- Menyatakan Terdakwa WILLIAM JOSUA BUTAR-BUTAR, SE., tidak terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah ?Melakukan Tindak Pidana sebagaimana tersebut dalam Dakwaan Primer dan Dakwaan Subsider
- Membebaskan Terdakwa WILLIAM JOSUA BUTAR-BUTAR, SE oleh karena itu dari dakwaan Primair dan Subsidair tersebut;
- Memerintahkan Terdakwa untuk dikeluarkan dan dibebaskan dari tahanan ;
- Memulihkan Harkat,Martabat serta nama baik Terdakwa dalam Kemampuan dan Kedudukannya dalam keadaan semula ;
- Menetapkan barang bukti berupa :
- Slip Penyetoran ke Rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Sisingamangaraja Medan No.0367.01.000844.30.3 Atas Nama RPL 123 Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara IDR. Sebesar Rp.400.000.000,- (empat ratus juta rupiah).
- Uang Tunai sebesar Rp. 150.000.000,- (seratus lima puluh juta)
- 2 (dua) lembar Fotocopy Rekening Koran Atas Nama CV. Indoprima.
- 1 (satu) asli invoice No.142/Adm-KD/KPPN/VIII/2014 tanggal 22 Agustus 2014 ditujukan kepada CV. Alpha Omega
- 1 (satu) bundel faktur Kegiatan Pengadaan Buku Perpustakaan Rumah Ibadah TA 2014.
- 1 (satu) bundel faktur Kegiatan Pengadaan Buku Perpustakaan Keliling Kabupaten / Kota di Sumatera Utara TA 2014.
- 1 (satu) bundel faktur Kegiatan Pengembangan Perpustakaan Pondok Pesantren di Sumatera Utara TA 2014.
- 1 (satu) bundel Surat Dukungan Kegiatan Pengadaan Buku Perpustakaan Rumah Ibadah TA 2014 untuk CV.Indoprima
- 1 (satu) bundel Surat Dukungan Kegiatan Pengadaan Buku Perpustakaan Keliling Kabupaten / Kota di Sumatera Utara TA 2014 untuk CV.Multi Sarana Abadi.
- 1 (satu) bundel Surat Dukungan Kegiatan Pengembangan Perpustakaan Pondok Pesantren di Sumatera Utara TA 2014 untuk CV.Alpha Omega.
- 1 (satu) bundel dokumen Pelelangan untuk Kegiatan Pengembangan Perpustakaan Pondok Pesantren, Rumah Ibadah Dan Perpustakaan Keliling.
- 1 (satu) bundel Foto Copy Surat Keputusan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara Nomor : 045/KPTS/BPAD/I/2014 tanggal 08 Mei 2014 tentang Panitia Pengadaan/ Pejabat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara TA 2014.
- 1 (satu) eksemplar Surat Perjanjian Nomor : 481.3/1644/BPAD/2014 tanggal 19 Agustus 2014 tentang Pekerjaan Pengadaan Bantuan Perpustakaan Rumah Ibadah dengan Nilai Kontrak Rp.779.247.000.- (tujuh ratus tujuh puluh sembilan juta dua ratus empat puluh tujuh ribu rupiah).
- 1 (satu) eksemplar Surat Perjanjian Nomor : 481.3/1646/BPAD/2014 tanggal 19 Agustus 2014 tentang Pekerjaan Pengadaan Buku Perpustakaan Keliling Kabupaten / Kota di Sumatera Utara dengan Nilai Kontrak Rp.794.771.000.- (tujuh ratus sembilan puluh empat juta tujuh ratus tujuh puluh satu ribu rupiah).
- 1 (satu) eksemplar Surat Perjanjian Nomor : 481.3/1654/BPAD/2014 tanggal 20 Agustus 2014 tentang Pekerjaan Pengembangan Perpustakaan Pondok Pesantren di Sumatera Utara dengan Nilai Kontrak Rp.1.567.396.000.- (satu milyar lima ratus enam puluh tujuh juta tiga ratus sembilan puluh enam ribu rupiah).
- 1 (satu) eksemplar Lampiran Surat Perjanjian Nomor : 481.3/1654/BPAD/2014 tanggal 20 Agustus 2014 tentang Pekerjaan Pengembangan Perpustakaan Pondok Pesantren di Sumatera Utara dengan Nilai Kontrak Rp.1.567.396.000.- (satu milyar lima ratus enam puluh tujuh juta tiga ratus sembilan puluh enam ribu rupiah).
- 1 (satu) eksemplar Lampiran Surat Perjanjian Nomor : 481.3/1646/BPAD/2014 tanggal 19 Agustus 2014 tentang Pekerjaan Pengadaan Buku Perpustakaan Keliling Kabupaten / Kota di Sumatera Utara dengan Nilai Kontrak Rp.794.771.000.- (tujuh ratus sembilan puluh empat juta tujuh ratus tujuh puluh satu ribu rupiah).
- 1 (satu) eksemplar Lampiran Surat Perjanjian Nomor : 481.3/1644/BPAD/2014 tanggal 19 Agustus 2014 tentang Pekerjaan Pengadaan Bantuan Perpustakaan Rumah Ibadah dengan Nilai Kontrak Rp.779.247.000.- (tujuh ratus tujuh puluh sembilan juta dua ratus empat puluh tujuh ribu rupiah).
- 1 (satu) eksemplar DPA Pondok Pesantren.
- 1 (satu) eksemplar DPA Pondok Rumah Ibadah.
- 1 (satu) eksemplar DPA Pondok Perpustakaan Keliling.
- 1 (satu) lembar fotocopy Rekening CV. Alpha Omega Bank Muamalat Indonesia Tbk tanggal 17-04-2017 No. 2110061707.
- 1 (satu) Asli surat Tanda Terima / Penyerahan 1 (satu) lembar Cek No.MCC.361828 dengan nilai Rp.563.570.000,- tanggal 15-12-2014.
- 1 (satu) bundel Berita Acara Penyerahan Buku dan Meubelair Kegiatan Pengadaan Buku Perpustakaan Rumah Ibadah TA 2014.
- 1 (satu) bundel Berita Acara Penyerahan Buku dan Meubelair Kegiatan Pengadaan Buku Perpustakaan Keliling Kabupaten / Kota di Sumatera Utara TA 2014.
- 1 (satu) bundel Berita Acara Serah Terima Pengembangan Perpustakaan Pondok Pesantren di Sumatera Utara berupa Buku, Komputer PC, rak buku, meja baca, dan kursi baca TA 2014.
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : SPM : 04.00.121-SPM.2014 tanggal 17 Nopember 2014 untuk keperluan belanja langsung pembayaran belanja barang dan jasa pengadaan buku perpustakaan keliling kab/kota di Sumatera Utara sebanyak 16.000 eksemplar senilai 794.771.000.- (tujuh ratus sembilan puluh empat juta tujuh ratus tujuh puluh satu ribu rupiah).
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : SPM : 04.00.215-SPM.2014 tanggal 1 Desember 2014 untuk keperluan belanja langsung pembayaran belanja barang dan jasa pengadaan buku perpustakaan 14.014 eksemplar, lemari buku perpustaakaan 28 buah senilai Rp.779.247.000.- (tujuh ratus tujuh puluh sembilan juta dua ratus empat puluh tujuh ribu rupiah).
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : SPM : 04.00.213-SPM.2014 tanggal 1 Desember 2014 untuk keperluan belanja langsung pembayaran belanja barang dan jasa pengadaan buku perpustakaan 22.500 eksemplar, meja baca perpustakaan 30 buah, rak buku perpustakaan 30 buah, kursi baca 120 buah dan komputer PC 15 unit senilai Rp. Rp.1.567.396.000.- (satu milyar lima ratus enam puluh tujuh juta tiga ratus sembilan puluh enam ribu rupiah).
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : SPM : 04.00.299-SPM.2014 tanggal 8 Desember 2014 untuk keperluan belanja langsung pembayaran belanja barang dan jasa sewa sarana mobilitas darat senilai Rp.30.000.000.- (tiga puluh juta rupiah) kepada Direktur CV.Bima Sakti.
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : SPM : 04.00.304-SPM.2014 tanggal 8 Desember 2014 untuk keperluan belanja langsung pembayaran belanja barang dan jasa sewa sarana mobilitas darat senilai Rp.31.950.000.- (tiga puluh satu juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah) kepada Direktur CV.Tri Mutiara Indah.
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : SPM : 04.00.418-SPM.2014 tanggal 18 September Desember 2014 untuk keperluan belanja langsung pembayaran belanja barang dan jasa sewa sarana mobilitas darat senilai Rp.23.200.000.- (dua puluh tiga juta dua ratus ribu rupiah) kepada Direktur CV.Tri Mutiara Indah.
- 1 (satu) bundel dokumen Pelelangan untuk Kegiatan Pengembangan Perpustakaan Pondok Pesantren, Rumah Ibadah Dan Perpustakaan Keliling. (lihat dokumen lelang I dan dokumen lelang II).
- 1 (satu) bundel Surat Keputusan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara Nomor : 410/KPTS/BPAD/2014 tanggal 20 Juni 2014 tentang Penetapan Penerima Bantuan yang akan diserahkan kepada masyarakat/pihak ketiga kegiatan pengembangan perpustakaan pondok pesantren di Sumatera Utara berupa buku, komputer PC, rak buku, meja baca, dan kursi baca TA 2014
- 1 (satu) bundel Surat Keputusan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara Nomor : 413/KPTS/BPAD/2014 tanggal 20 Juni 2014 tentang Penetapan Penerima Bantuan yang akan diserahkan kepada masyarakat/pihak ketiga kegiatan pengadaan bantuan buku perpustakaan rumah ibadah di Sumatera Utara berupa buku, rak buku, TA 2014.
- 1 (satu) bundel Foto Copy Surat Keputusan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara Nomor : 409/KPTS/BPAD/2014 tanggal 20 Juni 2014 tentang Penetapan Penerima Bantuan yang akan diserahkan kepada masyarakat/pihak ketiga kegiatan pengadaan buku perpustakaan keliling Kab/kota di Sumatera Utara berupa buku TA 2014.
- 1 (satu) bundel Foto Copy Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara Nomor : 188.44/183/ KPTS/2014 tanggal 27 Maret 2014 tentang Pengguna Anggaran / Barang dan Bendahara Pengeluaran pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara dalam rangka Pengelolaan Keuangan Daerah TA 2014.
- 1 (satu) bundel Foto Copy Surat Keputusan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara Nomor : 001/KPTS/BPAD/I/2014 tanggal 27 Februari 2014 tentang Penunjukkan Pejabat PelaksanaTeknis Kegiatan (PPTK) pada Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara TA 2014.
- 1 (satu) bundel Foto Copy Petika Putusan Gubernur Sumatera Utara Nomor: 821.23/433/2013 tanggal 18 Januari 2013 (SK Kepala Badan Perpustakaan Daerah).
- 1 (satu) bundel Foto Copy Surat Keputusan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara Nomor : 050/KPTS/BPAD/III/2014 tanggal 12 Mei 2014 tentang Pembentukan Panitia Penerima Hasil Pekerjaan Barang/Jasa Pemerintah di Lingkungan Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara sumber dana APBD TA 2014.
- 1 (satu) bundel Foto Copy Surat Keputusan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara Nomor : 036/KPTS/BPAD/III/2014 tanggal 15 April 2014 tentang Pengangkatan Panitia Seleksi, Pengolahan Dan Pengepakan Bahan Pustaka Kegiatan Pengadaan Bantuan Buku Perpustakaan Rumah Ibadah Tahun 2014.
- 1 (satu) bundel Foto Copy Surat Keputusan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara Nomor : 035/KPTS/BPAD/III/2014 tanggal 15 April 2014 tentang Pengangkatan Panitia Seleksi, Pengolahan Dan Pengepakan Bahan Pustaka Kegiatan Pengadaan Buku Perpustakaan Keliling Kabupaten/Kota Di Sumatera Utara Tahun 2014.
- 1 (satu) bundel Foto Copy Surat Keputusan Kepala Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Propinsi Sumatera Utara Nomor : 032/KPTS/BPAD/III/2014 tanggal 14 April 2014 tentang Pengangkatan Panitia Seleksi, Pengolahan Dan Pengepakan Bahan Pustaka Kegiatan Pengembangan Perpustakaan Pondok Pesantren Di Sumatera Utara Tahun 2014.
- 1 (satu) bundel Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Kegiatan Pondok Pesantren.
- 1 (satu) bundel Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Kegiatan Perpustakaan Keliling.
- 1 (satu) bundel Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Kegiatan Rumah Ibadah.
- 1 (satu) bundel Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Kegiatan Mobiler.
- 1 (satu) bundel Berita Acara Seleksi Buku Pondok Pesantren.
- 1 (satu) bundel Berita Acara Seleksi Buku Perpustakaan Keliling.
- 1 (satu) bundel Berita Acara Seleksi Buku Rumah Ibadah.
- 1 (satu) bundel RKA Tahun Anggaran 2014.
- 1 (satu) bundel Permintaan Katalog.
- 1 (satu) bundel Peraturan Gubernur No. 8 Tahun 2010 Tentang Uraian Tugas.
- 1 (satu) bundel Proposal dari Calon Penerima Manfaat Buku.
- 1 (satu) bundel Daftar Buku Kegiatan Pengembangan Perpustakaan Pondok Pesantren.
- 1 (satu) bundel Daftar Buku Kegiatan Pengembangan Perpustakaan Rumah Ibadah.
- 1 (satu) bundel Daftar Buku Kegiatan Pengembangan Perpustakaan Keliling.
- Membebankan ongkos perkara kepada Negara ;
Putusan PN MEDAN Nomor 117/Pid.Sus-TPK/2017/PN Mdn |
|
Nomor | 117/Pid.Sus-TPK/2017/PN Mdn |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2018 |
Tanggal Register | 22 Nopember 2017 |
Lembaga Peradilan | PN MEDAN |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Ferry Sormin |
Hakim Anggota | Hakim Anggota H. Irwan Effendi, Br Hakim Anggota Rodslowny L. Tobing |
Panitera | Panitera Pengganti: Junain Arif |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | BEBAS DARI DAKWAAN |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I Terlampir dalam berkas perkara. |
Tanggal Musyawarah | 12 April 2018 |
Tanggal Dibacakan | 12 April 2018 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 117/Pid.Sus-TPK/2017/PN_Mdn.zip
- Download PDF
- 117/Pid.Sus-TPK/2017/PN_Mdn.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Kasasi : 39 K/Pid.Sus/2019
Pertama : 117/Pid.Sus-TPK/2017/PN Mdn
Statistik202118