Putusan PN PALANGKARAYA Nomor 22/Pid.Sus-TPK/2020/PN Plk |
|
Nomor | 22/Pid.Sus-TPK/2020/PN Plk |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Pidana Khusus Korupsi |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2021 |
Tanggal Register | 24 Nopember 2020 |
Lembaga Peradilan | PN PALANGKARAYA |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua Alfon |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Irfanul Hakim, Br Hakim Anggota Anuar Sakti Siregar |
Panitera | Panitera Pengganti: Rahmawati Fitri |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
MENGADILI 1. Menyatakan terdakwa DENNY HERMANTO SUMARNA, ST Alias LIPING terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi, ?secara bersama - sama ?, sebagaimana dalam dakwaan Primair; 2. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa DENNY HERMANTO SUMARNA, ST Alias LIPING oleh karena itu dengan pidana penjara selama 8 (delapan) tahun serta denda sebesar Rp. 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 4 (empat) bulan; 3. Menghukum pula terdakwa DENNY HERMANTO SUMARNA, ST Alias LIPING untuk membayar uang pengganti sebanyak Rp 1.103.880.913,00 (satu milyar seratus tiga juta delapan ratus delapan puluh ribu sembilan ratus tiga belas rupiah), dengan ketentuan apabila terdakwa, tidak dapat membayar uang pengganti tersebut selama 1 (satu) bulan setelah putusan pengadilan mempunyai kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut dan dalam hal terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama 3 (tiga) tahun dan 9 (sembilan) bulan; 4. Menetapkan masa Penahanan yang telah dijalani terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan; 5. Menetapkan agar terdakwa ditahan; 6. Menetapkan agar barang bukti, berupa : 1. Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP 85 Tahun 2013 Tentang Pemberhentian dengan Hormat Pengelola Anggaran Tahun 2012 dan Penunjukan / Pengangkatan Pengelola Anggaran Tahun 2013 pada Kantor / Satuan Kerja di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Tanggal 30 Januari 2015. Terlampir Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP 85 Tahun 2013 Tanggal : 30 Januari 2013. 2. Surat Keputusan Nomor : HK.208/H.039/MTW.KTG/2014 tentang Pembentukan Pengawas Pekerjaan Kegiatan Dipa Tahun 2014 Bandar Udara Beringin ? Muara Teweh Kuasa Pengguna Anggaran Bandar Udara Beringin - Muara Teweh Tahun Anggaran 2014 Tanggal 03 Januari 2014. Terlampir Surat Keputusan Nomor : HK.208/H.039/MTW.KTG/2014 Tanggal : 03 Januari 2014. 3. Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP.37 Tahun 2014 tentang Pemberhentian dengan Hormat Pengelola Anggaran Tahun 2013 dan Penunjukan / Pengangkatan Pengelola Anggaran Tahun 2014 pada Kantor / Satuan Kerja di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Pada tanggal 13 Januari 2014. Terlampir Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP.37 Tahun 2014 Tanggal : 13 Januari 2014. 4. Surat Perjanjian Nomor : KU.004/J.244/MTW-2014 tanggal 22 Juli 2014 Pekerjaan : Pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir, 2.328 M2 CV. INDO BARUH KENCANA, Tahun Anggaran 2014; 5. Laporan Kemajuan Pekerjaan Bulan ? 1 (22 Juli s/d 18 Agustus 2014) Program : Pengelolaan dan Penyelenggaraan Transportasi Udara Kegiatan : Pembangunan Rehabilitasi dan Pemeliharaan Prasarana Bandara Udara Pekerjaan : Pembuataan Halaman Masuk dan Halaman Parkir 2.382 m2 Kontraktor : CV. Indo Baruh Kencana 6. Laporan Kemajuaan Pekerjaan Minggu 01 ? 04 & Rekapitulasi 22 Juli s/d 28 Juli 2014 Program : Pengelolaan dan Penyelenggaraan Transportasi Udara Kegiatan : Pembangunan, Rehabilitasi dan Pemeliharaan Prasarana Bandar Udara Pekerjaan : Pembuatan Jalan Masuk Dan Halaman Parkir 2.328 M2 Kontraktor : CV. Indo Baruh Kencana. 7. Hasil Pengujian Laboratorium Rencana Campuran Aspal Panas Laston (Design mix Formula) ATB ( Asphal Treated Base) Sifat Fisis Aspal PEN 60/70 Pekerjaan : Pembuataan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.383m2 di Bandara Beringin Muara Teweh Pelaksana : CV.Indo Baruh Kencana Agustus 2014 8. Hasil Pengujian Laboratorium (Design Mix Formula) Terhadap : 1) Lapis Pondasi Bawah Klas ?C? 2) Lapis Pondasi Bawah Klas ?B? (Sub Base) 3) Lapis Pondasi Atas Klas ?A? (Base Course) Untuk Pekerjaan : Pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2 Lokasi : Bandar Beringin Muara Teweh Tahun Anggaran : 2014 Pelaksana : CV ?Indo Baruh Kencana? Pusat Puruk Cahu Agustus 2014. 9. As Build Drawing, Paket Pekerjaan Pembuatan Jalan Masuk dan HalamanParkir 2.328 M2 10. Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : 966273D/080/112 tanggal 25 Agustus 2014 Tahun Anggaran 2014, yaitu : Pembayaran uang muka 30% belanja modal pekerjaan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2, kepada CV.Indo Baruh Kencana, sebesar Rp.331.164.274; Berikut lampiran : 1. Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor : 00097/413953 tgl. 22-08-2014. Kepada : CV.Indo Baruh Kencana Jl. Gereja No. 44, Rt.03, Rw. II, Puruk Cahu, Uraian : Pembayaran Uang Muka 30% belanja modal pekerjaan pembuatan Jalan masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2 2) Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Nomor : 00097/413953 tgl. 22-08-2014. 3) Ringkasan Kontrak tanggal 22 Agustus 2014 4) Kartu Pengawasan Kontrak. 5) Register Data Realisasi Kontrak 6) Surat Direktur CV. Indo Baruh Kencana, Nomor : 39-CV.IBK/VIII/2014, tanggal 19 Agustus 2014. Perihal Permohonan Pembayaran Uang Muka 7) Berita Acara Pembayaran Uang Muka, Nomor : KU.003/J.285/MTW/2014, tanggal 22 Agustus 2014 8) Berita Acara Pembayaran Uang Muka, Nomor : KU.003/J.285/MTW/2014, tanggal 22 Agustus 2014 9) Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran Jaminan Uang Muka dari PT. Asuransi Umum Videl 10) Surat Kuasa dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Nomor : KU.003/J.284/MTW/2014, tanggal 12 Agustus 2014. 11) Rekening Koran Nomor : 501-003-000000186-4 atas nama CV. Indo Baruh Kencana 12) NPWP : 02.014.807.8-714.000 atas nama CV. Indo Baruh Kencana. 11. Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : 969105D/080/112 tanggal 13 Nopember 2014 Tahun Anggaran 2014, yaitu : Pembayaran termin Ke-2 dan Ke-3 belanja modal pekerjaan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2, kepada CV.Indo Baruh Kencana, sebesar Rp.551.940.456, Berikut lampiran : 1) Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor : 00136/413953 tgl. 13-11-2014. Kepada : CV.Indo Baruh Kencana Jl. Gereja No. 44, Rt.03, Rw. II, Puruk Cahu, Uraian : Pembayaran Termin ke-2 dan Ke-3 belanja modal pekerjaan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2. 2) Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Nomor : 00136/413953 tgl. 13-11-2014. 3) Ringkasan Kontrak tanggal 10 Nopember 2014. 4) Kartu Pengawasan Kontrak. 5) Register Data Realisasi Kontrak. 6) Berita Acara Pembayaran, Nomor : KU.003/J.497/MTW/2014, tanggal 13 Nopember 2014. 7) Berita Acara Pembayaran Angsuran Termyn ? I dan II (Progres 80,03%). 12. Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : 970996D/080/112 tanggal 17 Desember 2014 Tahun Anggaran 2014, yaitu : Pembayaran termin Ke-4 belanja modal pekerjaan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2, kepada CV.Indo Baruh Kencana, sebesar Rp.165.582.137, Berikut lampiran : 1) Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor : 00169/413953 tgl. 16-12-2014. Kepada : CV.Indo Baruh Kencana Jl. Gereja No. 44, Rt.03, Rw. II, Puruk Cahu, Uraian : Pembayaran Termin ke-4 belanja modal pekerjaan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2. 2) Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Nomor : 00169/413953 tgl. 16-12-2014 3) Ringkasan Kontrak tanggal 16 Desember 2014 4) Kartu Pengawasan Kontrak. 5) Register Data Realisasi Kontrak. 6) Berita Acara Pembayaran Termyn III (progress 100%), Nomor : KU.003/J.580/MTW/2014, tanggal 15 Desember 2014. 13. Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Nomor : 971022D/080/112 tanggal 17 Desember 2014 Tahun Anggaran 2014, yaitu : Pembayaran Pemeliharan belanja modal pekerjaan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2, kepada CV.Indo Baruh Kencana, sebesar Rp.55.194.046, Berikut lampiran : 1) Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor : 00172/413953 tgl. 16-12-2014. Kepada : CV.Indo Baruh Kencana Jl. Gereja No. 44, Rt.03, Rw. II, Puruk Cahu, Uraian : Pembayaran Pemeliharaan 5% belanja modal pekerjaan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2. 2) Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Nomor : 00172/413953 tgl. 16-12-2014. 3) Ringkasan Kontrak tanggal 16 Desember 2014. 4) Kartu Pengawasan Kontrak. 5) Register Data Realisasi Kontrak. 6) Surat Jaminan Pemeliharaan antara CV. Indo Baruh Kencana dengan PT. Asuransi Umum Videl 7) Berita Acara Pembayaran Retensi 5%, Nomor : KU.003/J.581/MTW/2014, tanggal 15 Desember 2014. 14. Berita Acara Serah Terima Pertama Pekerjaan Nomor : 37/IBK.CV/XII/2014 Tanggal : 12 Desember 2014. 15. Berita Acara Kemajuan Pekerjaan Nomor : KU.003/J.579/MTW/2014 Tanggal : 05 Desember 2014. 16. Progres Fisik Pekerjaan Minggu Ke 20 ( 02 Desember ? 08 Desember 2014 Program : Pengelolaan dan Penyelenggaraan Transportasi Udara Kegiatan : Pembangunan, Rehabilitasi dan Pemeliharaan Prasarana Bandar Udara Pekerjaan : Pembuatan Jalan Masuk Dan Halaman Parkir 2.328 M2 Kontraktor : CV. Indo Baruh Kencana. 17. Rekening Koran nama nasabah : CV.Indo Baruh Kencana Pst.P.Cahu, periode 01 Januari 2014 s/d 31 Desember 2014. 18. Surat Perintah Kerja Nomor : KU.003/J.229/MTW-2014 tanggal 22 Juli 2014. Antara Pejabat Pembuat Komitmen Bandara Udara Beringin Muara Teweh dengan Pelaksana Pekerjaan CV. Sei Putra Persada Jalan Sapan IIIA No.258 Palangkaraya. Tentang Pengawasan Pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir di Bandara Udara Beringin Muara Teweh TA 2014. 19. Laporan Bulan 01 s/d Bulan 05 (Periode 22 Juli 2014 s/d 08 Desember 2014).Pekerjaan : Pengawasan Pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2, Sumber Dana APBN Tahun 2014, CV.Sei Putra Persada Pusat Palangkaraya; 20. Surat Perintah Pencairan Dana Nomor : 971027D/080/112 tanggal 18 Desember 2014 Tahun Anggaran 2014, yaitu : Pembayaran 100% belanja modal pekerjaan pengawasan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman, kepada CV.SEIPUTRA PERSADA, sebesar Rp.27.054.547, Berikut lampiran : 1) Surat Perintah Membayar (SPM) Nomor : 00176/413953 tgl. 16-12-2014. Kepada : CV. Sei Putra Persada Jl. Sapan III A No. 258, Palangkaraya, Uraian : Pembayaran 100% belanja modal pekerjaan Pengawasan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 2.328 M2. 2) Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Nomor : 00176/413953 tgl. 16-12-2014. 3) Ringkasan Kontrak tanggal 16 Desember 2014. 4) Kartu Pengawasan Kontrak. 5) Register Data Realisasi Kontrak. 6) Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan Nomor : KU.003/J.596/MTW/ 2014 tanggal 11 Desember 2014 7) Berita Acara Penyerahan Pekerjaan Pengawasan Nomor : 049/SPP-BA/MTW/XII/2014, tanggal 11 Desember 2014. 8) Berita Acara Pembayaran Nomor : KU.003/J.597/MTW/ 2014, tanggal 16 Desember 2014. 9) Rekening Koran Nomor : 100-003-000001645-9 atas nama Sei Putra Persada CV. 10) NPWP Nomor : 02.539.098.0-711.000 atas nama CV. Sei Putra Persada. 21. Berita Acara Pemeriksaan Pekerjaan Nomor : KU.003/J.596/MTW/ 2014 tanggal 11 Desember 2014; 22. Berita Acara Penyerahaan Pekerjaan Pengawasan Nomor : 049/SPP-BA/MTW/XII 2014 tanggal 11 Desember 2014, Pekerjaan: Pengawasan Pembangunan Jalan Masuk dan Hal.Parkir Bandar Udara Baringin Muara Teweh; 23. Berita Acara Pembayaran Nomor : KU.003/J.597/MTW/2014 tanggal 16 Desember 2014; 24. Rekening Koran nama nasabah : CV.Sei Putra Persada, periode 01 Desember 2014 s/d 31 Januari 2015. 25. Surat Pejabat Pembuat Komitmen Nomor : KU.004/636/MTW/2014 tanggal 23 Desember 2014. Perihal : Perbaikan Pekerjaan. Kepada Yth. Direktur CV. Indo Baruh Kencana. 26. Berita Acara Penelitian Teknis Pekerjaan, Pekerjaan Pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir Volume 2.328 M2 TA. 2014 Nomor : -- tanggal 21 Januari 2015 beserta lampiran pemeriksaan kuantitas pekerjaan pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir; 27. Surat Pejabat Pembuat Komitmen Kantor UPBU Kelas III Beringin Muara Teweh, Nomor : KU.003/J.133/MTW/2015 tanggal 16 Februari 2015. perihal : Tindak lanjut penelitian dan verifikasi pekerjaan DIPA APBN T A 2014, beserta lampiran Kepada Yth. Direktur CV. Indo Baruh Kencana. 28. Surat Pejabat Pembuat Komitmen Kantor UPBU Kelas III Beringin Muara Teweh, Nomor : AU.001/B.218/MTW/2015 tanggal 16 Maret 2015. perihal : Pengambilan Sampel Care Drill dan Testpit, beserta lampiran; Kepada Yth. Direktur CV. Indo Baruh Kencana. 29. Surat Pejabat Pembuat Komitmen Kantor UPBU Kelas III Beringin Muara Teweh, Nomor : AU.103/B.298/MTW/2015 tanggal 07 April 2015. perihal : Pengambilan Sampel Care Drill dan Testpit; Kepada Yth. Direktur CV. Indo Baruh Kencana. 30. Surat Pejabat Pembuat Komitmen Kantor UPBU Kelas III Beringin Muara Teweh, Nomor : AU.001/B.411/MTW/2015 tanggal 18 Mei 2015. perihal : Perbaikan Pekerjaan. Kepada Yth. Direktur CV. Indo Baruh Kencana. 31. Surat Pejabat Pembuat Komitmen Kantor UPBU Kelas III Beringin Muara Teweh, Nomor : KU.008/J.448/MTW/2015 tanggal 03 Juni 2015. Perihal : Perbaikan Pekerjaan, Kepada Yth. Direktur CV. Indo Baruh Kencana. 32. Surat Pejabat Pembuat Komitmen Bandar Udara Beringin Muara Teweh, Nomor : Lepas, tanggal 03 September 2015 Perihal : Perbaikan Pekerjaan Kepada Yth. Direktur CV. Indo Baruh Kencana. 33. Surat Kepala Kantor UPBU Beringin Muara Teweh, Nomor : KU.003/J.543/MTW tanggal 02 Oktober 2015 Perihal : Pengambilan Sample Coordrill dan Tespit. Kepada Direktur Bandar Udara di Jakarta. 34. Surat Keputusan Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang/Jasa Pemerintah Wilayah VI Palangkaraya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Nomor : HK.208/04/1229/ULP-WIL-VI.PLK.14 tanggal 17 Juni 2014 tentang Pembentukan Kelompok Kerja Bandar Udara Beringin Muara Teweh Untuk Paket Pekerjaan berikut lampiran. 35. Uang Tunai sebesar Rp.2.000.000,- (dua juta rupiah) 36. Uang Tunai sebesar Rp.1.400.000,- (satu juta empat ratus ribu rupiah) 37. 1 satu (bundle) Lampiran Berita acara Penelitian Teknis Pekerjaan Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Beringin Nomor : 39/DBU/SPT/I/ 2015 tanggal 21 Januari 2015 yang terdiri dari: 1) Lampiran Pemeriksaan Kuantitas dan Kualitas Pekerjaan Pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Pakir; 2) Lampiran Pemeriksaan Core Drill Lapangan Pekerjaan Pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir; 3) Dokumentasi Hasil Penelitian Teknis Pekerjaan Pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Parkir 38. 1 (satu) Bundel Risalah Rapat Pembahasan Kelanjutan Program Pembangunan Bandar Udata H. Muhammad Sidik ? Muara Teweh DIPA Tahun Anggaran 2019 tanggal 08 Oktober 2018; 39. 2 (dua) Lembar Surat Kementrian Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Udara Nomor : KU.301/0002/DBU/PRJU/ VIII/2019 tanggal 27 Agustus 2019 tentang Tindak Lanjut Penyelesaian Kasus Tindak Pidana Korupsi Proyek Pembangunan Bandar Udara Baru Muara Teweh, Kalimantan Tengah 40. 1 (satu) Bundel Kronolgis Pekerjaan Halaman Parkir dan Jalan Akses Terminal DIPA Tahun 2019 dan Lampiran Layoutnya; 41. 1 (satu) Bundel Kronolgis Pembangunan Bandar Udara H. Muhammad Sidik Pembuatan Jalan Masuk dan Halaman Pakir (2.328 m2) Tahun Anggaran 2014 dan Program Lanjutan Pembangunan Terhadap Target Rencana Operasional Bandara Pada Awal Tahun 2020 dan Lampiran Dokumentasinya; Dikembalikan pada Jaksa Penuntut Umum untuk digunakan dalam perkara AGUSTINUS SUJATMIKO,ST.,Msi. Bin IGNATIUS SOENARTO 42. 1 (satu) unit Pick Up merk Daihatsu / S402RP-PMRFJJ KG tahun 2011 Nomor Polisi DA 9501 CC warna Hitam Atas Nama SUWANA No. Rangka MHKP3CA1JBK014937 No. Mesin DCC2782. 43. 1 (satu) buah Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor mobil Pick Up merk Daihatsu / S402RP-PMRFJJ KG tahun 2011 Nomor Polisi DA 9501 CC warna Hitam Atas Nama SUWANA Nomor. Rangka MHKP3CA1JBK014937 No. Mesin DCC2782 44. 2 (dua) unit Mesin Molen merk Hercules. Dirampas untuk Negara 6. Membebankan biaya perkara ini kepada terdakwa sebanyak Rp.10.000,- (sepuluh ribu rupiah); |
Tanggal Musyawarah | 24 Mei 2021 |
Tanggal Dibacakan | 24 Mei 2021 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Lampiran
- Download Zip
- 22/Pid.Sus-TPK/2020/PN_Plk.zip
- Download PDF
- 22/Pid.Sus-TPK/2020/PN_Plk.pdf
Putusan Terkait
-
Pertama : 22/Pid.Sus-TPK/2020/PN Plk
Kasasi : 886 K/Pid.Sus/2022
Banding : 5/PID.SUS-TPK/2021/PT PLK
Statistik288178