- Menyatakan Terdakwa SYAMSUL ALAM SYAM alias SYAMSU tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan Kesatu Primair Jaksa Penuntut Umum ;
- Membebaskan Terdakwa SYAMSUL ALAM SYAM alias SYAMSU oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut ;
- Menyatakan Terdakwa SYAMSUL ALAM SYAM alias SYAMSU terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?Turut Serta Melakukan Korupsi? sebagaimana dakwaan Subsidair dan tindak pidana ?Pencucian Uang ? sebagaimana dakwaan Kedua Jaksa Penuntut Umum ;
- Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada Terdakwa SYAMSUL ALAM SYAM alias SYAMSU dengan pidana penjara selama 7 (tujuh) tahun dan denda sebesar Rp 100.000.000.- (seratus juta rupiah), dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 4 (empat) bulan ;
- Membebankan kepada Terdakwa SYAMSUL ALAM SYAM alias SYAMSU dengan pidana tambahan berupa uang pengganti sebesar Rp 2.019.000.000,- (dua miliar sembilan belas juta rupiah) dengan ketentuan jika terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama 1(satu) bulan, sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dan dalam hal ini terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka dipidana penjara selama 2 (dua) tahun ;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan kepadanya ;
- Menetapkan Terdakwa tetap ditahan ;
- Menetapkan barang bukti berupa :
- Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara di kedua tingkat peradilan dalam tingkat banding ditetapkan sebesar Rp 5.000,- (lima ribu rupiah) ;
Putusan PT JAYAPURA Nomor 24/PID.TPK/2016/PT JAP |
|
Nomor | 24/PID.TPK/2016/PT JAP |
Tingkat Proses | Banding |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Korupsi Pidana Khusus |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2016 |
Tanggal Register | 9 Juni 2016 |
Lembaga Peradilan | PT JAYAPURA |
Jenis Lembaga Peradilan | PT |
Hakim Ketua | Imanuel Sembiring |
Hakim Anggota | Supriyono, Brjosner Simanjuntak |
Panitera | Tommy I. K. Medellu.. |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | DIPERBAIKI |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I ~~ Menerima permintaan banding dari Pembanding/Jaksa Penuntut Umum pada Kantor Kejaksaan Negeri Manokwari ; ~~ Mengubah putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Manokwari tanggal 25 April 2016 Nomor 24/Pid.Sus.-Tpk/2015/PN Mnk yang dimintakan banding tersebut, mengenai lamanya pemidanaan yang dijatuhkan kepada terdakwa, yang selengkapnya berbunyi sebagai berikut : 1. 1 (satu) bendel Dokumen Tanda Terima Jasa Pelabuhan / Nota Tagihan Jasa Pelabuhan Periode Bulan Januari 2010 sampai dengan Bulan Oktober 2014. 2. 1 (satu) bendel Dokumen Berita Acara Tanda Terima untuk Periode Bulan Januari 2010 sampai dengan Bulan Oktober 2014. 3. 1 (satu) bendel Dokumen LNG Vessel Port Log Periode Bulan Januari 2010 sampai dengan Bulan Oktober 2014. 4. 1 (satu) bendel foto copy Bukti Pembayaran Port Dues Kapal Tanker MV. MIN LU dan MV. MIN RONG Periode Bulan April 2011 sampai dengan Bulan Desember 2011. 5. 1 (satu) bendel foto copy Bukti Pembayaran Port Dues Kapal Tanker MV. MIN LU dan MV. MIN RONG Periode Bulan Januari 2012 sampai dengan Bulan Desember 2012. 6. 1 (satu) bendel foto copy Bukti Pembayaran Port Dues Kapal Tanker MV. MIN LU dan MV. MIN RONG Periode Bulan Januari 2013 sampai dengan Bulan Desember 2013 7. 1 (satu) bendel Dokumen Laporan Kegiatan Operasional TERSUS / TUKS LNG Tangguh Periode Januari 2011 sampai dengan November 2014. 8. 1 (satu) bendel Dokumen Laporan Kegiatan Operasional Pemanduan dan Penundaan Kapal Periode Januari 2011 sampai dengan November 2014. 9. 1 (satu) bendel foto copy Bukti Pembayaran Port Dues Kapal Tanker MV. MIN LU dan MV. MIN RONG Periode Bulan Januari sampai dengan Bulan Desember 2014. 10. 1 (satu) bendel foto copi Cek Pembayaran Nota Tagihan Jasa Pelabuhan yang sudah divalidasi oleh Bank BRI Cabang Bintuni. 11. 1 (satu) bendel foto copi sesuai asli dari bagian Kontrak No. STCU-0035A tanggal 28 Januari 2009 antara BP Berau Ltd dan PT. Pelayaran Kanaka Dwimitra Manunggal yang menunjukkan ruang lingkup pekerjaan PT. Pelayaran Kanaka Dwimitra Manunggal. 12. 1 (satu) bendel foto copi sesuai asli dari bagian Kontrak No. 4420000230 tanggal 26 Juli 2012 antara BP Berau Ltd dan PT. Pelayaran Kanaka Dwimitra Manunggal yang menunjukkan ruang lingkup pekerjaan PT. Pelayaran Kanaka Dwimitra Manunggal beserta terjemahan Bahasa Indonesia dari ruang lingkup pekerjaan PT. Pelayaran Kanaka Dwimitra Manunggal. 13. 1 (satu) bendel Dokumen Rekapitulasi Pembayaran Tagihan Jasa Pelabuhan periode tahun 2010 sampai dengan tahun 2014. 14. 1 (satu) bendel foto copy Tanda Terima atas Pembayaran Tagihan Jasa Pelabuhan dari PT. Kanaka Dwimitra Manunggal kepada Kantor Pelabuhan Bintuni periode 11 Februari 2011 ? 26 Agustus 2014. 15. 1 (satu) buah Buku Kas Umum tahun 2010 ? 2011. 16. 1 (satu) buah Buku Kas Umum tahun 2011 ? 2012. 17. 1 (satu) buah Buku Kas Umum tahun 2012 ? 2013. 18. 2 ( dua ) buah Buku Kas Umum tahun 2013. 19. 1 (satu) buah Buku Bantu. 20. 1 (satu) buah Arsip SBNP Rambu / Kenavigasian 2014 (satu) buah Arsip SBNP Rambu / Kenavigasian 2014. 21. 1 (satu) buah Arsip SBNP PUJK / Jasa Kepelabuhanan 20141 (satu) buah Arsip SBNP PUJK / Jasa Kepelabuhanan 2014. 22. 1 (satu) buah Arsip Jasa PUP / Pengawakan 2014. 23. 1 (satu) bendel Arsip Rekon 2014. 24. 1 (satu) bendel Nota Tagihan Bulan Januari ? Juli 2014. 25. 1 (satu) bendel Nota Tagihan Tahun 2012 ? 2013. 26. 1 (satu) bendel Nota Tagihan Tahun 2013. 27. 1 (satu) bendel Nota Tagihan Tahun 2012. 28. 1 (satu) buah Buku Kas Pembantu PUJK Bulan September 2013 ? November 2014. 29. 1 (satu) buah Buku Kas Pembantu Pengawakan / ABK Bulan September 2013 ? November 20141 (satu) buah Buku Kas Pembantu Pengawakan / ABK Bulan September 2013 ? November 2014. 30. 1 (satu) buah Buku Kas Pembantu Rambu / Kenavigasian dari Bulan September 2013 ? November 2014. 31. 51 (lima puluh satu) Berkas PUJK, Rambu dan ABK Tahun 2012. 32. 19 (sembilan belas) berkas PUJK, Rambu dan ABK Tahun 2013 19 (sembilan belas) berkas PUJK, Rambu dan ABK Tahun 2013. 33. 8 (delapan) berkas PUJK, Rambu dan ABK Belan Januari ? Mei 2014. 34. 14 (empat belas) bendel Buku Kwitansi Pembayaran. 35. 1 (satu) bendel Catatan Setoran PNBP Bulan Februari ? Agustus 2014. 36. 6 (enam) lembar Slip Pengiriman Bank Mandiri. 37. 7 (tujuh) lembar Nota Pembayaran. 38. 1 (satu) bendel Bukti Setoran SSBP Tahun 2011 ? 2013. 39. 1 (satu) bendel Arsip Jasa PUJK Kepelabuhanan 2011. 40. 1 (satu) bendel Arsip Jasa SBNP Kenavigasian 2011. 41. 1 (satu) bendel Arsip Jasa PUP Pengawakan 2011. 42. 1 (satu) bendel Arsip Nota Tagihan Jasa Pelabuhan Tahun 2011 ? 2014. 43. 1 (satu) bendel Laporan Bulanan Bulan September ? November 2014 PUJK, Kenavigasian dan Pengawakan. 44. 1 (satu) bendel Bukti SSBP Bulan Januari ? Oktober 2014. 45. 1 (satu) bendel Konsep T2UPT Februari ? April 2011. 46. 3 (tiga) lembar Slip Setoran Bank BRI an. DJANURI. 47. 1 (satu) lembar Slip Setoran Bank Mandiri an. Kantor Pelabuhan Bintuni. 48. 4 (empat) lembar tanda terima Pembayaran dari BP Tangguh ke PT. KANAKA. 49. 1 (satu) foto copy Surat Keputusan Menhub Nomor : KP.207 / 7 / 16 / Phb-93, tanggal 07 April 1993 tentang Pengangkatan sebagai CPNS1 (satu) foto copy Surat Keputusan Menhub Nomor : KP.207 / 7 / 16 / Phb-93, tanggal 07 April 1993 tentang Pengangkatan sebagai CPNS. 50. 1 (satu) foto copy Surat Petikan Keputusan Menhub Nomor : KP.301 / 4 / 16 / PHB-94, tanggal 07 November 1994 tentang Pengangkatan sebagai PNS. 51. 1 (satu) foto copy Surat Petikan Keputusan Dirjen Perhubungan Laut Nomor : KP.103 / 105 / 7 / DJPL-12, tanggal 09 Juli 2012 tentang Kenaikan Pangkat Jabatan Fungsional. 52. 1 (satu) bendel foto copy SSBP periode Januari ? Desember 2011. 53. 1 (satu) bendel foto copy SSBP periode Januari ? Desember 2012. 54. 1 (satu) bendel foto copy SSBP periode Januari ? Desember 2013. 55. 1 (satu) bendel foto copy SSBP periode Januari ? September 2014. 56. 1 (satu) bendel Nota, Kwitansi dan Bukti Transfer periode Tahun 2011 sampai dengan Tahun 2014. 57. 1 (satu) bendel yang terdiri atas 32 Lembar Nota Pembayaran, 1 lembar Kwitansi Pembayaran, 14 lembar Slip Pengiriman dari Bank Mandiri dan 4 lembar Surat Permohonan Bantuan periode tahun 2011. 58. 1 (satu) bendel yang terdiri atas 29 lembar Nota Pembayaran, 4 lembar Kwitansi Pembayaran, 4 lembar Slip Pengiriman dari Bank Mandiri, 5 lembar Bukti Terima Kiriman Surat Kilat Khusus dari Kantor Pos dan 17 lembar Surat Permohonan Bantuan periode tahun 2012. 59. 1 (satu) bendel yang terdiri atas 4 lembar Nota Pembayaran, 2 lembar Kwitansi Pembayaran, 15 lembar Slip Pengiriman dari Bank Mandiri, 2 lembar Slip Pengiriman dari Bank BRI dan 1 lembar Surat Permohonan Bantuan periode tahun 2013. 60. 1 (satu) bendel yang terdiri atas 13 lembar Nota Pembayaran, 8 lembar Kwitansi Pembayaran, 3 Lembar Slip Pengiriman dari Bank Mandiri, 3 lembar Slip Pengiriman dari Bank BRI, dan 1 lembar Surat Keterangan Jalan an. PITER FENETIRUMA periode tahun 2014. 61. 1 (satu) lembar Surat Perintah Pelaksanaan Tugas Nomor : UK.941 / 03 / 01 / Kpl. Btn ? 2011, tanggal 13 Desember 2011 yang ditandatangani oleh Kepala Kantor UPP Bintuni saudara TAVIP O. MANOBI tentang penugasan saudara MARTHINUS IMBAB selaku Pelaksana Harian Kepala Kantor UPP Bintuni dikarenakan Kepala Kantor dinas keluar daerah di Jakarta. 62. 1 (satu) lembar Laporan Kegiatan Operasional Tersus / Tuks LNG Tangguh periode Maret 2012. 63. 1 (satu) lembar Laporan Bulanan Kegiatan Operasional di Pelabuhan yang tidak diusahakan TK. II, tanggal 30 Maret 2012. 64. 1 (satu) lembar Laporan Kegiatan Operasional Pelsus / Duks LNG Tangguh Periode Juni 2012. 65. 1 (satu) lembar Laporan Bulanan Kegiatan Operasional di Pelabuhan yang tidak diusahakan TK. II, tanggal 30 Juni 2012. 66. 1 (satu) lembar Laporan Kegiatan Operasional Tersus / Tuks LNG Tangguh periode Juli 2012. 67. 1 (satu) lembar Laporan Harian Kegiatan Operasional Pemanduan dan Penundaan Kapal periode Juli 2012. 68. 1 (satu) lembar Laporan Bulanan Kegiatan Operasional di Pelabuhan yang tidak diusahakan TK. II, tanggal 31 Juli 2012. 69. 1 (satu) lembar Laporan Harian Kegiatan Operasional Pemanduan dan Penundaan Kapal periode Agustus 2012. 70. 1 (satu) lembar Laporan Bulanan Kegiatan Operasional di Pelabuhan yang tidak diusahakan TK. II, tanggal 31 Agustus 2012. 71. 1 (satu) lembar Laporan Kegiatan Operasional Tersus / Tuks LNG Tangguh periode Oktober 2012. 72. 1 (satu) lembar Laporan Bulanan Kegiatan Operasional di Pelabuhan yang tidak diusahakan TK. II, tanggal 31 Oktober 2012. 73. 1 (satu) lembar Laporan Harian Kegiatan Operasional Pemanduan dan Penundaan Kapal periode Desember 2012. 74. 1 (satu) lembar Laporan Bulanan Kegiatan Operasional di Pelabuhan yang tidak diusahakan TK. II, tanggal 31 Desember 2012. 75. 1 (satu) lembar Laporan Bulanan Kegiatan Operasional di Pelabuhan yang tidak diusahakan TK. II, tanggal 28 Februari 2013. 76. 1 (satu) bendel Rekening Koran BRITAMA JUNIO dari Bank BRI KC. Bintuni an. DJANURI dengan No. Rek. : 1080-01-005439-50-2 tertanggal 01/08/12 ? 31/12/14. 77. 1 (satu) bendel Rekening Koran BRITAMA JUNIO dari Bank BRI KC. Bintuni an. DJANURI dengan No. Rek. : 1080-01-005440-50-3 tertanggal 01/08/12 ? 31/12/14. 78. 1 (satu) bendel Rekening Koran BRITAMA-IDR dari Bank BRI KC. Bintuni an. DJANURI dengan No. Rek. : 1080-01-001931-50-2 tertanggal 01/01/11 ? 31/12/14. 79. 1 (satu) buah Kartu ATM Bank BRI. 80. 1 (satu) bendel Rekening Koran dari Bank Mandiri Cabang Bintuni an. DJANURI dengan No. Rek. : 1600000323366 tertanggal 01/01/11 ? 18/05/15. 81. 1 (satu) buah Kartu ATM Bank Mandiri. 82. 1 (satu) bendel Rekening Koran Giro dari PT. Bank Papua Kantor Cabang Bintuni an. Kantor UPP Kelas III Bintuni dengan No. Rek. : 301 21.10.06.00236-1 tertanggal 01/09/14 ? 01/04/15. 83. 1 (satu) bendel Dokumen Rekapitulasi Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak ( PNBP ) untuk Kapal ? kapal di LNG Tangguh kepada Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Bintuni Tersus / Tuks Migas KKKS periode September 2014 s/d Desember 2014. 84. 1 (satu) lembar Bukti Tanda Terima dari PT. Kanaka Dwimitra Manunggal Cabang Bintuni senilai Rp 554.127.645,18 (lima ratus lima puluh empat juta seratus dua puluh tujuh ribu enam ratus empat puluh lima rupiah delapan belas sen) untuk Pembayaran Jasa Pelabuhan tertanggal 10 Juni 2011 yang diterima oleh saudara DJANURI dan Mengetahui Pelaksana Harian Kantor Pelabuhan Bintuni saudara YANCE KOIBUR. 85. 1 (satu) lembar Bukti Tanda Terima dari PT. Kanaka Dwimitra Manunggal Cabang Bintuni senilai Rp 554.618.727,31 (lima ratus lima puluh empat juta enam ratus delapan belas ribu tujuh ratus dua puluh tujuh rupiah tiga puluh satu sen) untuk Pembayaran Jasa Pelabuhan tertanggal 10 Juni 2011 yang diterima oleh saudara DJANURI dan Mengetahui Pelaksana Harian Kantor Pelabuhan Bintuni saudara YANCE KOIBUR. 86. 1 (satu) lembar Bukti Tanda Terima dari PT. Kanaka Dwimitra Manunggal Cabang Bintuni senilai Rp 267.625.479,11 (dua ratus enam puluh tujuh juta enam ratus dua puluh lima ribu empat ratus tujuh puluh sembilan rupiah sebelas sen) untuk Pembayaran Jasa Pelabuhan tertanggal 10 Juni 2011 yang diterima oleh saudara DJANURI dan Mengetahui Pelaksana Harian Kantor Pelabuhan Bintuni saudara YANCE KOIBUR. 87. 1 (satu) lembar Bukti Tanda Terima dari PT. Kanaka Dwimitra Manunggal Cabang Bintuni senilai Rp 1.588.472.773,01 (satu milyar lima ratus delapan puluh delapan juta empat ratus tujuh puluh dua ribu tujuh ratus tujuh puluh tiga rupiah satu sen) untuk Pembayaran Jasa Pelabuhan tertanggal 08 Agustus 2011 yang diterima oleh saudara DJANURI dan Mengetahui Pelaksana Harian Kantor Pelabuhan Bintuni saudara YANCE KOIBUR. 88. 1 (satu) lembar Bukti Tanda Terima dari PT. Kanaka Dwimitra Manunggal Cabang Bintuni senilai Rp 833.202.944,88 (delapan ratus tiga puluh tiga juta dua ratus dua ribu sembilan ratus empat puluh empat rupiah delapan puluh delapan sen) untuk Pembayaran Jasa Pelabuhan tertanggal 08 Agustus 2011 yang diterima oleh saudara DJANURI dan Mengetahui Pelaksana Harian Kantor Pelabuhan Bintuni saudara YANCE KOIBUR. 89. 1 (satu) buah exemplar foto copy Surat Perjanjian Kerja (Kontrak) Nomor : 01 / Kpl ? Btn / KJ / 2012, Pekerjaan Pembangunan Pagar Lingkungan TA 2012 pada Satuan Kerja Unit Penyelenggara Pelabuhan Bintuni tertanggal 10 Januari 2012 antara TAVIP ONISIAS jabatan Kepala Kantor Pelabuhan Bintuni selaku Kuasa Pengguna Anggaran yang selanjutnya disebut Pengguna Jasa dengan THERESIA LUSIANAK selaku Direktris CV. PILAR PRATAMA yang selanjutnya disebut Penyedia Jasa. 90. 1 (satu) buah exemplar foto copy Surat Perjanjian Kerja (Kontrak) Nomor : 03 / Kpl ? Btn / KJ / 2012, Pengadaan dan Penanaman Pohon Pelindung Lingkungan TA 2012 pada Satuan Kerja Unit Penyelenggara Pelabuhan Bintuni tertanggal 10 Januari 2012 antara TAVIP ONISIAS jabatan Kepala Kantor Pelabuhan Bintuni selaku Kuasa Pengguna Anggaran yang selanjutnya disebut Pengguna Jasa dengan THERESIA LUSIANAK selaku Direktris CV. PILAR PRATAMA yang selanjutnya disebut Penyedia Jasa. 91. 1 (satu) bendel Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP 80 tahun 2013 tentang Pemberhentian dengan Hormat Pengelola Anggaran Tahun 2012 dan Penunjukkan / Pengangkatan Pengelola Anggaran Tahun 2013 pada Kantor / UPT dan Satuan Kerja di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 92. 1 (satu) bendel Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP 90 tahun 2014 tentang Pemberhentian dengan Hormat Pengelola Anggaran Tahun 2013 dan Penunjukkan / Pengangkatan Pengelola Anggaran Tahun 2014 pada Kantor / UPT dan Satuan Kerja di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. 93. 1 (satu) buah Buku Kwitansi. 94. 12 (dua belas) lembar Kwitansi. 95. 1 (satu) lembar Setoran Tunai dari Bank BNI. 96. 2 (dua) lembar Bukti transfer dari Bank Mandiri. 97. 7 (tujuh) lembar Bukti Pembayaran jasa Telekomunikasi dari PT. TELKOM. 98. 7 (tujuh) lembar Nota Tagihan. 99. 2 (dua) lembar Bukti Transfer dari Bank BRI. 100. 2 (dua) lembar foto copy Petikan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: SK.4/KP.301/PHB.98 tentang Pengangkatan dan Penempatan Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Departemen Perhubungan tertanggal 10 Juli 1998. 101. 2 (dua) lembar fotocopy Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: SK.4/KP.301/DIKLAT.99 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil an. SYAMSU ALAM NIP. 120158977 tertanggal 25 Februari 1999. 102. 2 (dua) lembar fotocopy Petikan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor: SK. Tahun 2013 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan di Lingkungan Kementerian Perhubungan tertanggal 07 November 2013. 103. 1 (satu) bendel Polis Asuransi Jiwa Syariah dari Asuransi PRUDENTIAL dengan Nomor Polis: 10325583 an. SYAMSU ALAM SYAM tertanggal 15 Desember 2014. 104. 1 (satu) bendel Polis Asuransi Jiwa (Perorangan) Mitra BP-LINK dari Asuransi BUMI PUTERA dengan Nomor Polis: 14008490 an. SYAMSUL ALAM SYAM, M.Pd., M.Mar. tertanggal 07 Januari 2015. barang bukti berupa berupa dokumen-dokumen dari nomor urut 1 sampai dengan 104 tetap terlampir dalam berkas perkara ; |
Tanggal Musyawarah | 27 Juni 2016 |
Tanggal Dibacakan | 27 Juni 2016 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Lampiran
- Download Zip
- 24/PID.TPK/2016/PT_JAP.zip
- Download PDF
- 24/PID.TPK/2016/PT_JAP.pdf
Putusan Terkait
- Putusan terkait tidak ada