Putusan PN TANJUNG KARANG Nomor 28/Pid.Sus-TPK/2021/PN Tjk |
|
Nomor | 28/Pid.Sus-TPK/2021/PN Tjk |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2021 |
Tanggal Register | 24 Juni 2021 |
Lembaga Peradilan | PN TANJUNG KARANG |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Hendro Wicaksono |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Gustina Aryani, Br Hakim Anggota Edi Purbanus |
Panitera | Panitera Pengganti Belta Marlina |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I 1. Menyatakan Terdakwa Pansuri, S.H., M.M. Bin Badrul tersebut diatas, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan Primer; 2. Membebaskan Terdakwa dari dakwaan Primer tersebut; 3. Menyatakan Terdakwa Pansuri, S.H., M.M. Bin Badrul terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama; 4. Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun dan denda sejumlah Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) Bulan; 5. Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan; 6. Menetapkan Terdakwa tetap ditahan; 7. Menetapkan barang bukti berupa : 1. 1 (satu) lembar Foto Copy sertifikat "AHLI PENGADAAN NASIONAL an DIDI SUJANA tanggal 22 Juli 2012"; 2. 1 (satu) lembar Foto Copy sertifikat "AHLI PENGADAAN NASIONAL an Ruri Astuti W., drh. tanggal 8 Juli 2014"; 3. 1 (satu) lembar Foto Copy sertifikat "AHLI PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH an Dwi Endah Mardi Utami, S.IP., M.M. tanggal 26 Februari 2016"; 4. 1 (satu) lembar Foto Copy sertifikat "AHLI PENGADAAN NASIONAL an Sus Nugroho, S.T. tanggal 22 Juli 2012"; 5. 1 (satu) lembar Foto Copy sertifikat "AHLI PENGADAAN NASIONAL an Surahman, S.T. tanggal 3 Januari 2011"; 6. Surat "KEPUTUSAN KEPALA ULP BARANG/JASA KOTA METRO NOMOR 001/KPTS/ULP/2018 tanggal 3 Januari 2018 Tentang Susunan Kelompok Kerja ULP Barang / jasa Kota Metro"; 7. 1 (satu) bundel "Permohonan lelang paket pekerjaan Rehab Pasar Cendrawasih APBD 2018 Nomor 261/D.18.3/2018 tanggal 21 Mei 2018"; 8. 1 (satu) bundel "penyampaian laporan hasil pelelangan Nomor 922/021/ULP/SETDA/05/2018 tanggal 4 Juli 2018"; 9. 1 (satu) bundel asli SURAT PERJANJIAN KONTRAK Nomor 01.01 LU/KTR/PRC/D.18.03/III/2018 tanggal 9 Maret 2018 antara Dinas Perdagangan Kota Metro dengan CV. Graha Naia tentang Paket Pekerjaan Rehab Pasar Cendrawasih; 10. 1 (satu) bundel ENGINERING ESTIMATE (EE) Tentang kegiatan peningkatan sarana prasarana pasar, pekerjaan rehabilitasi Pasar Cendrawasih, lokasi Pasar Cendrawasih tahun anggaran 2018; 11. 1 (satu) bundel Foto Copy GAMBAR RENCANA tentang kegiatan peningkatan sarana dan prasarana pasar, pekerjaan rehabilitasi Pasar Cendrawasih, lokasi Pasar Cendrawasih tahun anggaran 2018; 12. 1 (satu) bundel asli Laporan Pendahuluan Kegiatan peningkatan sarana dan prasarana pasar jasa konsultan pengawasan rehab Pasar Cendrawasih dengan Nomor Kontrak 07-PL/SPK/KM/PWS/D.18.03/VII/ 2018 tanggal kontrak 6 Juli 2018; 13. 1 (satu) bundel asli Laporan Kemajuan Pekerjaan kegiatan sarana dan prasarana pasar pekerjaan rehabilitasi Pasar Cendrawasih Kota Metro TA 2018; 14. 1 (satu) bundel asli Laporan Akhir kegiatan peningkatan sarana dan prasarana pasar pekerjaan jasa konsultan pengawasan rehab Pasar Cendrawasih pada Kantor Dinas Perdagangan Kota Metro dengan Nomor Kontrak 07-PL/SPK/KM/PWS/D.18.03/VII/2018 tanggal6 Juli 2018; 15. 1 (satu) bundel asli As Built Drawing Kegiatan Peningkatan Sarana dan Prasarana Pasar Pekerjaan Rehabilitasi Pasar Cendrawasih pada Pasar Cendrawasih Kota Metro Tahun Anggaran 2018; 16. 1 (satu) buah asli Surat Keputusan Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro Nomor 800/12.B/KPTS/D.18.03/I/2018 tanggal 9 Januari 2018 Tentang Penunjukan pejabat Pengawas Kegiatan Peningkatan Sarana dan Prasarana Pasar Tahun Anggaran 2018; 17. 1 (satu) buah asli Surat Keputusan Walikota Metro Nomor 163/KPTS/B-4/2018 tanggal 27 Februari 2018 Tentang Penunjukan Kuasa Pengguna Anggaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu Pada Dinas Perdagangan Kota Metro Tahun Anggaran 2018; 18. 1 (satu) buah asli Surat Keputusan Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro Nomor 800/II/KPTS/D.18.03/I/2018 tanggal 8 Januari 2018 Tentang Penunjukan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Pembantu Bendahara Pengeluaran dan Sekretaris pada Dinas Perdagangan Kota Metro Kegiatan Peningkatan Fasilitas Pasar Tahun Anggaran 2018; 19. 1 (satu) buah asli Perjanjian Pengadaan dan Pemasangan 1 (satu) unit escalator Merk MEILUN Proyek Pasar Cendrawasih Kota Metro Lampung Nomor 002/ELC/Esc/SP/VIII/18 Tanggal 23 Agustus 2018; 20. 1 (satu) buah asli ESCALATOR SPECIFICATION ZHEJIANG MEILUN ELEVATOR CO., LTD; 21. 1 (satu) lembar asli Berita Acara Pemasangan 1 (satu) Unit Escalator type ML35-1000 (9000 Persons/hour) merk Meilun untuk Proyek Pasar Cendrawasih Kota Metro-Lampung sesuai surat perjanjian Nomor 002/ELC/Esc/SP/VIII/18 tanggal 23 Agustus 2018. antara PT. Haberka Mitra Persada dengan CV. Elesconindo tanggal 17 Desember 2018; 22. 1 (satu) lembar asli kwitansi CV. Elesconindo Nomor 097/ELC/KW/VIII/18 tanggal 27 Agustus 2018; 23. 1 (satu) lembar asli kwitansi CV. Elesconindo Nomor 098/ELC/KW/VIII/18 tanggal 27 Agustus 2018; 24. 1 (satu) lembar asli kwitansi CV. Elesconindo Nomor 114/ELC/KW/X/18 tanggal 2 Oktober 2018; 25. 1 (satu) lembar asli kwitansi CV. Elesconindo Nomor 144/ELC/KW/XII/18 tanggal 10 Desember 2018; 26. 1 (satu) lembar asli kwitansi CV. Elesconindo Nomor 435/ELC/KW/VIII/18 tanggal 19 Desember 2018; 27. 1 (satu) bundel asli Surat Perjanjian Kontrak Nomor 07-PL/SPK/KM/PWS/D.18.03/VII/2018 tanggal 6 Juli 2018 antara Dinas Perdagangan Kota Metro dengan CV. Composit Consultant tentang Paket Pekerjaan Jasa konsultan pengawasan Rehab Pasar Cendrawasih; 28. 1 (satu) lembar asli dari CV. Composit Consultant Nomor 01/CC/RPC/DINPER/VIII/2018 tanggal 27 Agustus 2018 Perihal Surat Pemberitahuan Kemajuan Pekerjaan; 29. 1 (satu) lembar asli dari CV. Composit Consultant Nomor 02/CC/RPC/DINPER/VIII/2018 tanggal 1 Oktober 2018 Perihal Surat Pemberitahuan Kemajuan Pekerjaan; 30. 1 (satu) lembar asli dari CV. Composit Consultant Nomor 03/CC/RPC/DINPER/VIII/2018 tanggal 1 November 2018 Perihal Surat Pemberitahuan Kemajuan Pekerjaan; 31. 1 (satu) bundel asli SP2D Nomor 900/2222/LS/B-4/2018 tanggal 23 Juli 2018; 32. 1 (satu) bundel asli SP2D Nomor 900/3250/LS/B-4/2018 tanggal 19 September 2018; 33. 1 (satu) bundel asli SP2D Nomor 900/3929/LS/B-4/2018 tanggal 30 Oktober 2018; 34. 1 (satu) bundel asli SP2D Nomor 900/6254/LS/B.4/2018 tanggal 21 Desember 2018; 35. 1 (satu) bundel asli SP2D Nomor 900/3071/LS/B-4/2019 tanggal 20 Agustus 2019; 36. 1 (satu) bundel asli SURAT PERJANJIAN (KONTRAK) Nomor 01.02-LU/KTR/RPC/D.18.03/VII/2018 tanggal 10 Juli 2018 antara Dinas Perdagangan Kota Metro dengan PT. Haberka Mitra Persada tentang Paket Pekerjaan Rehab Pasar Cendrawasih; 37. 1 (satu) bundel rekapitulasi Nota Pembelian Ko Aan / Pak Yetno yang terlegalisir oleh PT. Sarana Cahaya Makmur dan ditandatangani oleh Tedi Hartono; 38. 1 (satu) lembar asli Nota dari Ko Aan tanpa tanggal bulan Juli 2018 sejumlah Rp57.950.000,00; 39. 1 (satu) lembar asli kwitansi pembayaran Nomor RC00015381 tanggal 22 September 2018 (22/09/2018) sebesar Rp300.000.000,00; 40. 1 (satu) lembar asli Kwitansi Pembayaran Nomor RC00016474 tanggal2 November 2018 sejumlah Rp150.000.000,00; 41. 1 (satu) lembar asli Kwitansi Pembayaran Nomor RC00016593 tanggal 6 November 2018 sejumlah Rp. 36.822.200,00; 42. 1 (satu) lembar asli Invoice Nomor JL00015776 tanggal 17 September 2018 yang telah di cap lunas tanggal 6 November 2018 sejumlah Rp39.425.000,00; 43. 1 (satu) lembar asli invoice Nota JL00015928 tanggal 22 September 2018 (22/09/2018) sebesar Rp. 3.850.000,00; 44. 1 (satu) bundel standar dokumen pengadaan secara elektronik metode e-lelang umum / pemilihan langsung dengan pascakualifikasi Dinas Perdagangan Kota Metro; 45. 1 (satu) bundel Bill Of Quantity (BOQ); 46. 1 (satu) bundel Spesifikasi Teknis Penjelasan Umum; 47. 1 (satu) bundel Gambar Rencana Kegiatan Peningkatan Sarana dan Prasarana Pasar Pekerjaan Rehabilitasi Pasar Cendrawasih Tahun Anggaran 2018; 48. 1 (satu) bundel Summary Report dengan Kode Lelang 826150; 49. 1 (satu) bundel Evaluasi Administrasi, Evaluasi Teknis, Evaluasi Harga, Evaluasi Kualifikasi; 50. 1 (satu) bundel Berita Acara Hasil Pelelangan Nomor 08.03//POKJA 4-ULP/KM/2018 Paket Pekerjaan Rehab Pasar Cendrawasih; 51. 1 (satu) bundel dokumen Penawaran Pekerjaan Rehabilitasi Pasar Cendrawasih Nomor 07-PEN/HHMP-BL/VI/2018 tanggal 7 Juni 2018; 52. 1 (satu) lembar kwitansi pembayaran kas bon pekerjaan atap Rp30.000.000,00 tanggal 27 Agustus 2018 yang diterima oleh Bambang; 53. 1 (satu) lembar kwitansi pembayaran kas bon pekerjaan atap Rp15.000.000,00 tanggal 1 September 2018 yang diterima oleh Bambang; 54. 1 (satu) lembar kwitansi pembayaran pekerjaan atap Rp15.000.000,00 tanggal 8 September 2018 yang diterima oleh Bambang; 55. 1 (satu) lembar kwitansi pembayaran pekerjaan atap Rp14.000.000,00 tanggal 15 September 2018 yang diterima oleh Bambang; 56. 1 (satu) lembar kwitansi pembayaran cicilan pekerjaan atap Rp7.500.000,00 tanggal 29 September 2018 diterima oleh Bambang; 57. 1 (satu) lembar kwitansi pembayaran cicilan pekerjaan atap Rp5.000.000,00 tanggal 13 Oktober 2018 diterima oleh Bambang; 58. 1 (satu) lembar kwitansi pembayaran pelunasan pekerjaan atap spandex 4660 M2 x Rp25.000,00 Rp116.500.000,00 sebesar Rp30.000.000,00 tanggal 30 Desember 2018 diterima oleh Bambang; 59. 1 (satu) lembar kwitansi cicilan pasangan pelapon Rp10.000.000,00 tanggal 3 November 2018 yang diterima oleh Bambang; 60. 1 (satu) lembar kwitansi sobek setengah untuk pembayaran cicilan ?.. dengan jumlah Rp5.500.000,00 tertulis angka 247; 61. 1 (satu) lembar kwitansi pelunasan pekerjaan plafon Rp4.000.000,00 tanggal 3 Desember 2018 yang diterima oleh Bambang; 62. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 31 Juli 2018 total bayar Rp2.825.000,00; 63. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 12 Agustus 2018 total bayar Rp3.669.000,00; 64. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 18 Agustus 2018 total bayar Rp1.400.000,00; 65. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 19 Agustus 2018 total bayar Rp2.240.000,00; 66. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 27 Agustus 2018 total bayar Rp1.400.000,00; 67. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 28 Agustus 2018 total bayar Rp1.400.000,00; 68. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 5 September 2018 total bayar Rp700.000,00; 69. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 1 September 2018 total bayar Rp1.400.000,00; 70. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 8 Oktober 2018 total bayar Rp447.500,00; 71. 1 (satu) lembar kwitansi tanggal 21 November 2018 total bayar Rp45.000,00; 72. 1 (satu) lembar nota pembayaran 300 baut Roefing 2 in Rp120.000,00 tanggal 14 September 2018 nama Pak Yitno; 73. 1 (satu) lembar nota pembayaran 300 roofing 5cm (2 in) Rp120.000,00 tanggal 14 September 2018 nama Pak Yitno; 74. 1 (satu) lembar nota pembayaran 500 baut roofing 2 in dan 3 mata gerinda provex Rp210.000,00 tanggal 19 September 2018 nama Pak Yitno; 75. 1 (satu) lembar nota pembayaran 1 mata bor kayu 10 x 230, 200 baut roofing 5 cm, 1 m amplas Rp120.000,00 tanggal 25 September 2018 nama Pak Yitno; 76. 1 (satu) lembar nota pembayaran 200 baut roofing Rp80.000,00 tanggal 29 September 2018 nama Pak Yitno; 77. 1 (satu) lembar nota pembayaran 300 baut roofing 5 cm, 1 buah ganco Rp245.000,00 tanggal 1 Oktober 2018 nama Pak Yitno; 78. 1 (satu) lembar nota pembayaran 200 sekrup roofing 5 cm, 1 m amplas, 1 saklar OB seri panso Rp113.000,00 tanggal 5 Oktober 2018 nama Pak Yitno; 79. 1 (satu) lembar nota pembayaran 300 baut roofing Rp120.000,00 tanggal 5 Oktober 2018 nama Pak Yitno; 80. 1 (satu) lembar nota pembayaran 300 baut roofing, 2kg paku 1.5, 2kg paku 2 in Rp182.000,00 tanggal 6 Oktober 2018 nama Pak Yitno; 81. 1 (satu) lembar nota pembayaran 150 baut roofing 5cm, 3 mata gerinda prohex Rp70.000,00 tanggal 8 Oktober 2018 nama Pak Yitno; 82. 1 (satu) lembar nota pembayaran 150 rofing Rp60.000,00 tanggal 16 Oktober 2018 nama Pak Yitno; 83. 1 (satu) lembar nota pembayaran TB. BERKAH JAYA 1000 baut kanal Rp200.000,00 tanggal 3 Oktober 2018; 84. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A18252881109 an. Haberka Mitra Persada dengan jumlah setor Rp67.462.818,00 tanggal 27 Juli 2018; 85. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A18253490466 an. Bend Rutin Dinas Pasar dengan jumlah setor Rp26.985.127,00 tanggal 27 Juli 2018; 86. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A18262333978 an. Haberka Mitra Persada dengan jumlah setor Rp67.462.818,00 tanggal 21 September 2018; 87. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A18262334326 an. Bend Rutin Dinas Pasar dengan jumlah setor Rp13.492.564,00 tanggal 21 September 2018; 88. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A18268636388 an. Haberka Mitra Persada dengan jumlah setor Rp67.462.818, tanggal 1 November 2018; 89. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A18269180224 an. Bend Rutin Dinas Pasar dengan jumlah setor Rp26.985.127,00 tanggal 1 November 2018; 90. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A18282274003 an. Haberka Mitra Persada dengan jumlah setor Rp101.194.227,00 tanggal 28 Desember 2018; 91. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A18282274200 an. Bend Rutin Dinas Pasar dengan jumlah setor Rp40.477.69100 tanggal 28 Desember 2018; 92. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A19318943421 an. Haberka Mitra Persada dengan jumlah setor Rp33.731.364,00 tanggal 22 Agustus 2019; 93. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak TX Nomor A19318942766 an. Bend Rutin Dinas Pasar dengan jumlah setor Rp13.492.545,00 tanggal 22 Agustus 2019; 94. 1 (satu) lembar Cetakan Kode Billing Dirjen Pajak an. Dinas Perdagangan Kota Metro dengan jumlah setor Rp13.492.563,00 tanggal 16 November 2020; 95. 1 (satu) bundel Foto Dokumentasi Kegiatan peningkatan sarana prasarana pasar tahun anggaran 2018 CV. Graha Naia; 96. 1 (satu) bundel laporan akhir kegiatan sarana dan prasarana pasar tahun anggaran 2018 konsultan perencana CV. Graha Naia; 97. 1 (satu) bundle laporan pendahuluan kegiatan sarana dan prasarana pasar tahun anggaran 2018 konsultan perencana CV. Graha Naia; 98. 1 (satu) bundle rekening koran dari PT. Bank Lampung an. nasabah HABERKA MITRA PERSADA dengan Norek 380.00.02.05959.8 periode 01/01/2018 s/d 31/12/2019 halaman 0001-0006 an. Operator Rafida dengan saldo awal tertulis RP3.189.931.268.50; 99. Uang tunai sebesar Rp25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah) pecahan seratus ribu sebanyak 250 lembar; 100. 1 (satu) buah surat Keputusan Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro Nomor 800/01-G/KPTS/D.18.01/2018 tanggal 2 Januari 2018 tentang Pembentukan Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan pada Dinas Perdagangan Kota Metro tahun Anggaran 2018; 101. 1 (satu) bundel survey harga escalator merk/type FUJITA, Bekasi tanggal 15 Mei 2018; 102. 1 (satu) bundel survey harga escalator merk/type VERA 30 1000R.4000, Jakarta tanggal 16 Mei 2018; 103. 1 (satu) bundel survey harga escalator merk/type SES 30-1000-4000 dengan harga Rp515.000.000,00 + ppn = Rp566.000.000,00; 104. 1 (satu) bundel survey harga escalator merk/type TAMIANG / TE4000.30 dengan harga Rp553.600.000,00 Jakarta tanggal 15 Mei 2018; 105. Uang tunai sebesar Rp456.680.000,00 (empat ratus lima puluh enam juta enam ratus delapan puluh ribu rupiah); 106. 1 (satu) bundel asli petikan Keputusan Walikota Metro Nomor 1 /KPTS/B-4/2018 tanggal 4 Januari 2018 tentang PENUNJUKAN PENGGUNA ANGGARAN, BENDAHARA PENGELUARAN DAN BENDAHARA PENERIMAAN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA METRO TAHUN ANGGARAN 2018; Dikembalikan kepada Jaksa Penuntut Umum untuk dipergunakan dalam perkara atas nama Terdakwa Suyitno; 8. Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 30 September 2021 |
Tanggal Dibacakan | 30 September 2021 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
-
Pertama : 28/Pid.Sus-TPK/2021/PN Tjk
Statistik900