula Terdakwa dengan pidana denda sebesar Rp.50.000.000,-(limapuluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- Asli Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Nomor 11 Tahun 2014 tentang Pengangkatan Panitia Penerima/Pemeriksa Pengadaan Obat-obatan, BHP dan Belanja Makan Minum Pasien dilingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2014;
- Asli Matriks Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun 2014 Rumah Sakit Umum Daerah Talaud;
- Asli Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Nomor 06 Tahun 2014 tentang Pengangkatan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satuan Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Talaud Tahun Anggaran 2014;
- Asli Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Nomor 05 Tahun 2014 tentang Pengangkatan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dilingkungan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2014 atas nama SUSIE O. SEDU, S.Si, Apt, MM;
- DPA SKPD Tahun Anggaran 2014 tanpa tanda tangan.
- Asli Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Perbekalan Kesehatan Tahun Anggaran 2014 yang di tanda tangan oleh SUSIE O. SEDU, S.Si, Apt tanpa tanggal dan bulan;
- Asli Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat-obatanTahun Anggaran 2014;
- Foto Copy DPA SKPD Tahun Anggaran 2014;
- Asli DPPA SKPD Tahun Anggaran 2014;
- Asli Nota Pencairan Dana (NPD) Nomor : 0081/NPD-LS/10221/VII/2014;
- Asli Surat Penyedian Dana Anggaran Belanja Daerah Tahun Anggaran 2014 Nomor : 4934/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 23 Desember 2014;
- Asli SPD Nomor : 1540/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 05 Agustus 2014;
- Foto Copy SPD Nomor : 1966/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 26 Agustus 2014;
- Asli SPD Nomor : 1539/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 05 Agustus 2014;
- Asli SPD Nomor : 3269/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 28 Oktober 2014;
- Asli SPD Nomor : 2134/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 28 Agustus 2014;
- Asli SPD Nomor : 2411/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 17 September 2014;
- Foto Copy SPD Nomor : 3001/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 09 Oktober 2014;
- Foto Copy SPD Nomor : 2242/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 09 September 2014;
- Asli SPD Nomor : 1611/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 11 Agustus 2014;
- Foto Copy SPD Nomor : 1684/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 12 Agustus 2014;
- Asli SPD Nomor : 3267/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 23 Oktober 2014;
- Asli SPD Nomor : 3788/SPD/10221-BL/2014 Tahun 2014 tanggal 18 Nopember 2014 (tanpa cap);
- Asli Laporan Penyediaan Perbekalan Formasi / BHP Rumah Sakit Umum Daerah Talaud di Mala Per 30 Juni 2014;
- Register SP2D Periode 01 Januari 2014 s/d 18 Juli 2014 (tanpa tanda tangan);
- Buku Kas Umum Periode 01 Juni s/d 30 Juni 2014 (tanpa tanda tangan);
- Asli Rekening Koran Giro Periode 01 Januari 2014 s/d 18 Juli 2014;
- Asli Rekening Koran Giro Periode 31 Desember 2014 s/d 31 Desember 2014;
- Foto Copy Keputusan Bupati Kepulauan Talaud Nomoor 48 Tahun 2014 tentang Penetapan Bendahara Pengeluaran dan Penerimaan Tahun Anggaran 2014;
- Buku Ekspedisi SPJ pengadaan obat dan perbekalan Kesehatan pada RSUD Talaud yang di terima oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.
- Buku Catatan Penerimaan BHP Gudang Farmasi RSUD Talaud tahun 2014;
- Buku Catatan Penerimaan Obat Gudang Farmasi RSUD Talaud tahun 2014.
- Foto Copy Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS;
- Asli Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Nomor 65 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Keputusan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud Nomor 48 Tahun 2014 tentang Pengangkatan Pejabat Pelaksana Teknios Kegiatan (PPTK) DI Lingkungan Rumah Sakit UmumDaerah Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2014;
- Buku Kas Umum Bendahara Pengeluaran periode 01 Januari 2014 s/d 31 Desember 2014 Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud tanpa tanda tangan dari Direktur RSUD Talaud di Mala dan Bendahara Pengeluaran RSUD Talaud di Mala;
- Daftar Obat Tersedia di RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud Per 7 November 2014 tanpa tanda tangan;
- Asli Laporan Bulanan Pengeluaran Obat / BHP Bulan Oktober Tahun 2014;
- Asli Laporan Hasil Perjalanan Dinas dari HAERANI, S.Si, Apt yang ditujukan kepada Direktur RSUD Talaud di Mala tanggal 07 November 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan TU sebesar Rp250.000.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 0414/SP2D/10221/2014 tanggal 27 Februari 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan TU sebesar Rp250.000.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 0720/SP2D/10221/2014 tanggal 17 Maret 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp352.749.924,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 1420/SP2D/10221/2014 tanggal 24 April 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan TU sebesar Rp299.500.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 2074/SP2D/10221/2014 tanggal 26 Mei 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan TU sebesar Rp200.000.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 2649/SP2D-Nihil/10221/2014 tanggal 23 Juli 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan TU sebesar Rp200.000.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 3753/SP2D/10221/2014 tanggal 06 Agustus 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp401.356.978,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 4493/SP2D/10221/2014 tanggal 29 Agustus 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp104.804.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 5122/SP2D/10221/2014 tanggal 17 September 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp101.588.520,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 6577/SP2D/10221/2014 tanggal 03 Nopember 2014;
- Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp353.221.680,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 6578/SP2D/10221/2014 tanggal 03 Nopember 2014;
- Fotocopy Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp54.189.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 6238/SP2D/10221/2014 tanggal 24 Oktober 2014;
- Fotocopy Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp216.655.502,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 7257/SP2D/10221/2014 tanggal 20 Nopember 2014;
- Fotocopy Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp68.591.600,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 8069/SP2D/10221/2014 tanggal 05 Desember 2014;
- Fotocopy Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp38.108.500,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 8071/SP2D/10221/2014 tanggal 05 Desember 2014;
- Fotocopy Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp28.201.663,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 8068/SP2D/10221/2014 tanggal 05 Desember 2014;
- Fotocopy Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp800.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 9756/SP2D/10221/2014 tanggal 29 Desember 2014;
- Fotocopy Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp2.210.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor: 9753/SP2D/10221/2014 tanggal 29 Desember 2014;
- Fotocopy Surat Pertanggungjawaban (SPJ) Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan LS sebesar Rp8.946.000,00 pada RSUD Kabupaten Kepulauan Talaud atas Surat Perintah Pencairan Dana Nomor: 9757/SP2D/10221/2014 tanggal 29 Desember 2014;
- 1 (satu) bundel Rekening Koran Giro Rekening Kas RSUD Talaud di Mala Kab. Kepulauan Talaud pada Bank SULUT Cabang Melonguane Periode 01 Januari 2014 s/d 31 Desember 2014.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 001/KWT/II/2014, Tgl : 28/02/2014, Jumlah : Rp250.000.000,- ditandatangani SUSIE O. SEDU, S.Si. Apt., M.M.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 002/KWT/III/2014, Tgl : 17/03/2014, Jumlah : Rp250.000.000,- ditandatangani SUSIE O. SEDU, S.Si. Apt., M.M.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 003/KWT/IV/2014, Tgl : 25/04/2014, Jumlah : Rp346.336.289,- ditandatangani SUSIE O. SEDU, S.Si. Apt., M.M.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 004/KWT/V/2014, Tgl : 26/05/2014, Jumlah : Rp299.500.000,- ditandatangani SUSIE O. SEDU, S.Si. Apt., M.M.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 005/KWT/VI/2014, Tgl : -/06/2014, Jumlah : Rp200.000.000,- ditandatangani SUSIE O. SEDU, S.Si. Apt., M.M.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 006/KWT/VIII/2014, Tgl : 08/08/2014, Jumlah : Rp200.000.000,- ditandatangani SUSIE O. SEDU, S.Si. Apt., M.M.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 007/KWT/IX/2014, Tgl : 01/09/2014, Jumlah : Rp401.000.000,- ditandatangani SUSIE O. SEDU, S.Si. Apt., M.M.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 008/KWT/IX/2014, Tgl : 19/09/2014, Jumlah : Rp104.000.000,- ditandatangani SUSIE O. SEDU, S.Si. Apt., M.M.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 009/KWT/XI/2014, Tgl : 24/11/2014, Jumlah : Rp216.655.502,- ditandatangani dr. AGNES T. MOTULO.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 010/KWT/X/2014, Tgl : 28/10/2014, Jumlah : Rp54.189.000,- ditandatangani dr. AGNES T. MOTULO.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 011/KWT/XII/2014, Tgl : 05/12/2014, Jumlah : Rp28.201.663,- ditandatangani dr. AGNES T. MOTULO.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 012/KWT/XII/2014, Tgl : 05/12/2014, Jumlah : Rp68.591.600,- ditandatangani dr. AGNES T. MOTULO.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 013/KWT/XII/2014, Tgl : 05/12/2014, Jumlah : Rp38.108.500,- ditandatangani dr. AGNES T. MOTULO.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 014/KWT/XII/2014, Tgl : 29/12/2014, Jumlah : Rp2.210.000,- ditandatangani dr. AGNES T. MOTULO.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 015/KWT/XII/2014, Tgl : 29/12/2014, Jumlah : Rp800.000,- ditandatangani dr. AGNES T. MOTULO.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Nomor : 016/KWT/XII/2014, Tgl : 29/12/2014, Jumlah : Rp8.946.000,- ditandatangani dr. AGNES T. MOTULO.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Tgl : 04/11/2014, Jumlah : Rp454.810.200,- ditandatangani SUSIE O. SEDU, S.Si. Apt., M.M.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Tgl : 05/11/2014, Jumlah : Rp114.465.955,- pembayaran kepada PT. MELIA MUTIARA MEDIKA.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Tgl : 06/11/2014, Jumlah : Rp238.166.500,- pembayaran kepada PT. CAHAYA MITRA ALKES.
- 1 (satu) lembar kwitansi asli Tgl : 06/11/2014, Jumlah : Rp40.335.800,- pembayaran kepada PT. KIMIA FARMA Cab. Manado.
- Membebankan biaya perkara sebesar Rp. 5.000,- ( lima ribu rupiah) kepada terdakwa ;
Putusan PN MANADO Nomor 28/Pid.Sus-TPK/2016/PN Mnd |
|
Nomor | 28/Pid.Sus-TPK/2016/PN Mnd |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2017 |
Tanggal Register | 15 September 2016 |
Lembaga Peradilan | PN MANADO |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Vincentius Banar T. |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Jemmy Wemphy Lantu, Br Hakim Anggota Wenny Nanda.sh |
Panitera | Panitera Pengganti Franki Welly Rumengan |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA KURUNGAN |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I Tetap terlampir dalam berkas perkara; |
Tanggal Musyawarah | 1 Februari 2017 |
Tanggal Dibacakan | 1 Februari 2017 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Kasasi : 1576 K/Pid.Sus/2017
Pertama : 28/Pid.Sus-TPK/2016/PN Mnd
Statistik11122