- Menyatakan Terdakwa Ir. IRAWAN SUGENG WIDODOAlias Pak DODIK tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang didakwakan oleh Penuntut Umum dalam keseluruhan Dakwaan Subsidairitas tersebut;
- Membebaskan Terdakwa Ir. IRAWAN SUGENG WIDODOAlias Pak DODIK oleh karena itu dari semua Dakwaan Penuntut Umum (vrijpraak);
- Memerintahkan agar Terdakwa segera dikeluarkan dari tahanan, setelah putusan selesai diucapkan;
- Memulihkan hak?hak Terdakwa Ir. IRAWAN SUGENG WIDODO Alias Pak DODIKdalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya;
- Menetapkan barang bukti berupa :
- Laporan hasil audit dalam rangka penghitungan kerugian keuangan negara atas kasus dugaan tindak pidana korupsi pekerjaan konstuksi pasar Manggisan dan pasar lainnya dalam rangka pelaksaan kegiatan rahabilitasi sedang/berat bangunan pasar tahun anggaran 2018 pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember;
- 1 (Satu) bendel asli kwitansi No. 00193/BKT-LS/2018 untuk pembayaran angsuran fisik 55,462 % pekerjaan kontruksi Pembangunan Pasar Manggisan dalam rangka pelaksanaan kegiatan rehabilitasi sedang/berat bangunan Pasar tahun anggaran 2018 pada Disperindag Kab. Jember sesuai surat perjanjian/kontrak No. 027/KTR/94f.PDN/35.09.331/2018 tanggal 12 Oktober 2018 sebesar Rp 2.562.573.368,04;
- 1 (Satu) bendel asli kwitansi No. 00111/BKT-LS/2018 untuk pembayaran uang muka 20 % pekerjaan kontruksi Pembangunan Pasar Manggisan dalam rangka pelaksanaan kegiatan rehabilitasi sedang / berat bangunan Pasar tahun anggaran 2018 pada Disperindag Kab. Jember sesuai surat perjanjian/kontrak No. 027/KTR/94f.PDN/35.09.331/2018 tanggal 12 Oktober 2018 sebesar Rp 1.567.855.368,67;
- 1 (Satu) bendel asli kwitansi No. 00194/BKT-LS/2018 untuk pembayaran jasa konsultan pengawasan Pasar Manggisan dalam rangka pelaksanaan kegiatan rehabilitasi sedang/berat bangunan Pasar tahun anggaran 2018 pada Disperindag Kab. Jember sesuai surat perjanjian/kontrak No. 027/KTR/94f.PDN/35.09.331/2018 tanggal 12 Oktober 2018 sebesar Rp 97.250.000,00;
- 1 (Satu) bendel RAB perubahan pekerjaan kegiatan Rehabilitasi sedang /berat bangunan pasar pekerjaan kontruksi pembangunan pasar manggisan Kec. Tanggul TA. 2018;
- 1 (Satu) bendel perhitungan volume pekerjaan;
- 1 (Satu) bendel laporan mingguan Rehabilitasi sedang / berat bangunan pasar pekerjaan kontruksi pembangunan pasar manggisan Kec. Tanggul TA. 2018, kontraktor pelaksana PT. Dita Putri Waranawa tanggal 12 Oktober 2018;
- 1 (Satu) bendel asli Surat Permintaan Pembayaran (SPP-LS) No. SPP : 00214/ spp-ls/3.06.01/2018 tanggal 15 Nopember 2018 kegiatan Rehabilitasi Sedang / Berat Bangunan Pasar sebesar Rp 98.700.000,00 Disperindag TA. 2018;
- 1 (Satu) bendel asli kwitansi No. 0097/BKT-LS/2018 untuk pembayaran jasa konsultan perencanaan / Detail Engineering Design Pasar Manggisan dalam rangka pelaksanaan kegiatan rehabilitasi sedang / berat bangunan Pasar tahun anggaran 2018 pada Disperindag Kab. Jember sesuai surat perjanjian / kontrak No. 027/KTR/94f.PDN/ 35.09.331/2018 tanggal 12 Oktober 2018 sebesar Rp. 98.700.000,-;
- 1 (Satu) bendel foto copy Dokumen Prakualifikasi Pasar Panggisan kegiatan Rehabilitasi sedang / berat bangunan pasar CV. MENARA CIPTA GRAHA Konsultan Perencana dan Pengawas;
- 1 (Satu) bendel foto copy Dokumen Pengadaan Pasar Panggisan kegiatan Rehabilitasi sedang / berat bangunan pasar CV. MENARA CIPTA GRAHA Konsultan Perencana dan Pengawas;
- 1 (Satu) lembar asli Surat Setoran Pajak (SSP) untuk pembayaran PPN, Pembayaran Pekerjaan Jasa Konsultan Perencanaan / Detail Engineering Design Pasar Manggisan AN. CV. MENARA CIPTA GRAHA sebesar Rp. 8.972.728,-;
- 2 (Dua) lembar asli Surat Perintah Kerja (SPK) paket pekerjaan Jasa Konsultan Pengawas Pasar Manggisan untuk dan atas nama CV. Mukti Design Consultant;
- 1 (Satu) lembar tindasan SPPD No. SMP : 00350/SPM-LS/3.06.01.01/2018 tanggal 31 Desember 2018 sebesar Rp. 84.872.727,- dan 2 (Dua) lembar Bukti Penerimaan Negara Penerimaan Pajak No. 00331/Pjk/2018 dan No. 00332/Pjk/2018;
- 1 (Satu) lembar asli surat pernyataan Kesanggupan kerja An. SIKAM tanggal 12 Oktober 2018;
- 1 (Satu) lembar asli surat pesanan (SP) No. 027/SP/976.DAG/331/2018 tanggal 12 Oktober 2018;
- 1 (Satu) buku asli dokumen penawaran Pasar Manggisan, Kegiatan Jasa Konsultansi Pengawasan Pembangunan Pasar CV. Mukti Design Cunsultant;
- 1 (Satu) bendel asli Surat Permintaan Pembayaran (SPP-LS) No. SPP : 00350/SPP-LS/3.06.01.01/2018 tanggal 31 Desember 2018 Disperindag Kab. Jember TA. 2018 berikut lampirannya;
- 1 (Satu) buku asli dokumen Prakualifikasi Pasar Manggisan, Kegiatan Jasa Konsultansi Pengawasan Pembangunan Pasar CV. Mukti Design Cunsultant;
- 1 (Satu) bendel kwitansi No. 00194/BKT-LS/2018 tanggal 31 Desember 2018 untuk pembayaran jasa konsultan pengawasan Pasar Manggisan dalam rangka pelaksanaan kegiatan rehabilitasi sedang / berat bangunan Pasar tahun anggaran 2018 pada Disperindag Kab. Jember sesuai surat perjanjian / kontrak No. 027/KTR/94f.PDN/35.09.331/2018 tanggal 12 Oktober 2018 sebesar Rp. 97.250.000,-;
- 1 (Satu) lembar asli Surat Setoran Pajak (SSP) untuk pembayaran PPh4(2), Pembayaran Pekerjaan Jasa Konsultan Pengawasan Pasar Manggisan AN. CV. Mukti DesignConsultan sebesar Rp3.536.364,00 dan 1 (Satu) lembar asli Surat Setoran Pajak (SSP) untuk pembayaran PPN, Pembayaran Pekerjaan Jasa Konsultan Pengawasan Pasar Manggisan AN. CV. Mukti Design Consultan sebesar Rp 8.840.909,00;
- 2 (Dua) lembar foto copy Addendum Surat Perjanjian No. 027/ADD.KTR/154C.DAG/331/2018 tanggal 31 Desember 2018 atas surat perjanjian / Kontrak No. 027/KTR/94f.PDN/35.09.331/2018 tanggal 12 Oktober 2018 PT. DITA PUTRI WARANAWA;
- 3 (Tiga) lembar foto copy Berita Acara Pemeriksaan Fisik tanggal 19 Pebruari 2019 dari Badan Pemeriksa Keuangan;
- 2 (Dua) lembar foto copy Daftar konstruksi dalam Pengerjaan (KDP) Disperidag Kab. Jember per 31 Desember 2018;
- 1 (Satu) buku asli Rencana Kerja dan Syarat (RKS) Pasar Manggisan;
- 1 (Satu) buku asli Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pasar Manggisan;
- 1 (Satu) buku asli Bill Of Quantity (BQ) Pasar Manggisan;
- 1 (Satu) buku asli Detail Engineering Design (DED) Pasar Manggisan;
- 1 (Satu) bendel foto copy Surat Keputusan Pengguna Anggaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Jember Nomor : 060/03.a/ 35.09.331/2018 tanggal 03 Januari 2018 tentang Pejabat dan Pembantu Pejabat Penatausahaan Keuangan, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pengadaan Barang /Jasa, Pejabat / Panitia Penerima Hasil Pekerjaan dan Pembantu Bendahara Pengeluaran pada Disperindag Kab. Jember TA 2018;
- 1 (Satu) bendel foto copy Keputusan Bupati Jember Nomor : 188.45/51/1.12/2018 tanggal 02 Januari 2018 tentang Pejabat Pengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Pejabat Pengelola Barang pada Disperindag Kab. Jember TA 2018;
- 3 (Tiga) bendel asli Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) TA 2018 Belanja Langsung No DPA SKPD : 3.0601210152 tanggal 20 April 2018;
- 1 (Satu) bendel foto copy Surat Keputusan Pengguna Anggaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Jember Nomor : 060/265/35.09.331/2018 tanggal 05 Juli 2018 tentang Penunjukan Kembali Pejabat dan Pembantu Pejabat Penatausahaan Keuangan, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Pejabat Pengadaan Barang / Jasa, Pejabat dan Panitia Penerima Hasil Pekerjaan dan Pencabutan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Disperindag Kab. Jember TA 2018;
- 1 (Satu) buku asli Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pasar Manggisan CV. Menara Cipta Graha;
- 1 (Satu) buku asli Standardisasi Desain Prototype Pasar Rakyat;
- 2 (Dua) buku foto copy dokumen pelaksanaan anggaran (DPA-OPD) tahun 2018;
- 1 (Satu) bendel fotp copy Akta Notaris Surat Kuasa Direktur tanggal 31 Oktober 2018 No. 19;
- 1 (Satu) lembar asli Surat Pernyataan an. ZAKY ANDRI tanggal 20 Pebruari 2019;
- 1 (Satu) lembar asli permohonan perjangan waktu pembangunan Pasar Manggisan tanggal 20 Pebruari 2019 yang ditanda tangi oleh ZAKY ANDRI;
- 1 (Satu) lembar asli slip pemindahan dana antar rekening BCA tanggal 15 Oktober 2018 sebesar Rp 100.000.000,00 (Seratus juta rupiah);
- 1 (Satu) lembar asli slip pemindahan dana antar rekening BCA tanggal 23 Oktober 2018 sebesar Rp 50.000.000,00 (Lima puluh juta rupiah);
- 1 (Satu) lembar foto copi Surat Pernyataan tanggal 29 Oktober 2018;
- 1 (Satu) lembar foto copi kwitansi pembayaran Project di Lombok NTB tahun 2016-2017 sebesar Rp. 2.200.000.000.- tanggal 29 Oktober 2018;
- 2 (Dua) lembar foto copy Berita Acara Kaji Ulang Rencana Pelaksanaan Pengadaan Nomor : 050/063.5-KU.2/IX/ULP/2018 tanggal tanggal 10 September 2018 berikut 1 (Satu) bendel Lampirannya;
- 1 (Satu) bendel foto copy Daftar Rekapitulasi setoran : Kelebihan Pembayaran (Kekurangan Volume Pekerjaan) dan Denda Keterlambatan untuk Paket Pekerjaan TA 2018 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Jember;
- 1 (Satu) bendel asli Register Surat Perintah Membayar (SPM) periode 01 Januari 2018 s/d 31 Desember 2018 status : Draf, Final, Batal;
- 1 (Satu) bendel asli Register SP2D periode 01 Januari 2018 s/d 31 Desember 2018;
- 2 (Dua) lembar asli Surat Perintah Kerja SPK Nomor : 027/SPK/62.h. DAG/331/2018 tanggal 12 Juli 2018 berikut lampirannya;
- 1 (Satu) bendel asli Print Out Bank Mandiri Cabang Jember Nomor Rekening : 1430017048974 atas nama M. FARIZ NUR HIDAYAT periode 01 Januari 2018 s/d 31 Desember 2019;
- 1 (Satu) bendel asli Print Out Bank Mandiri Cabang Jember Nomor Rekening : 143-00-1704897-4 atas nama M. FARIZ NUR HIDAYAT periode 01 April 2019 s/d 30 April 2019;
- 1 (Satu) lembar asli aplikasi setoran/transfer/kliring/inkaso Bank Mandiri tanggal 14 Januari 2019 senilai Rp. 1.256.000.000,-;
- 1 (Satu) lembar asli aplikasi setoran/transfer/kliring/inkaso Bank Mandiri tanggal 07 Januari 2019 senilai Rp. 923.600.000,-;
- 1 (Satu) lembar asli aplikasi setoran/transfer/kliring/inkaso Bank Mandiri tanggal 29 Nopember 2018 senilai Rp. 813.650.000,-;
- 1 (Satu) buku tamu ULP Pemkab. Jember tahun 2015 s/d 2018;
- 1 (Satu) bendel asli dokumen Kontruksi Pembangunan Pasar Manggisan;
- 1 (Satu) bendel foto copy dokumen Kontruksi Pembangunan Pasar Manggisan;
- 1 (Satu) bendel asli Kontruksi Pembangunan Pasar Tanjung;
- 1 (Satu) bendel foto copy Kontruksi Pembangunan;
- 2 (Dua) buah CD file surat keluar dan paket 2018 2018 dan Disperidag File 63-63.11
- 1 (Satu) buah CD soft copy pasar (Danang);
- 1 (Satu) lembar asli surat pernyataan pekerjaan pasar manggisan tanggal 27 Januari 2019;
- 1 (Satu) lembar asli surat perjanjian tanggal 27 Januari 2019;
- 2 (Dua) lembar foto copy surat kesepakatan bersama tanggal 07 Maret 2019;
- 1 (Satu) lembar asli surat perjanjian kerja tanggal 27 Maret 2019;
- 1 (Satu) bendel Rekapitulasi Realisasi Anggaran Belanja Daerah menurut urusan Pemerintah Daerah, Organisasi, Program dan Kegiatan Tahun Anggaran 2018 tanggal 31 Desember 2018;
- 1 (Satu) bendel asli Akta Surat Kuasa Direktur No 08 tangggal 08 POebruari 2019;
- 1 (Satu) bendel foto copy Laporan Keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2013 dan Laporan Auditor Independen PT. DITA PUTRI WARANAWA;
- 1 (Satu) bendel foto copy Akta Penderian Perseroan Terbatas PT- DITA PUTRI WARANAWA Nomor 14 tanggal 24 Agustus 2010;
- 1 (Satu) bendel foto copy Akta Pernyataan Keputusan Rapat Perseroan Terbatas PT. DITA PUTRI WARANAWA Nomor 07 tanggal 09 Mei 2014;
- 1 (Satu) bendel foto copy Akta Pernyataan Keputusan Rapat PT.0 DITA PUTRI WARANAWA Nomor 52 tanggal 20 September 2016;
- 1 (Satu) lembar foto copy Certificate OHS-IND/10788 the Management System of PT. DITAPURI WARANAWA, OHSAS 18001 : 2007;
- 1 (Satu) lembar foto copy Certificate QMS-IND/0073-C the Management System of PT. DITAPURI WARANAWA, ISO 9001 : 2008;
- 1 (Satu) lembar foto copy Certificate EMS-IND/0074-C the Management System of PT. DITAPURI WARANAWA, ISO 14001 : 2004;
- 2 (Dua) lembar foto copy sertifikat BPJS Kesehatan PT. DITAPURI WARANAWA No. 03690853;
- 1 (Satu) lembar foto copy Petikan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor : 143 TAHUN 2016 tentang penetapan perusahaan penerima sertifikat system managemen keselamatan dan kesehatan kerja tanggal 16 Mei 2016 berikut 2 (Dua) lembar foto copy lampiran;
- 1 (Satu) bendel foto copy Laporan Keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2014 dan Laporan Auditor Independen PT. DITA PUTRI WARANAWA;
- 1 (Satu) bendel foto copy Laporan Keuangan untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2015 dan Laporan Auditor Independen PT. DITA PUTRI WARANAWA;
- 1 (Satu) bendel foto copy Company Profil CV. Mukti Design Consultan;
- Uang tunai sebesar Rp. 6.700.000,- (Enam juta tujuh ratus ribu rupiah);
- Uang tunai sebesar Rp. 7.000.000,- (Tujuh juta rupiah);
- 1 (Satu) buah HP Merk Xiaomi Model Mi A2 warna merah Nomor IMEI 1 : 868131030179166 dan IMEI 2 : 868131030179174. Nomor SIM Card : 081249001100;
- 1 (Satu) buku rekening Bank Mandiri Cab. Jember an. M. FARIZ HIDAYAT;
- 1 (Satu) buku tabungan BNI Cab. Melawai Raya atas nama Bpk. IRAWAN SUGENG WIDODO;
- 1 (Satu) buku asli Akta Pendirian Perseroan Terbatas ?PT. MAKSI SOLUSI ENJINERING? Nomor 75 tanggal 30 April 2015;
- 1 bendel asli print out rekening bank BCA nomor rekening 2320285375 an. BADRUSSALAM periode November 2018;
- 1 bendel asli print out rekening bank BCA nomor rekening 2320285375 an. BADRUSSALAM periode Desember 2018;
- 1 bendel asli print out rekening bank BNI nomor rekening 0777886414 an. BADRUSSALAM periode tanggal 05 Desember 2018 s/d 27 Juni 2019;
- 1 bendel asli print out rekening bank BNI nomor rekening 0112260112 an. BADRUSSALAM periode tanggal 03 Januari 2019 s/d 03 Maret 2019;
- 1 lembar asli formulir pemindahbukuan bank BNI dari nomor rekening 0112260112 ke rekening 0168776871 an. FITRIANTI senilai Rp. 245.000.000,- tanggal 03 Januari 2019;
- 1 lembar asli formulir pemindahbukuan bank BNI dari nomor rekening 0112260112 ke rekening 0588555588 an. PT. GRIYA ARTHA LANGGENG SEJAHTERA senilai Rp. 29.000.000,- tanggal 03 Januari 2019;
- 1 lembar asli formulir kiriman uang bank BNI dari nomor rekening 0112260112 ke rekening BCA 26404293671 an. ARJALI senilai Rp.800.000.000,- tanggal 03 Januari 2019;
- 1 lembar asli formulir kiriman uang bank BNI dari nomor rekening 0112260112 ke rekening BCA 0561511330 an. ALAMSYAH PURBAKALA senilai Rp.235.000.000,- tanggal 03 Januari 2019;
- 1 lembar asli kuitansi tandaterima dari BADRUSSALAM senilai Rp. 95.000.000,- pinjaman modal kerja tanggal 8 Nopember 2018 ditandatangani EDI S. A RAHMAN;
- 1 lembar asli kuitansi tandaterima dari BADRUSSALAM senilai Rp. 50.000.000,- pinjaman modal kerja tanggal 30 Nopember 2018 ditandatangani EDI S. A RAHMAN;
- 1 lembar asli kuitansi tandaterima dari BADRUSSALAM senilai Rp.120.000.000,- DP untuk WF tanggal 10 Desember 2018 ditandatangani DENNY SUMANTRI;
- 1 lembar asli kuitansi tandaterima dari BADRUSSALAM senilai Rp.350.000.000,- DP pasar Jember tanggal 12 Desember 2018 ditandatangani DENNY SUMANTRI;
- 1 lembar asli kuitansi tandaterima dari GUSTI ASTAWA senilai Rp. 100.000.000,- untuk pembayaran Jaminan satu unit mobil Suzuki Ertiga Nopol DR-1608 DK tahun 2016 akan diselesaikan pada tanggal 1 Januari 2019;
- 3 lembar asli prin out BNI nomor rekening bank BNI nomor rekening 0112260112 an. BADRUSSALAM periode 01 Oktober 2018 s/d 31 Desember 2018;
- 1 lembar asli print out rekening bank BCA nomor rekening 2320285375 an. BADRUSSALAM periode Januari 2019;
- 1 lembar asli bukti transfer Link tanggal 24 Desember 2018 dari Bank BNI ke Bank BRI nama pengirim BADRUSSALAM nama penerima AGUS SETIAPERMANA senilai Rp. 4.500.000,- (Empat juta lima ratus ribu rupiah);
- 1 lembar asli bukti transfer Link tanggal 31 Desember 2018 dari Bank BNI ke Bank BRI nama pengirim BADRUSSALAM nama penerima AGUS SETIAPERMANA senilai Rp. 1.000.000,- (Satu juta rupiah);
- Uang tunai sebesar Rp. 37.100.000,- (Tiga puluh tujuh juta seratus ribu rupiah);
- Membebankan biaya perkara kepada Negara ;
Putusan PN SURABAYA Nomor 30/Pid.Sus-TPK/2020/PN Sby |
|
Nomor | 30/Pid.Sus-TPK/2020/PN Sby |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2020 |
Tanggal Register | 5 Mei 2020 |
Lembaga Peradilan | PN SURABAYA |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua H. Hisbullah Idris |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Emma Ellyani, Br Hakim Anggota Mochamad Mahin |
Panitera | Panitera Pengganti: Sutris |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | BEBAS DARI DAKWAAN |
Catatan Amar |
Digunakan dalam berkas perkara atas nama EDI SHANDY ABDUR RAHMAN, SE; |
Tanggal Musyawarah | 15 September 2020 |
Tanggal Dibacakan | 15 September 2020 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada
Statistik
Statistik
449
615