- Menyatakan Terdakwa Aef Subanjiriadi Rahmat, ST Bin Azudin M. Ali tidak terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan Primair;
- Membebaskan Terdakwa Aef Subanjiriadi Rahmat, ST Bin Azudin M. Ali oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa Aef Subanjiriadi Rahmat, ST Bin Azudin M. Ali telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana ?Korupsi secara bersama-sama?;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Aef Subanjiriadi Rahmat, ST Bin Azudin M. Ali oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1(satu) tahun dan denda sejumlah Rp.50.000.000,00 (Lima puluh juta Rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 1(satu) bulan;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap ditahan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- 1 (satu) examplar SK Bupati Kab. Sintang Nomor : 900/ 1185/ Kep/ BPKAD/tahun 2012 tanggal 26 Desember 2012 tentang Pelimpahan atas sebagian atau seluruhnya kekuasaan Bupati Sintang selaku Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Daerah kepada Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemda Sintang selaku Pejabat Pengguna Anggaran/ Pengguna Barang Ta. 2013;
- 1 (satu) examplar asli Surat Keputusan Bupati Sintang Nomor : 900/ 1186/ Kep/ BPKAD/ TAHUN 2012 tanggal 26 Desember 2012 tentang Penunjukan Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerima Pembantu, dan Bendahara Pengeluaran Pembantu di Lingkugan Pemerintah Kab. Sintang Ta. 2013;
- 1 (satu) examplar foto kopi Surat Keputusan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sintang No. 22 Tahun 2013 bulan Maret 2013 (tanpa tanggal) tentang Pembentukan Tim Swakelola Kegiatan Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) pada Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sintang, ditetapkan struktur Tim Swakelola dan Personil Tim Swakelola serta tugas dan kewajiban masing-masing personil pada Unit Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Tahun 2013;
- 1 (satu) examplar asli Surat Keputusan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sintang Nomor : 14 Tahun 2013 tangggal 15 Januari 2013 tentang Penunjukan panitia penerima hasil pekerjaan pada Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sintang Ta. 2013;
- 1 (satu) examplar asli Daftar Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPA SKPD) Nomor 1.03.1.03.0118.03.5, anggaran Kegiatan Pemeliharaan Jalan Jembatan (UPJJ);
- 1 (satu) examplar asli Surat Keputusan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sintang nomor : 46/KEP-DPU/TAHUN 2013 tanggal 4 Maret 2014 tentang penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan di Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sintang Ta. 2013;
- 1 (satu) examplar asli Surat Keputusan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sintang nomor : 407/ KEP-DPU/2013 tanggal 16 Oktober 2014 tentang penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan di Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sintang Ta. 2013;
- 1 (satu) examplar foto copy Daftar Usulan Rencana Proyek Engineer Estimate (EE) dari Dinas Pekerjaan Umum Kab. Sintang untuk Pekerjaan Pemeliharaan Jalan Jerora II ? Sei. Ana tahun 2013 dengan biaya sebesar Rp. 1.000.000.000,00;
- 1 (satu) examplar asli Surat Perjanjian Kerja Mobilisasi dan Demobilisasi Peralatan Paket Pemeliharaan Jalan Jerora II ? Sei. Ana antara Pejabat Pembuat Komitmen dengan kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Tahun Anggaran 2013 dengan AM. Abdul Razak nomor : 602.1/03.1/MOBIL.DEMOB. Jl. Jerora-UPJJ/III/2013 tanggal 22 Maret 2013;
- 1 (satu) examplar asli Permohonan Pembayaran Mobilisasi / Demobilisasi Peralatan Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Ta. 2013 oleh pelaksana AM. Abdul Razak dengan nilai kontrak sebesar Rp. 23.000.000.00;
- 1 (satu) lembar asli Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) nomor : 6014/SP2D-LS/2013 tanggal 6 Nopember 2013 kepada AM. Abdul Razak sebesar Rp. 23.000.000.00;
- 1 (satu) examplar asli Surat Perintah Kerja Paket Pengadaan Barang: Bahan Bangunan Nomor: 620/01.1/DPUK/UPJJ-BAHAN-JL. JERORA/II/2013 tanggal 5 Februari 2013 antara Pejabat Pembuat Komitmen dengan CV. Sinar Kelam;
- 1 (satu) exemplar asli Permohonan pembayaran pengadaan bahan/ Material Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Ta. 2013 oleh Pelaksana CV. Sinar Kelam dengan nilai sebesar Rp. 103.182.000,00;
- 1 (satu) lembar asli Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) nomor : 1409/SP2D-LS/2013 tanggal 16 Mei 2013 kepada CV. Sinar Kelam sebesar Rp. 103.182.000,00;
- 1 (satu) exemplar asli Surat Perintah Kerja Sewa Peralatan nomor : 620/01.1/DPUK/UPJJ-ALAT-JL.JERORA/II/2013 tanggal 8 Februari 2013 antara Pejabat Pembuat Komitmen dengan PT. Prima Karya Perkasa;
- 1 (satu) exemplar asli Surat Perintah Kerja Sewa Peralatan nomor: 620/ 01.2/DPUK/UPJJ-ALAT-JL. JERORA/II/2013 tanggal 15 Februari 2013 antara Pejabat Pembuat Komitmen dengan PT. Prima Karya Perkasa;
- 1 (satu) exemplar foto kopi Surat Perintah Kerja Sewa Peralatan nomor : 620/ 01.3/DPUK/UPJJ-ALAT- JL. JERORA/II/2013 tanggal 7 Maret 2013 antara Pejabat Pembuat Komitmen dengan PT. Prima Karya Perkasa;
- 1 (satu) exemplar asli Permohonan pembayaran Sewa Alat Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Ta. 2013 oleh Pelaksana PT. Prima Karya Perkasa dengan nilai kontrak sebesar Rp. 199.658.000,00;
- 1 (satu) lembar Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) nomor : 1716/SP2D-LS/2013 tanggal 30 Mei 2013 kepada PT. Prima Karya Perkasa sebesar Rp.199.658.000,00;
- 1 (satu) exemplar asli Permohonan pembayaran Sewa Alat Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Ta. 2013 oleh Pelaksana PT. Prima Karya Perkasa dengan nilai kontrak sebesar Rp. 198.722.000,00;
- 1 (satu) lembar asli Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) nomor : 1947/SP2D-LS/2013 tanggal 5 Juni 2013 kepada PT. Prima Karya Perkasa sebesar Rp. 198.722.00,00;
- 1 (satu) exemplar asli Permohonan pembayaran Sewa Alat Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Ta. 2013 oleh Pelaksana PT. Prima Karya Perkasa dengan nilai kontrak sebesar Rp. 125.644.000,00;
- 1 (satu) Lembar asli Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) nomor : 1988/SP2D-LS/2013 tanggal 17 Juni 2013 kepada PT. Prima Karya Perkasa sebesar Rp. 125.644.000.00;
- 1 (satu) exemplar asli Surat Perintah Kerja Paket Pengadaan Barang: bahan bangunan Nomor: 620/ 01.2/DPUK/UPJJ-BAHAN-JL. JERORA/II/2013 tanggal 12 Februari 2013 antara Pejabat Pembuat Komitmen dengan CV. Suprindo Raya;
- 1 (satu) exemplar asli Permohonan Pembayaran Pengadaan Bahan/ Material Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Ta. 2013 oleh Pelaksana CV. Suprindo Raya dengan nilai kontrak sebesar Rp. 194.972.000.00;
- 1 (satu) lembar Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) nomor : 1410/SP2D-LS/2013 tanggal 16 Mei 2013 kepada CV. Suprindo Raya sebesar Rp. 194.972.000.00;
- 1 (satu) exemplar asli Surat Perintah Kerja Paket Pengadaan Barang: Bahan Bangunan Nomor: 620/01.3/DPUK/UPJJ-BAHAN-JL.JERORA/II/2013 tanggal 19 Februari 2013 antara Pejabat Pembuat Komitmen dengan CV. Virgo Perdana;
- 1 (satu) exemplar asli Permohonan Pembayaran Pengadaan Bahan/ Material Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Ta. 2013 oleh Pelaksana CV. Virgo Perdana dengan nilai kontrak sebesar Rp. 101.830.000.00;
- 1 (satu) lembar asli Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor: 1411/SP2D-LS/2013 tanggal 16 Mei 2013 kepada CV. Virgo Perdana sebesar Rp. 101.830.000.00;
- 1 (satu) exemplar Surat Perjanjian Upah Paket Pemeliharaan Jalan Jerora II- Sei. Ana antara Pejabat Pembuat Komitmen Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Ta. 2013 dengan Kushariyanto Nomor: 620/01.1/DPUK/UPJJ-UPAHJL.Jerora II/I/2013 tanggal 30 Januari 2013;
- 1 (satu) exemplar Permohonan Pembayaran Upah Pekerja/ Mandor Kegiatan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (UPJJ) Ta. 2013 oleh Pelaksana Kushariyanto dengan nilai kontrak sebesar Rp. 47.503.000.00;
- 1 (satu) lembar Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor: 946/SP2D-LS/2013 tanggal 23 April 2013 kepada Kushariyanto sebesar Rp. Rp. 47.503.000.00;
- 1 (satu) exemplar foto copy Back up data Survey lapangan Kegiatan Pemeliharaan jalan Jerora II ? Sei. Ana Tahun anggaran 2013;
- 1 (satu) Lembar rekening koran / Daftar rincian transaksi CV. Virgo Perdana No. Rek : 4004016119 Bank Kalbar cabang Sintang tanggal 1 Februari 2013 sampai dengan 31 Agustus 2013 transaksi tanggal 17 Mei 2015 keterangan 1411/SP2D-LS/2013 sebesar Rp. 90.721.272 (Sembilan puluh juta tujuh ratus dua puluh satu ribu dua puluh tujuh dua rupiah);
- 1 (satu) Lembar Kwitansi terima uang sejumlah Rp. 60.000.000.- (Enam Puluh juta rupiah) diterima dari Andi Abd Malik untuk pembayaran pembelian Aspal 20 drum dan upah pekerja Gejora II Kec. Sintang tanggal 5 agustus 2014 bermaterai 6000;
- 1 (satu) Lembar rekening koran / Daftar rincian transaksi dari tanggal 1 Februari 2013 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2013 PT. PRIMAKARYA PERKASA dengan Nomor Rekening : 4004003100 Bank Kalbar cabang Sintang transaksi tanggal 30 Mei 2013 keterangan 1716/SP2D-LS/2013 sebesar Rp. 176.000.000.-, transaksi tanggal 7 Juni 2013 keterangan 1847/SP2D-LS/2013 sebesar Rp. 175.200.000.- dan transaksi tanggal 17 Juni 2013 keterangan 1988 /SP2D-LS/2013 sebesar Rp. 110.800.000,00;
- 1 (satu) Lembar rekening koran / Daftar rincian transaksi dari tanggal 1 Februari 2013 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2013 CV. SUPRINDO RAYA dengan Nomor Rekening : 4004000825 Bank Kalbar cabang Sintang transaksi tanggal 17 Mei 2013 keterangan 1410/SP2D-LS/2013 sebesar Rp. 173.700.000;
- 1 (satu) Lembar rekening koran / Daftar rincian transaksi dari tanggal 1 Februari 2013 sampai dengan tanggal 31 Agustus 2013 CV. SINAR KELAM dengan Nomor Rekening : 4004008691 Bank Kalbar cabang Sintang transaksi tanggal 17 Mei 2013 keterangan 1409/SP2D-LS/2013 sebesar Rp. 91.900.000;
- 1 (satu) Dokumen Print Out BKU (Buku Kas Umum) Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sintang dari tanggal 6 November 2013 sampai dengan tanggal 30 April 2013;
- Membebankan kepada Terdakwa membayar biaya perkara sejumlah Rp.10.000,00 (sepuluh ribu rupiah);
Putusan PN PONTIANAK Nomor 4/Pid.Sus-TPK/2017/PN Ptk |
|
Nomor | 4/Pid.Sus-TPK/2017/PN Ptk |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2017 |
Tanggal Register | 6 Januari 2017 |
Lembaga Peradilan | PN PONTIANAK |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Jahoras Siringo Ringo |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Maryono, Br Hakim Anggota Soeherman |
Panitera | Panitera Pengganti: Uray Julita |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI: Dikembalikan kepada Penuntut Umum untuk dipergunakan dalam perkara lain atas nama tersangka ISIN EVENDI; |
Tanggal Musyawarah | 5 Juli 2017 |
Tanggal Dibacakan | 5 Juli 2017 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Peninjauan Kembali : 1083 PK/Pid.Sus/2022
Pertama : 4/Pid.Sus-TPK/2017/PN Ptk
Statistik14334