- Menyatakan Terdakwa JHON OUKE PANGALILA, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Korupsi secara bersama-sama sebagaimana dalam Dakwaan Primair;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa, oleh karena itu dengan pidana penjara selama 6 (enam) tahun dan denda sebesar Rp200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan jika denda tidak dibayar harus diganti dengan pidana kurungan selama 2 (dua) bulan;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Memerintahkan Terdakwa tetap ditahan;
- Menghukum Terdakwa membayar Uang Pengganti sebesar Rp.1.122.435.104.- (satu miliar seratus dua puluh dua juta empat ratus tiga puluh lima ribu seratus empat rupiah), dengan ketentuan apabila Terdakwa tidak membayar uang Pengganti dalam waktu 1 (satu) bulan setelah putusan pengadilan ini telah mempunyai kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya akan disita oleh Jaksa Penuntut Umum dan dapat dilelang untuk menutupi Uang Pengganti tersebut, dan dalam hal tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut, maka dipidana dengan penjara selama 3 (tiga) tahun;
- Menetapkan barang bukti berupa;
- 6 (enam) lembar Keputusan Pengguna Anggaran Dinas Perndustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Talaud Nomor 2 Tahun 2017 tentang Penetapan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Kabupaten Kepulauan Tahun Anggaran 2017 tanggal 5 Januari 2017 beserta lampirannya;
- 1 (satu) Bundel fotocopy legalisir Surat Pertanggungjawaban Belanja Langsung (SPJ-LS) kegiatan Pengadaan Jaringan Instalasi Listrik (bulan Februari 2017);
- 2 (dua) lembar Laporan Perjalanan Dinas tanggal 2 Februari 2017;
- 7 (tujuh) lembar Quotation STRAHL PT. FAIDHI SYSTEMA SOLUSINDO beserta gambar dan brosur;
- 2 (dua) lembar RAB PJU KONVENSIONAL dan RAB PJU TWO IN ONE, harga Franco Jakarta.
- 5 (lima) lembar Keputusan Bupati Kepl. Talaud Nomor 48 Tahun 2017 tgl 15 Januari 2017 Tentang Penunjukkan Kelompok Kerja Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kab.Kep.Talaud Tahun Anggaran. 2017;
- 1 (satu) bundel Dokumen Pengadaan Nomor :02/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017 tgl 07 Maret 2017 dan Softcopy;
- 1 (satu) bundel Dokumen Penawaran PT. RAFQI ENERGY INDONESIA dan Softcopy serta file.rhs;
- 1 (satu) bundel Dokumen Penawaran PT. HANDYTA WENANG dan Softcopy serta file.rhs;
- 4 (empat) lembar SUMMARY REPORT;
- 11 (sebelas) lembar Berita Acara Penjelasan Nomor :03/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017 Tgl 14 Maret 2017;
- 1 (satu) lembar Berita Acara Pembukaan Dokumen Penawaran Nomor :03/ULP-POKJA.PJK/PLJTS/III/2017 tanggal 17 Maret 2017;
- 2 (dua) lembar Tabel Koreksi Aritmatik;
- 1 (satu) lembar Chek List Persyaratan Kualifikasi PT. RAFQI ENERGY INDONESIA;
- 1 (satu) lembar Chek List Persyaratan Kualifikasi PT. HANDYTA WENANG;
- 1 (satu) lembar Hasil Evaluasi Harga;
- 1 (satu) lembar Evaluasi Teknis;
- 1 (satu) lembar Hasil Evaluasi Administrasi;
- 1 (satu) lembar Berita Acara Hasil Evaluasi Penawaran Nomor :05/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017;
- 1 (satu) lembar Surat ULP Nomor :06/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017 tanggal 22 Maret 2017 perihal pemberitahuan pembuktian kualifikasi peket pekerjaan pengadaan lampu jalan tenaga surya;
- 1 (satu) lembar Surat Kuasa No. 001/Kuasa/HW/III/2017 Tgl 23 Maret 2017;
- 1 (satu) lembar Berita Acara Klarifikasi dan Negosiasi Teknis dan Harga Nomor : 08/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017 Tanggal 24 Maret 2017;
- 2 (dua) lembar Lampiran Berita Acara Klarifikasi dan Negosiasi Teknis dan Harga Nomor :08/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017 Tgl 24 Maret 2017;
- 1 (satu) lembar Berita Acara Pembuktian Kualifikasi Nomor :07/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017 Tgl 24 Maret 2017;
- 1 (satu) lembar Daftar Hadir Pembuktian Kualifikasi;
- 1 (satu) lembar Penetapan Pemenang Lelang Nomor : 10/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017 Tgl 27 Maret 2017;
- 1 (satu) lembar Pengumuman Hasil Pelelangan Nomor :11/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017 Tgl 27 Maret 2017;
- 1 (satu) lembar Berita Acara Penyerahan Dokumen Hasil Pelelangan Nomor : 12/ULP-POKJA.PBJKJL/PLJTS/III/2017 Tgl 05 April 2017;
- 6 (enam) lembar Rekapitulasi Daftar Kuantitas dan Harga (BOQ);
- 3 (tiga) lembar Gambar dan Contoh Brosur/Gambar PJU Solar Cell Type Two In One;
- 17 (tujuh belas) lembar Spesifikasi Teknis Pekerjaan Mekanikal & Elektrikal Paket Pekerjaan Pengadaan Lampu Jalan (Rencana Kerja Syarat-syarat).
- 4 (empat) lembar fotocopy legalisir Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2017 Belanja Langsung Nomor DPA SKPD :3.05 01 17 04 52;
- 5 (lima) lembar Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2017 Nomor DPA SKPD :3.06 01 01 17 04 5 2;
- 3 (tiga) lembar fotocopy legalisir Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2018 Belanja Langsung Nomor DPA SKPD :3.05 01 17 04 52;
- 3 (tiga) lembar Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud TAHUN ANGGARAN. 2017;
- 2 (dua) lembar Rencana Kerja dan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud TAHUN ANGGARAN. 2018;
- 4 (empat) lembar Rencana Umum Pengadaan (Melalui Penyedia) Satuan Kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan TA. 2017;
- 7 (tujuah) lembar Dokumen RUP Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud satuan kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan;
- 5 (lima) lembar fotocopy legalisir Keputusan Pengguna Anggaran Nomor : 05 Tahun 2017, tanggal 03 Januari 2017 Tentang Pengangkatan Pejabat Pembuat Komitmen Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2017;
- 5 (lima) lembar fotocopy legalisir Keputusan Pengguna Anggaran Dinas Perindsutrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Talaud Nomor : 03 Tahun 2017, tanggal 9 Januari 2017 Tentang Penunjukkan Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan di Lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2017;
- 4 (empat) lembar fotocopy Laporan Realisasi Fisik dan Keuangan Belanja Modal Dinas Perindustrian dan Perdagangan per 31 Oktober Tahun 2017;
- 6 (enam) lembar fotocopy legalisir Keputusan Pengguna Anggaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Talaud Nomor 15 Tahun 2017, tanggal 10 Maret 2017 Tentang Perubahan Kedua Atas Penetapan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2017;
- 1 (satu) bundel fotocopy legalisir Surat Pertanggungjawaban Belanja Langsung (SPJ-LS) Pembayaran Uang Muka 20 % Kegiatan Pengadaan Instalasi Listrik Pekerjaan Lampu Jalan Tenaga Surya Tahun Anggaran 2017;
- 1 (satu) bundel Surat Pertanggungjawaban (SPJ-LS) Pembayaran Fisik 61 % Keuangan 50 % Pekerjaan Pengadaan Lampu Jalan Tenaga Surya Berdasarkan Kontrak Nomor: 02/KONTRAK,PJL/PLJTS/DISPERINDAG/I/2018 Nilai Kontrak Rp. 3.054.960.000,00 Porsi DAU.
- 1 (satu) rangkap foto copy Proforma Invoice dari Shenzhen Worldsendlight Electronics Co.Ltd kepada PT. Faidhi Systema Solusindo tanggal 5 juni 2017 dengan Nomor invoice No: HXT20170606;
- 1 (satu) rangkap foto copy Invoice dari Trijaya Global tanggal 3 Agustus 2017, Billing Addres: PT. Faidi Systema Sulusindo
- 1 (satu) rangkap foto copy Debit Nomor 017443 faktur Nomor 040.019.17.30208191 dari Freight Liner Indonesia ditujukan kepada PT. Faidhi Systema Solusindo tanggal 29 September 2017;
- 1 (satu) rangkap foto copy Proforma Invoice dari Sunny Power (Sunny International Power Corp) Invoice No:SP20170313A tanggal 02 Juni 2017;
- 1 (satu) rangkap salinan Laporan Transaksi Rekening Giro Nomor rekening 0488718673 periode tanggal 01 Juni 2017 s.d 30 Juni 2017;
- 1 (satu) lembar surat Direktur PT. Handyta Wenang Nomor 002/HW/IV/2017 tanggal 25 April 2017 perihal Purchase Order (P.O) kepada PT. Faidhi Systema Solusindo;
- 1 (satu) lembar Surat PT. Universal Express International Freight Forwarder tertanggal 11 Juli 2017 kepada PT. Faidhi Systema Solusindo ( Fasyndo);
- 1 (satu) lembar surat Proforma Invoice Nomor SP20170313A;
- 1 (satu) lembar surat Direktur PT. Faidhi Systema Solusindo tertanggal 18 Juli 2017 kepada PT. Handyta Wenang;
- 1 (satu) lembar Surat Jaminan Garansi Produk Nomor: 0035/FSS-SJG/IV/2018 tertanggal 28 April 2018 oleh PT. Fasyndo;
- 1 (satu) lembar Print Screen bukti Pengiriman Email oleh saudara HIRWAN TAHIR kepada saudara ALFRETS dengan alamat email alfrets.wasida@gmail.com.
- 1 (satu) bundel Surat Pertanggungjawaban Belanja Modal Progres Fisik 100 % Keuangan 100 % Kegiatan Pengadaan Jaringan Listrik Pekerjaan pengadaan Lampu Jalan Tenaga Surya Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Talaud Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) bundel fotocopy legalisir Surat Perjanjian (Kontrak) Nomor:01/KONTRAK-PJL/PLJTS/DISPREINDAG/IV/2017 tanggal 17 April 2017 untuk Pekerjaan Pengadaan Lampu Jalan Tenaga Surya Penyedia Jasa/Pelaksana PT. HANDYTA WENANG Tahun Anggaran 2017;
- 1 (satu) bundel fotocopy legalisir Addendum 01 Surat Perjanjian (Addendum 01 Kontrak) Nomor:01/ADD-KONTRAK.PJL/PLJTS/DISPERINDAG/VII/2017 tanggal 18 Juli 2017;
- 1 (satu) bundel fotocopy legalisir Addendum 02 Surat Perjanjian (Addendum 02 Kontrak) Nomor:02/ADD-KONTRAK.PJL/PLJTS/DISPERINDAG/IX/2017 tanggal 04 September 2017;
- 1 (satu) bundel fotocopy legalisir Addendum 03 Surat Perjanjian (Addendum 03 Kontrak) Nomor : 03/ADD-KONTRAK.PJL/PLJTS/DISPERINDAG/X/2017 tanggal 16 Oktober 2017;
- 1 (satu) bundel fotocopy legalisir Surat Perjanjian (Kontrak 02) Nomor:02/KONTRAK-PJL/PLJTS/DISPREINDAG/I/2018 tanggal 29 Januari 2018 untuk Pekerjaan Pengadaan Lampu Jalan Tenaga Surya Penyedia Jasa/Pelaksana PT. HANDYTA WENANG Tahun Anggaran. 2017;
- 1 (satu) bundel fotocopy legalisir Laporan Pekerjaan Pengadaan Lampu Jalan Tenaga Surya Nomor:02/KONTRAK/PLJTS/DISPERINDAG/I/2018 tanggal 29 Januari 2018 (Dokumentasi, As Build Drawing, Back Up Data);
- 1 (satu) bundel Dokumentasi (Photo-Photo Proyek)Pekerjaan Pengadaan Lampu Jalan Tenaga Surya TA. 2017;
- 1 (satu) bundel fotocopy legalisir Berita Acara Serah Terima Hasil Pekerjaan Pengadaan Barang Nomor:02/BA.SHP/PJL-PLJTS/DISPERINDAG/IV/2018 tanggal 27 April 2018;
- 1 (satu) lembar Surat Pejabat Pembuat Komitmen Nomor:02/ST/PPK-PLJTS/DISPREINDAG/VII/2017 tanggal 03 Juli 2017 perihal Teguran;
- 1 (satu) lembar Surat Pejabat Pembuat Komitmen Nomor:03/PPK-PLJTS/DISPREINDAG/XI/2017 tanggal 06 November 2017 perihal Pemberitahuan Penghentian Sementara Pekerjaan (Postpone);
- 1 (satu) lembar Surat Pejabat Pembuat Komitmen Nomor:09/PPK-PLJTS/DISPERINDAG/VI/2018 tanggal 25 Juni 2018 perihal Pemberitahuan;
- 1 (satu) lembar Surat Pejabat Pembuat Komitmen Nomor:10/PPK-PLJTS/DISPERINDAG/VII/2018 tanggal 16 Juli 2018 perihal Pemberitahuan;
- 5 (lima) lembar Keputusan Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Talaud Nomor:01/SK/PPK-PERINDAG/IV/2017, tanggal tanpa tanggal Januari 2017 tentang Penunjukkan PersonilTeknis Lapangan Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa di lingkungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Tahun Anggaran 2017:
- 1 (satu) file pdf softcopy BOQ PJU Solar Cell;
- 1 (satu) file pdf softcopy Gambar Brosur PJU Solar Cell;
- 1 (satu) file pdf softcopy Spek Pekerjaan PJU 2017;
- 1 (satu) file exel HPS LAMPU JALAN PPKOM17 fix;
- 1 (satu) file exel HPS LAMPU JALAN PPKOM17;
- file percakapan / chat WhatsApp antara HIRWAN TAHIR dengan Ir. JOHN OUKE PANGALILA
- 1 (satu) buah Lithium Battery Pack LifePo4 25,6 V 40 Ah (tanpa merk);
- 1 (satu) buah Solar Charge Controller <10 A IP 67 (tanpa merk).
- Membebankan kepada Terdakwa, untuk membayar biaya perkara dalam perkara ini sebesar Rp.5.000,- (lima ribu rupiah);
Putusan PN MANADO Nomor 25/Pid.Sus-TPK/2021/PN Mnd |
|
Nomor | 25/Pid.Sus-TPK/2021/PN Mnd |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2022 |
Tanggal Register | 5 Oktober 2021 |
Lembaga Peradilan | PN MANADO |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Djamaludin Ismail |
Hakim Anggota | Syors Mambrasar, Mhedy Darma Putra |
Panitera | Wing Wiryawan Kaunang |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | - HUKUM |
Catatan Amar |
-MENGADILI DIKEMBALIKAN KEPADA DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD. DIRAMPAS UNTUK DIMUSNAHKAN; |
Tanggal Musyawarah | 3 Februari 2022 |
Tanggal Dibacakan | 10 Februari 2022 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Kasasi : 5726 K/Pid.Sus/2022
Pertama : 25/Pid.Sus-TPK/2021/PN Mnd
Statistik43481