Putusan PN PANGKAL PINANG Nomor 19/Pid.Sus-TPK/2018/PN Pgp |
|
Nomor | 19/Pid.Sus-TPK/2018/PN Pgp |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Korupsi Pidana Khusus |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2019 |
Tanggal Register | 29 Nopember 2018 |
Lembaga Peradilan | PN PANGKAL PINANG |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua I Nyoman Wiguna |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Haridi, Br Hakim Anggota Yelmi |
Panitera | Panitera Pengganti: Reza Ardhafi |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI: 1. Menyatakan Terdakwa Ir.Aldisar Qomara bin Jakoeb tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan Primair; 2. Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut; 3. Menyatakan Terdakwa Ir.Aldisar Qomara bin Jakoeb , telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi yang dilakukan secara bersama-sama sebagaimana dalam dakwaan Subsidair; 4. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Ir.Aldisar Qomara bin Jakoeb dengan pidana penjara selama 2 (dua) Tahun dan denda sejumlah Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) Bulan; 5. Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan; 6. Menetapkan barang bukti berupa: a. 1 (satu) berkas copy dokumen Pengadaan lelang Pekerjaan belanja rehabilitasi kerusakan ekosistem (penyiapan lahan, clean up,pembelian bibit,penanaman,pemupukan) di Badan Lingkungan hidup Pemerintah kota Pangkalpinang sumber dana APBN TA 2013; b.. 1 (satu) berkas copy dokumen Penawaran CV. KARTIKA untuk Pekerjaan belanja rehabilitasi kerusakan ekosistem (penyiapan lahan,clean up,pembelian bibit,penanaman,pemupukan) di Badan Lingkungan hidup Pemerintah kota Pangkalpinang sumber dana APBN TA 2013; c. 1 (satu) berkas copy dokumen Penawaran CV. BINA RAYA untuk Pekerjaan belanja rehabilitasi kerusakan ekosistem (penyiapan lahan,clean up,pembelian bibit,penanaman,pemupukan) di Badan Lingkungan hidup Pemerintah kota Pangkalpinang sumber dana APBN TA 2013; d. 1 (satu) berkas copy dokumen Penawaran CV. GLOBAL INVESTAMA untuk Pekerjaan belanja rehabilitasi kerusakan ekosistem (penyiapan lahan,clean up,pembelian bibit,penanaman,pemupukan) di Badan Lingkungan hidup Pemerintah kota Pangkalpinang sumber dana APBN TA 2013; e 1 (satu) berkas copy ADENDUM DOKUMEN PENGADAAN Nonor 02/ Pkja VII/ ULP/522141-RKE/X/2013; f. 1 (satu) berkas dokumen SDPSE (Standar Dokumen Pengadaan Secara Elektronik) Pekerjaan belanja rehabilitasi kerusakan ekosistem (penyiapan lahan,clean up,pembelian bibit,penanaman,pemupukan) di Badan Lingkungan hidup Pemerintah kota Pangkalpinang sumber dana APBN TA 2013; g. 1 (satu) berkas copy dokumen surat keputusan Pekerjaan belanja rehabilitasi kerusakan ekosistem (penyiapan lahan,clean up,pembelian bibit,penanaman,pemupukan) di Badan Lingkungan hidup Pemerintah kota Pangkalpinang sumber dana APBN TA 2013, terdiri dari : - Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2013 Tentang Kuasa Pengguna anggaran Satuan Kerja Pengguna Dana Tugas Pembantuan Bidang lingkungan hidup Tahun anggaran 2013, tanggal 4 Januari 2013 berikut lampirannya. - Surat Keputusan wali kota Pangkalpinang Nomor 316 tahun 2013 Tentang penunjukan kuasa pengguna anggaran (KPA) lingkup Pelaksanaan Tugas Pembantuan Bidang Lingkungan Hidup Pada badan lingkungan Hidup kota Pangkalpinang. - Surat Keputusan wali kota Pangkalpinang Nomor 313 tahun 2013 Tentang penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) lingkup Pelaksanaan Tugas Pembantuan Bidang Lingkungan Hidup Pada badan lingkungan Hidup kota Pangkalpinang. - Surat Keputusan wali kota Pangkalpinang Nomor 318 tahun 2013 Tentang Penunjukan Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar (SPM) lingkup Pelaksanaan Tugas Pembantuan Bidang Lingkungan Hidup Pada badan lingkungan Hidup kota Pangkalpinang. - Surat Keputusan wali kota Pangkalpinang Nomor 319 tahun 2013 Tentang Penunjukan Bendahara Pengeluaran lingkup Pelaksanaan Tugas Pembantuan Bidang Lingkungan Hidup Pada badan lingkungan Hidup kota Pangkalpinang. - Surat Keputusan wali kota Pangkalpinang Nomor 320 tahun 2013 Tentang Penunjukan Staf Pengelola Keuangan lingkup Pelaksanaan Tugas Pembantuan Bidang Lingkungan Hidup Pada badan lingkungan Hidup kota Pangkalpinang. - Surat Keputusan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang Nomor 78 tahun 2013 Tentang Penunjukan Panitia Kegiatan Pelaksanaan Tugas Pembantuan Bidang Lingkungan Hidup Badan lingkungan Hidup kota Pangkalpinang berikut lampirannya. - Surat Keputusan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang Nomor 78 tahun 2013 Tentang Penunjukan Panitia Kegiatan Pelaksanaan Tugas Pembantuan Bidang Lingkungan Hidup Badan lingkungan Hidup kota Pangkalpinang berikut lampirannya. - Surat Keputusan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang Nomor 70 tahun 2013 Tentang Perubahan Keputusan Kepala Badan Lingkungan Hidup Nomor 59 Tahun 2013 Penunjukan Panitia Kegiatan Rehabilitasi Kerusakan ekosistem Danau dan Perairan Darat lainnya lingkup Pelaksanaan Tugas Pembantuan Bidang Lingkungan Hidup Pada badan lingkungan Hidup kota Pangkalpinang berikut lampirannya. - Surat Keputusan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang Nomor 71 tahun 2013 Tentang Perubahan kedua Keputusan Kepala Badan Lingkungan Hidup Nomor 15 Tahun 2013 Penunjukan Panitia Panitia Penerima Hasil Pekerjaan Badan lingkungan Hidup kota Pangkalpinang berikut lampirannya. h. 1 (satu) berkas copy hasil survey Harga Perkiraan sendiri (HPS) Pekerjaan belanja rehabilitasi kerusakan ekosistem (penyiapan lahan,clean up,pembelian bibit,penanaman,pemupukan) di Badan Lingkungan hidup Pemerintah kota Pangkalpinang sumber dana APBN TA 2013; i. 1 (satu) berkas copy dokumen pelaksanaan Pekerjaan belanja rehabilitasi kerusakan ekosistem (penyiapan lahan,clean up,pembelian bibit,penanaman,pemupukan) di Badan Lingkungan hidup Pemerintah kota Pangkalpinang sumber dana APBN TA 2013, terdiri dari : - Penunjukan Penyedia untuk pelaksanaan Paket Pekerjaan Rehabilitasi Kerusakan ekosistem Danau dan Perairan darat lainnya Nomor : 027/847/BLH/XI/2013, Tanggal 21 November 2013 yang ditanda tangani PPK Ir. Aldisar Qomara. - Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) Nomor : 027/850/BLH/XI/2013, yang ditanda tangani PPK Ir. Aldisar Qomara dan Direktur CV. MAHANDIKA Sri Mulia Ika. - Surat Perjanjian untuk melaksanakan Paket Pekerjaan jasa lainnya: Rehabilitasi Kerusakan ekosistem Danau dan Perairan darat lainnya Nomor : 027/849/BLH/XI/2013, Tanggal 22 November 2013 yang ditanda tangani PPK Ir. Aldisar Qomara dan atas nama Penyedia CV. MAHANDIKA Sri Mulia Ika (Direktris) berikut lampiran kontrak. - Syarat-syarat Umum Kontrak (SSUK) yang ditanda tangani PPK Ir. Aldisar Qomara dan atas nama Penyedia CV. MAHANDIKA Sri Mulia Ika (Direktris). - JAMINAN PELAKSANAAN nomor Jaminan: K.PP00.SBBB.D.13.00103-0 PT. ASURANSI PAROLAMAS. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 22 November 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 23 November 2013. - Laporan Kemajuan Pekerjaan Mingguan CV. MAHANDIKA tanggal 22 November s.d 23 November 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 24 November 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 25 November 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 26 November 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 27 November 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 28 November 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 29 November 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 30 November 2013. - Laporan Kemajuan Kerja Mingguan CV. MAHANDIKA tanggal 24 s.d 30 November 2013. - Laporan Kemajuan Kerja Bulanan CV. MAHANDIKA tanggal 22 s.d 30 November 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 1 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 2 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 3 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 4 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 5 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 6 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 7 Desember 2013. - Laporan Kemajuan Pekerjaan mingguan CV. MAHANDIKA tanggal 1 s.d 7 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 8 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 9 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 10 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 11 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 12 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 13 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 14 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 15 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 16 Desember 2013. - Laporan Harian Pekerjaan CV. MAHANDIKA tanggal 17 Desember 2013. - Laporan Kemajuan Pekerjaan mingguan CV. MAHANDIKA tanggal 8 s.d 14 Desember 2013. - Laporan Kemajuan Pekerjaan bulanan CV. MAHANDIKA tanggal 1 s.d 17 Desember 2013. - Berita Acara serah Terima Hasil Pekerjaan Nomor : 027 / 933 / BLH / XII / 2013, Tanggal 17 Desember 2013. - Lampiran Berita Acara Serah Terima Hasil Pekerjaan Nomor : 027 / 933 / BLH / XII / 2013, Tanggal 17 Desember 2013. - Berita Acara Penyerahan Pekerjaan Nomor : 027 / 934 / BLH / XII / 2013, Tanggal 17 Desember 2013. - Lampiran Berita Acara Penyerahan Pekerjaan Nomor : 027 / 933 / BLH / XII / 2013, Tanggal 17 Desember 2013. - Surat Permohonan Pembayaran CV. MAHANDIKA, Tanggal 19 Desember 2013 Nomor : 40/CV-M/XII/2013 yan ditanda tangani oleh Direktur CV. MAHANDIKA. - Berita Acara Pembayaran Nomor : 900/936/BLH/XII/2013, tanggal 19 Desember 2013 yang ditanda tangani Kuasa Pengguna Anggaran Drs. Bani Baehaki, M.Eng dan Direktur CV. Mahandika SRI MULIA IKA. - Surat Permintaan Membayar tanggal 20 Desember 2013 Nomor : 00008/305147/2013 yang ditanda tangani PPK Ir. Aldisar Qomara dan Meiriyanti, ST. - Tanda Terima Surat Perintah Membayar KPPN Pangkalpinang. - Surat Perintah Membayar Tanggal : 20 Desember 2013 nomor :00008 yang ditanda tangani Pejabat Penanda Tangan SPM Meiriyanti, ST. - Surat Perintah Pencairan Dana tanggal 23 Desember 2013 yang ditanda tangani kepala seksi Pencairan Dana RUCHJAT NASIR HARTAWAN M. - Kartu Pengawasan Kontrak. - Surat Setoran Pajak Bendahara Pengeluaran Tugas pembantuan Badan Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang. - Surat Setoran Pajak CV. MAHANDIKA. j. 1 (satu) berkas copy dokumen Berita Acara Serah Terima Bibit Tanaman Pekerjaan belanja rehabilitasi kerusakan ekosistem (penyiapan lahan,clean up,pembelian bibit,penanaman,pemupukan) di Badan Lingkungan hidup Pemerintah kota Pangkalpinang sumber dana APBN tahun 2013 k. 1(satu) berkas dokumen penawaran CV.Mahandika untuk pekerjaan rehabilitasi kerusakan ekosistem pada Badan Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Pangkalpinang sumber Dana APBN tahun 2013, dikembalikan kepada Badan Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang melalui Terdakwa Aldisar Qomara 8. Menetapkan agar Terdakwa membayar biaya perkara Rp.10.000,-(sepuluhribu rupiah). |
Tanggal Musyawarah | 14 Februari 2019 |
Tanggal Dibacakan | 14 Februari 2019 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Pertama : 19/Pid.Sus-TPK/2018/PN Pgp
Statistik8936