- Menyatakan Terdakwa Abdul Qahhar, A.Md. Bin Taufik Billah tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan Primair Penuntut Umum;
- Membebaskan Terdakwa Abdul Qahhar, A.Md. Bin Taufik Billah oleh karena itu dari dakwaan Primair Penuntut Umum;
- Menyatakan Terdakwa Abdul Qahhar, A.Md. Bin Taufik Billah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dakwaan Subsidair Penuntut Umum;
- Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa oleh karena itu, dengan pidana penjara selama 3 (tiga) tahun, dan denda sebesar Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah). Apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa, dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap ditahan;
- Menetapkan barang bukti berupa:
- 1 (satu) buah Surat Perjanjian Kontrak Nomor: 04/KONTRAK/APBN/X/2018 tanggal 09 Oktober 2018 tentang Pekerjaan Biaya Jasa Konstruksi Fisik Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) buah Surat Perjanjian Kontrak Adendum ke-I Nomor: 04/KONTRAK/ADD-I/APBN/XII/2018 tanggal 11 Desember 2018 tentang Pekerjaan Biaya Jasa Konstruksi Fisik Pembangunan/ Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) buah Surat Perjanjian Kontrak Nomor: 03/KONTRAK/KONST/APBN/X/2018 tanggal 09 Oktober 2018 tentang Biaya Jasa Konsultasi Pengawasan Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) buah Shop Drawing Pembangunan Pasar Rakyat Ujong Blang Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh;
- 1 (satu) buah Progress Report Pekerjaan Konstruksi Fisik Pembangunan Pasar Rakyat Ujong Blang Nomor: 04/14/LKP/2018 tanggal 18 Desember 2018;
- 1 (satu) buah Laporan Kemajuan Pekerjaan (Progress Report) Nomor: 04/15/LKP/2018 tanggal 31 Desember 2018;
- 1 (satu) buah Perhitungan Volume (Back Up Data) Pekerjaan Fisik Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) bundel Foto Dokumentasi Pekerjaan Fisik Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) bundel Berita Acara Pemeriksaan Hasil Pekerjaan Nomor: 027/02/BAPHP/XII/2018 tanggal 31 Desember 2018;
- 1 (satu) bundel Berita Acara Serah Terima Pertama Pekerjaan Nomor: 17/BAST/APBN-TP/2018 tanggal 31 Desember 2018;
- 1 (satu) bundel Foto Copy Berita Acara Serah Terima Nomor: 417/M-DAG/BAST/09/2021 tanggal 02 September 2021;
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Membayar tanggal 24 Oktober 2018 Nomor: 00001 beserta lampirannya perihal Pembayaran Uang Muka Belanja Barang Biaya Jasa Konstruksi Fisik Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) bundel Surat Perintah Membayar tanggal 20 Desember 2018 Nomor: 00020 beserta lampirannya perihal Pembayaran Termin I (32%) Belanja Barang Biaya Jasa Konstruksi Fisik Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) bundel Surat PerintahMembayartanggal 21 Desember 2018 Nomor: 00021 beserta lampirannya perihal Pembayaran Termin II (24%) Belanja Barang Biaya Jasa Konstruksi Fisik Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) bundel Surat PerintahMembayartanggal 21 Desember 2018 Nomor: 00022 beserta lampirannya perihal Pembayaran Termin III (16%) Belanja Barang Biaya Jasa Konstruksi Fisik Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) bundel Surat PerintahMembayartanggal 21 Desember 2018 Nomor: 00023 beserta lampirannya perihal Pembayaran Termin IV (8%) Belanja Barang Biaya Jasa Konstruksi Fisik Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) bundel Surat PerintahMembayartanggal 21 Desember 2018 Nomor: 00025 besertalampirannyaperihalPembayaran 100 % Biaya Jasa Konsultasi Pengawasan Pembangunan/Revitalisasi Pasar Rakyat Ujong Blang;
- 1 (satu) bundel Surat Pernyataan Kesanggupan tanggal 17 April 2020 yang ditandatangani oleh Direktur PT. GLOBAL MANDIRI GROUP (Rustam);
- 1 (satu) bundel Foto Copy Surat Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Nomor: 569/PDN.3/SD/04/2020 tanggal 03 April 2020 Perihal Tindak Lanjut dan Penyelesaian Hasil Temuan PDTT BPK RI Pasar TP Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) buah Foto Copy Surat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Kopersai dan Usaha Kecil Menengah Kota Lhokseumawe kepada PT. GLOBAL MANDIRI GROUP Nomor: 318/2020 tanggal 09 April 2020 Perihal Tindak Lanjut dan Penyelesaian hasil Temuan PDTT BPK RI Pasar TP TA 2018;
- 1 (satu) buah Surat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Lhokseumawe kepada Direktur PT. GLOBAL MANDIRI GROUP Nomor: 510/754 tanggal 28 September 2020 Perihal Tindak Lanjut dan Penyelesaian Temuan Hasil Pemeriksaan PDTT BPK RI;
- 1 (satu) buah Surat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Kopersai dan Usaha Kecil Menengah Kota Lhokseumawe kepada Direktur PT. GLOBAL MANDIRI GROUP Nomor: 510/888 tanggal 01 November 2021 Perihal Teguran ke-III Penyelesaian Temuan Hasil Pemeriksaan PDTT BPK RI;
- 1 (satu) buah Surat Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Lhokseumawe kepada Direktur PT. GLOBAL MANDIRI GROUP Nomor: 510/157.A tanggal 01 Maret 2022 Perihal Teguran ke-IV Penyelesaian Temuan Hasil Pemeriksaan PDTT BPK RI;
- 1 (satu) buah Keputusan Walikota Lhokseumawe Nomor: 370 Tahun 2018 tanggal 08 Oktober 2018 tentang Penunjukan Pejabat Pengelola Keuangan Kegiatan Pembangunan dan Pengembangan Sarana Perdagangan yang Didanai Melaui Dana Tugas Pembantuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) buah Keputusan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Lhokseumawe Nomor: 04 Tahun 2018 tanggal 12 Oktober 2018 tentang Pembentukan Panitia Penerima Hasil Pekerjaan/Pengadaan Barang/Jasa Pembangunan dan Pengembangan Sarana Tugas Perbantuan Distribusi Melalui APBN pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Kopersai dan Usaha Kecil Menengah Kota Lhokseumawe Tahun Anggaran 2018;
- 1 (satu) buah Laporan Kemajuan Pekerjaan (Progress Report) Nomor: 04/13/LKP/2018 tanggal 20 Desember 2018;
- 3 (tiga) buah Surat CV. TRIPOD ENGINEERING CONSULTANT Perihal Teguran I Nomor: 004/TEC/XI/2018 tanggal 11 November 2018, Teguran II Nomor: 004/TEC/XI/2018 tanggal 15 November 2018, dan Teguran III Nomor: 007/TEC/XII/2018 tanggal 05 Desember 2018;
- Membebankan kepada Terdakwa untuk membayar biaya perkara sebesar Rp. 5.000,- (lima ribu rupiah);
Putusan PN BANDA ACEH Nomor 83/Pid.Sus-TPK/2022/PN Bna |
|
Nomor | 83/Pid.Sus-TPK/2022/PN Bna |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2023 |
Tanggal Register | 8 Desember 2022 |
Lembaga Peradilan | PN BANDA ACEH |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Deny Syahputra |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Eliyurita, Br Hakim Anggota R. Deddy Harryanto |
Panitera | Panitera Pengganti: Mustari |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI: Dikembalikan kepada Penuntut Umum untuk dipergunakan dalam perkara a.n. Terdakwa Sanoval, S.T Bin Sulmiadi; |
Tanggal Musyawarah | 10 Maret 2023 |
Tanggal Dibacakan | 10 Maret 2023 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Kasasi : 4288 K/Pid.Sus/2023
Pertama : 83/Pid.Sus-TPK/2022/PN Bna
Statistik9721