- Menyatakan Terdakwa UNGGUL SITORUS, ST, MT tersebut, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam dakwaan Primair;
- Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan tersebut;
- Menyatakan Terdakwa UNGGUL SITORUS, ST, MT terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan ?TINDAK PIDANA KORUPSI secara bersama-sama? sebagaimana didakwakan dalam dakwaan Subsidair;
- Menjatuhkan pidana penjara terhadap Terdakwa selama 1 (satu) tahun, denda sebesar Rp.50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 1 (satu) bulan;
- Menetapkan agar Terdakwa tetap ditahan;
- Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan kepadanya;
- Menetapkan barang bukti berupa :
- 1 (satu) exampler copy legalisir kontrak Nomor:11/SPP/PPK-BP/DAK-T/DPU/2015 tanggal 23 Nopember 2015
- 1 (satu) Set Asli Foto Dokumentasi Lapangan (tahap I)
- 1 (satu) lembar Asli Permohonan Termyn 85% Fisik 90% dari pihak rekanan kepada PPK Nomor: 65/CV.DR/XII/2015 tanggal 23 Desember 2015
- 1 (satu) lembar Asli Permohonan Pembayaran termyn 85% dari PPK kepada Kepala Dinas PU Nomor : 20.c/PPK-BP/DAK-T/DPU/2015 tanggal 23 Desember 2015
- 1 (satu) set Asli Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan dilampirkan dengan Progres Pekerjaan Nomor 0381/BAP/DPU/2015 tanggal 28 Desember 2015
- 1 (satu) lembar Asli Surat Pernyataan Tanggungjawab Belanja dari Kepala Dinas PU Nomor : 600/0381 /DPU/2015 tanggal 28 Desember 2015
- 1 (satu) lembar Asli Berita Acara Persetujuan Pembayaran Termyn 1-85% dari Kepala Dinas PU Nomor: 0381/BAPP/2015 tanggal 28 Desember 2015
- 1 (satu) lembar Asli Kwitansi tanda terima SPP dan SPM tanggal 28 Desember 2015 senilai Rp.1.586.949.915,00
- 1 (satu) set Asli Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS) Nomor : 0381/SPP/LS/1.03.01/2015 tahun 2015 tanggal 28 Desember 2015 senilai Rp. 1.586 949.915,00
- 1 (satu) lembar Asli Nota Dinas Kadis PU Kab. Tapanuli Tengah tanggal 28 Desember 2015 Nomor: 600/0381/PUK/II2015 perihal Mohon Persetujuan Pembayaran Termyn 1-85% dengan kemajuan fisik 90%
- 1 (satu) lembar copy legalisir Surat Perintah Pencairan Dana Nomor: SPM .0381/SPM/LS/1 03.01/2015 tanggal 28 Desember 2015 dari Kuasa BUD Nomor : 2103/SP2D/BL-LS/2015 tanggal 30 Desember 2015 kepada Hotman Simanjuntak Wakil Direktur CV. Dame Rumata senilai Rp. 1.586.949.915,00
- 1 (satu) set Asli surat PPKD Selaku BUD Nomor: 0509/SPD/BL/2015 tahun 2015 tentang Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah TA. 2015 ditandatangani Kadis PPKD tanggal 14 Desember 2015
- 1 (satu) set copy legalisir Surat Persetujuan Melanjutkan Pekerjaan dari PPK yang disetujui oleh Kepala Dinas PU Nomor :11/SPMP/PPK/BP/DAK-T/DPU/2015 tanggal 31 Desember 2015
- 1 (satu) set Asli Berita Acara Penyerahan Pekerjaan (PHO) Nomor : 142/BAPP/CK-PU/2016 tanggal Januari 2016 bersama dengan 1(satu) set Berita Acara Hasil Pemeriksaan Nomor: U2/BAHP/BP-PU/2016 tanggal 6 Januari 2016 yang dibuat oteh Panitia I Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Tengah TA. 2015 An. Sdr SAHRUL BADRI. ST dkk
- 1 (satu) set Asli Foto Dokumentasi Lapangan (tahap II)
- 1 (satu) lembar Asli Surat Permohonan Pembayaran 100% dan Pihak Rekanan kepada PPK Nomor: 12/CV DR/1/2016 tanggal 5 Januan 2016
- 1 (satu) lembar Asli Surat Permohonan Pembayaran 100% dan PPK kepada Kepala Dinas PU Nomor: 04 a/PPK-BP/DAK T/DPU/2016 tanggal 7 Januari 2016
- 1 (satu) lembar copy legalisir Jaminan Pemeliharaan Nomor Bond : IP0211041600115 Nilai Bond: Rp. 93.349 995 - dan PT. Asuransi Intra Asia
- 1 (satu) lembar Asli Berita Acara Serah Terima Pekerjaan Nomor 32/BASTP/DPU/2016 tanggal 06 Januari 2016
- 1 (satu) set Asli Hasil Pemeriksaan Fisik Selesai dengan lampiran progress pekerjaan 100% Nomor: 32/BAHPPFS/DPU/2016 tanggal 6 Januari 2016
- 1 (satu) lembar Asli Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan 100% Nomor: 32/BAP/DPU/2016 tanggal 6 Januari 2016 yang dibuat oleh Pengawas Lapangan dan Dirtek yang disetujui oleh PPK
- 1 (satu) lembar Asli Berita Acara Persetujuan Pembayaran Lunas 100% dari Kepala Dinas PU. Nomor :32/BAPP/2016 tanggal 10 Mei 2016
- 1 (satu) lembar Asli Surat Pernyataan Tanggungjawab Belanja Nomor: 600/32/DPU/2016 tanggal 11 Mei 2016
- 1 (satu) lembar Asli Kwitansi SPP dan SPM Nomor: 0032/SPM/LS/1.03.01/2016 tanggal 11 Mei 2016
- 1 (satu) set Asli SPP-LS Barang dan Jasa Nomor: 0032/SPP/LS/1.03.01/2016 tanggal 11 Mei 2016 ditandatangani oleh Unggul Sitorus, ST.MT selaku PPTK dan Nurhaijah Hutagalung selaku Bendahara Pengeluaran
- 1 (satu) set Asli Nota Dinas Kadis PU Tapteng tanggal 11 Mei 2016 Nomor: 600/32/PUK/2016 perihal Mohon pembayaran angsuran II 15%
- 1 (satu) set Asli Surat Penyediaan Dana Anggaran Belanja Daerah Nomor: 0138/SPD/BL/2016 TA. 2016 ditandatangani Kadis PPKAD tanggal 26 April 2016
- 1 (satu) lembar copy legalisir Surat Perintah Pencairan Dana Nomor: 0032/SPM/LS/1.03.01/2016 tanggal 11 Mei 2016 dari Kuasa BUD Pemkab Tapteng
- 1 (satu) lembar Asli Nota Kredit Denda Keterlambatan Atas Pekerjaan Rehabilitasi D.I Sorkam Barat seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat senilai Rp 14.935.999,20.-
- 1 (satu) lembar copy legalisir Tanda Penerimaan Untuk rekening AC.001 Subrekening Dinas PU Kab.Tapteng sejumlah Rp.14.935.999,20.- dengan keterangan Denda Keterlambatan atas Pekerjaan Rehabilitasi D.I Sorkam Barat seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kec. Sorkam dari CV. Dame Rumata
- 1(satu) set foto copy legalisir Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPPA SKPD) Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Tengah TA. 2015 No. 1.03 01 01 24 01 5 2 untuk kegiatan Rehabilitasi D.I. Sorkam Barat seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Surat POKJA 11-K ULP Barang dari Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor: 06116/ULP/Pokja 11-K/2015 tanggal 10 Nopember 2015 kepada Pimpinan CV. Douglas Mandiri perihal Undangan Pembuktian Kualifikasi
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Surat POKJA 11-K ULP Barang dan Jasa Pemenntah Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor 06/16/ULP/Pokja 11-K/2015 tanggal 10 Nopember 2015 kepada Pimpinan CV. Wesfandel Grup perihal Undangan Pembuktian Kuairfikasi
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Surat POKJA 11-K ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor : 06/16/ULP/Pokja 11-K/2015 tanggal 10 Nopember 2015 kepada Pimpinan CV. Dame Rumata perihal Undangan Pembuktian Kualifikasi
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Daftar Hadir Pada Acara Pembuktian Kualifikasi pada pekerjaan Rehabilitasi D.I Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Daftar SIMAK Pembuktian Kuairfikasi CV. Douglas Mandiri pada pekerjaan Rehabilitasi D.I Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat yang dibuat dan ditandatangani POKJA 11-K ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Pembuktian Kualifikasi Nomor :07/16/ULP/Pokja 11-K/2015 tanggal 12 Nopember 2015 atas CV Douglas Mandiri yang dibuat dan ditandatangani POKJA 11-K ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015 dengan kesimpulan Tidak Memenuhi
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Daftar SIMAK Pembuktian Kualifikasi CV. Wespandel Grup pada pekerjaan Rehabilitasi D.I Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat yang dibuat dan ditandatangani POKJA 11-K ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Pembuktian Kualifikasi Nomor: 07/16/ULP/Pokja 11-K/2015 tanggal 12 Nopember 2015 atas CV. Wespandel Grup yang dibuat dan ditandatangani POKJA 11-K ULPBarang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015 dengan kesimpulan Tidak Memenuhi
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Daftar SIMAK Pembuktian Kualifikasi CV. Dame Rumata pada pekerjaan Rehabilitasi D.I Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat yang dibuat dan ditandatangani POKJA 11-K ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Pembuktian Kualifikasi Nomor: 07/16/ULP/Pokja 11-K/2015 tanggal 12 Nopember 2015 atas CV. Dame Rumata yang dibuat dan ditandatangani POKJA 11-K ULP Barang dan Jasa Pemerintah KabupatenTapanuli Tengah TA.2015 dengan kesimpulan Memenuhi
- 1 (satu) lembar foto copy legalisir Berita Acara Evaluasi Kualifikasi Nomor: .05/ 16/ULP/Pokja 11-K/2015 untuk Proyek Rehabilitasi D.I Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat yang dibuat dan ditandatangani oleh seluruh POKJA ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015
- 1(satu) lembar foto copy legalisir Berita Acara Evaluasi Kewajaran Harga Nomor :04/16/ULP/Pokja 11-K/2015 untuk Proyek Rehabilitasi D.I Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat yang dibuat dan ditandatangani oleh seluruh POKJA ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015
- 1(satu) lembar foto copy legalisir Berita Acara Evaluasi Teknik Nomor :03/16/ULP/Pokja 11-K/2015 untuk Proyek Rehabilitasi D.I Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat yang dibuat dan ditandatangani oleh seluruh POKJA ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015
- 1(satu) lembar foto copy legalisir Berita Acara Evaluasi Administrasi Nomor :02/16/ULP/Pokja 11-K/2015 untuk Proyek Rehabilitasi D.I Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat yang dibuat dan ditandatangani oleh seluruh POKJA ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015
- 1(satu) lembar foto copy legalisir Berita Acara Hasil Pelelangan Nomor :98/16/ULP/Pokja 11-K/2015 untuk Proyek Rehabilitasi D.I Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat yang dibuat dan ditandatangani oleh seluruh POKJA ULP Barang dan Jasa Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah TA.2015
- 1(satu) set Penawaran Pekerjaan Rehabilitasi D.I. Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat Kabupaten Tapanuli Tengah
- 1(satu) set foto copy legalisir Rencana Anggaran Biaya (RAB), Peta Situasi Lokasi dan Gambar Irisan dimensi bangunan saluran rencana sepanjang 2.140 M serta Gambar Irisan 3 unit Bangunan Bagi Proyek DAK ? Program Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan Lainnya TA. 2015 untuk Proyek Rehabilitasi D.I. Sorkam Barat seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat.
- 1 (satu) set asli dokumen Laporan Harian, Mingguan dan Bulanan untuk Kegiatan Rehabilitasi D.I. Sorkam Barat Seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat
- 1(satu) lembar foto copy legalisir Surat Nomor :15/PPK-BP/DAK-T/DPU/2016 tanggal 06 Januari 2016 perihal Permintaan Rekomendasi kepada Pengawas Lapangan yang dibuat dan ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)
- 1(satu) lembar foto copy legalisir Surat Nomor :03/PL/BPI/DPU/ 2016 tanggal 06 Januari 2016 perihal Rekomendasi Progres Fisik yang dibuat dan ditandatangani oleh Pengawas Lapangan dan Direksi Teknik
- 1(satu) lembar foto copy legalisir Surat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor : 600/17/PUK/V/2016 perihal Instruksi Turun ke Lapangan kepada Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan Bidang Pengairan TA. 2015
- 1(satu) set foto copy legalisir Surat Keputusan Kepala Dinas PU. Tapteng Nomor :600/913.A/PUK/1/2015 tanggal 4 Agustus 2015 tentang Susunan Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan Bidang Pengairan Sumber Dana DAU, DAK/APBN TA.2015 Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Tengah An. SAHRUL BADRI, ST. dkk
- 1(satu) set foto copy legalisir Surat Keputusan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Tengah Nomor : 600/724A/PUK/I/2015 tanggal 1 Juli 2015 tentang Penghunjukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Bidang Pengairan Sumber Dana DAK Tambahan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Tengah TA. 2015 An. UNGGUL SITORUS, ST.MT.
- 1(satu) set foto copy legalisir Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Proyek DAK ? Program Pengembangan dan Pengelolaan Jaringan Irigasi, Rawa dan Jaringan Pengairan Lainnya TA. 2015 untuk Proyek Rehabilitasi D.I. Sorkam Barat seluas 200 Ha Desa Sorkam Barat Kecamatan Sorkam Barat
- 1(satu) set foto copy legalisir Surat Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Nomor: 16/PPK-BP/DAK-T/DPU/2016 tanggal 06 Januari 2016 kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Tengah perihal Permohonan Tim Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan Turun Memeriksa ke Lapangan
- 1(satu) set foto copy legalisir Surat Keputusan Kepala Dinas PU. Tapteng Nomor :600/919-B/PUK/I/2015 tanggal 14 Agustus 2015 tentang Penghunjukan Direksi Teknis Kegiatan Bidang Pengairan Sumber Dana DAK Tambahan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tapanuli Tengah TA. 2015 An. ADIANSYAH, ST.
- Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp.5.000,- (lima ribu rupiah);
Putusan PN MEDAN Nomor 1/Pid.Sus-TPK/2021/PN Mdn |
|
Nomor | 1/Pid.Sus-TPK/2021/PN Mdn |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2021 |
Tanggal Register | 14 Januari 2021 |
Lembaga Peradilan | PN MEDAN |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Syafril Pardamean Batubara |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Jarihat Simarmata, Br Hakim Anggota Felix Da Lopez |
Panitera | Panitera Pengganti: Hj. Syafrida Hafni, Brpanitera Pengganti Junain Arif |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI: Digunakan dalam berkas perkara HOTMAN SIMANJUNTAK dan SAHRUL BADRI, ST. |
Tanggal Musyawarah | 3 Juni 2021 |
Tanggal Dibacakan | 3 Juni 2021 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Pertama : 1/Pid.Sus-TPK/2021/PN Mdn
Statistik14524