- Menyatakan Terdakwa FRANS ANTHONY, SE. Bin FAUZAN JAMIL tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dalam dakwaan Kesatu Primair;
- Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Kesatu Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa FRANS ANTHONY, SE. Bin FAUZAN JAMIL telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?Korupsi secara bersama-sama? sebagaimana dalam dakwaan Kesatu Subsidiair;
- Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa FRANS ANTHONY, SE. Bin FAUZAN JAMIL oleh karena salahnya itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun dan 3 (tiga) Bulan;
- Menjatuhkan Pidana denda terhadap terdakwa FRANS ANTHONY, SE. Bin FAUZAN JAMIL sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan;
- Menjatuhkan pidana tambahan berupa pembayaran uang pengganti kepada Terdakwa FRANS ANTHONY, SE. Bin FAUZAN JAMIL sebesar Rp. 352.251.478,00 (tiga ratus lima puluh dua juta dua ratus lima puluh satu ribu empat ratus tujuh puluh delapan rupiah) yang dilakukan dengan cara merampas untuk negara uang yang telah disetor terdakwa ke kas daerah Pemda Kota Bengkulu pada tanggal 12 April 2017 sebesar Rp. 312.283.978,- dan uang sebesar Rp.39.967.500,- yang telah dititipkan melalui Penuntut Umum dan memperhitungkannya sebagai pembayaran uang pengganti tersebut;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan segenapnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap ditahan;
- Menetapkan barang bukti berupa :
- 3 (tiga) lembar asli Surat Perintah Pencairan Dana No. SPM : 37/SPM/TU_Nihil/DPPKA/17.56/Pd.I/2016 tanggal 02 Juni 2016.
- 3 (tiga) lembar Copy Surat Keputusan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bengkulu Nomor : 11 Tahun 2016 tanggal 06 Januari 2016 perihal pembentukan tim sosialisasi pajak daerah kota Bengkulu tahun anggaran 2016.
- 6 (enam) lembar Copy Dokumen Pembayaran untuk biaya sosialisasi pajak daerah dari hotel raffles
- 1 (satu) bundel copy warna Surat Pesanan Barang/Order Nomor : 020/42/D.II/DPPKA/2016 tanggal 04 April 2016 berupa Cetak Perda sebanyak 256 Buku
- 1 (satu) bundel asli Surat Keputusan Walikota Bengkulu Nomor : 06 Tahun 2016 tanggal 04 Januari 2016 perihal penetapan pejabat pengguna anggaran/pengguna barang, bendahara penerimaan dan bendahara pengeluaran satuan kerja perangkat daerah di lingkungan pemerintah kota Bengkulu Tahun Anggaran 2016
- 1 (satu) bundel copy Surat Keputusan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bengkulu Nomor : 12 Tahun 2016 tanggal 06 Januari 2016 perihal penetapan pejabat penatausahaan keuangan (PPK) Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bengkulu Tahun Anggaran 2016, beserta Surat Pengunduran diri An Triana Elfira, SE Nomor : 01/SP/28/des/2015 tanggal 28 desember 2015.
- 1 (satu) buku asli Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Nomor : 02/DPPKA/2016 tanggal 07 Januari 2016 Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset (DPPKA) Tahun Anggaran 2016
- 1 (satu) bundel copy Surat Keputusan Walikota Bengkulu Nomor : 05 Tahun 2016 tanggal 04 Januari 2016 perihal Penetapan Pejabat yang diberi wewenang menandatangi surat perintah pencairan dana dalam pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah kota Bengkulu Tahun Anggaran 2016.
- 1 (satu) buku asli Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPPA-SKPD) Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Nomor : 21/P/DPPKA/2016 tanggal 31 Oktober 2016 Tahun Anggaran 2016.
- 1 (satu) buku asli Peraturan Daerah Kota Bengkulu Nomor : 11 Tahun 2016 tanggal 28 Oktober 2016 perihal Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Bengkulu Tahun Anggaran 2016.
- 1 (satu) buku asli Peraturan Walikota Bengkulu Nomor : 36 Tahun 2016 tanggal 28 Oktober 2016 perihal Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Bengkulu Tahun Anggaran 2016.
- 1 (satu) bundel Asli Surat Keputusan Pengguna Anggaran Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bengkulu Nomor : 47 Tahun 2016 tanggal 05 Februari 2016 tentang Penunjukan Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegiatan (PPTK) di Lingkungan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bengkulu Tahun Anggaran 2016.
- 1 (satu) buku asli sistem dan Prosedur Pengelolaan Keuangan Daerah Kota Bengkulu, Peraturan Walikota Bengkulu Nomor : 20 Tahun 2015 tentang sistem dan prosedur pengelolaan keuangan daerah.
- 1 (satu) bundel asli Rencana Pengguna Dana dengan Nomor SPD : 900/008/1.20.5.1/SPD/DPPKA/2016 tanggal 03-03-2016 Tahun Anggaran 2016.
- 1 (satu) bundel dokumen Kelengkapan Dokumen SPP TU-Nihil.
- 1 (satu) Lembar Foto Copy Slip Setoran Bank Mandiri Syariah yang telah dilegalisir tanggal 12 April 2017 untuk Pengembalian Kegiatan Sosialisasi Pajak TA 2016 senilai Rp. 312.283.978,- (Tiga Ratus Dua Belas Juta Dua Ratus Delapan Puluh Tiga Ribu Sembilan Ratus Tujuh Puluh Delapan Rupiah).
- 3 (tiga) Lembar Asli Kwitansi Panjar Nomor :050/PANJAR Tahun Anggaran 2016 tanggal 03 Mei 2016 senilai Rp. 465.000.000,- (empat ratus enam puluh lima juta rupiah).
- 3 (tiga) Lembar Asli Berita Acara Penyerahan Uang Panjar Nomor : 900/050/DPPKA/ben./2016 yang ditanda tangani pada hari selasa tanggal 03 Mei 2016.
- 3 (tiga) Lembar Asli Tanda Terima Penyerahan Ceq tanggal 03 Mei 2016 dengan Nomor Ceq : CFQ206317, Nominal Rp. 465.000.000,- (empat ratus enam puluh lima juta rupiah) dan Np. SP2D 1.0505/SP2D/TU/2016 dan ditanda tangani oleh penerima An. Endang Mukmin.
- 2 (dua) Lembar asli Nota Dinas dari Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Bidang Pendapatan 1 Nomor : 900/22/D.II/DPPKA/2016 tanggal 02 Mei 2016 perihal Permohonan Permintaan SPP SPM-TU Kegiatan Sosialisasi Pajak Daerah Triwulan I Tahun Anggaran 2016.
- 1 (satu) Lembar asli Surat Pernyataan yang ditanda tangani oleh Frans Anthonny, SE., MM., Nip. 19770131 200604 1 005, Jabatan sebagai PPTK Kegiatan (17.56) Sosialisasi Pajak Daerah DPPKA Kota Bengkulu.
- 7 (tujuh) lembar copy Laporan Temuan Sementara Pemeriksaan BPK ? RI atas kegiatan Sosialisasi Pajak Daerah TA 2016.
- 1 (satu) lembar asli slip setoran Bank BRI Pengembalian dana kegiatan sosialisasi pajak daerah tanggal 26 september 2016 sebesar Rp. 46.393.000,- (Empat puluh sebilan juta tigaratus sembilan puluh tiga ribu rupiah).
- 1 (satu) lembar asli surat pemesanan barang / order Nomor : 020/42/D.II/DPPKA/2016 tanggal 4 april 2016.
- 1 (satu) lembar asli nota pemesanan promosi dan publikasi sebesar Rp. 44.000.000,- dari Koran Rakyat Bengkulu.
- 1 (satu) lembar asli surat bukti pengeluaran atau belanja (kwitansi) Nomor: 007/17.56/PO.1/DPPKA/2016 tanggal 23 Mei 2016 yang menerima pembayaran Wilman situmorang.
- 1 (satu) lembar asli surat pemesanan barang / order nomor: 020/46/D.II/ DPPKA/2016 tanggal 2 Mei 2016.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak tanggal 27 Juli 2016 sebesar Rp. 600.000,-
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak tanggal 27 Juli 2016 sebesar Rp. 4.00.000.000,-
- 1 (satu) lembar asli nota pemesanan belanja souvenir/ cendramata tanggal 13 mei 2016 sebanyak 90 buah dari cv. Surya agrivina.
- 1 (satu) lembar asli surat bukti pengeluaran atau belanja (kwitansi) Nomor: 006/17.56/PO.1/DPPKA/2016 tanggal 13 Mei 2016 RP.45.000.000,- yang menerima pembayaran CV. Surya agrivina.
- 1 (satu) lembar asli surat pemesanan barang / order nomor: 020/47/D.II/ DPPKA/2016 tanggal 3 Mei 2016 belanja souvenir / cendra mata.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 613.636,- tanggal 22 juli 2016.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 4.090.909,- tanggal 22 juli 2016
- 1 (satu) lembar asli nota pemesanan barang dari CV. Lestari karya Rp. 44.972.500,-
- 1 (satu) lembar asli surat bukti pengeluaran atau belanja (kwitansi) Nomor: 001/17.56/PO.1/DPPKA/2016 tanggal 13 Mei 2016 RP.44.972.500,- yang menerima pembayaran CV. Lestari Karya.
- 1 (satu) lembar asli surat pemesanan barang / order nomor : 020/41/D.II/ DPPKA/2016 tanggal 2 Mei 2016 belanja ATK
- 1 (satu) lembar asli surat bukti pengeluaran atau belanja (kwitansi) Nomor: 004/17.56/Pd.1/DPPKA/2016 tanggal 30 Mei 2016 RP.9.000.000,- yang menerima pembayaran Medio agus takdir cetak sepanduk.
- 1 (satu) lembar asli nota pemesanan barang dari CV. Prima Vera abadi Sejahtera Rp. 9.000.000,- tanggal 30 mei 2016.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 122.727 tanggal 27 juli 2016
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 818.182 tanggal 27 juli 2016
- 1 (satu) lembar asli surat pemesanan barang / order nomor: 020/43/D.II/ DPPKA/2016 tanggal 9 Mei 2016 Cetak sepanduk ke PT. Prima vera abadi sejahtera.
- 1 (satu) lembar asli nota pemesanan nasi kotak, kue kotak, aneka jus tanggal 31 mei 2016 di rumah makan sinar baru Rp. 29.875.000,-
- 1 (satu) lembar asli surat bukti pengeluaran atau belanja (kwitansi) Nomor: 010/17.56/Pd.1/DPPKA/2016 tanggal 31 Mei 2016 RP.29.875.000,- yang menerima pembayaran rumah makan sinar Baru.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 448.125 tanggal 22 juli 2016
- 1 (satu) lembar asli surat pemesanan barang / order nomor: 020/48/D.II/ DPPKA/2016 tanggal 31 Maret 2016 belanja makan minum.
- 1 (satu) lembar asli surat setoran pajak daerah nomor seri 16836 Rp.2.987.500,-
- 1 (satu) lembar asli nota penggandaan/ poto kopi kegiatan tanggal 2 Juni 2016 Rp. 29.500.000,-dari percetakan CV. Dewan Daru (andri andrianto)
- 1 (satu) lembar asli surat bukti pengeluaran atau belanja (kwtansi) Nomor: 005/17.56/Pd.1/DPPKA/2016 tanggal 2 Juni 2016 RP.29.875.000,- yang menerima pembayaran CV. Dewan Daru (andri andrianto).
- 1 (satu) lembar asli surat pemesanan barang / order nomor: 020/44/D.II/ DPPKA/2016 tanggal 27 Apri 2016 belanja penggandaan sebanyak 11800 lembar.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 2.681.818 tanggal 22 juli 2016.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 402.273 tanggal 22 juli 2016.
- 1 (satu) lembar asli bukti pengeluaran/ belanja (Kwitansi) nomor : 003/17.56/Pd.1/ DPPKA/2016 tanggal 13 Mei 2016 Rp.3.000.000,- yang menerima pembayaran kantor POS pembelian materai 6000.
- 1 (satu) lembar asli nota pemesanan Materai 6000 tanggal 31 mei 2016.
- 1 (satu) lembar asli surat bukti pengeluaran atau belanja (kwtansi) Nomor: 01/17.56/Pd.1/DPPKA/2016 tanggal 30 Mei 2016 RP.6.000.000,- yang menerima pembayaran Rea Photography.
- 1 (satu) lembar asli nota pemesanan album poto 60 set, poto 12R 20 lembar, poto 4R 102 lembar, DVD Video 2 Disc tanggal 30 mei 2016 yang menerima pembayaran Rea Photography.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 81.818 tanggal 22 juli 2016.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 545.455 tanggal 22 juli 2016.
- 1 (satu) lembar asli bukti pengeluaran/ belanja (Kwitansi) nomor: 012/17.56/Pd.1/ DPPKA/2016 tanggal 13 Mei 2016 Rp.100.000.000,- yang menerima Resti Yuliana untuk keperluan belanja uang transportasi peserta kegiatan sosialisasi pajak daerah.
- 1 (satu) lembar asli setoran pajak ke PT. POS Rp. 5.000.000,- tanggal 12 Oktober 2016.
- 1 (satu) bundel asli daftar hadir peserta sosialisasi pajak daerah hari selasa tanggal 17 Mei 2016 pajak restoran.
- 1 (satu) bundel asli daftar terima uang saku peserta sosialisasi pajak daerah hari selasa tanggal 17 Mei 2016 pajak restoran.
- 1 (satu) bundel asli daftar hadir peserta sosialisasi pajak daerah 2016 hari Rabu tanggal 18 Mei 2016 pajak hotel.
- 1 (satu) bundel asli daftar terima uang saku peserta sosialisasi pajak daerah tahun 2016 hari Rabu tanggal 18 mei 2016 pajak restoran.
- 1 (satu) bundel asli daftar hadir peserta sosialisasi pajak daerah tahun 2016 hari Kamis tanggal 19 mei 2016 pajak hiburan
- 1 (satu) bundel asli daftar hadir peserta sosialisasi pajak daerah tahun 2016 hari Jumat tanggal 20 Mei 2016 pajak PP1.
- 1 (satu) bundel asli daftar terima uang saku peserta sosialisasi pajak daerah tahun 2016 hari jumat tanggal 20 Mei 2016 pajak PP1.
- 1 (satu) lembar print Asli lembar SP2D Surat Permintaan Pembayaran (SPP) periode 01 Juni s/d 30 Juni 2016.
- 1 (satu) lembar print Asli Register Surat permintaan Pembayaran (SPP) Periode 01 Juni 2016 s/d 30 Juni 2016.
- 1 (satu) lembar Print asli Register Surat Permintaan Membayar (SPM) periode 01 Juni 2016 s/d 30 Juni 2016.
- 2 (dua) lembar print asli Laporan pertanggungjawaban Bendahara Pengeluaran (SPJ- Belanja Fungsional)
- 2 (dua) lembar asli NOTULEN persiapan Pemeriksaan Interim LKPD TA. 2016 pada Pemerintah Kota Bengkulu Hari Jumat tanggal 27 Januari 2017.
- Copy 1 (satu) bundel Buku Kas Umum Bendahara Pengeluaran Dinas Pendapatan Pengelolaan keuangan daerah dan Aset Kota Bengkulu Periode 1 Januari 2016 s/d 20 Juni 2016 yang telah diparaf setiap lembar oleh M. SOFYAN dan telah ditandatangani oleh Bendahara sdr. Yulian Firdaus dan diketahui atau disahkan oleh M. SOFYAN selaku Pengguna Anggaran atau Kepala SKPD.
- Bukti setor uang tanggal 12 April 2017 dan bukti setor uang titipan kepada Penuntut umum,
- Uang sebesar Rp. 312.283.978,- yang telah disetor ke kas Daerah Pemda Kota Bengkulu dan uang sebesar Rp.39.967.500,- yang dititipkan melalui Penuntut Umum, dirampas untuk negara untuk disetor melalui kas daerah Pemda Kota Bengkulu yang keseluruhannya diperhitungkan sebagai pembayaran pidana tambahan uang pengganti dari terdakwa.
- Menetapkan agar supaya terdakwa dibenani membayar biaya perkara sebesar Rp. 10.000,00 (sepuluh ribu rupiah).
Putusan PN BENGKULU Nomor 55/Pid.Sus-TPK/2017/PN Bgl |
|
Nomor | 55/Pid.Sus-TPK/2017/PN Bgl |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2018 |
Tanggal Register | 18 Oktober 2017 |
Lembaga Peradilan | PN BENGKULU |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Jonner Manik. |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Henny Anggraini.br Hakim Anggota Nich Samara |
Panitera | Panitera Pengganti: Tuty Daulae Hutabarat |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI: KESEMUANYA DIKEMBALIKAN KEPADA PENUNTUT UMUM UNTUK DIPERGUNAKAN DALAM PERKARA LAINNYA |
Tanggal Musyawarah | 23 Januari 2018 |
Tanggal Dibacakan | 23 Januari 2018 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 55/Pid.Sus-TPK/2017/PN_Bgl.zip
- Download PDF
- 55/Pid.Sus-TPK/2017/PN_Bgl.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Pertama : 55/Pid.Sus-TPK/2017/PN Bgl
Statistik3112