- Menyatakan Terdakwa SILVANUS KHANEDY Anak dari F.S SEREN tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan Primair tersebut.
- Membebaskan Terdakwa SILVANUS KHANEDY Anak dari F.S SEREN dari dakwaan primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa SILVANUS KHANEDY Anak dari F.S telah terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ?korupsi secara bersama-sama? sebagaimana dalam dakwaan Subsidiair.
- Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa SILVANUS KHANEDY Anak dari F.S SEREN dengan penjara selama 2 (dua ) tahun dan denda sebesar Rp100.000.000,00 (seratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti dengan kurungan selama 3 (tiga) bulan.
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pdana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap ditahan;
- Menyatakan penyetoran ke kas desa di Bank Kalteng dengan nomor rekening 4050202003034 atas nama Kas Desa Kerabu oleh saksi Bambang Suharjo selaku Ketua TPK Desa Kerabu TA.2017 dengan bukti transaksi berupa slip penyetoran bank sejumlah Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) Tanggal 18 November 2021 dan penyetoran ke Kas Desa di Bank Kalteng dengan nomor rekening 4050202003034 atas nama Kas Desa Kerabu oleh Terdakwa Silvanus Khanedy dengan bukti transaksi berupa slip penyetoran bank sejumlah Rp 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah) Tanggal 11 November 2021, sebagai pengembalian kerugian keuangan negara/daerah cq. Keuangan Desa Kerabu.
- Menjatuhkan pidana tambahan terhadap Terdakwa SILVANUS KHANEDY Anak dari F.S SEREN berupa pembayaran uang pengganti sebesar Rp281.240.300,00 (dua ratus delapan puluh satu juta dua ratus empat puluh ribu tiga ratus rupiah) dan jika terdakwa tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap maka harta benda terdakwa dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dalam hal pelelangan harta benda terdakwa tersebut tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun.
- Memerintahkan barang bukti berupa :
- 1 (satu) lembar Rencana Anggaran Biaya (RAB) Pembangunan Rumah Betang Layang Tingang Kerabu Tahun anggaran 2017
- 1 (satu) bundel fotokopi Keputusan Kepala Desa Kerabu Nomor 13 Tahun 2017 tentang Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Kerabu Tahun Anggara 2017
- 1 (satu) bundel fotokopi Rencana Anggaran Biaya (RAB) Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat untuk pekerjaan Pembangunan Rumah Bentang Layang Tingang Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat dengan nilai Rp. 297.240.000 (dua ratus sembilan puluh tujuh juta dua ratus empat puluh ribu rupiah
- 1 (satu) lembar Kuitansi Asli tanggal Desember 2017 untuk pembayaran Pemugaran Patok/Tonggak dan Papan Nama Batas Antar Desa Tahun 2017 sebesar Rp. 27.000.000 (dua puluh tujuh juta rupiah)
- 1 (satu) lembar Kuitansi Asli tanggal Desember 2017 untuk pembayaran Pemugaran Patok/Tonggak dan Papan Nama Batas Antar Desa Tahun 2017 sebesar Rp. 27.000.000 (dua puluh tujuh juta rupiah)
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal Desember 2017 untuk pembayaran Pengadaan Alat Musik Tradisional Seperangkat Gong sebesar Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah)
- 1 (satu) lembar Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Tahun Anggaran 2017 untuk pembayaran Pengadaan Alat Musik Tradisional Seperangkat Gong sebesar Rp. 20.000.000 (dua puluh juta rupiah)
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal Desember 2017 untuk pembayaran Peremajaan Hutan Adat di Bukti Telawih Tahun 2017 sebesar Rp. 53.440.000 (lima puluh tiga juta empat ratus empat puluh ribu rupiah)
- 1 (satu) lembar Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Tahun Anggaran 2017 untuk pembayaran Peremajaan Hutan Adat di Bukti Telawih Tahun 2017 sebesar Rp. 53.440.000 (lima puluh tiga juta empat ratus empat puluh ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal 17 Juli 2017 untuk pembayaran Pembangunan Gedung Rumah Betang sebesar Rp. 55.000.000 (lima puluh lima juta rupiah);
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal 15 November 2017 untuk pembayaran Pelaksanaan Pembangunan Rumah Betang sebesar Rp. 86.286.600 (delapan puluh enam juta dua ratus delapan puluh enam ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Tahun Anggaran 2017 untuk pendanaan Pembangunan Rumah Bentang sebesar Rp. 86.286.600 (delapan puluh enam juta dua ratus delapan puluh enam ribu rupiah)\
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal 17 Juli 2017 untuk pembayaran Peremajaan Hutan Adat di Bukit Telawih Tahun 2017 sebesar Rp. 17.225.000 (tujuh belas juta dua ratus dua puluh lima ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal Desember 2017 untuk pembayaran Peremajaan Hutan Adat di Bukit Telawih Tahun 2017 sebesar Rp. 25.575.000 (dua puluh lima juta lima ratus tujuh puluh lima ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Tahun Anggaran 2017 tanggal 17 Juli 2017 untuk pendanaan Peremajaan Hutan Adat di Bukit Telawih Tahun 2017 sebesar Rp. 17.225.000 (tujuh belas juta dua ratus dua puluh lima ribu rupiah;
- 1 (satu) lembar Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Tahun Anggaran 2017 tanggal Desember 2017 untuk pendanaan Peremajaan Hutan Adat di Bukit Telawih sebesar Rp. 25.575.000 (dua puluh lima juta lima ratus tujuh puluh lima ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal Desember 2017 untuk pembayaran Pembangunan Perumahan Listrik dan Instalasi Listrik Kantor Desa sebesar Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah);
- 1 (satu) lembar Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Tahun Anggaran 2017 tanggal Desember 2017 untuk pendanaan Pembangunan Perumahan Listrik dan Instalasi Listrik Kantor Desa sebesar Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah);
- 1 (satu) bundel Buku kas umum (BKU) Dana Desa (DD) Semerster I Tahun Anggaran 2016 Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat;
- 1 (satu) bundel Buku kas umum (BKU) Dana Desa (DD) Semerster II Tahun Anggaran 2016 Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk pembayaran Pekerjaan Pembuatan Jalan dan perbaikan jalan desa Kerabu sebesar Rp. 65. 000.000 (enam puluh lima puluh juta rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Pos Keamanan Lingkungan Desa ditanda tangani oleh penerima MAHDI dengan uang sejumlah Rp.10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah) tanggal 11 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Pos Keamanan Lingkungan Desa ditanda tangani oleh penerima MAHDI dengan uang sejumlah Rp.5.000.000 (Lima Juta Rupiah) tanggal 05 Agustus 2016 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Sisa Pembangunan Rumah Bentang ditanda tangani oleh BAMBANG SUHARJO dengan uang sejumlah Rp.30.057.700 (Tiga puluh juta lima puluh tujuh ribu rupiah) tanggal 19 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pengadaan drong ditanda tangani oleh BAMBANG SUHARJO dengan uang sejumlah Rp.20.000.000 (dua puluh juta rupiah) tanggal 19 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Sarana Air Bersih ditanda tangani oleh BAMBANG SUHARJO dengan uang sejumlah Rp.53.440.000 (lima puluh tiga juta empat ratus empat puluh ribu rupiah) tanggal 19 Desember 2017 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Peremajaan Hutan Adat ditanda tangani oleh BAMBANG SUHARJO dengan uang sejumlah Rp.25.575.000 (dua puluh lima juta lima ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) tanggal 19 Desember 2017 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Perumahan Listrik ditanda tangani oleh BAMBANG SUHARJO dengan uang sejumlah Rp.50.000.000 (lima puluh juta rupiah) tanggal 19 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Patok Papan Nama dan Batas Desa ditanda tangani oleh BAMBANG SUHARJO dengan uang sejumlah Rp.27.000.000 (dua puluh tujuh juta rupiah) tanggal 19 Desember 2017 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Gedung Khusus Aula Kantor Desa ditanda tangani oleh SYAHRIAL dengan uang sejumlah Rp.73.909.441 (Tujuh puluh tiga juta sembilan ratus sembilan ribu empat ratus empat puluh satu rupiah) tanggal 16 Desember 2017 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran pekerjaan pembukaan jalan desa dengan uang sejumlah Rp.65.000.000 (enam puluh juta rupiah) tanggal 16 Desember 2017 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Gedung Aula ADD Tahap I ditanda tangani oleh SYAHRIAL dengan uang sejumlah Rp.61.775.000 (Enam puluh satu juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu rupiah) tanggal 08 Juni 2017 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Gedung Aula ADD Tahap I ditanda tangani oleh SYAHRIAL dengan uang sejumlah Rp.67.300.400 (enam puluh tujuh juta tiga ratus ribu empat ratus rupiah) tanggal 28 September 2017;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Upah Borongan untuk Gedung TK Ds. Kerabu ditanda tangani oleh SYAHRIAL dengan uang sejumlah Rp.966.350 (sembilan ratus enam puluh enam juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah) tanggal 21 Oktober 2016;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran sisa proyek tiang bendera tahap I DD ditanda tangani oleh MASTUR dengan uang sejumlah Rp.3.000.000 (Tiga juta rupiah) tanggal 15 November 2017 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Gedung Aula ADD Tahap III ditanda tangani oleh SYAHRIAL dengan uang sejumlah Rp.50.524.600 (Lima puluh juta lima ratus dua puluh empat ribu enam ratus rupiah) tanggal 10 November 2017 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan satu buah pos di seberang ditanda tangani oleh MASTUR dengan uang sejumlah Rp.32.000.000 (Tiga puluh dua juta rupiah) tanggal 12 Juli 2017 ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Peremajaan Hutan Adat Bukit Telawih ditanda tangani oleh MARTINUS dengan uang sejumlah Rp.17.225.000 (Tujuh belas juta dua ratus dua puluh lima ribu rupiah;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Rumah Betang ditanda tangani oleh BAMBANG SUHARJO dengan uang sejumlah Rp.5.000.000 (Lima Juta rupiah)
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Gedung Aula ditanda tangani oleh SYAHRIAL dengan uang sejumlah Rp.50.000.000 (Lima puluh Juta rupiah);
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Gedung Aula Kantor Desa ditanda tangani oleh SYAHRIAL dengan uang sejumlah Rp.7.700.000 (tujuh juta tujuh ratus ribu rupiah) ;
- 1 (satu) lembar Kwitansi asli telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Sisa Pelatritan Jalan Utama Desa Tahun Anggaran 2017 ditanda tangani oleh BAMBANG SUHARJO dengan uang sejumlah Rp.10.000.000 (Sepuluh Juta rupiah) tanggal 12 Januari 2018;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk pembayaran DP Rumah Bentang sebesar Rp. 50. 000.000 (lima puluh juta rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Kades Kerabu untuk pembayaran DP Aula Desa Kerabu sebesar Rp. 200. 000.000 (Dua Ratus juta rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk pembayaran Pembangunan Tiang Bendera Cor Beton sebesar Rp. 27. 000.000 (dua puluh tujuh juta rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk pembayaran pekerjaan bantuan WC untuk masyarakat sebesar Rp. 56.070.000 (lima puluh enam juta tujuh puluh ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk pembayaran Pembukaan Jalan Desa dan gorong-gorong ke TPU dan Pembangunan Wc Rumahan sebesar Rp. 136.885.000 (seratus tiga puluh enam juta delapan ratus delapan puluh lima ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk pembayaran Upah Kerja Borongan dan Bahan Material Pembangunan Gedung Knator Kepala Desa sebesar Rp. 241.332.000 (dua ratus empat puluh satu juta tiga ratus tiga puluh dua ribu rupiah) tanggal 11 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk pembayaran Pembangunan Gedung Taman Kanak-kanak di Desa Kerabu (Semester I) ditanda tangani oleh SYAHRIAL sebesar Rp. 94.500.000 (sembilan puluh empat juta lima ratus ribu rupiah) tanggal 07 Juli 2016;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk pembayaran Pembangunan Kantor Desa Kerabu ditanda tangani oleh SYAHRIAL dengan uang sejumlah Rp.67.762.000 (enam puluh tujuh juta tujuh ratus enam puluh dua ribu rupiah) tanggal 07 Juli 2016;
- 1 (satu) bundel fotocopy Keputusan Kepala Desa Kerabu Nomor : 140/04/1317/2016 tentang Penetapan Bendahara Desa di Lingkungan Pemerintahan Desa Kerabu Tahun Anggaran 2016 tanggal 15 Januari 2016 (legalisir);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 02190/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 30 Desember 2016 sebesar Rp. 574.000,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 02179/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 30 Desember 2016 sebesar Rp. 545.700,- (legalisasi
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 02183/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 30 Desember 2016 sebesar Rp. 33.207.000,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 02195/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 30 Desember 2016 sebesar Rp. 130.415.600,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01834/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 25 November 2016 sebesar Rp. 129.897.200,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01833/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 25 November 2016 sebesar Rp. 193.900,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01831/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 25 November 2016 sebesar Rp. 842.600,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01734/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 9 November 2016 sebesar Rp. 129.897.200,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01353/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 7 September 2016 sebesar Rp. 6.266.100,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01355/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 7 September 2016 sebesar Rp. 172.400,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01354/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 7 September 2016 sebesar Rp. 842.600,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01352/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 7 September 2016 sebesar Rp. 7.233.800,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01161/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 9 Agustus 2016 sebesar Rp. 129.897.200,- (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 00812/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 21 Juni 2016 sebesar Rp. 5.221.700,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 00813/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 21 Juni 2016 sebesar Rp. 161.600,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 00810/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 21 Juni 2016 sebesar Rp. 631.900,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 00811/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 21 Juni 2016 sebesar Rp. 6.028.200,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 00814/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 21 Juni 2016 sebesar Rp. 259.794.400,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01735/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 9 November 2016 sebesar Rp. 247.572.400,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 00809/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 21 Juni 2016 sebesar Rp. 371.358.600 (legalisasi)
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 00661/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 5 Juni 2017 sebesar Rp. 269.855.900,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01487/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 20 September 2017 sebesar Rp. 130.625,400,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01664/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 18 Oktober 2017 sebesar Rp. 142.904.600,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Tgl 27 November 2017 sebesar Rp. 146.295.300,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Tgl 27 Desember 2017 sebesar Rp. 119.568.900,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Tgl 27 Desember 2017 sebesar Rp. 28.498.400,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 02232/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 27 Desember 2017 sebesar Rp. 10.723.000,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 00992/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 7 Juli 2017 sebesar Rp. 472.060.800,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01980/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 5 Desember 2017 sebesar Rp. 314.707.200,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01489/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 20 September 2017 sebesar Rp. 4.997.700,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01665/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 18 Oktober 2017 sebesar Rp. 4.990.700 (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 02198/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 27 Desember 2017 sebesar Rp. 11.741.100 (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 02227/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 27 Desember 2017 sebesar Rp. 4.168.800 (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Tgl 26 Agustus 2017 sebesar Rp. 10.000.000 (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana Desa (DD) Tahap I Desa Kerabu tahun anggaran 2017 Nomor : 143/221/PEM/2017,
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana Desa (DD) Tahap 2 Desa Kerabu tahun anggaran 2017 Nomor : 143/480/PEM/2017, tanggal 12 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap I Desa Kerabu tahun anggaran 2017 Nomor : 143/186/PEM/2017, tanggal 5 Juni 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap II Desa Kerabu tahun anggaran 2017 Nomor : 143/339/PEM/2017, tanggal 25 September 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahap 3 Desa Kerabu tahun anggaran 2017 Nomor : 143/400/PEM/2017, tanggal 06 November 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) September ? Oktober Desa Kerabu tahun anggaran 2017 Nomor : 143/476/PEM/2017, tanggal 12 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) November ? Desember Dana ADD Kurang Salur 2016 Kabupaten Kotawaringin Barat tahun anggaran 2017 Nomor : 143/519/PEM/2017, tanggal 28 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Alokasi Dana DBH Retribusi Triwulan I Kabupaten Kotawaringin Barat tahun anggaran 2017 Nomor : 143/341/PEM/2017, tanggal 25 September 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Alokasi Dana DBH Retribusi Triwulan 2 Kabupaten Kotawaringin Barat tahun anggaran 2017 Nomor : 143/402/PEM/2017, tanggal 06 November 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Alokasi Dana DBH Retribusi Triwulan 3 Kabupaten Kotawaringin Barat tahun anggaran 2017 Nomor : 143/479/PEM/2017, tanggal 12 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Alokasi Dana DBH Retribusi Tahap 4 Dana DBH Retribusi Kurang Salur 2016 Kabupaten Kotawaringin Barat tahun anggaran 2017 Nomor : 143/522/PEM/2017, tanggal 28 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana DBH Pusat Triwulan 2 Kabupaten Kotawaringin Barat tahun anggaran 2017 Nomor : 143/401/PEM/2017, tanggal 06 November 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana DBH Pusat Triwulan 3 Kabupaten Kotawaringin Barat tahun anggaran 2017 Nomor : 143/477/PEM/2017, tanggal 12 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana DBH Pusat Triwulan 4 Kabupaten Kotawaringin Barat tahun anggaran 2017 Nomor : 143/521/PEM/2017, tanggal 28 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana Bantuan Keuangan Bedah Rumah Tahun 2017 Kabupaten Kotawaringin Barat tahun Nomor : 414.1/89/DPMD.E/IX/2017, tanggal 8 November 2017;
- 1 (satu) bundel fotokopi Laporan Hasil Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu atas Pengelolaan Dana Desa Pada Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara dari Inspektorat Nomor 700/70/LHPDTT/2017/ITKAB tanggal 12 September 2017;
- 1 (satu) bundel fotokopi Keputusan Bupati Kotawaringin Barat Nomor : 140/03/PEMDES.2012 Tentang Pemberhentian dan Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat;
- 4 (empat) lembar fotocopy Laporan transaksi rekening atas nama SILVANUS KHANEDY QQ DESA KERABU Nomor Rekening : 210.0.02570 alamat Jl. Macan Garuda.
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Desa Kerabu Nomor : 10 Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Desa Kerabu Nomor : Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Perubahan (APBDes-P) Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Desa Kerabu Nomor : 9 Tahun 2017 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2017;
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Desa Kerabu Nomor 26 Tahun 2017 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Perubahan (APBDes-P) Tahun Anggaran 2017;
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Desa Kerabu Nomor : 01 Tahun 2018 tentang Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2017
- 1 (satu) bundel Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Keuangan Desa Bersumber Dari Dana Desa (DD) Semester / Tahap II Tahun Anggaran 2016 Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat;
- 1 (satu) bundel fotocopy Keputusan Kepala Desa Kerabu Nomor 04 Tahun 2017 tentang Perpanjangan Masa Jabatan dan Penempatan Staf Pembantu Perangkat Desa tanggal 09 Januari 2017 (legalisir);
- 1 (satu) bundel Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Keuangan Desa Dana Desa (DD) Semester / Tahap I Tahun Anggaran 2016 Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat;
- 1 (satu) bundel fotokopi Keputusan Bupati Kotawaringin Barat Nomor : 4 Tahun 2017 tentang Penetapan Standar Biaya Dilingkungan Pemerintah Desa Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Bupati Kotawgaringin Barat Nomor 5 Tahun 2017 tentang Rincian Dana Desa Setiap Desa se-Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017(legalisir)
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Bupati Kotawaringin Barat Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa Setiap Desa di Kabupaten Kotawaringin Barat;
- 1 (satu) bundel Laporan Pertanggungjawaban ADD Tahap I Tahun Anggaran 2016 ;
- 1 (satu) bundel Peraturan Desa Kerabu Nomor 10 Tahun 2016 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Perubahan (APBDES-P) Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Desa Kerabu Nomor 9 Tahun 2016 tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (R-APBDES) Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Desa Kerabu Nomor 08 Tahun 2017 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) Tahun Anggaran 2017;
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Desa Kerabu Nomor 4 Tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Perubahan (APBDesa-P) Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) bundel fotokopi Keputusan Bupati Kotawaringin Barat Nomor 140/03/PEMDES.2012 Tentang Pemberhentian dan Pengesahan Pengangkatan Kepala Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat;
- 1 (satu) bundel fotocopy Keputusan Kepala Desa Kerabu Nomor 08 tahun 2016 Tentang pengangkatan Penetapan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Kerabu Tahun Anggaran 2016 tanggal 01 Januari 2016 (legalisir);
- 1 (satu) bundel fotocopy Keputusan Kepala Desa Kerabu Nomor 13 tahun 2017 Tentang Penetapan Susunan Keanggotaan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Kerabu Tahun Anggaran 2017 tanggal 01 April 2017(legalisir);
- 1 (satu) bundel fotocopy Keputusan Kepala Desa Kerabu Nomor 03 Tahun 2017 tentang Penempatan Kembali Pejabat Perangkat Desa tanggal 09 Januari 2017 (legalisir).
- 1 (satu) bundel Laporan Hasil Perhitungan Pekerjaan Bangunan Atas Pengelolaan Dana Desa pada Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Nomor : 600/620 ? CK/PUPR tanggal 19 Juli 2021;
- 1 (satu) lembar fotocopy Laporan Konsolidasi Realisasi Penyerapan Dana Desa Tahap 2 Tahun Anggaran 2017 Kabupaten Kotawaringin Barat;
- 1(satu) bundel fotocopy Proposal Pencairan Dana Desa (DD) Tahap I Desa Kerabu tahun anggaran 2016 Nomor 140/34/PEM/DKR-AU/2016 tanggal 25 Juni 2016;
- 1(satu) lembar fotocopy Permohonan Pencairan Dana Desa (DD) Tahap I Desa Kerabu tahun anggaran 2016 Nomor : 143/266/PEM/2016 tanggal 27 Juni 2016 (legalisir);
- 1 (satu) lembar fotocopy Laporan transaksi rekening atas nama SILVANUS KHANEDY QQ DESA KERABU Nomor Rekening : 330.0.02570 alamat Jl. Macan Garuda (legalisir);
- 1 (satu) bundel fotocopy rekomendasi Pencairan Dana Desa Tahap I Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2016 Nomor : 414.2/300/BPMD.E/VI/2016, tanggal 28 Juni 2016 (legalisir);
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal 17 Juli 2017 untuk pembayaran Pelaksanaan Latrit Jalan Utama Desa Tahun 2017 sebesar Rp. 75.000.000 (tujuh puluh lima juta rupiah);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01837/BTL/SP2D-LS/2016, Tgl 24 November 2016 sebesar Rp. 8.037.600,- (legalisasi);
- 1 (satu) lembar fotocopy surat SP2D Nomor: 01932/BTL/SP2D-LS/2017, Tgl 23 November 2017 sebesar Rp. 6.725.000,- (legalisasi);
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Bupati Kotawaringin Barat Nomor 6 Tahun 2017 tentang Alokasi Dana Bagi Hasil Pajak Daerah Kepada Desa Se-Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017 (legalisir);
- 1 (satu) bundel fotokopi Keputusan Bupati Kotawaringin Barat Nomor : 30 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Kotawaringin Barat Nomor 6 Tahun 2017 tentang Alokasi Dana Bagi Hasil Pajak Daerah Kepada Desa Se-Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017 (legalisir);
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Bupati Kotawaringin Barat Nomor : 32 Tahun 2017 tentang Rincian Kurang Salur Alokasi Dana Desa, Bagi Hasil Pajak Daerah dan Bagi Hasil Retribusi Daerah Kepada Desa Se-Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017 (legalisir);
- 1 (satu) bundel fotokopi Peraturan Bupati Kotawaringin Barat Nomor : 31 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Bupati Kotawaringin Barat Nomor 5 Tahun 2017 tentang Rincian Alokasi Dana Desa Setiap Desa Se-Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017 (legalisir);
- 1 (satu) bundel fotokopi Keputusan Bupati Kotawaringin Barat Nomor : 414.1/70/DPMD.E/VIII/2017 tentang Penetapan Keluarga Miskin Penerima Dana Bantuan Bedah Rumah Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017 (legalisir);
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana DBH Pajak Triwulan I Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017 Nomor : 143/340/PEM/2017, tanggal 25 September 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana DBH Pajak Triwulan 2 Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017 Nomor : 143/408/PEM/2017, tanggal 06 November 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana DBH Pajak Triwulan 3 Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017 Nomor : 143/478/PEM/2017, tanggal 12 Desember 2017
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi pencairan Dana DBH Pajak Triwulan 4 Dana DBH Pajak Kurang salur 2016 Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2017 Nomor : 143/520/PEM/2017, tanggal 28 Desember 2017;
- 1(satu) bundel fotocopy Proposal Pencairan Dana Desa (DD) Tahap 2 (dua) Desa Kerabu tahun anggaran 2016 Nomor 143/437/PEM/2016 tanggal 10 Nopember 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy rekomendasi Pencairan Dana Desa Tahap 2 Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Anggaran 2016 Nomor : 414.2/786/BPMD.E/XI/2016, tanggal 11 Nopember 2016 (legalisir);
- 1 (satu) lembar fotocopy Laporan Realisasi Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2016 tanggal 10 Nopember 2016 (legalisir);
- 1 (satu) bundel Peraturan Desa Kerabu Nomor : 14 tahun 2016 tentang Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2016 Desa Kerabu Kecamatan Arut Utara Kabupaten Kotawaringin Barat;
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal 17 Juli 2017 untuk pembayaran DP rumah Betang sebesar Rp. 50.000.000 (lima puluh juta rupiah);
- 1 (satu) lembar Kwitansi Asli tanggal 17 Juli 2017 untuk pembayaran DP Aula Desa Kerabu sebesar Rp. 200.000.000 (dua ratus juta rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Operasional TPK, Pos Pembangunan Kantor Desa Tahap I ditanda tangani oleh penerima AYEN dengan uang sejumlah Rp.1.594.000 (satu juta lima ratus Sembilan puluh empat ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Operasional TPK, Pembangunan Gedung TK Tahap I (satu) ditanda tangani oleh penerima AYEN dengan uang sejumlah Rp.2.900.000 (dua juta Sembilan ratus ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Operasional TPK, Pos Pembuatan jalan Pemukiman Dana Desa Tahap I (satu) ditanda tangani oleh penerima AYEN dengan uang sejumlah Rp.4.100.000 (empat juta seratus ribu rupiah);
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Komfensasi tanah pasca jalan pemukiman ditanda tangani oleh penerima Limpong dengan uang sejumlah Rp. 1.150.000 (satu juta seratus lima puluh ribu rupiah) tanggal 27 juli 2016;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu (TPK) untuk Pembayaran Upah galian Bantuan WC Rumah Penduduk, 6 (enam) titik ditanda tangani oleh penerima David dengan uang sejumlah Rp. 1.800.000 (satu juta delapan ratus ribu rupiah) tanggal 31 juli 2016;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Pembangunan Pos keamanan Lingkungan Desa ditanda tangani oleh penerima Mahdi dengan uang sejumlah Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) tanggal 05 Agustus 2016;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran Bedah rumah DBK Kabupaten 2016 an. siyah ditanda tangani oleh penerima Siyah dengan uang sejumlah Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) tanggal 24 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran pembangunan Pos Keamanan Lingkungan Desa ditanda tangani oleh penerima Mahdi dengan uang sejumlah Rp. 10.000.000 (sepuluh juta rupiah) tanggal 11 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar fotokopi Kwitansi telah diterima dari Bendahara Desa Kerabu untuk Pembayaran pembangunan Pos Keamanan Lingkungan Desa ditanda tangani oleh penerima Mahdi dengan uang sejumlah Rp. 5.000.000 (lima juta rupiah) tanggal 19 Desember 2016.
- Membebankan kepada terdakwa untuk membayar biaya perkara sebesar Rp5.000,00 (lima ribu rupiah).
Putusan PN PALANGKARAYA Nomor 36/Pid.Sus-TPK/2021/PN Plk |
|
Nomor | 36/Pid.Sus-TPK/2021/PN Plk |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2022 |
Tanggal Register | 21 Oktober 2021 |
Lembaga Peradilan | PN PALANGKARAYA |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Irfanul Hakim |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Kusmat Tirta Sasmita, Br Hakim Anggota Muji Kartika Rahayu, M.fil. |
Panitera | Panitera Pengganti: Jumiati |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI (dikembalikan kepada Penuntut Umum) |
Tanggal Musyawarah | 4 Februari 2022 |
Tanggal Dibacakan | 4 Februari 2022 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 36/Pid.Sus-TPK/2021/PN_Plk.zip
- Download PDF
- 36/Pid.Sus-TPK/2021/PN_Plk.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Pertama : 36/Pid.Sus-TPK/2021/PN Plk
Statistik13260