- Menyatakan Terdakwa H. AIDA YUNANI, S.Sos. M.AP., Bin TABRI tidak terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dalam Dakwaan Primair;
- Membebaskan terdakwa dari dakwaan Primair tersebut;
- Menyatakan Terdakwa H. AIDA YUNANI, S.Sos. M.AP., Bin TABRI terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama sebagaimana dalam Dakwaan Subsidiair;
- Menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan denda sebesar Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 3 (tiga) bulan;
- Menghukum terdakwa membayar uang pengganti sebesar Rp. Rp67.500,000,00(enam puluh tujuh juta rupiah) dari kerugian Negara Rp521.154.545,00 (lima ratus dua puluh satu juta seratus lima puluh empat ribu lima ratus empat puluh lima rupiah) jika terdakwa tidak membayar dalam waktu 1 (satu) bulan setelah putusan pengadilan yang mempunyai kekuatan hukum tetap, harta bendanya dapat disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut dan jika terdakwa tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 3 (tiga) bulan;
- Menetapkan masa penahanan yang telah dijalani Terdakwa dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan;
- Menetapkan Terdakwa tetap ditahan;
- Menetapkan barang bukti berupa :
Putusan PN BANJARMASIN Nomor 7/Pid.Sus-TPK/2022/PN Bjm |
|
Nomor | 7/Pid.Sus-TPK/2022/PN Bjm |
Tingkat Proses | Pertama |
Klasifikasi |
Pidana Khusus Korupsi Pidana Khusus |
Kata Kunci | Tindak Pidana Korupsi |
Tahun | 2022 |
Tanggal Register | 17 Februari 2022 |
Lembaga Peradilan | PN BANJARMASIN |
Jenis Lembaga Peradilan | PN |
Hakim Ketua | Hakim Ketua I Gede Yuliartha |
Hakim Anggota | Hakim Anggota Ahmad Gawi, Br Hakim Anggota Arif Winarno |
Panitera | Panitera Pengganti: Aulia Rahmi |
Amar | Lain-lain |
Amar Lainnya | PIDANA PENJARA WAKTU TERTENTU |
Catatan Amar |
1. 15 (lima belas) unit I Pad Tahap I Desember 2020; 2. 10 (sepuluh) unit I Pad Tahap II Februari 2021 ; 3. 5 (lima) unit I Pad Tahap III 19 Maret 2021; 4. 1 (satu) buah Buku Daftar Tamu bertuliskan Buku Tamu DPRD warna Biru merk Paperline; 5. 1 (satu) buah) Buku Daftar Tamu bertuliskan DPRD Kota Banjarbaru warna Merah merk Mirage. 6. Asli Keputusan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Banjarbaru Nomor : 74 Tahun 2020 tanggal ? Agustus 2020 tentang Penunjukan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Tahun 2020; 7. Asli 1 (satu) bundle Surat Perintah Membayar Langsung (LS) Nomor SPM : 080/SPM-LS/SABAK/Set.DPRD/12/2020 tanggal 10 Desember 2020 beserta kelengkapannya; 8. Asli Bukti penerimaan Negara / Penerimaan Pajak NTB 201211070162 NTPN 1f2B90T40EA2P4GK STAN 070164 tanggal 11 Desember 2020 kode Biling 024760207938068; 9. Asli Cetakan Kode Biling No.024760207938068 setoran Wajib Pajak NPWP. 31.821.374.1-731.000 atas nama KIARATAMA PERSADA jumlah setor Rp.52.909.091,- (Lima Puluh Dua Juta Sembilan Ratus Sembilan Ribu Sembilan Puluh Satu Rupiah); 10. Asli Cetakan Kode Biling No.02476020 8918 124 setoran Wajib Pajak NPWP. 31.821.374.1-731.000 atas nama KIARATAMA PERSADA jumlah setor Rp.7.936.364,- (Tujuh juta Sembilan ratus tiga puluh enam ribu tiga ratus enam puluh empat); 11. Asli Surat Perjanjian Nomor : 027/306/SABAK/SET.DPRD.XI/2020 Tanggal 26 Nopember 2020 Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor Tahun Anggaran 2020 Pekerjaan Belanja modal Peralatan dan Mesin Pengadaan Personal Komputer Lokasi Banjarbaru Harga Kontrak Rp.597.960.000,- (Lima ratus Sembilan puluh tujuh juta Sembilan ratus enam puluh ribu rupiah) sumber dana APBDP Kota Banjarbaru Tahun Anggaran 2020 oleh penyedia Jasa CV. KIARATAMA PERSADA; 12. Asli Surat Perintah Pengiriman (SPP) Nomor : 027/307/SABAK/Set.DPRD.XI/2020 tanggal 26 Nopember 2020 paket pekerjaan Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer 13. Asli 1 (satu) bundle Surat Perintah Pencairan Dana (LS) Pemerintah Kota Banjarbaru No.SPM : 080/SPM-LS/SABAK/Set.DPRD/12/2020 TANGGAL 10 Desember 2020 SKPD Sekretariat Daerah 14. Asli Berita Acara Pemeriksaan Barang dan Jasa Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor Nomor : 027/308/Sabak/Set.DPRD/XII/2020 tanggal 02 Desember 2020 perihal Pekerjaan Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer (Sabak Digital); 15 Asli Berita Acara Serah Terima Barang / Jasa Nomor : 027/309/Sabak/Set.DPRD/XII/2020 tanggal 02 Desember 2020 perihal Pekerjaan Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer (Sabak Digital); 16. Asli Berita Acara Pembayaran Barang / Jasa Nomor : 027/310/Sabak/Set.DPRD/XII/2020 tanggal 02 Desember 2020 perihal Pekerjaan Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer (Sabak Digital); 17. Asli Surat Adendum Nomor : 027/323/Sabak/Set.DPRD/XII/2020 tanggal 02 Desember 2020 perihal Adendum Surat Perjanjian atas Surat Perjanjian Pelaksanaan Pekerjaan Nomor : 027/306/SABAK/Set.DPRD/XI/2020 tanggal 26 Nopember 2020 untuk Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor Tahun Anggaran 2020 Pekerjaan Belanja modal Peralatan dan Mesin Pengadaan Personal Komputer (Sabak Digital). 18. Asli Kuitansi Pengadaan Peralatan Gedung / Pengadaan Personal Komputer tanggal - sebesar Rp.582.000.000,- (lima ratus delapan puluh dua juta rupiah); 19. Asli Triplikat Surat Perintah Pencaiaran Dana (LS) Nomor SPM. 090/SPM-LS/SABAK/Set.DPRD/12/2020 tanggal 10 Desember 2020 SKPD Sekretariat DPRD; 20. Asli Surat dari Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Nomor : 900/080/Set-DPRD/2020 tanggal 10 Desember 2020 perihal Permohonan Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D); 21. Asli Surat Perintah Membayar Langsung (LS) Nomor SPM : 080/SPM-LS/SABAK/Set.DPRD/12/2020 tanggal 10 Desember 2020; 22. Asli Surat Permintaan Membayar Langsung Barang dan Jasa (SPP-LS BARANG DAN JASA) Nomor : 080/SPP-LS/sabak/Set.DPRD/12/2020 Tahun 2020 tanggal 10 Desember 2020; 23. Asli Surat Perintah Membayar (SPP) Nomor : 080/SPP-LS/sabak/Set.DPRD/12/2020 Sebesar Rp.582.000.000,- (lima ratus delapan puluh dua juta rupiah); 24. Asli Surat Permintaan Pebayaran (SPP) Nomor : 080/SPP-LS/sabak/Set.DPRD/12/2020 tanggal 10 Desember 2020 Sebesar Rp.582.000.000,- (lima ratus delapan puluh dua juta rupiah); 25. Asli Berita Acara Pemeriksaan Barang dan Jasa Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor Nomor : 027/308/Sabak/Set.DPRD/XII/2020 tanggal 02 Desember 2020 perihal Pekerjaan Belanja Modal Peralatan dan Mesin Pengadaan Personal Komputer (Sabak Digital); 26. Asli Berita Serah Terima Barang / Jasa Nomor : 027/309/Sabak/Set.DPRD/XII/2020 tanggal 02 Desember 2020; 27. Asli Berita Acara Pembayaran Barang / Jasa Nomor : 027 / 310 / Sabak / Set.DPRD / XII / 2020 tanggal 02 Desember 2020; 28. Rekening Koran Bank Kalsel Rekening Kas Umum Daerah Kota Banjarbaru tanggal 10 Desember 2020 s/d 10 Desember 2020. 29. Fotocopy Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak Nomor : PEM-06636 / WPJ.29 / KP.0103 / 2013 tanggal 23 Oktober 2013; 30. Fotocopy Surat Keterangan Terdatar Nomor ; PEM-0015227ER / WPJ.29 / KP.0103 / 2013 tanggal 23 Agustus 2013; 31. Fotocopy NPWP atas nama CV. KIARATAMA PERSADA Nomor : 31.821.374.1-731.000; 32. Fotocopy Surat izin Usaha Perdagangan (SIUP) Kecil CV. KIARATAMA PERSADA Nomor : 503-726 / SIUP.KB-IX / BP2TPM / 2013 tanggal 04 September 2013; 33. Fotocopy Izin Usaha Jasa Kontruksi Nasional CV. KIARATAMA PERSADA Nomor : 1-1610-2-00215-042040 tanggal 25 Januari 2019; 34. Fotocopy Surat Keterangan Tempat Usaha CV. KIARATAMA PERSADA Nomor : 503 ? 2362-OL. / SKTU ? Mantab_VII.C19-Pj / DPMPTSP / 2020 tanggal 21 Agustus 2020; 35. Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan Persekutuan Komanditer (CV) Nomor TDP : 16.10.3.24.08584 tanggal 17 September 2018; 36. Fotocopy Nomor Induk Berusaha (NIB) 912000664441456 dengan nama usaha CV. KIARATAMA PERSADA tanggal 15 Juni 2019; 37. 1 (satu) bundle Fotocopy Notaris Gianto, SH salinan Akta Nomor 32 tanggal 16 Agustus 2013 dengan judul Perseroan Komanditer CV. KIARATAMA PERSADA ; 38. Asli 1 (satu) eksemplar Rekening Koran CV. KIARATAMA PERSADA Alamat Jl. Sentral Raga Buana No. A6 Nomor Rekening 901.00.01.00202.8 di Bank BPD KALSEL Syariah periode 01 Mei 2020 s/d 31 Desember 2020. 39. 1 (satu) bundle contoh Surat Resmi dari HAPE WORLD. 40. Kerangka Acuan Kerja (KAK) Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor pada Sekretariat Daerah DPRD Kota Banjarbaru. Spesifikasi Teknis Pekerjaan Belanja Sabak Digital 12,9 Inchi; 41. Surat Dokumen Penawaran Lelang dari HAPE WORLD Nomor : 0197/HW-Q/XI/2020 tanggal 11 Nopember 2020 perihal Surat Dukungan Lelang ; 42. Spesifikasi dan Indentitas Penawaran Barang Apple iPad Pro 2020 12,9 Inch (128 GB/Wifi Only); 43. Jadwal Pelaksanaan Penerimaan Barang; 44. Rencana Anggaran Biaya dari CV. KIARATAMA PERSADA tertanggal Bajarmasin, 16 Nopember 2020; 45. Sumary Report Server LPSE Kota Banjarbaru tanggal 2 Maret 2021 pukul 11.25 Kode Tender 2882023 nama tender Belanja Modal Peralatan dan Mesin ?Pengadaan Personal Komputer K/L/P/D Pemerintah Kota Banjarbaru satuan Kerja Sekretariat DPRD; 46. Berita Acara Pemberian Penjelasan Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer Nomor : 04/Pokja-PPK/Sekr.DPRD/2020 tanggal 16 Nopember 2020 Kode Tender 2882023. 47. Daftar Hadir Klarifikasi / Verifikasi Administrasi, Teknis dan Harga (Pembuktian Kualifikasi) Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer Tahun Anggaran 2020. Tanggal 18 Nopember 2020; 48. Checlist Klarifikasi / Verifikasi Administrasi, Teknis dan Harga (Pembuktian Kualifikasi) Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer Tahun Anggaran 2020. 49. Berita Acara Negosiasi Teknis dan Harga/Biaya Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer Nomor : 06/Pokja-PPK/Sekr.DPRD/2020 tanggal 23 Nopember 2020 Kode Tender 2728023. 50. Berita Acara Hasil Negosiasi / Reserve Auction Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer Nomor : 06/Pokja-PPK/Sekr.DPRD/2020 tanggal 23 Nopember 2020. 51. Berita Acara Evaluasi Penawaran Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer Nomor : 04/Pokja-PPK/Sekr.DPRD/2020 tanggal 23 Nopember 2020 Kode Tender 282023. 52. Berita Acara Hasil Pemilihan Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer Nomor : 05/Pokja-PPK/Sekr.DPRD/2020 tanggal 23 Nopember 2020 Kode Tender 2882023. 53. Nota Dalam dari Kelompok Kerja Pemilihan Pengadaan Personal Komputer Nomor : 07/Pokja-PPK/Sekr.DPRD/2020tanggal 24 Nopember 2020 Perihal Laporan Hasil Tender Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadakan Personal Komputer; 54. Surat Dari Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa Pokja Pemilihan Pengadaan Personal Komputer Nomor : 07/Pokja-PPK/Sekr.DPRD/2020 tanggal 24 Nopember 2020 kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Belanja Modal Peralatan dan Mesin ? Pengadaan Personal Komputer Sekretariat Daeah DPRD Kota Banjarbaru. 55. Keputusan Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kota Banjarbaru Nomor : 188/02/PBJ/2020 tentang Penetapan Keanggotaan Kelompok Kerja (POKJA) Pemilihan Pengadaan barang dan Jasa Pemerintah Kota Banjarbaru. 56. Surat Tugas No: 46/KABAG-PBJ/UKPBJ/2020 tanggal 4 Nopember 2020; 57. 1 (satu) bundle Persyaratan Kualifikasi Peserta; 58. Fotocopy 1 (satu) bundle Buku Nomor SPDP / Surat Tugas Sekretariat Tahun 2020 ? 2021 warna Orange merk Mirage 59. Scan Warna Surat Perintah dari Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Nomor : 800/236?Set.DPRD/2021 tanggal 26 Maret 2021; 60. Fotocopy yang telah dilegalisir Peraturan Daerah Kota Banjarbaru Nomor : 10 Tahun 2016 tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Kota Banjarbaru; 61. Fotocopy yang telah dilegalisir Keputusan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Nomor : 13 Tahun 2021 tentang Penunjukan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Tahun 2021; 62. Fotocopy yang telah dilegalisir Peraturan Walikota Banjarbaru Nomor : 72 Tahun 2016 tentang Rincian Tugas Sekretariat Daerah, Staf Ahli Walikota, Sekretariat DPRD dan Inspektorat pada Pemerintahan Kota Banjarbaru; 63. 1 (satu) bundel Perubahan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2020 Pemerintah Kota Banjarbaru Tahun 2020 64. 1 (satu) bundel Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Kota Banjarbaru Tahun Anggaran 2020 65. 1 (satu) bundel Perubahan Kebijakan Umum Anggaran Kota Banjarbaru Tahun 2020 66. Fotocopy Surat Sekretaris DPRD Kota Banjarbaru Nomor : 900/477/Set-DPRD/2020 tanggal 18 Agustus 2020 Perihal Permohonan Tambahan Belanja pada APBD Sekretariat DPRD Kota Banjarbaru TA 2020, beserta lampiran 67. Fotocopy Keputusan Walikota Banjarbaru Nomor : 188.45/80/KUM/2020 tanggal 25 Februari 2020 tentang Tim Anggaran Pemerintah Daerah, beserta lampiran. 68. Fotocopy Surat Keputusan Walikota Banjarbaru Nomor : 188.45/4/KUM/2020 tanggal 2 Januari 2020 tentang Penetapan Pengguna Anggaran pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Tahun Anggaran 2020 69. Asli Keputusan Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Banjarbaru Nomor : 01 Tahun 2020 tanggal 2 Januari 2020 tentang Penunjukan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pada Sekretariat Daerah Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Tahun 2020; 70. Fotocopy Surat Keputusan Setretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Nomor : 04 Tahun 2020 tanggal 03 Februari 2020 tentang Penunjukan Panitia Pemeriksa Barang / Jasa Pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Tahun 2020. Lampiran ? Susunan Panitia Pemeriksa Barang / Jasa Sekretariat DPRD Kota Banjarbaru TA. 2020; 71. Fotocopy Surat Dari Sekretariat Daerah Perwakilan Rakyat Daerah kepada Bagian ULP Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Nomor : 027/651/Set.DPRD/XI/2020 tanggal 03 Nopember 2020 perihal Permohonan Proses Pengadaan Belanja Barang / Jasa; 72. Asli Rekening Koran Bank Kalsel Rekening Aida Yunani, M. AP tanggal 15 Maret 2021 s/d 18 Maret 2021 Nomor Rekening : 011.03.01.31028.9; 73. Asli Rekening Koran Bank BNI Rekening Taplus Bisnis Perorangan tanggal 18 Maret 2021 s/d 18 Maret 2021 Nomor Rekening : 0081126496; 74. Fotocopy Surat Perintah Tugas dari Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Kepada Walikota Banjarbaru Nomor : 097.4/035/Bag.Umpeg/Set. DPRD perihal Mohon Ijin Prinsif Mendampingi Kunker Banggar & Banmus; 75. Fotocopy Surat dari Walikota Banjarbaru Nomor : 097.4/035/Setwan/2021 tanggal 15 Maret 2021 perihal Surat Perintah Tugas : 1. SUGENG SUROSO NIP.19770103200801 1 023 Jabatan Pengelola Kepegawaian, 2. HIDAYAT PANDE SILKAUNTU NRTK.272.86.08 Jabatan Petugas Peliputan untuk Kunjungan Kerja Banggar dan Banmus DPRD Kota Banjarbaru pada Tanggal 16 s/d 19 Maret 2021 di Tanggerang; 76. Fotocopy Dokumen Pelaksanaan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kota Banjarbaru Tahun Anggaran 2020 tanggal 8 Oktober 2020 Nomor DPA SKPD 4.01.04.02.09.52; 77. Fotocopy Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Daerah Kot a Banjarbaru Tahun Anggaran 2020 tanggal 13 Januari 2020 Nomor DPA SKPD 4.01.04.02.09.52; 78. Asli Surat Sekretaris DPRD Kota Banjarbaru nomor : 027 / 343 / Set.DPRD/I/2021 tanggal 4 Januari 2021 perihal Permintaan Penyelesaian Pekerjaan; 79. Asli Faktur Penjualan New Store dengan nomor fraktur SI-2021/03-0071 tanggal 18 Maret 2021 untuk pembelian barang 3 (tiga) IPAD PRO 2020 11? 128 GB WIFI GREY dengan serial nomor SDMPF6C3CPTRF, SDMPF6BJAPTRF, SDMPF32ZVPTRF senilai Rp. 40.500.000,- dan 2 (dua) IPAD PRO 2020 11? 128 GB WIFI SILVER dengan serial nomor SHDTDM0JJPTRK, SDMPDC1Y7PTRK senilai Rp. 27.000.000,- Digunakan untuk perkara lain atas nama Terdakwa AKHMAD SYAIFULLAH bin H. FAHRUDDIN NOOR 9. Membebankan kepada Terdakwa membeyar biaya perkara perkara sebesar Rp5.000,00 (lima ribu rupiah). |
Tanggal Musyawarah | 31 Mei 2022 |
Tanggal Dibacakan | 31 Mei 2022 |
Kaidah | — |
Abstrak |
Lampiran
- Download Zip
- —
- Download PDF
- —
Putusan Terkait
-
Banding : 5/PID.SUS-TPK/2022/PT BJM
Pertama : 7/Pid.Sus-TPK/2022/PN Bjm
Statistik15839