- Menyatakan Terdakwa Ir. Muh. Nasir Bin H. Badu Alias Ronal tersebut diatas, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana didakwakan dalam dakwaan Primair Penuntut Umum;
- Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa Ir. Muh. Nasir Bin H. Badu Alias Ronal telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dalam dakwaan Subsidair Penuntut Umum;
- Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada Terdakwa tersebut dengan pidana penjara selama 1 (satu) Tahun dan 6 (enam) bulan, dan pidana denda sebesar Rp50.000.000,00 (Lima Puluh Juta Rupiah), dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan;
- Menjatuhkan pidana tambahan kepada Terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp372.817.790,81 (tiga ratus tujuh puluh dua juta delapan ratus tujuh belas ribu tujuh ratus sembilan puluh rupiah koma delapan puluh satu sen). Apabila Terdakwa dalam waktu 1 (satu) bulan setelah perkara ini berkekuatan hukum tetap tidak membayar uang pengganti tersebut, maka harta bendanya disita dan dilelang oleh negara. Apabila Terdakwa tidak mempunyai harta benda maka diganti dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani oleh Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan agar Terdakwa tetap di tahan dalam Rumah Tahanan Negara;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- 1 (satu) rangkap fotocopy Keputusan Bupati Polewali Mandar Nomor : 38 Tahun 2018 tanggal 18 Januari 2018 Tentang Penetapan Pejabat Penatausahaan Keuangan Daerah Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2018;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Tahun Anggaran 2018 Nomor : 1.03.01/20/30/03/5/2 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Polewali Mandar;
- 1 (satu) rangkap administrasi permohonan dan pencairan uang muka sebesar 30% dari nilai kontrak kegiatan pembangunan SPAM melalui jaringan Perpipaan Desa Kelapa Dua Kec. Anreapi TA 2018 tangggal 04 April 2018 dengan nilai sebesar Rp 341.190.000,- (tiga ratus empat puluh satu juta seratus sembilan puluh ribu rupiah).
- 1 (satu) rangkap administrasi permohonan dan pencairan progres pekerjaan 55% kegiatan pembangunan SPAM melalui jaringan Perpipaan Desa Kelapa Dua Kec. Anreapi TA 2018 tanggal 20 Agustus 2018 sebesar Rp 437.860.500,- (empat ratus tiga puluh tujuh juta delapan ratus enam puluh ribu lima ratus rupiah) berikut dokumen pekerjaan progres 55%.
- 1 (satu) rangkap administrasi permohonan dan pencairan progres 100% kegiatan pembangunan SPAM melalui jaringan Perpipaan Desa Kelapa Dua Kec. Anreapi TA 2018 tanggal 21 Desember 2018 sebesar Rp 301.384.500,- (tiga ratus satu juta tiga ratus delapan puluh empat ribu lima ratus rupiah) berikut dokumentasi pekerjaan 100%;
- 1 (satu) rangkap administrasi permohonan dan pencairan uang pemeliharaan sebesar 5% kegiatan pembangunan SPAM melalui jaringan Perpipaan Desa Kelapa Dua Kec. Anreapi TA 2018 tanggal 21 Desember 2018 dengan nilai Rp 50.661.544,- (lima puluh juta enam ratus enam puluh satu ribu lima ratus empat puluh empat rupiah) berikut dokumen jaminan pemeliharaan.
- 1 (satu) rangkap fotocopy Keputusan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Polewali Mandar No.: B-286.B/ DPUPR/ 800/ 06/ 2018 tanggal 25 Juni 2018 Tentang Pembentukan Panitia Penerima Hasil Pekerjaan Barang dan Jasa Program Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Air Bersih Perdesaan Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy Berita Acara Hasil Pemeriksaan Prestasi Pekerjaan No.: 186.a/PPK-CK/12/2018 tanggal 11 Desember 2018 yang ditandatangani oleh Tim Penerima Barang dan Jasa, Direktur Penyedia (CV. ZAM-ZAM) Sdr. Ir. Muh. Nasir, Staf Lapangan Konsultan Pengawas (CV. DWIAGRA CONSULTAN) Sdr. Ahmad L. dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Cipta Karya Sdr. Ir. Dayang Tahir M.;
- 1 (satu) lembar fotocopy Berita Acara Penyelesaian Pekerjaan No.: 186.b/ PPK-CK/12/2018 tanggal 11 Desember 2018 yang ditandatangani oleh Tim Penerima Barang dan Jasa, Direktur Penyedia (CV. ZAM-ZAM) Sdr. Ir. Muh. Nasir, Staf Lapangan Konsultan Pengawas (CV. DWIAGRA CONSULTAN) Sdr. Ahmad L. dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bidang Cipta Karya Sdr. Ir. Dayang Tahir M.;
- 1 (satu) rangkap Dokumen Kontrak Kerja No.: 645.04/ KONT/ DPUPR-CK/ DAK-AIRMINUM/ 03/ 2018 tanggal 28 Maret 2018 paket Kegiatan Pembangunan SPAM melalui jaringan perpipaan Desa Kelapa Dua Kecamatan Anreapi dengan nilai Kontrak Rp 1.137.300.000,- (satu milyar seratus tiga puluh tujuh juta tiga ratus ribu rupiah).
- 1 (satu) rangkap Addendum Kontrak paket Kegiatan Pembangunan SPAM melalui jaringan perpipaan Desa Kelapa Dua Kecamatan Anreapi No: 645.50.a/ ADD-KONTRAK/ DPUPR-CK/ DAK AIR MINUM/ 04/ 2018 Tanggal 24 April 2018.
- 1 (satu) lembar surat No.: 61-CK/ DPUPR/ 600/ 04/ 2018 tanggal 14 April 2018 dari Dinas PUPR Kabupaten Polewali Mandar kepada Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XIII di Makasar perihal permohonan izin pemanfaatan bagian jalan.
- 1 (satu) lembar surat No.: UM.02.06-Bb.13/ 2977 Tanggal 20 September 2018 dari Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XIII Makasar kepada Kepala Dinas PUPR Kab. Polewali Mandar perihal izin pemanfaatan untuk penempatan jaringan pipa air bersih pada ruas jalan nasional di Kabupaten Polewali Mandar.
- 1 (satu) rangkap Dokumen Kontrak Konsultan Pengawas No.: 645.05/ DPUPR-CK/ KONSULTAN/ AIR MINUM/ 03/ 2018 tanggal 28 Maret 2018 pekerjaan pengadaan Jasa Konstruksi Badan Usaha Dengan Surat Perintah Kerja (SPK) dengan penyedia CV. Dwiarga Consultant.
- 1 (satu) rangkap Dokumen Kontrak Konsultan Perencana No.: 645.02/ DPUPR-CK/ KONSULTAN/ AIR MINUM/ 02/ 2018 tanggal 07 Februari 2018 pekerjaan Pengadaan Jasa Konsultasi Badan Usaha Dengan Surat Perintah Kerja (SPK) dengan penyedia CV. Yasa Inti Consultant.
- 1 (satu) rangkap progres kegiatan/ progres Realisasi program pembangunan infrastruktur perdesaan Pembangunan SPAM melalui Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Kelapa Dua Kec. Anreapi CV. Zam-Zam dengan lampiran As Build Drawing.
- 1 (satu) rangkap progres kegiatan/ progres Realisasi program pembangunan infrastruktur perdesaan Pembangunan SPAM melalui Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Kelapa Dua Kec. Anreapi CV. Zam-Zam.
- 1 (satu) rangkap Perencanaan air minum DAK Penugasan konsytruksi jaringan pipa air bersih Desa Balanipa, Kelapa Dua, Amola dan Kunyi mengenai Spesifikasi Teknis dan metode pelaksanaan pekerjaan persiapan dan pekerjaan tanah.
- 1 (satu) rangkap Keputusan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Polewali Mandar No.: B-45/ DPUPR/ 900/ 02/ 2018 tanggal 01 Februari 2018 tentang Penunjukan Pejabat Penatausahaan Keuangan (PKK-SKPD), Pejabat Pembuat Komitmen (PKK) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada Dinas PUPR Kab. Polewali Mandar TA 2018 berikut Lampiran I, II dan III.
- 1 (satu) lembar surat permohonan pemeriksaan pekerjaan No.: 16/ CV.ZZ/ 12/ 2018 tanggal 10 Desember 2018 yang dibuat dan ditandatangani oleh penyedia CV. Zam-zam Sdra Ir. Muh. Nasir kepada PPK Bidang Cipta Karya.
- 1 (satu) lembar surat persetujuan pemeriksaan pekerjaan No.: 186/ PPK/ 12/ 2018 tanggal 10 Desember 2018 yang dibuat dan ditandatangani oleh PPK Sdra Ir. Dayang Tahir M.
- 1 (satu) lembar surat permohonan penyerahan pertama No.: 17/ CV.ZZ/ 12/ 2018 tanggal 11 Desember 2018 yang dibuat dan ditandatangani oleh Penyedia CV. Zam-Zam Ir. Muh. Nasir kepada PPK Kegiatan.
- 1 (satu) lembar surat persetujuan penyerahan pertama No.: 186.c/ PPK/ 12/ 2018 tanggal 11 Desember 2018 yang dibuat dan ditandatangani oleh PPK Kegiatan Sdra. Ir. Dayang Tahir M.
- 1 (satu) lembar Berita Acara penyerahan Pertama No.: 602/ 186.d/ PPK-CK/ PSPABP-DAK Penugasan/ 12/ 2018 tanggal 12 Desember 2018 yang ditandatangani oleh PPK Sdra. Ir. Dayang Tahir M., dan Penyedia CV. Zam-Zam Sdra. Muh. Nasir.
- 1 (satu) rangkap Laporan Hasil Audit Inspektorat No. LHA: B-10/ ltkab/ 700/ IV/ 2019 tanggal 2019 atas kegiatan pembangunan sarana dan prasarana air bersih perdesaan pada Dinas PUPR KAB. Polewali Mandar TA 2018.
- Surat Tanda Setoran (STS) sebesar Rp 16.685.440,- (enam belas juta enam ratus delapan puluh lima ribu empat ratus empat puluh rupiah) tanggal terima 26 Agustus 2020 No. Reg. Kasda : 10754/ B.IX/ 2020 dari Sdra. Muh. Nasir atas temuan Inspektorat No.: B-10/ ltkab/ 700/ IV/ 2019 tanggal 04April 2019 CV. Zam-Zam yang ditandatangani oleh Sdri. Indra Puji Astuti, S.Sos. berikut slip setoran Bank Sulselbar;
- 1 (satu) bundel Dokumen Perijinan Pemanfaatan Jalan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Polewali Mandar Kegiatan Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan Tahun 2018;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Keputusan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Polewali Mandar Nomor : 11 Tahun 2018 tanggal 8 Januari 2018 Tentang Penunjukan Pejabat Pengadaan Barang/Jasa Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Polewali Mandar;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Keputusan Kepala Unit Layanan Pengadaan Nomor : KPTS/024/POKJA-KONST/ULP/3/2018 tanggal 12 Maret 2018 tentang Kelompok Kerja Pekerjaan Konstruksi Pada Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Polewali Mandar tanggal 12 Maret 2018;
- 1 (satu) bundel Dokumen Tender kegiatan Pembangunan SPAM Jaringan Perpipaan Desa Kelapa Dua Kec. Anreapi Kab. Polewali Mandar pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Polewali Mandar T.A. 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Tugas Inspektur Kabupaten Polewali Mandar Nomor : B-21/Itkab/700/2/2019 tanggal 14 Februari 2019;
- 1 (satu) rangkap Dokumen Pembayaran Pekerjaan Pengawasan 80% kepada CV. DWIAGRA CONSULTANT;
- 1 (satu) rangkap Dokumen Pembayaran Pekerjaan Pengawasan 100% kepada CV. DWIAGRA CONSULTANT;
- 1 (satu) rangkap Dokumen Pembayaran Prestasi Pekerjaan Perencanaan DAK Penugasan 100% kepada CV. YASA INTI CONSULTANT.
Putusan PN MAMUJU Nomor 1/Pid.Sus-TPK/2022/PN Mam |
|
Nomor | 1/Pid.Sus-TPK/2022/PN Mam |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2022 |
Tanggal Register | 25 Januari 2022 |
Lembaga Peradilan | PN MAMUJU |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Nurlely |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Irawan Ismail, M.hbr Hakim Anggota Yudikasi Waruwu |
Panitera | Panitera Pengganti: Nuning Mustika Sari |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
Digunakan dalam perkara lain atas nama Ir. Dayang Tahir Mandawari. 9. Membebankan kepada Terdakwa untuk membayar biaya perkara sebesar Rp5.000,00 (lima ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 15 Juni 2022 |
Tanggal Dibacakan | 15 Juni 2022 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Kasasi : 334 PK/Pid.Sus/2023
Pertama : 1/Pid.Sus-TPK/2022/PN Mam
Statistik9319