- Menyatakan Terdakwa Drs. M Yusuf S, tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana dalam dakwaan Primair;
- Membebaskan Terdakwa oleh karena itu dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa Drs. M Yusuf S terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan Tindak Pidana Korupsi Secara bersama-sama sebagaimana dimaksud dalam Dakwaan Subsidair;
- Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Drs. M Yusuf S oleh karena itu dengan pidana penjara selama 2 (dua) tahun dan denda sejumlah Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan ;
- Menjatuhkan pidana tambahan kepada Terdakwa Drs. M Yusuf S untuk membayar uang pengganti sejumlah Rp.1.988.893.657.31,- (Satu Milyar Sembilan Ratus Delapan Puluh Delapan Juta Delapan Ratus Sembilan Puluh Tiga Ribu Enam Ratus Lima Puluh Tujuh Ratus Tiga Puluh Satu Rupiah) jika Terpidana tidak membayar uang pengganti paling lama dalam waktu 1 (satu) bulan sesudah putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dalam hal Terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka dipidana dengan pidana penjara selama 3 (tiga) bulan ;
- Menetapkan masa penangkapan dan penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap berada dalam tahanan;
- Menetapkan barang bukti berupa :
- 1 (satu) bundel Dokumen Kontrak Nomor: 520/02.535/SP/PERENC/DPP/ VIII/2016 tanggal 25 Agustus2016 Kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Teknologi Pengembangan/Optimalisasi Jaringan Irigasi Pertanian, Pekerjaan Perencanaan Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong (DAK-IPD) Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) bundel Dokumen Kontrak Surat Perintah Kerja Nomor: 02/PPK-RJIPBM-DAK/PSTPOJI/DPP/X/2016 Pengadaan Sarana dan Prasarana Teknologi Pengembangan/Optimalisasi Jaringan Irigasi Pertanian Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) lembar Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) No: 05361/SP2D/ LS/XII/2016 tanggal 02 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Rekomendasi Nomor: 520/620/RK/LSBJ/ 2016 tanggal 22 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor: 00232/SPM/2.01.01.00/LS/XI/2016 tanggal 22 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pengantar Perminrtaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00232/ SPM/2.01.01.00/LS/XI/2016 tanggal 22 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Ringkasan Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00232/ SPM/2.01.01.00/LS/XI/2016 tanggal 22 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Rincian Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00232/SPM/2. 01.01.00/LS/XI/2016 tanggal 22 November 2016;
- 1 (satu) buah flash disk kapasitas 32 GB warna hitam merk V-Gen yang berisi Dokumen Penawaran pada Proyek Rehabilitasi Irigasi Pipanisasi Batu Massong Tahun 2016 dari PT. Karya Alam Indah;
- 1 (satu) Rangkap Dokumen Daftar Pengiriman Barang No: FD/16/10/02257 PT. Anugrah Global Logistic, tanggal 18 Oktober 2016 beserta lampiran;
- 1 (satu) Rangkap Dokumen Daftar Pengiriman Barang No: FD/16/11/02448 PT. Anugrah Global Logistic, tanggal 11 November 2016 beserta lampiran;
- 1 (satu) Rangkap Dokumen Daftar Pengiriman Barang No: FD/16/11/02491 PT. Anugrah Global Logistic, tanggal 16 November 2016 beserta lampiran;
- 1 (satu) Rangkap Dokumen Laporan Pembayaran Piutang Harian PT. Anugrah Global Logistic, Periode 01 Mei 2016 s/d 22 Oktober 2021;
- 1 (satu) lembar Time Schedule Pelelangan Perencanaan Pembangunan Irigasi Perpipaan Batu Massong (Tulis Tangan) Tahun 2016;
- 1 (satu) lembar Time Schedule Pelelangan Fisik Pembangunan Irigasi Perpipaan Batu Massong (Tulis Tangan) Tahun 2016;
- 1 (satu) lembar Laporan Hasil Evaluasi HPS Perencanaan Pembangunan Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016 yang dibuat oleh Inspektorat Nomor: 700/33/LHP/VII/ITDA/2016 tanggal 28 Juli 2016;
- 1 (satu) lembar daftar hadir pertemuan Tim Teknis Irigasi Perpipaan Batu Massong tanggal 24 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar Permohonan Pekerjaan Tambah/Kurang (CCO) Nomor: 06/KAI-CCO/XII/2016 tanggal 12 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar Permohonan Perpanjangan Waktu Pelaksanaan Nomor: 08/KAI-PT/XII/2016 tanggal 13 Desember 2016;
- 1 (satu) bundel Surat Pemberitahuan Penunjukan Penyedia Barang dan Jasa untuk Pelaksanaan Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong TA 2016 Nomor: 520/01.564/SPPDJ/DPP/X/2016 kepada PT. Karya Alam Indah (Lampiran berupa Summary Record, Daftar Hadir Pembuktian, Berita Acara Penjelasan Pelelangan, Berita Acara Evaluasi Penawaran, Berita Acara Pembuktian Kualifikasi, Berita Acara Klarifikasi dan Negosiasi Teknis dan Harga, Berita Acara Hasil Pelelangan, dan Pengumuman Pemenang);
- 1 (satu) bundel Laporan Tim Tenis Kegiatan Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong 2016;
- 1 (satu) lembar Laporan Hasil Evaluasi HPS Rehabilitasi Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016 yang dibuat oleh Inspektorat Nomor: 700/54/LHP/X/ITDA/2016 tanggal 22 September 2016;
- 1 (satu) lembar Surat Perihal Permohonan Proses Lelang Pekerjaan Rehabilitasi Pembangunan Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong T.A 2016 Nomor: 520/530/IX/2016 tanggal 19 September 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Jaminan Uang Muka tanggal 12 Oktober 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Jaminan Uang Muka Nomor Jaminan: 55.02. 16.06104.3.13.01.0 Nilai Rp. 1.289.762.800,00 tanggal 12 Oktober 2016;
- 1 (satu) lembar penyampaian Pelaksanaan Pekerjaan Nomor: 40/KAI/X/ 2016 tanggal 31 Oktober 2016;
- 1 (satu) lembar Surat Keputusan Bupati Bantaeng Nomor: 520/358/IX/2016 tentang Pembentukan Tim Teknis Rehabilitasi Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bantaeng Tahun Anggaran 2016 tanggal 17 September 2016;
- 1 (satu) lembar Surat Undangan Pertemuan Nomor: 005/377/VI/2016 tanggal 24 Juni 2016;
- 1 (satu) bundel Dokumen Pencairan 20% Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016, dengan rincian sebagai berikut:
- 1 (satu) lembar Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor: 04730/SP2D/LS/XI/2016 tanggal 11 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor: 00209/SPM/2,01.01.00/LS/XI/2016 tanggal 08 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Rekomendasi Permintaan Pembayaran Langsung Nomor: 520/620/RK/LSBJ/2016 tanggal 10 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pengantar Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00209/SPP/2.01.01.00/LS/XI/2016 tanggal 08 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Ringkasan Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00209/SPP/2.01.01.00/LS/XI/2016 tanggal 08 November 2016;
- 1 (satu) lembar Rincian Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00209/SPP/2.01. 01.00/LS/XI/2016 tanggal 08 November 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Kuitansi Pembayaran Biaya Uang Muka 20% Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Pembayaran (BAP) Nomor: 520/98/19.008.PLA/BAP/XI/2016 tanggal 08 November 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Dokumen Monthly Certificate (MC-1) Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Dokumen Laporan Monthly Certificate (MC-1) Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) bundel Dokumen Pencairan 83% Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016, dengan rincian sebagai berikut:
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Rekomendasi Permintaan Pembayaran Langsung Nomor: 520/703/RK/LSBJ/2016 tanggal 14 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor: 00252/SPM/2,01.01.00/LS/XII/2016 tanggal 14 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pengantar Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00252/ SPP/2.01.01.00/LS/XII/2016 tanggal 14 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Ringkasan Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00252/ SPP/2.01.01.00/LS/XII/2016 tanggal 14 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar Rincian Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: : 00252/SPP/2.01. 01.00/LS/XII/2016 tanggal 14 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Kuitansi Pembayaran Biaya MC-2 83% Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016 tanggal 14 Desember 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Pembayaran (BAP) Nomor: 520/110/19.008.PLA/BAP/XII/2016 tanggal 14 Desember 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Foto Dokumentasi Monthly Certificate (MC-2) Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) bundel Dokumen Pencairan 100% Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016, dengan rincian sebagai berikut:
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor: 00081/SP2D/LS-BJ/I/2018 tanggal 08 Januari 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy Kuitansi Pembayaran Biaya Penyelesaian Pekerjaan 100% Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor: 004/SPM/DISTAN/LS-BJ/2018 tanggal 04 Januari 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Rekomendasi Permintaan Pembayaran Langsung Nomor: 520/18/RK/LS-BJ/2018 tanggal 04 Januari 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pengantar Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 004/ SPP/DISTAN/LS-BJ/I/2018 tanggal 04 Januari 2018;
- 1 (satu) lembar fotocopy Ringkasan Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor004/SPP/ DISTAN/LS-BJ/I/2018 tanggal 04 Januari 2018;
- 1 (satu) lembar Rincian Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 004/SPP/DISTAN/LS-BJ/I/ 2018 tanggal 04 Januari 2018;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Pembayaran (BAP) Penyelesaian Pekerjaan 100% Nomor: 520/06/BAP/DISTAN.PSP/I/2018 tanggal 05 Januari 2018;
- 1 (satu) bundel Dokumen Pencairan Perencanaan Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016, dengan rincian sebagai berikut:
- 1 (satu) lembar fotocopy Kuitansi Pembayaran Biaya Perencanaan Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor: 00182/SPM/2.01.01.00/LS/X/2016 tanggal 15 Oktober 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Rekomendasi Permintaan Pembayaran Langsung Nomor: 520/563/RK/LSBJ/2016 tanggal 15 Oktober 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pengantar Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00182/SPP/2.01.01.00/LS/X/2016 tanggal 15 Oktober 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Ringkasan Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00182/SPP/2.01.01.00/LS/X/2016 tanggal 15 Oktober 2016;
- 1 (satu) lembar Rincian Surat Permintaan Pembayaran Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS Barang dan Jasa) Nomor: 00182/SPP/2.01. 01.00/LS/X/2016 tanggal 15 Oktober 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Pembayaran (BAP) Perencanaan Nomor: 520/87/18.008.PLA/BAP/X/2016 tanggal 25 Agustus 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Pembayaran (BAP) 57% Nomor: 520/107/19.008.PLA/BAP/XI/2016 tanggal 22 November 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Pernyataan Pelantikan Kepala Dinas Pertanian Kab. Bantaeng Nomor: 821.2-23/BKD Tanggal 31 Desember 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Serah Terima Terkahir (PHO) Nomor : 520.01.b/BA-PHO/PA-RJIPBM.DAK-IPD/PSP/DPP/II/2017 tanggal 20 Februari 2017;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Serah Terima Terkahir(FHO) Nomor: 520/01.2/BA-FHO/PA-RJIPBM/DPP/XI/2017 Tanggal 13 November 2017;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Bantaeng Nomor: 900/201/III/2016 tentang Penunjukkan Pejabat Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Beberapa SKPD/Unit Kerja Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng Tahun Anggaran 2016 Tanggal 21 Maret 2016;
- 1 (satu) bundel fotocopy Engineer Estimate Kegiatan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016 Konsultan Perencana PT. Perdana Cipta Abdipertiwi;
- 1 (satu) bundel fotocopy Gambar Perencanaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Back up Data Kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Pengembangan/Optimalisasi Jaringan Irigasi Pertanian Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Pembuktian Kualifikasi Nomor: 06.87/BA/PK/ULP-BTG/X/2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Bantaeng Nomor: 050/59/I/2016 Tentang Penunjukan Personil Unit Layanan Pengadaan Barang/Jasa Daerah Kabupaten Bantaeng Tahun Anggaran 2016 Tanggal 20 Januari 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Kepala Dinas Pertanian Kab. Bantaeng Nomor: 520/102/Kpts/IV/2017 tentang Perubahan Surat Keputusan Kepala Dinas Pertanian Kab. Bantaeng Nomor: 520/016/Kpts/IV/2017 tentang Penunjukan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada Dinas Pertanian Kab. Bantaeng Tahun Anggaran 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Tugas Nomor: 218/ULP-BTG/IX/2016 tanggal 21 September 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pengumuman Pemenang Kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Teknologi Pengembangan / Optimalisasi Jaringan Irigasi Pertanian Nomor: 08.87/PP/POKJA/ULP-BTG/X/2016 Tanggal 06 Oktober 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Hasil Pelelangan Nomor: 07.87/BAHP/Pokja/ULP-BTG/X/2016 Tanggal 04 Oktober 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Bantaeng Nomor 800/466/IX/2019 Tentang Pengangkatan Pertama Kali dalam Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Kabupaten Bantaeng Tanggal 27 September 2019;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Tanda Setoran (STS) Pembayaran Denda Keterlambatan Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong (DAK-IPD) PT. Karya Alam Indah Tahun 2017 Tanggal 09 Januari 2018;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Summary Report pada Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong (DAK-IPD) Tahun 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPPA SKPD) Tahun Anggaran 2016 Nomor DPPA SKPD: 2.01 2.01.01 18 008 5 2 Tanggal 09 April 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (DPPA SKPD) Tahun Anggaran 2017 Nomor: 2.03 01.2.03.01.01.18.008 5 2 Dinas Pertanian Kab. Bantaeng Tanggal 10 November 2017;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Spesifikasi Teknis Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Evaluasi Penawaran Nomor: 04.87/BAEP/Pokja/ULP-BTG/X/2016 Tanggal 05 Oktober 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Klarifikasi dan Negosiasi Teknis dan Harga Nomor: 05.87/ULP-BTG/POKJA/X/2016 Tanggal 04 Oktober 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Penanganan Kondisi di Luar Dugaan terhadap Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong (DAK-IPD) Nomor: 520/ /BAP-PKDD/PA-RJIPBM/PSPTPOJI/ DPP/XII/2016 Tanggal 23 Desember 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Berita Acara Penjelasan Pelelangan (BAPP) Nomor: 03.87/BAPP/ULP-BTG/POKJA/IX/2016 mengenai Pelaksanaan penjelasan Dokumen Pengadaan Paket Perkerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong (DAK-IPD) Tanggal 26 September 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Keputusan Bupati Bataeng Nomor: 900/08/I/2016 tanggal 02 Januari 2016 tentang Penunjukan Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Rekapitulasi Daftar Kuantitas dan Harga Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) bundel fotocopy Dokumen Daftar Harga dan Kuantitas Pekerjaan Rehabilitasi Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) bundel fotocopy Dokumen Kontrak Kritis Pemberian Kesempatan kepada PT. Karya Alam Indah untuk menyelesaikan sisa pekerjaan Nomor: 520/ /BAP-PKDD/PA-RJPBM/PSPTPOJI/DPP/XII/ 2016 tanggal 23 Desember 2016;
- 1 (satu) Bundel Dokumen Kontrak Nomor: 520/02.564/SP/DPP/X/2016 tanggal 12 Oktober 2016 Kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Teknologi Pengembangan/Optimalisasi Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong (DAK-IPD) Tahun 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy specimen data pembukaan rekening Bank Mandiri PT. Karya Alam Indah;
- 1 (satu) rangkap fotocopy rekening koran Bank Mandiri PT. Karya Alam Indah periode bulan Januari 2016 sampai dengan November 2018 beserta rinciannya;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Akta Pendirian PT. Karya Alam Indah tanggal 01 April 2016;
- 1 (satu) bundel fotocopy Dokumen Pengadaan Secara Elektronik Paket Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016 pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bantaeng Nomor: 02.87/ULP-BTG/POKJA/IX/2016 tanggal 23 September 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Petikan Surat Keputusan Bupati Bantaeng Nomor: 821.2-04 tanggal 15 Februari 2008 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kembali Pejabat Struktural Eselon IV Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pernyataan Pelantikan Nomor: 821.2-149/BKD tanggal 25 Februari 2008 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Kepala Seksi Pengembangan Produksi, Perlindungan Tanaman dan PLA pada Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Kehutanan;
- 1 (satu) lembar fotocopy Petikan Surat Keputusan Bupati Bantaeng Nomor: 821.2/71/III/2010 tanggal 17 Maret 2010 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kembali Pejabat Struktural Eselon II, III, dan IV Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pernyataan Pelantikan Nomor: 821.2-29/BKD tanggal 17 Maret 2010 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian dan Peternakan;
- 1 (satu) lembar fotocopy Rekening Koran Atas nama Dinas Pertanian dan Peternakan Nomor Rekening: 41-002-000007791-1 periode tanggal 01 Januari 2016 S/D 31 Desember 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Rekening Koran Atas nama Dinas Pertanian dan Peternakan Nomor Rekening: 41-002-000007791-1 periode tanggal 01 Januari 2017 S/D 31 Desember 2017;
- 1 (satu) lembar fotocopy Rekening Koran Atas nama Dinas Pertanian dan Peternakan Nomor Rekening: 41-002-000007791-1 periode tanggal 01 Januari 2018 S/D 31 Desember 2018;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pekerjaan Pengawasan Teknis Rehabilitasi Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong Tahun Anggaran 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Pernyataan Pelantikan Nomor: 821.2-51/BKD tanggal 31 Desember 2016 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian pada Dinas Pertanian Kab. Bantaeng;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Petikan Surat Keputusan Bupati Bantaeng Nomor: 821.2/469/XII/2016 tanggal 31 Desember 2016 tentang Pengangkatan Kembali (Pengukuhan) Pejabat Administrator Lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Dukungan Pengadaan PT. Bakrie Pipe Industries kepada PT. Karya Alam lndah No: NOG/0692/IX/2016/IDA tanggal 27 September 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Keterangan Jaminan Mutu PT. Bakrie Pipe Industries No: NOG/0693/IX/2016/IDA tanggal 27 September 2016;
- 1 (satu) lembar fotocopy Surat Penawaran PT. Bakrie Pipe Industries No: NOG/0694/IX/2016/IDA tanggal 27 September 2016;
- 1 (satu) rangkap fotocopy Surat Pesanan Barang/Purchase Order (PO) PT. Karya Alam lndah kepada PT. Bakrie Pipe Industries No: 001.KAI.SPB/KS/X/2016 tanggal 24 September 2016 sebanyak 262 (dua ratus enam puluh dua) batang Pipa BSP ASTM A 53 dengan nilai pembelian Rp. 2.491.217.469,- (dua milyar empat ratus sembilan puluh satu juta dua ratus tujuh belas ribu empat ratus enam puluh sembilan rupiah);
- 1 (satu) rangkap fotocopy lnvoice/faktur Uang Muka 10% Pembelian BSP ASTM A53 A No: 448/BPl/0916 tanggal 21 November 2016 sebesar Rp. 249.121. 746,- (dua ratus empat puluh sembilan juta seratus dua puluh satu ribu tujuh ratus empat puluh enam rupiah);
- 1 (satu) rangkap fotocopy lnvoice/faktur Pembelian BSP ASTM A53 A sebanyak 48 (empat puluh delapan) batang No: 2474.1732.16 tanggal 12 Oktober 2016 sebesar Rp. 410.765.628,- (empat ratus sepuluh juta tujuh ratus enam puluh lima ribu enam ratus dua puluh delapan rupiah);
- 1 (satu) rangkap fotocopy lnvoice/faktur Pembelian BSP ASTM A53 A sebanyak 64 (enam puluh empat) batang No: 2482.1732.16 tanggal 10 Oktober 2016 sebesar Rp. 547.687.504,- (lima ratus empat puluh tujuh juta enam ratus delapan puluh tujuh ribu lima ratus empat rupiah);
- 1 (satu) rangkap fotocopy lnvoice/faktur Pembelian BSP ASTM A53 A sebanyak 63 (enam puluh tiga) batang No: 2486.1732.16 tanggal 14 Oktober 2016 sebesar Rp.539.129.887,-(lima ratus tiga puluh sembilan juta seratus dua puluh sembilan ribu delapan ratus delapan puluh tujuh rupiah);
- 1 (satu) rangkap fotocopy lnvoice/faktur Pembelian BSP ASTM A53 A sebanyak 16 (enam belas) batang No: 2646.1732.16 tanggal 18 Januari 2017 sebesar Rp. 136.921.876,- (seratus tiga puluh enam juta sembilan ratus dua puluh satu ribu delapan ratus tujuh puluh enam rupiah);
- 1 (satu) rangkap fotocopy lnvoice/faktur Pembelian BSP ASTM A53 A sebanyak 9 (sembilan) batang No: 2707.1732.16 tanggal 11 November 2016 sebesar Rp. 77.018.555,- (tujuh puluh tujuh juta delapan belas ribu lima ratus liama puluh lima rupiah);
- 1 (satu) rangkap fotocopy lnvoice/faktur Pembelian BSP ASTM A53 A sebanyak 20 (dua puluh) batang No: 2708.1732.16 tanggal 11 November 2016 sebesar Rp. 171.152.344,- (seratus tujuh puluh satu juta seratus lima puluh dua ribu tiga ratus empat puluh empat rupiah);
- 1 (satu) rangkap fotocopy lnvoice/faktur Pembelian BSP ASTM A53 A sebanyak 35 (tiga puluh lima) batang No: 2709.1732.16 tanggal 11 November 2016 sebesar Rp. 299.516.604,- (dua ratus sembilan puluh sembilan juta lima ratus enam belas ribu enam ratus empat rupiah);
- 1 (satu) rangkap fotocopy lnvoice/faktur Pembelian BSP ASTM A53 A sebanyak 7 (tujuh) batang No: 2737 .1732.16 tanggal 18 Januari 2017 sebesar Rp. 59.903.317,- (lima puluh sembilan juta dembilan ratus tiga ribu tiga ratus tujuh belas rupiah);
- 1 (satu) Rangkap Dokumen Dokumentasi Pengawasan Teknis Kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Teknologi Pengembangan / Optimalisasi Jaringan Irigasi Pertanian Tahun 2016 Pekerjaan Pengawasan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong (DAK-IPD), Konsultan Pengawas CV. Inter Civindo;
- 1 (satu) Buah Flashdisk Sandisk Cruzer Blade 8GB memuat Video Dokumentasi Pengawasan Teknis Kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Teknologi Pengembangan / Optimalisasi Jaringan Irigasi Pertanian Tahun 2016 Pekerjaan Pengawasan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Perpipaan Batu Massong (DAK-IPD), Konsultan Pengawas CV. Inter Civindo;
- 1(satu) Rangkap Bukti Pemotongan Pajak Penghasilan Nama Pemotong PT Bahana Cipta Identitas atas nama Drs. M Yusuf. S, Identitas pemotong Dawud Kurniadi dan Nama Pemotong PT Bahana Cipta Identitas atas nama Ir. Ganda Tulliza, Pemotong Dawud Kurniadi ;
- 1 (satu) Rangkap Dokumen Surat Keterangan Kerja atas nama Drs.M Yusuf. S pada PT Bahana Cipta Tanggal 06 Maret 2020;
- Membebankan Terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah);
Putusan PN MAKASSAR Nomor 68/Pid.Sus-TPK/2023/PN Mks |
|
Nomor | 68/Pid.Sus-TPK/2023/PN Mks |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2023 |
Tanggal Register | 30 Mei 2023 |
Lembaga Peradilan | PN MAKASSAR |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Ni Putu Sri Indayani |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Ir. Abdul Rahman Karim, Br Hakim Anggota Aminul Rahman |
Panitera | Panitera Pengganti: Syaharuddin Rahman |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
M E N G A D I L I : Dipergunakan dalam Berkas Perkara Saksi Hj. Gusnawati, SE ; Dikembalikan Kepada Terdakwa Drs. M Yusuf S ; |
Tanggal Musyawarah | 25 September 2023 |
Tanggal Dibacakan | 25 September 2023 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Data Identitas Tidak Ditemukan
Lampiran
Lampiran
- Download Zip
- 68/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Mks.zip
- Download PDF
- 68/Pid.Sus-TPK/2023/PN_Mks.pdf
Putusan Terkait
Putusan Terkait
-
Pertama : 68/Pid.Sus-TPK/2023/PN Mks
Statistik11879